Pembatalan Pesanan Klik Indomaret, Karyawan Tidak Berempati Saat Komplain

Selamat Pagi.

Ini pengalaman saya belanja via Klik Indomaret tanggal 7 September 2023. Pesanan saya dibatalkan karena produk di toko mereka katanya expired.

Pembatalan transaksi tersebut bahkan tanpa negosiasi penggantian produk. Sebelumnya, saya sering melakukan transaksi di Alfagift dan jika ada produk yang tidak tersedia mereka menawarkan penggantian produk. Harusnya mereka memberikan pelayanan seperti itu secara untuk pembayarannya ada biaya admin sedangkan jika dibatalkan maka biaya adminnya tidak dikembalikan.

Karena panik saldo terdebit tapi transaksi dibatalkan, saya komplain ke karyawan yang mengonfirmasi pembatalan tersebut. Konfirmasi pembatalan 12:22 WIB oleh karyawan dan pukul 13:51 WIB saya menerima email bahwa saldo telah dikembalikan ke rekening sedangkan saya cek mutasi rekening hingga pukul 15:36 WIB belum ada pengembalian dana.

Tanpa rasa empati dari karyawan Indomaret tersebut malah menyuruh saya komplain dan mengirimkan emotikon wajah menyeringai. Sudah salah karena stok tidak disesuaikan yang di aplikasi malah menyeringai tanpa rasa empati bahwa pelanggan telah dirugikan.

Walaupun biaya admin pembayaran tidak seberapa tapi jika keseringan juga banyak nilainya. Harusnya pihak Indomaret lebih bagus merekrut karyawan yang paling penting memiliki empati apalagi untuk kesalahan yang diakibatkan pihak Indomaret-nya karena lalai update produk.

Muh. Arifandi
Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

93 komentar untuk “Pembatalan Pesanan Klik Indomaret, Karyawan Tidak Berempati Saat Komplain

  • 10 September 2023 - (07:06 WIB)
    Permalink

    UANG 100K DOANG AJA GINI KELAKUANNYA WKWKWKWK, MENDING FOKUS KERJA WKWKWKWKWK, BELUM KAYA AJA UDAH NGELUNJAK WKWKWKW, PAYAH

    • 10 September 2023 - (15:01 WIB)
      Permalink

      Dalam belanja online saya ada saran, lebih baik belanja apabila di stock produk masih banyak, untuk menghindari dari barang yang kemasan rusak atau mendekati exp

      • 15 September 2023 - (19:59 WIB)
        Permalink

        Saya mau tambahi info… Kasir indomaret itu sepertinya ga di didik agar punya sense of human…. Saya punya bukti beberapa hari yg lalu saya kena modus penipuan. Di mana saya saat tanya ke kasir ttg kode pembayaran yg saya mau bayar itu kode apa ? Kasir sepertinya tahu tapi membiarkan saja… Pas saya mau cancel ga bisa.. ATMsaya di tahan kasir karena saya salah masukin pin. Padahal itu saya sengaja salah. Ternyata saya top up shoppe pay punya orang yg saya ga kenal sebesar 250k..Atau memang ada kerja sama dengan oknum kasir tsb saya tdk tahu.. Karena sipenipu mengarahkan ke indomaret tertentu….

  • 10 September 2023 - (07:53 WIB)
    Permalink

    Halo perkenalkan saya Ida, saya adalah karyawan IDM yang saat itu bertugas
    Betul produk dari kakak pembeli out of stock karena expired, SOP toko tidak membenarkan mengganti produk lain dan keputusan membatalkan pesanan ada di ranah jabatan tertinggi di toko kami yaitu kepala toko.
    Kami sudah sesuai arahan kepala toko untuk mengirim e-flyer terkait proses pengembalian dana.

    Untuk emoticon tersebut saya secara pribadi meminta maaf jika tidak berkenan

    Terima kasih
    -IDA

    3
    1
  • 10 September 2023 - (10:45 WIB)
    Permalink

    Udah ah kasian jangan di buly TS-nya,saling introspeksi aja,lain kali masalah kecil jangan di besar-besarkan,malu kan jadinya…pengen puas…samperin harusnya biar tambah viral…

  • 10 September 2023 - (12:44 WIB)
    Permalink

    Dari segi mana nya dia nantang? Dia cuma ngomong “kalo mau komplen silahkan”, anda anti sosial apa gimana? Baru pertama kali kah interaksi sama orang?

  • 10 September 2023 - (16:06 WIB)
    Permalink

    Gila…. TS dirujak sama netijen. Jangan gitulah. Kasihan TS nya. TS semangat yah. Jadikan ini pembelajaran dikemudian hari.

  • 10 September 2023 - (18:42 WIB)
    Permalink

    Kayaknya tipe arogan,dan suka cari perhatian ni TS, padahal udah di notif bakal dibalikin ke aplikasi,sesuai SOP malah mau seenaknya sendiri, harus balik ke rekening pribadi,,,,mana duitnya receh lgi😏😏😏klo ga tau sistem SOP suatu aplikasi ga usah instal, jalan aja tuh ke warung

  • 10 September 2023 - (18:48 WIB)
    Permalink

    Agak bingung juga lihat karyawan Indomaret, kira2 2 malam yg lalu saya mau tarik tunai e-wallet di Indomaret, seperti nya karyawannya baru, cara bicara dan nada bicaranya lumayan ketua nggak ada enaknya … begitu sy datang… cuma dongak kan kepala… trus sy bilang mau tarik tunai… di jawab… brapo…. ( bahasa Jambi : berapa)… trus nanya lagi ” brapo kodenyo.”.. sudah itu rupanya nggak bisa kemungkinan lagi error’… langsung di jawab… dak biso…ini ..BLA BLA bla
    BLA…., ujung2nya saya ikutan jadi ketua… saya jawab… klu dak bisa iya itu urusan kalian lah… hadeuuhhh.. alangkah sopannta kalau dia bertanya… ada yg bisa kami bantu pak… ok sebentar pak saya proses dulu… boleh tau berapa kodenya pak…. oh .. maaf pak sepertinya lagi gangguan.. jadi belum bisa di proses… bukan kali ini aja sy tarik tunai di indomrt… akhirnya saya ambil positif nya mungkin itu karyawan baru yg belum di training sopan santun oleh pihak manajemen Indomaret… atau memang nggak ada standar etika di Indomaret.????

  • 10 September 2023 - (20:45 WIB)
    Permalink

    Duit udah balik.. Karyawan juga udah minta maaf. udah jelasin prosedurnya.
    Ngapain sih diributin..
    Indonesia sekarang kok gini amat ya….
    Ada ada aja.
    Aja kok ada ada.

  • 10 September 2023 - (21:02 WIB)
    Permalink

    Selamat malam. Terima kasih atas semua komentarnya. Pertama-tama, saya ingin memberikan apresiasi kepada pihak Indomaret karena telah menemui saya hari ini. Mereka telah meminta maaf atas ketidaksesuaian stok toko dengan yang ada di aplikasi yang penyebab adanya pembatalan transaksi, menjelaskan SOP toko mereka, mendengarkan masukan saya, dan yang paling penting meminta maaf atas kurangnya empati tim mereka. Sedikit saran buat karyawan ritel, jangan anggap pembeli sebagai raja karena kalian akan merasa melayani pelanggan sebagai kewajiban yang walaupun tidak bersedia harus tetap dilayani, melainkan anggap mereka sebagai relasi yang lebih dekat disesuaikan dengan usia pelanggan karena keinginan membantu pelanggan akan datang dari dalam diri kalian. Satu hal yang tidak kalah penting yaitu sifat empati, dengan adanya sifat empati kalian bisa mengerti kebutuhan pelanggan dan pasti pelanggan akan sangat puas dengan kalian. Pelanggan yang puas pasti akan merekomendasikan produk kalian ke relasi mereka. Saya bisa bilang seperti ini karena dulu saya kerja di ritel dan yang pasti nilai transaksi tempat saya bekerja dulu jauh lebih tinggi.

    • 11 September 2023 - (07:25 WIB)
      Permalink

      Halo kak, Tim kami tidak ada yang merasa menemui kakak, jadi bisa di pastikan statement kakak adalah berita bohong, toko kami sudah sesuai SOP dan pengembalian dana sudah berhasil untuk problematika WA antara saya dan kakak saya anggap kesalahpahaman dan tidak etis jika kakak menuntut saya menyerangai, terbukti jika kakak yang memulai percakapan dengan menantang tim toko, kami selalu melayani pelanggan dengan tulus dan sopan berlandaskan SOP Indomaret yang berlaku

    • 16 September 2023 - (20:20 WIB)
      Permalink

      Ngibul lo tinggi amat lai,,,Ga mungkin aja lah pihak indomart datangi lo yang ga penting itu 😒

  • 10 September 2023 - (22:57 WIB)
    Permalink

    Busyettt, duit sudah balik masih dipermasalahkan, kalau duit g balik ok lah, lagian dia masang emoji menyeringai juga karena entenya dbaleg, sudah ditulis sesuai aturan sop, malah marah marah nantangin tayang di mk, duit balik masih komplen, duhai manusia dbaleg, kalau ente g ngomong kasar juga dia ga akan kasih emot itu, lagian sopnya toko emang g boleh tukar,

  • 11 September 2023 - (01:30 WIB)
    Permalink

    Berharap dapat dukungan malah mempermalukan diri, lu yang nantangin si karyawan buat dilaporin, dibales “oke😏” gitu doang gak terima kocak, padahal udah baik banget tanggapan si karyawannya, bahwa prosedurnya begitu, udah kalo gaptek besok2 jangan gegayaan belanja online, langsung aja naek motor berangkat kegerai indo atau alfa biar gak repot segala masalahin admin, dimana2 juga admin gak bakal balik dan admin itu gak jadi keuntungan buat si indo karna itu masuk kesistem bank-nya, pahamin itu dulu lah baru komplain

  • 11 September 2023 - (01:43 WIB)
    Permalink

    Busettt dah malah cari muka aja nih orang,elu dijelasin baik baik malah ngancam karyawannya sih

  • 11 September 2023 - (01:56 WIB)
    Permalink

    𝙲𝚞𝚖𝚊 𝚖𝚊𝚞 𝚔𝚊𝚜𝚒𝚑 𝚜𝚊𝚛𝚊𝚗 𝚋𝚞𝚊𝚝 𝚃𝚂, 𝚜𝚎𝚋𝚊𝚒𝚔𝚗𝚢𝚊 𝚑𝚞𝚋𝚞𝚗𝚐𝚒 08111500280 (𝚂𝙼𝚂) 081295158435 (𝚆𝙰) 𝚊𝚝𝚊𝚞 𝚌𝚊𝚕𝚕 𝚌𝚎𝚗𝚝𝚎𝚛 𝚗𝚢𝚊 𝚒𝚗𝚍𝚘𝚖𝚊𝚛𝚎𝚝 𝚍𝚒 500-280 𝚝𝚎𝚛𝚜𝚎𝚛𝚊𝚑 𝚍𝚎𝚑 𝚜𝚎𝚕𝚊𝚗𝚓𝚞𝚝𝚗𝚢𝚊 𝚖𝚊𝚞 𝚗𝚐𝚊𝚙𝚊𝚒𝚗 𝚍𝚒𝚜𝚊𝚗𝚊.

    𝙺𝚊𝚛𝚎𝚗𝚊 𝚛𝚊𝚗𝚊𝚑𝚗𝚢𝚊 𝚍𝚒𝚜𝚊𝚗𝚊 𝚢𝚊𝚗𝚐 𝚍𝚊𝚙𝚊𝚝 𝚖𝚎𝚖𝚋𝚎𝚛𝚒𝚔𝚊𝚗 𝚜𝚊𝚛𝚊𝚗 𝚜𝚛𝚝𝚊 𝚔𝚎𝚙𝚞𝚝𝚞𝚜𝚊𝚗 𝚜𝚎𝚕𝚊𝚗𝚓𝚞𝚝𝚗𝚢𝚊

  • 11 September 2023 - (12:52 WIB)
    Permalink

    Masalah biaya admin, itu masuknya sepertinya ke bank/jasa pembayaran nya

    Ibarat lu pake motor sendiri ke Indomaret (modal bensin), terus stock belanjaan yg lu cari kosong otomatis lu rugi bensin kan? Tapi kan gk mungkin motorlu ngerefund bensin yg udah kepakenya 🤭

    • 16 September 2023 - (21:44 WIB)
      Permalink

      Tidak baik juga statement seperti ini, yang pada akhirnya dengan ter-Up Artikel seperti ini, sangat menjatuhkan toko itu sendiri, terlepas benar salahnya pelanggan, tetap pihak toko tidak boleh bersikap seperti ini.

  • 11 September 2023 - (16:23 WIB)
    Permalink

    Wkwkwk.. namanya susan getol bget komen 🤣🤣🤣 pasti salah satu karyawan indomaret 🤣🤣🤣🤣

  • 11 September 2023 - (16:33 WIB)
    Permalink

    Teruntuk semua yg punya sifat begini inget hidup cuma sementara, permudah orang lain niscaya di sana kita juga akan di permudah jangan lupa sedekah agar terhindar dari mara bahaya di dunia. Semoga kita semua masuk surga amin

  • 12 September 2023 - (08:57 WIB)
    Permalink

    Wkwkwkkw..TS duluan bilang nantangin.
    Pdhal udah dikasih tau tuh aturan dan SLA pengembalian saldo.

  • 14 September 2023 - (10:42 WIB)
    Permalink

    Wah seru nih..baru x ini MK seru Krn antara pelapor dan terlapor saling bantah di MK…kalo bisa dibanyakin nih kasus kasus kayak gini tayang di MK dan antara pelapor dan terlapor bisa saling bantah..seperti statemen ada orang Indomaret yg datang minta maaf tapi langsung dibantah oleh orang yg mengaku sebagai si terlapor. seru nih ..gw ikutan adu aja dah, lu Dombanya

 Apa Komentar Anda mengenai Klik Indomaret?

Ada 93 komentar sampai saat ini..

Pembatalan Pesanan Klik Indomaret, Karyawan Tidak Berempati Saat Kompl…

oleh Muh. dibaca dalam: 1 menit
93