Pembatalan Pesanan Klik Indomaret, Karyawan Tidak Berempati Saat Komplain

Selamat Pagi.

Ini pengalaman saya belanja via Klik Indomaret tanggal 7 September 2023. Pesanan saya dibatalkan karena produk di toko mereka katanya expired.

Pembatalan transaksi tersebut bahkan tanpa negosiasi penggantian produk. Sebelumnya, saya sering melakukan transaksi di Alfagift dan jika ada produk yang tidak tersedia mereka menawarkan penggantian produk. Harusnya mereka memberikan pelayanan seperti itu secara untuk pembayarannya ada biaya admin sedangkan jika dibatalkan maka biaya adminnya tidak dikembalikan.

Karena panik saldo terdebit tapi transaksi dibatalkan, saya komplain ke karyawan yang mengonfirmasi pembatalan tersebut. Konfirmasi pembatalan 12:22 WIB oleh karyawan dan pukul 13:51 WIB saya menerima email bahwa saldo telah dikembalikan ke rekening sedangkan saya cek mutasi rekening hingga pukul 15:36 WIB belum ada pengembalian dana.

Tanpa rasa empati dari karyawan Indomaret tersebut malah menyuruh saya komplain dan mengirimkan emotikon wajah menyeringai. Sudah salah karena stok tidak disesuaikan yang di aplikasi malah menyeringai tanpa rasa empati bahwa pelanggan telah dirugikan.

Walaupun biaya admin pembayaran tidak seberapa tapi jika keseringan juga banyak nilainya. Harusnya pihak Indomaret lebih bagus merekrut karyawan yang paling penting memiliki empati apalagi untuk kesalahan yang diakibatkan pihak Indomaret-nya karena lalai update produk.

Muh. Arifandi
Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

93 komentar untuk “Pembatalan Pesanan Klik Indomaret, Karyawan Tidak Berempati Saat Komplain

      • 2 Januari 2024 - (16:50 WIB)
        Permalink

        Sebagai pengguna rutin klik indomaret Alhamdulillah komunikasi dengan toko berjalan baik-baik aja walaupun kadang ada stok kurang atau exp,, dari pihak toko pasti ada konfirmasi terlebih dahulu lalu memberikan opsi.
        Kalaupun harus d batalkan dan refund prosesnya pun memang harusnya seperti itu. Dana yg masuk saldo klik bisa d tarik kembali ke rekening tujuan.
        Kalau di bandingkan dengan alfagift justru malah lebih baik klik indomaret dalam hal refund.
        Pastinya selalu ada kekurangan dan kelebihan nya.. Inti nya kembali lagi kita menyikapinya.
        Pernah juga transaksi klik indomaret dengan metode pengambilan ambil di toko, kadang suka aja ketemu staf toko yg kurang berkenan ke hati, baik dalam sikap dan ucapan, klo di ladenin malah makin emosi jiwa, cukup senyumin aja, mudah2an staf ny ketularan happy virus setelah lelah bekerja.. ^^
        Semangat terus buat driver klik indomaret yang harus menjangkau kiloan meter untuk mengantarkan pesanan konsumen.

    • 10 September 2023 - (10:50 WIB)
      Permalink

      Saya pernah mengalami hal yang tidak menyenangkan juga dengan klikindomaret. Dan itu barang sudah dikirim dan waktu saya tanya kenapa barangnya berbeda dengan yang di gambar di aplikasi. Dan jawaban si kurir, lu kalo mau complaint, complaint aja dan malah menantang saya dengan menyebutkan nama dia. Lha saya khan nanyanya khan baik2, kok reaksinya sangat ekstrem begitu. Sejak saat itu, saya tidak pernah pesan barang lagi lewat klikindomaret. Karyawannya gak sopan. Saya juga kerja di bagian retail. Kalau bawahan saya seperti itu sikapnya ke customer, bisa lari semua customer saya. Gak sadar apa kalo gaji mereka didapat dari customer juga. Yaa customer kadang2 ada yang aneh juga sih, tapi sebaiknya kita sebagai penjual bisa memberikan jawaban yang baik sehingga customer gak kecewa. Semoga indomaret bisa memberi training lagi untuk karyawannya.

  • 9 September 2023 - (09:50 WIB)
    Permalink

    Itu kayaknya udah sesuai deh sama regulasi Indomaret seperti yg dikirim oleh pegawainya. Aktivasi aja Klik Indomaretnya terus tarik dana nya ke No Rek Bank. Mungkin yg jadi poin minusnya cuma ga ada penawaran mau pergantian barang atau engga, ga tau itu kebijakannya emang seperti itu atau kesalahan karyawannya aja

    8
    5
    • 9 September 2023 - (16:16 WIB)
      Permalink

      Poinnya itu cara bicara karyawannya loh apalagi menambahkan emoji menyeringai. Apalagi yang salah karena kelalaian tokonya yang salah update informasi produk sehingga ada pembatalan

      3
      11
      • 10 September 2023 - (07:49 WIB)
        Permalink

        Emot yg “Oke😏” ini kah mksdnya?? Lah itu kan tanggapan atas tantangan anda bkn atas komplain anda, klo tanggapan atas komplain anda itu kan udh jelas2 dgn sopan santun pakai kata2 “mohon maaf”. Pegawai itu menyatakan “oke” dgn emot “😏” seperti itu, itu karna dia benar dan sdh sesuai dgn prosedur dlm menanggapi komplainan anda jd dia menganggap tantangan anda itu bknlah masalah besar. Yg ane tangkap dr komplainan ini mah cuma anda merasa dirugikan karna hrs tetap bayar biaya admin meskipun transaksi itu dibatalkan walaupun anda bilang “Walaupun biaya admin pembayaran tidak seberapa” tp itu tdk bs menutupi kekecewaan anda karna tetep terkena biaya admin. Klo utk uang refund, dmn2 itu butuh waktu, emang sih ada yg instant dlm artian langsung masuk ke rekening tp ada jg yg butuh waktu dr berjam-jam sampai berhari-hari, intinya anda yg ga sabaran aja..

        12
        1
      • 11 September 2023 - (01:34 WIB)
        Permalink

        Nah sekarang gue tanya, gaya bicara lu dalam menanggapi respon si karyawan baik gak? Sopan gak? Segala ngancem pake kata gue, berkaca dulu bro, minta dihormati tapi lu gak menghargai orang lain, baru dibales 😏 aja langsung rapuh hati lu, itu hati apa krupuk, lain kali introspeksi diri dulu bercermin, tutur kata lu udah baik belum sebelum menuduh orang lain gak sopan

    • 9 September 2023 - (16:47 WIB)
      Permalink

      Kebetulan sy sering belanja di alfagift dan klikindomaret. Setau sy cm bs cancel barang kosong, karna nota pembelian kita gak bs diotak atik. Kalo bs tuker yg lain agak2 rawan kecurangan gak sih? Misalnya stock ada tp dibilang gak ada? Atau bikin berantakan data stock? Utk refund setau sy jg gak secepat kilat yg diharapkan TS, karna ini sistemnya sm kyk e-commerce lain. Jadi hrs tunggu beberapa hari.

  • 9 September 2023 - (10:20 WIB)
    Permalink

    Kasus ini seru sepertinya utk dibahas secara ilmu linguistik (semantic dan pragmatik) yang kebenaran saya adalah baru saja menyusun makalah akademis tersebut.

    TS: Pembatalan transaksi tersebut bahkan tanpa negosiasi penggantian produk.
    Analisis: Apakah TS tahu bahwa negosiasi adalah penggantian produk adalah SOP dari toko tsb?

    TS: Sebelumnya, saya sering melakukan transaksi di Alfagift dan jika ada produk yang tidak tersedia mereka menawarkan penggantian produk.
    Analisis: Itu pengalaman TS yang bukan berarti itu adalah SOPnya.

    TS: Harusnya mereka memberikan pelayanan seperti itu secara untuk pembayarannya ada biaya admin sedangkan jika dibatalkan maka biaya adminnya tidak dikembalikan.
    Analisis: TS menggunakan kata “harus” yang bermakna sebuah saran dan bukan komplain. Saran ini bisa ditujukan ke kantor pusat toko tsb sebab karyawan toko bukanlah seorang pengambil keputusan.

    TS: Tanpa rasa empati dari karyawan Indomaret tersebut malah menyuruh saya komplain
    Analisis: Bagaimana TS tahu kalau karyawan tsb tanpa rasa empati? Sudah diklarifikasikan ke karyawan tsb? Atau TS yang baperan (bahasa anak jaman now).

    TS: dan mengirimkan emotikon wajah menyeringai.
    Analisis: Secara hukum dan UU, emotikon tidak dapat mewakilkan komunikasi verbal. Mungkin suatu hari akan ada UU untuk memastikan sebuah emotikon sebagai bahasa verbal.

    Dari gambar yang dikirim, TS menggunakan kata pengganti:
    “Aku”: Aku ga terima ya kalo…… dst nya.
    Analisis: Menurut KBBI “Aku” adalah kata ganti orang pertama yang berbicara atau yang menulis (dalam ragam akrab). Saya dapat simpulkan bahwa hubungan TS dan karyawan realtif cukup akrab. Dalam masyarakat, biasanya kalau hubungan sudah akrab, SOP tidak diperlukan lagi.

    Semoga masalahnya cepat selesai.

    23
    6
    • 9 September 2023 - (16:09 WIB)
      Permalink

      Oh jadi gitu ya bentuk empati atas kesalahan dari kelalaian tokonya yang salah update informasi produk.

      1
      19
    • 9 September 2023 - (11:31 WIB)
      Permalink

      [pukul 13:51 WIB saya menerima email bahwa saldo telah dikembalikan ke rekening sedangkan saya cek mutasi rekening hingga pukul 15:36 WIB belum ada pengembalian dana.] – – pahami apa itu LLG

      Lalu Lintas Giro (LLG) adalah proses transfer rekening antar bank melalui mekanisme kliring. Kliring adalah tindakan bank untuk mengecek apakan saldo yang hendak di transfer dari rekening kita itu cukup atau tidak. Proses LLG ini biasanya akan memakan waktu 2-3 hari hingga uang sampai ke rekening tujuan.

      9
      4
      • 9 September 2023 - (16:16 WIB)
        Permalink

        Poinnya itu cara bicara karyawannya loh apalagi menambahkan emoji menyeringai. Apalagi yang salah karena kelalaian tokonya yang salah update informasi produk sehingga ada pembatalan

        1
        17
      • 10 September 2023 - (06:50 WIB)
        Permalink

        Untuk yg bwt laporan, kenapa ga di tawarkan produk lain??? Ini saya kasih faham, klo di tawarkan produk lain akan mempengaruhi stok di toko alias terjadi plus dan minus, mungkin SOP alfa dan indo beda. Jd jgn di samakan, kaya masuk rumah anda mungkin boleh pakai sendal, tp di rumah tetangga g boleh, sy liat itu masih wajar ko, dan klo mmg barang ga ada , rusak atau expired, mmg pilihanya cancel, meskipun bisa di tawarkan saat produk tsb nunggu datang untuk yg rusak dan expired,
        Jgn terlalu egois, bilang orang g ada empati, sendirinya…nol empati

  • 9 September 2023 - (12:54 WIB)
    Permalink

    Cm mau ketawa aja sm penulis nya 🤣🤣🤣🤣🤣 udah dikirim gratis apa2 mau perfect. Ada bea admin setahu saya peke VA di BCA graris deh 😭😭. duit dikembaliin malah bikin gaduh.. mending belanja sendiri aja k toko pak biar engak ada admin engak ada reject…

    14
    3
  • 9 September 2023 - (13:36 WIB)
    Permalink

    Padahal sudah dikasih tau alur komplainnya, terus juga ada notif pengembalian dana. Ya kalo sudah ada notif itu, yaa itu urusan konsumen sama BANK aja. Komplain ke Bank lah. Resiko kan belanja online daripada Offline.
    Terus minta opsi tukar barang, dibandingin sama Alfa. Emang konsumen ini tahu aturan dua perusahaan ini berbeda ?? Gak sama Pak/Bu.
    Karyawan dalam toko itu setau saya juga bukan pimpinan tertinggi yg bisa ngambil keputusan buat Refund uang andaa.

    9
    2
    • 9 September 2023 - (16:18 WIB)
      Permalink

      Poinnya itu cara bicara karyawannya loh apalagi menambahkan emoji menyeringai. Apalagi yang salah karena kelalaian tokonya yang salah update informasi produk sehingga ada pembatalan

      3
      17
  • 9 September 2023 - (13:37 WIB)
    Permalink

    Baguss sangat membantu, mana banyak promo. Apalagi saya sangat suka Produk Point Coffeenya. Gak perlu antri dibaristaa, bisa dianter kerumah.

    • 9 September 2023 - (16:18 WIB)
      Permalink

      Poinnya itu cara bicara karyawannya loh apalagi menambahkan emoji menyeringai. Apalagi yang salah karena kelalaian tokonya yang salah update informasi produk sehingga ada pembatalan

      2
      10
      • 9 September 2023 - (19:03 WIB)
        Permalink

        Karena lu ngomong gak enak duluan dengan pemilihan kata “NANTANGIN”. Jadi emoticon tersebut cuma mewakili perasaan seseorang yang hanya seorang karyawan yang telah menerangkan kebijakan perusahaan sesuai SOP, terus kalau lu paksain dengan apa yang lu mau dia mau ngomong apalagi kecuali mempersilahkan lu buat melakukan komplain dan ini juga bukan berarti “NANTANGIN”!
        Lu yang duluan berbuat gak enak lu juga yang baperan dikasih emoticon tersebut!

        21
        0
  • 9 September 2023 - (15:27 WIB)
    Permalink

    Ini maksudnya kalau transaksi batal trus saldo kembali ke klik,trus baru bisa ditarik ke rekening.Gitu kah?dan si TS enggak mau.
    Ya kalau prosedurnya kayak gitu karyawan harus gimana????
    Trus enggak segampang bisa tuker ke produk yang lain juga.Semua itu ada stoknya di komputer.Kalau stoknya plus ataupun minus yg dirugiin juga karyawannya.Plis deh ikutin aja prosedurnya knp si?

    8
    2
  • 9 September 2023 - (16:01 WIB)
    Permalink

    Ya, gimana kamu ngancam duluan, si karyawan juga kata2nya standar, sombong amat jd orang, sopnya kalau batal ya masuk ke klik dst, masa mau maksa harus gini dan gitu, ikuti aja prosedurnya, lu maksa sambil ngancam trus berharap org mau pasrah sama kamu, bergaul jangan egois.

    5
    1
    • 9 September 2023 - (19:25 WIB)
      Permalink

      Emoji itu ga bisa dijadikan patokan mutlak… Krn penafsiran bbrp emoji itu bisa berbeda di tiap org. Ada org yg pakai 😂 dalam merespon kabar duka krn anggapan nya itu tetes air mata. Dan emosi seseorang juga berperan saat menilai suatu respon, terlebih hanya chat ketik” tidak ada intonasi bicara dsbnya. Jadi kalo bagi saya, jangan terlalu diambil hati… Anggap aja dia salah pilih/geser pencet emoji.
      Soal pembatalan toko, percaya lah kalo tidak terpaksa harus dibatalkan, ngga mungkin dilakukan. Itu transfer balik ke kamu via LLG juga ngga gratis, kena biaya 2.900, alias mereka juga rugi atas pembatalan transaksi.

  • 9 September 2023 - (17:03 WIB)
    Permalink

    Harusnya masnya paham alur pengembalian dana ,itu kan karyawannya sudah ngasih penjelasan alur pengembalian dana tapi masnya ngotot pengen langsung pengembalian dana lewat ATM masnya,soal karyawan nya menyeringai mungkin masnya mengancam akan ngepost di media sosial.. dan karyawannya itu sudah SOP soal penjelasannya.. ngga segampang itu sih,masnya kalo belanja online harus mengikuti prosedur nya.. coba itu diliatkan chat pertamanya pasti ada chat yg kepotong ,saran saya lebih memahami alur prosedur belanja online dan pengembalian dana..

  • 9 September 2023 - (18:32 WIB)
    Permalink

    1.Yang dipermasalahkan TS adalah sikap karyawannya, tapi judulnya juga terkait pembatalan pesanan.
    2.DATA Stok ditoko bukan tanggung jawab KARYAWAN TOKO. Mereka tidak bisa menambah atau mengurangi stok suatu barang yang ada ditoko tersebut lewat sistem, karyawan toko tidak bisa membuka database.
    Stok barang ditoko hanya bisa diganti oleh teknisi IT kantor cabang atau HO (Head Office).
    3.Pengembalian dana belum masuk, harusnya TS komplain berdasarkan Alur yang sudah disediakan. KARENA KARYAWAN TOKO TIDAK BISA MEMPROSES PENGEMBALIAN DANA BY SISTEM, BUKAN TANGGUNG JAWAB PERSONIL TOKO. Itu sudah beda bagian.

    • 9 September 2023 - (21:39 WIB)
      Permalink

      Ts masih kudet di era digitalisasi.
      Seperti orang jadul yang maunya menang sendiri, apa2 harus sesuai keinginan tanpa mengikuti prosedur/ egois.

      • 9 September 2023 - (22:19 WIB)
        Permalink

        TS TOLONG SADAR DIRI,KLO MISAL LO NANTANGIN ORANG,HARUS MAU BILA DITANTANG BALIK.
        GKNNGIKUTIN TNC, MALAH LAPOR KE MK🤣
        KEEP CRYING DUDE

        3
        1
    • 10 September 2023 - (08:35 WIB)
      Permalink

      @Pick Hide, iya betul
      Koreksi dikit, yang bisa ganti stok barang bukan Teknisi IT, tapi bagian Inventory Control dan harus melalui dokumen transaksi yang disetujui (approval) oleh Personal yang berwenang. 🙏

  • 9 September 2023 - (21:18 WIB)
    Permalink

    Mas…mas…anda menuntut empati dan reaksi pegawai kepada anda..terlalu berlebihan anda ini..gila hormat ya..kayak gn an aja di bawa ke media mas..mas…Terlalu lebay anda..anda ini mau nuntut pengembalian dana ke rek?ato krn CARA BICARA + EMOTICON PEGAWAINYA?..HERAN..

  • 9 September 2023 - (21:39 WIB)
    Permalink

    Alah lebay lo.. Baperan kya cewe PMS.. Disitu kn si karyawan udh ngejelasin SOPnya.. Dsna dia maksudnya klo ada masalah sma SOPnya u bisa komplain mknnya bilang ‘klo mo konplain silahkan’ lah ini mlh bikin status dsni.. Mau tenar u?!?

  • 9 September 2023 - (23:00 WIB)
    Permalink

    JADI LAKI KOK BAPERAN HAHA KEKE CEWEK CUIII 😄🤣 , IKUTI ALUR NYA AKTIFASI KLIK INDOMARET NYA , UDAH ITU TINGGAL TARIK DANA , BUKAN MALAH NGOCEH” GA JELAS JIR WKWK ? KEK DUIT UDA GA ADA SERI NYA AJA NUNTUR INI ITU 🤣🤣🤣😭

    3
    1
  • 9 September 2023 - (23:06 WIB)
    Permalink

    TS: Poinnya itu cara bicara karyawannya loh apalagi menambahkan emoji menyeringai. Apalagi yang salah karena kelalaian tokonya yang salah update informasi produk sehingga ada pembatalan

    Anda aja yg terlalu baper dan gak mau mikir. Gimana bisa tau gak empati hanya dari jawaban “Oke 😏” saja
    Kocak nih orang .
    Oke deh kalo tokonya salah Karna gak update. Itu emang kesalahan, tapi apakah bisa anda jadi konsumen yg gak lalai juga?

  • 9 September 2023 - (23:31 WIB)
    Permalink

    Gampang tersingungan ini bocil.
    Emoji tiap orang beda2 mengartikan.
    Lha lagian yang nantang mau lapor MK juga Ts, giliran dipersilakan, malah gantian nuduh nantang.
    Ts: tak laporin nih.
    Indo: silakan.
    Ts: nantangin nih.

    Kocak banget TS

    4
    1
  • 10 September 2023 - (02:05 WIB)
    Permalink

    Dia gak mau di kasih Emoji 😏
    Maunya dikasih Emoji yg penuh cinta dan kasih cayang

    Seandainya karyawan tsb ngasih emoji 🥰 mungkin semua akan baik baik sajah…

  • 10 September 2023 - (02:28 WIB)
    Permalink

    Yg model begini biyasa nya lelaki tulang lunak gila hormat tapi tidak bisa menghargai orang laen… udah minta maaf kalau mau komplain di persilahkan tapi malah di kira nantangin…kalau mau di segani orang … kunci nya cuma sopan

  • 10 September 2023 - (03:01 WIB)
    Permalink

    pembeli adalah raja, tapi bukan berarti kamu sultan. jika sudah sesuai standar pahami. pada dasarnya harus saling mengerti. bukan berarti kamu pelanggan dan bisa berucap atau berkata sesuka hati hanya karn mereka dalam ‘SOP’.

  • 10 September 2023 - (04:13 WIB)
    Permalink

    Ketawa aja lah, yg beginian di upload hahahaha anda terlalu baper emang indomaret mau kabur bawa duit ratusan ribu. Anda terlalu lebai…

  • 10 September 2023 - (06:18 WIB)
    Permalink

    Kalau di MK gak cuma ad like/dislike.
    W jamin pasti rame yg kasih emot 😆(hahaha) karna melihat tingkah laku ts, termasuk w sendiri 😂😂😂

  • 10 September 2023 - (06:44 WIB)
    Permalink

    Ts nya kayanya lg puyeng… Tulisan balesnya cm itu2 doang…. 😁😁😁….
    Pengen di dukung dengan nulis di MK, malah mendapatkan kebalikannya😂

    2
    1

 Apa Komentar Anda mengenai Klik Indomaret?

Ada 93 komentar sampai saat ini..

Pembatalan Pesanan Klik Indomaret, Karyawan Tidak Berempati Saat Kompl…

oleh Muh. dibaca dalam: 1 menit
93