Paket Hilang Karena Kelalaian Kurir, Klaim Asuransi Pengiriman di Tokopedia Ditolak Pihak Tokio Marine Indonesia

Saya sebagai konsumen merasa sangat kecewa dengan keputusan yang dibuat oleh pihak Tokio Marine Indonesia selaku pihak penyedia asuransi pengiriman di Tokopedia. Karena pada tanggal 14 September 2023, pihak Tokio Marine Indonesia mengeluarkan surat penolakan klaim asuransi dari barang pesanan saya yang dinyatakan hilang oleh pihak Tokopedia karena kelalaian dari pihak kurir ekspedisi JNE dalam pengiriman barang saya.

Setelah 45 hari saya bersabar dalam mengajukan komplain di Tokopedia dengan nomor invoice: INV/20230724/MPL/3362182070 & nomor polis: M8009977. Akhirnya, tetap dirugikan waktu dan materi.

Bukti Pembelian
Bukti Pembelian

Kekecewaan saya ini bukan tanpa adanya dasar, karena di dalam surat penolakan yang dikeluarkan oleh pihak Tokio Marine Indonesia terdapat satu hal yang mengganjal bagi saya, yaitu keterangan yang menjelaskan bahwa: “Sistem tracking kurir JNE membuktikan bahwa barang sudah diterima oleh penerima Bapak Jo pada tanggal 25 Juli 2023.”

Sedangkan di alamat saya tidak ada orang dengan nama Jo. Ditambah lagi pihak kurir pun tidak memiliki bukti foto barang sudah dikirim/diberikan/diterima oleh orang dengan nama Jo jika memang barang saya benar-benar sudah dikirim ke alamat saya. Alhasil, saya kesulitan untuk mencari orang tersebut karena tidak adanya bukti foto kalau barang sudah diberikan ke orang yang bernama Jo oleh kurir JNE.

Bukti pengiriman yang tidak valid dari pihak Kurir

Saya sudah mengajukan banding di Tokopedia, akan tetapi pengajuan banding saya ditolak mentah-mentah oleh admin Tokopedia

Saya sudah mengajukan banding di Tokopedia, akan tetapi pengajuan banding saya ditolak mentah-mentah oleh admin Tokopedia.

Padahal saya jelas-jelas ingin meminta bukti yang valid atau foto muka orang yang menerima barang pesanan saya. Karena di dalam surat penolakan klaim tertulis “Pihak kurir membuktikan bahwa barang sudah diterima.” Membuktikan nya bagaimana? Apakah jika kurir hanya memfotokan alamatnya saja tanpa foto orang yang menerimanya itu bukti valid bahwa barang sudah diterima oleh yang bersangkutan? Sepertinya sangat tidak sah. Seharusnya kurir baru memberikan paket hanya kepada orang yang tertera namanya dalam resi atau kurir sudah dikonfirmasi oleh pihak pembeli itu sendiri untuk menitipkan paket pesanannya.

Dan pihak kurir pun tidak memiliki foto penerimanya dengan alasan “tidak sempat memfoto orangnya pada saat memberikan barang,” padahal itu paket isinya nominal besar dan bukan paket sembarang. Masa diberikan begitu saja ke orang yang jelas-jelas tidak tertera namanya dalam resi dan saya tidak meminta kepada kurir untuk menitipkan paketnya kepada orang lain.

Setelah saya membuat laporan pengaduan ke kantor polisi terdekat terkait barang saya yang hilang

Saya pun semakin dibuat kebingungan lagi dengan keputusan Tokio Marine Indonesia. Lantaran setelah saya konfirmasi ulang ke pihak JNE terkait klaim asuransi paket saya, mereka malah konfirmasi kepada saya bahwa klaimnya sudah disetujui oleh pihak JNE.

Kurir konfirmasi ke saya kalau klaimnya sudah disetujui oleh pihak JNE

Bagaimana saya gak semakin dibuat bingung coba? JNE menyebutkan klaim sudah disetujui, sedangkan dari pihak Tokio Marine Indonesia mengeluarkan surat penolakan klaim?

Mohon dengan sangat pertanggungjawaban terhadap pihak terkait, karena saya merasa sangat dirugikan dengan hilangnya barang pesanan saya dan tidak dikembalikannya uang saya hingga detik ini.

Andi Rafli
Kota Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

132 komentar untuk “Paket Hilang Karena Kelalaian Kurir, Klaim Asuransi Pengiriman di Tokopedia Ditolak Pihak Tokio Marine Indonesia

  • 23 September 2023 - (21:17 WIB)
    Permalink

    Dari titik koordinat gps(tercantum di foto kurir) dengan foto bukti kurir tersebut saja sudah ga sinkron. Saya cek di google maps, 6.905330,107.606184 ga ada bentuk rumah seperti foto.

    • 24 September 2023 - (05:57 WIB)
      Permalink

      Indikasi fraud ini mas, sepetinya barangnya sudah di check terlebih dahulu sama kurir tersebut. Sampai skrg case ini belum ada dana pengembalian dr pihak tokped nya ya?

      • 24 September 2023 - (15:48 WIB)
        Permalink

        Ditolak malah gan, Dana saya sudah di teruskan ke penjual karna statusnya sudah di terima, padahal sampai detik ini saya belum nerima paket apapun

      • 25 September 2023 - (12:21 WIB)
        Permalink

        Apa tidak bisa dilacak bang HP nya menggunakan nomor imei nya?barang dengan nominal super gede gitu kenapa nggk beli langsung ke toko?

    • 24 September 2023 - (15:46 WIB)
      Permalink

      Loh iya, saya baru ngeuh setelah saya coba ketik sendiri titik kordinatnya, saya chat kurir pun gak asa respon lagi

  • 23 September 2023 - (21:26 WIB)
    Permalink

    saya beli barang diatas 1 juta biasanya milih offline sih… 😬 kecuali kemarin beli kasur karena gede… hehe.. tapi tim expedisinya langsung dari seller… bukan via JNE dll…

  • 23 September 2023 - (22:22 WIB)
    Permalink

    Ane dah kapok pakek JNE. Khusus ny pelayanan yes. Kata nya 1 hari nyampe. Ampe molor 3hr.

  • 24 September 2023 - (00:26 WIB)
    Permalink

    Beli barang sampe 20jutaan kok berani-beraninya pakai jasa JNE? 😨 Kalo pake jasa expedisi gt bukanya otomatis diresi kecatet ya barangnya apa aja? Mungkin dr situ makanya lgsg di embat sama kurirnya. Saran saya mending pake Gojek kalo barangnya sampe jutaan. Saya waktu beli IP13 aja was was pake Gojek instant tp biasanya kalo pake Gojek, seller bakal keep update data dan foto driver bahkan KTPnya bakal kita terima, supaya keduabelah pihak aman. Saya waktu itu aman sampai rumah dan di kotak ga ditulis barangnya apa yg ada didalamnya. Jadi meminimalisir niat buat nyuri. Semoga masalahnya cepat kelar mas

    • 24 September 2023 - (15:49 WIB)
      Permalink

      Iya mas gan kapok saya sekarang, pelajaran deh untuk kedepannya biar ga beli barang mahal di o line, resikonya banyak termasuk hilang kaya saya begini

  • 24 September 2023 - (04:35 WIB)
    Permalink

    Namanya asuransi itu nggak ada yg mau rugi…jadi gimana caranya padti akan berusaha untuk nggak akan mencairkan apa yg menjadi kewajibannya….
    Mangkanya sampe skrg belum percaya sama asuransi..kecuali bpjs…yg udah membantu proses kelahiran putra saya…

  • 24 September 2023 - (07:12 WIB)
    Permalink

    Next time pasang cctv di teras rumah, biar ada bukti pembanding klo gini, repot sendiri, ga peduli nominal klo slama asuransi, karena selain seller/kurir nakal, ga sedikit juga buyer nakal..,

    liat komen lucu “kalo di resi keliatan nama barang kan ngeri” itulah gunanya asuransi, nama barang harus di declare, biar klo hilang klaim bisa dipertanggung jawabkan, ga mungkin kan tulis headset iPhone, pas hilang, klaim nya malah unit iPhone.

  • 24 September 2023 - (15:00 WIB)
    Permalink

    Terus om cari JNE terdekat .. cari kurir pengirimnya kan ada tuh datanya .. jewer kurirnya bawa suruh unjukin kemana dia kirim .. oknum bangsatnya bnyk di JNE .. sy pernah & kelar walau kasus beda .. pake kekerasan sedikit juga ngaku tuh. .

    • 26 September 2023 - (00:50 WIB)
      Permalink

      Wah kalau saya lebih baik diselesaikan dengan baik2 dulu deh gan, siapatau kurir bisa mempertqnghung jawabkan kesalahannya. Cuman yg jadi permasalahan ini kurir gak respon saya terus tiap saya chat dan telfon, jadi saya mulai berasumsi ke hal negatif sama pihak kurir.

    • 24 September 2023 - (16:49 WIB)
      Permalink

      Sudah gan, tapi malah dilayani lewat telfon, kan aneh jauh2 dateng ke gedung tokped care buat dilayani langsung tapi dilayaninya malah lewat telfon

  • 24 September 2023 - (17:18 WIB)
    Permalink

    Klau dak kelar2 bang kirim somasi bang klau emg ente kehilanggan barang, kirim somasi om bilang 2×24 jam klau tidak ad kejelasan langsung naik lapor ke unit kriminal polda setempat

    • 26 September 2023 - (00:52 WIB)
      Permalink

      Sudah saya serahkan kok kemarin berkasnya ke JNE pusat di Bandung. Semoga saja secepatnya ada itikad baik dari pihak ekspedisi maupun asuransi san saya mendapatkan hak saya kembali.

  • 25 September 2023 - (06:15 WIB)
    Permalink

    Kalau baca semua balasan chat dari TS. Ketika JNE mengatakan claim approved, secara tidak langsung JNE sudah mengakui kesalahan mereka. Kalau menurut saya, kasus ini sekarang adalah urusan JNE dan pihak asuransi. Asuransi sepertinya tidak mau bertanggung jawab karena kesalahan dari JNE yg kesannya disengaja atau kesannya adalah kecerobohan. Imbasnya TS menjadi korban. Kalau saran saya mending kejar terus JNE dan fokus hanya ke JNE, karena itu kesalahan mereka. Jangan TS berurusan dengan asuransi, biarkan JNE sepenuhnya bertanggung jawab.

    • 26 September 2023 - (00:54 WIB)
      Permalink

      Sudah gan, hari ini saya sudah ke kantor Tokio Marine Indonesia cabang Bandung, tapi kata mereka di cabang bandung gak menerima untuk klaim pengiriman barang di Tokopedia dan harus langsung dateng ke pusatnya di Jakarta. Ke JNE pun sudah saya serahkan berkas pengaduan saya, agar di eskalasi komplain saya katanya.

    • 26 September 2023 - (07:39 WIB)
      Permalink

      sepertinya alurnya dari JNE bayar ke pihak asuransi, terus dari asuransi bayar ke buyer.
      yang jadi masalah JNE sudah setuju buat bayar/claim, tapi pihak asuransi yang engga mau.

    • 26 September 2023 - (00:57 WIB)
      Permalink

      Saya melihatnya ada kesalahan yang dibuat pihak ekspedisi/kurir pada saat membuat BAP pengajuan klaim, karna dari kronologinya tertulis paket sudah diterima tapi oleh orang yg tidak saya kenal, makanya pihak Tokio Marine menganggap saya sudah menerima paket saya tersebut, padahal belum sama sekali. Jadi mau somasi pihak Tokio Marine nya pun ini problem awal terjadinya ada dari pihak ekspedisi gan.

  • 25 September 2023 - (13:42 WIB)
    Permalink

    itu udah pasti kurir yg bermain. dia memang ke alamat yg dituju, tp cuma foto depan rumah. paket ya dibawa kembali (baca: dimaling)

    • 26 September 2023 - (00:58 WIB)
      Permalink

      Nah ini yg membuat saya makin janggal soalnya si kurir sama sekali gak merespon chat atau telfon dari saya lagi sampai detik ini entah kenapa

      • 26 September 2023 - (21:54 WIB)
        Permalink

        Sepandai pandainya org menyimpan bangkai pasti bakal kecium juga, usut terus bang jangan sampai lengah, kurir nakal begini harus masuk penjara, semoga cepat selesai ya masalahnya.

  • 25 September 2023 - (15:30 WIB)
    Permalink

    Akhir – akhir ini banyak barang jumlah besar hilang di tokped ya, saya kalau beli iphone skrng lewat website resminya d*g*map dan pilih ambil di toko, jd bisa diambil sekalian jalan2 ke mall

  • 25 September 2023 - (21:35 WIB)
    Permalink

    Seharusnya kan dicek tracking espedisinya..bila keterangan barang sudah diterima tapi pembeli belum menerima barang,langsung telpon kantor pusat expedisi,nanti kurir pengirimnya langsung ditelpon oleh kantor pusat expedisinya dengan nomor resi tersebut .jangan sampai lebih sehari.aku juga pernah kayak gini ,langsung dibalikin sama kurir.

  • 26 September 2023 - (01:00 WIB)
    Permalink

    Itu saya sudah langsung komplain, begitu ada notif paket telah diterima di Tokopedia saya langsung konfirmasi ke temen saya sudah terima paketnya atau belum? Karna di status tracking nya bukan atas nama dia dan bukti foto barang telah di terimanya pun gak ada muka orang yang nerima paket saya itu

  • 29 September 2023 - (18:33 WIB)
    Permalink

    Saya bertahun-tahun beli barang mahal seperti smartphone, tv, speaker ,kulkas dll ditokopedia. Bersyukur saya belum pernah barang hilang atau bermasalah. Karena kurir selalu letakkan di teras rumah dab untung CCTV ada diteras saya jika ada apa2. Untung kadang ditutup disatpam kalau tidak ada org dirumah atau tidak bisa dihubungi. Jadi disini sepertinya kalau barang sudah status diterima dgn alamat lokasi yg sesuai kadang emang asuransi tidak mengcover hal ini. Lbh baiknya langsung aja komplain dan hubungi pusat JNE. SEMOGA BERUNTUNG DAN BISA DIKEMBALIKAN PIHAK JNE.

  • 2 Oktober 2023 - (11:35 WIB)
    Permalink

    saya juga lagi proses claim asuransi barang hilang dari official store / centang biru berupa samsung galaxy s23 dari beli tanggal 13 september sampai sekarang belom kelar2. barang hilang pakai ekpedisi j&t (pilih sendiri kurirnya bukan gratisan) dan hilangnya pas posisi di drop point sender. pihak tokopedia belum memberi respon hingga saat ini alasanya pihak ekpedisi belum memberikan konfirmasi dan BAP kehilangan. kapok saya sekarang beli online rugi waktu, materi, sangat melelahkan

    kayaknya abisni mau ku post aja di mediakonsumen

  • 21 Desember 2023 - (12:43 WIB)
    Permalink

    Kedepannya, Mas nya bisa antisipasi dengan pasang CCTV, cari yang minimal 4MP. Supaya kelihatan jelas wajahnya.

    CCTV WAJIB DIPASANG di negeri lemah hukum, dan banyak maling

 Apa Komentar Anda?

Ada 132 komentar sampai saat ini..

Paket Hilang Karena Kelalaian Kurir, Klaim Asuransi Pengiriman di Toko…

oleh Andi dibaca dalam: 2 menit
132