Paket Hilang Karena Kelalaian Kurir, Klaim Asuransi Pengiriman di Tokopedia Ditolak Pihak Tokio Marine Indonesia

Saya sebagai konsumen merasa sangat kecewa dengan keputusan yang dibuat oleh pihak Tokio Marine Indonesia selaku pihak penyedia asuransi pengiriman di Tokopedia. Karena pada tanggal 14 September 2023, pihak Tokio Marine Indonesia mengeluarkan surat penolakan klaim asuransi dari barang pesanan saya yang dinyatakan hilang oleh pihak Tokopedia karena kelalaian dari pihak kurir ekspedisi JNE dalam pengiriman barang saya.

Setelah 45 hari saya bersabar dalam mengajukan komplain di Tokopedia dengan nomor invoice: INV/20230724/MPL/3362182070 & nomor polis: M8009977. Akhirnya, tetap dirugikan waktu dan materi.

Bukti Pembelian
Bukti Pembelian

Kekecewaan saya ini bukan tanpa adanya dasar, karena di dalam surat penolakan yang dikeluarkan oleh pihak Tokio Marine Indonesia terdapat satu hal yang mengganjal bagi saya, yaitu keterangan yang menjelaskan bahwa: “Sistem tracking kurir JNE membuktikan bahwa barang sudah diterima oleh penerima Bapak Jo pada tanggal 25 Juli 2023.”

Sedangkan di alamat saya tidak ada orang dengan nama Jo. Ditambah lagi pihak kurir pun tidak memiliki bukti foto barang sudah dikirim/diberikan/diterima oleh orang dengan nama Jo jika memang barang saya benar-benar sudah dikirim ke alamat saya. Alhasil, saya kesulitan untuk mencari orang tersebut karena tidak adanya bukti foto kalau barang sudah diberikan ke orang yang bernama Jo oleh kurir JNE.

Bukti pengiriman yang tidak valid dari pihak Kurir

Saya sudah mengajukan banding di Tokopedia, akan tetapi pengajuan banding saya ditolak mentah-mentah oleh admin Tokopedia

Saya sudah mengajukan banding di Tokopedia, akan tetapi pengajuan banding saya ditolak mentah-mentah oleh admin Tokopedia.

Padahal saya jelas-jelas ingin meminta bukti yang valid atau foto muka orang yang menerima barang pesanan saya. Karena di dalam surat penolakan klaim tertulis “Pihak kurir membuktikan bahwa barang sudah diterima.” Membuktikan nya bagaimana? Apakah jika kurir hanya memfotokan alamatnya saja tanpa foto orang yang menerimanya itu bukti valid bahwa barang sudah diterima oleh yang bersangkutan? Sepertinya sangat tidak sah. Seharusnya kurir baru memberikan paket hanya kepada orang yang tertera namanya dalam resi atau kurir sudah dikonfirmasi oleh pihak pembeli itu sendiri untuk menitipkan paket pesanannya.

Dan pihak kurir pun tidak memiliki foto penerimanya dengan alasan “tidak sempat memfoto orangnya pada saat memberikan barang,” padahal itu paket isinya nominal besar dan bukan paket sembarang. Masa diberikan begitu saja ke orang yang jelas-jelas tidak tertera namanya dalam resi dan saya tidak meminta kepada kurir untuk menitipkan paketnya kepada orang lain.

Setelah saya membuat laporan pengaduan ke kantor polisi terdekat terkait barang saya yang hilang

Saya pun semakin dibuat kebingungan lagi dengan keputusan Tokio Marine Indonesia. Lantaran setelah saya konfirmasi ulang ke pihak JNE terkait klaim asuransi paket saya, mereka malah konfirmasi kepada saya bahwa klaimnya sudah disetujui oleh pihak JNE.

Kurir konfirmasi ke saya kalau klaimnya sudah disetujui oleh pihak JNE

Bagaimana saya gak semakin dibuat bingung coba? JNE menyebutkan klaim sudah disetujui, sedangkan dari pihak Tokio Marine Indonesia mengeluarkan surat penolakan klaim?

Mohon dengan sangat pertanggungjawaban terhadap pihak terkait, karena saya merasa sangat dirugikan dengan hilangnya barang pesanan saya dan tidak dikembalikannya uang saya hingga detik ini.

Andi Rafli
Kota Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

132 komentar untuk “Paket Hilang Karena Kelalaian Kurir, Klaim Asuransi Pengiriman di Tokopedia Ditolak Pihak Tokio Marine Indonesia

    • 22 September 2023 - (20:51 WIB)
      Permalink

      Iya makanya saya masih follow up pihak JNE sama Tokio Marine nya, tapi dari JNE responnya masih gitu2 aja dalam proses klaim terus, daan dari Tokio Marine gaada respon email saya sampai sekarang gak dibalas

      5
      3
      • 23 September 2023 - (01:42 WIB)
        Permalink

        Makanya percuma pakai ASUransi pengiriman tokopedia mau mungutin preminya aja.. giliran barang ilang dan konsumen claim dicari2 alasan utk menolak claim.. lebih baik tokopedia tdk usah pakai2 ASUransi pengiriman lah.. nambah2in biaya nggak penting aja.. 1001 cara akan dipakai pihak ASUransi pengiriman utk menolak claim konsumen krn tujuan mereka sebenarnya hanya cari uang premi semata tanpa niat bayar claim klw ada kehilangan..

        26
        1
        • 23 September 2023 - (14:40 WIB)
          Permalink

          Bener, uang masuk sangat cepat di terima, begitu ada klaim gede, alasan gak masuk akal di bikin2, di diamkan berharap yg komplen bosen
          Saran saya kejar terus, laporan polisi nya di update juga.
          Tangkap semua oknum kurir maling itiu.
          Paket saya sudah 2x di intip kurir karena barang murah gak di tilep.

          • 23 September 2023 - (15:57 WIB)
            Permalink

            pesen barang mahal kok pake jne atau kurir pengiriman itungan hari, nggak pake gosend aja? dalam. saya jg pernah kasus barang ilang di jne dan anehnya emang bukan rumah saya yg di foto untung karena barang murah kali ya 50rb makanya diganti

            3
            1
          • 29 September 2023 - (17:05 WIB)
            Permalink

            tokopedia lagi. sabar bang semangat semoga duit nya bisa kembali.aku juga pernah ngalamin tapi ga sebesar abang si nilai nya.alhamdulillah duit ku balik walau harus nunggu 1 bulan lebih.sejak saat itu aku ga mau pake tokopedia lagi

      • 23 September 2023 - (05:17 WIB)
        Permalink

        Kayanya pihak expedisi yg bermain terutama prngantarnya (kalo diliat dr kronologis yg diceritakan).

        10
        1
        • 23 September 2023 - (11:25 WIB)
          Permalink

          Saya awalnya pun berasumsi seperti itu, ditambah lagi saat ditelfon sama saya pas dipolsek dia ga angkat, trus pas dilacak oleh pihak polsek dan ditelfon berulang kali baru dia angkat. Tapi setelah itu dia memberi kejelasan juga ke saya, dan dia konfirmasi ke pihak polsek via telfon kalau paketnya itu dikira hanya ada hedset saya saja karna di resi hanya tercabtum hedset saya, jd gak menyangka kalau didalamnya nominal besar, begitu katanya.

          4
          1
          • 23 September 2023 - (11:29 WIB)
            Permalink

            Berarti emang niat dia udah maling. Usut terus jangan kasih kendor.

          • 23 September 2023 - (13:02 WIB)
            Permalink

            Trz kelanjutannya bagaimana Bang ? Harusnya ya Abang bilang “ywdh saya ajak kamu ke kntor polisi untuk keterangan lebih lanjut mau gak” Klo si kurirnya gmau ya berarti sudah ketahuan dia sndri yg mengambil paket tersebut dikarenakan sudah tidak jujur dan tidak bertanggung jawab atas kesalahannya tersebut. Seharusnya klo dia emng bner gak atau tidak mengambil paketnya bisa di pastikan dia akan mau datang ke kntor polisi toh kan dia tidak bersalah jadi mau membuktikannya di kntor polisi.

      • 23 September 2023 - (07:29 WIB)
        Permalink

        Untuk beli barang seperti handphone harga mahal mending di offline saja apalagi iPhone . Sama dengan memancing maling. Ibarat sedang lapar ada sate dimeja , langsung disikat

        6
        3
        • 23 September 2023 - (08:50 WIB)
          Permalink

          saran anda sangat bagus sekali sekali. sangat kelihatan anda orang yang sudah pengalaman. kalau saya sih mending saran semua toko online dibubarin. kalau boleh mending kembali ke zaman batu sekalian. nangkap ikan pakai tombak, berburu pakai taruhan nyawa. mantap gak kaka igum?

          5
          8
          • 23 September 2023 - (11:27 WIB)
            Permalink

            Setelah saya merasakan sendiri, belanja online bukan membuat aman kalau begini caranya, malah semakin meningkatkan resiko kehilangan/kerusakan dari berbagai aspek

          • 24 September 2023 - (15:29 WIB)
            Permalink

            Iya, makin besar nominalnya risiko memang makin tinggi, salah satunya kehilangan ini, entah oknum kurir atau ada orang lain nerima terus kabur, bisa jadi jo cuma boongan…
            Btw kok jadi ke zaman batu sih?

        • 23 September 2023 - (11:26 WIB)
          Permalink

          Sependapat, saya jadikan pelajaran deh untuk tidak membeli barang nominal besar via online

          • 23 September 2023 - (16:46 WIB)
            Permalink

            Ada kemungkinan juga ada kesalahan dari pihak agen JNE yg salah tempel stiker no resi dengan no resi orang lain, jadi paket nya nyasar ke alamat orang lain.

          • 24 September 2023 - (08:01 WIB)
            Permalink

            Untuk kedepan, beli barang yg nominalnya besar, saran offline aja A, ngeri soalnya, prinsip sy seperti itu, online hanya barang2 murah aja.

      • 23 September 2023 - (16:55 WIB)
        Permalink

        Asuransi Tokopedia penipu, saya juga mengalami kejadian di atas beli alat kesehatan, rugi 3 jutaan

          • 24 September 2023 - (21:11 WIB)
            Permalink

            Sudah memasuki bulan ke 3, hanya disuruh tunggu investigasi,, klw dekat orang nya saya sudah tonjok tu pemilik tokopedia,, emosi sekali membaca jawaban template mereka

      • 24 September 2023 - (08:23 WIB)
        Permalink

        Asuransi tokped skr sangat berbelit-belit. Tidak seperti tahun-tahun sebelum nya. Semisal rusak barang oleh ekspedisi/ di perjalanan pun tidak di ganti. Alasan mereka selama tidak rusak fisik, kalau cuma rusak fungsi tidak di ganti.

        Jadi semisal nih , kita beli barang elektronik nah komponen dalam nya ada yg lepas / rusak karena di banting kurir, selama barang nya ga lecet dan fisik masih mulus ga bakal di ganti. Jadi hati-hati skr kalau pake asuransi tokped, udah mulai bodong juga.

        Sekarang barang hilang pun, yang penting status delivered, ga di ganti juga. Lah semisal di colong kurir terus status di klik delivered/ terkirim rugi dong kita.

        Jadi apa guna nya asuransi di Tokopedia??

        • 24 September 2023 - (08:42 WIB)
          Permalink

          Tadi barusan aja baca di media konsumen juga, beli di tokped pake jne juga, barang rusak fisik ga bisa claim juga. Lengkap sudah tokopedia 😆

        • 24 September 2023 - (10:51 WIB)
          Permalink

          Hoalah… Baru tau saya, pantes kok bisabisanya mereka nolak klaim saya hanya karna status telah di terima, padahal saya gak tau/kenal orang itu. Makasih banyak gan infonya

      • 27 September 2023 - (09:51 WIB)
        Permalink

        Susah emang klo udah urusan sama JNE…mbulet dan emang susah bngt klo di minta tanggung jawabnya. Mangkannya ga salah klo JNE bnyak yg gulung tikar, lha wong penyelesaian masalahny aja nol…

    • 23 September 2023 - (13:10 WIB)
      Permalink

      Untuk Ekspedisinya, bilamana si kurirnya telah salah mengambil paket tersebut, saya sarankan bila perlu jngn hanya mengambil tindakan sebatas dikasih SP ataupun dipecat, akan tetapi si kurirnya harus di laporkan ke pihak yg berwajib yaitu kepolisian. Agar si kurir jera dan bisa ditahan di penjara minimal bisa kasih pelajaran ke pihak kurir tersebut. Tetapi bila Anda pihak Ekspedisi hanya polos tidak memperkarakan si kurir trsebut dia akan dapat bekerja kembali di jasa ekspedisi lainnya dan yg mana ssudah tentu kejadian akan terus dan terus terulang dan lanjut akan kehilangan barang ketika dia kembali bekerja sbg kurir membawa paket. Ini akan jadi kebiasaan, jadi orang orang yg ingin belanja di marketplace akan mikir 2x bila ingin belanja barang mewah.

      • 23 September 2023 - (14:42 WIB)
        Permalink

        Saya ada rencana seperti itu, tapi saya ingin lihat dulu apakah pihak yang bersangkutan dan yang bertanggung jawab seperti JNE sebagai ekspedisi atau Tokio Marine Indonesia sebagai pihak penyedia asuransi menunjukan itikad baiknya atau tidak terhadap konsumen yang merasa dirugikan.

      • 23 September 2023 - (14:47 WIB)
        Permalink

        Sy pernah laporan paket sy di intip kurir JnT, tapi admin nya malah seakan tidak peduli, terkesan melindungi.
        Kalau saja barangnya mahal mungkin harus berurusan dgn asuransi seperti kasus ini.
        Maka nya sy jarang mau beli barang kecil yg mahal.
        Rawan di periksa di tilep, si kurir di pecat pun bisa kerja di tempat lain lagi.
        Umumnya expedisi gak mau urusan panjang di pengadilan
        Nah maling nya tau persis itu.

        • 23 September 2023 - (19:17 WIB)
          Permalink

          Iya, memang lebih aman belanja nominal besar di offline toko aja, nyesel saya belanja di tokped cuma buat cari cashback, taunya malah seperti ini.

          • 23 September 2023 - (21:01 WIB)
            Permalink

            Iyah mas,karna kalo di jne itu mesti di tulis di deskripsi nya itu barangnya berupa apa,trus kalo kurir baca deskripsi nya iphone.iyah aji mumpung.dia lebih milih ambil itu iphone drpd di anter.

        • 29 September 2023 - (17:50 WIB)
          Permalink

          Saran saya viral kan sebab di Indonesia kl tdk viral tdk akan menang.
          Jalan hukum gpp tp tanpa viral juga percuma apalagi banyak juga buzzer2 Tokopedia & jne disini.

    • 24 September 2023 - (08:23 WIB)
      Permalink

      Asuransi tokped skr sangat berbelit-belit. Tidak seperti tahun-tahun sebelum nya. Semisal rusak barang oleh ekspedisi/ di perjalanan pun tidak di ganti. Alasan mereka selama tidak rusak fisik, kalau cuma rusak fungsi tidak di ganti.

      Jadi semisal nih , kita beli barang elektronik nah komponen dalam nya ada yg lepas / rusak karena di banting kurir, selama barang nya ga lecet dan fisik masih mulus ga bakal di ganti. Jadi hati-hati skr kalau pake asuransi tokped, udah mulai bodong juga.

      Sekarang barang hilang pun, yang penting status delivered, ga di ganti juga. Lah semisal di colong kurir terus status di klik delivered/ terkirim rugi dong kita.

      Jadi apa guna nya asuransi di Tokopedia??

  • 22 September 2023 - (20:13 WIB)
    Permalink

    asuransi toped dah mau bangkrutt makin banyak antrian klaim makanya yg nominal besar ditolakin yang receh baru diganti itu pun antri beberapa hari kalo klaim ke JNE cuma diganti 10x ongkir kalo ke asuransi kan full makanya gak mau ganti cari alasan buat nolak

    6
    1
    • 22 September 2023 - (20:53 WIB)
      Permalink

      Pantesan saya lihat di kolom komentar instagramnya Tokopedia kok banyak banget ternyata yang klaim nya belum disetujui dan ditunda. Dan alasan penolakan nya pun bertolak belakang sama keputusan dari pihak JNE, Ternyata..

      2
      1
      • 23 September 2023 - (07:29 WIB)
        Permalink

        Foto bukti penerimaan paket kan ada tuh, disitu juga ada tag lokasi gmaps, sudah coba samoerin kesitu?

        • 23 September 2023 - (11:28 WIB)
          Permalink

          Itu lokasinya memang benar didepan alamat, tapi saya tanya ke orang sekitarpun gaada yang melihat kurir dateng untuk mengirimkan paket di hari itu

          • 24 September 2023 - (14:34 WIB)
            Permalink

            Kurir toko pedi memang aneh saya pernah beli padahal alamat jelas masih aja nyasar untung yang punya rumah masih kmbalikan,jadi diantar barangnya ke rumah,mending shopee expres di foto penerimanya

  • 22 September 2023 - (21:03 WIB)
    Permalink

    Halo Kak, itu menurut saya sih oknum kurir yg mengambil barang tersebut, apalagi itu barangnya berupa HP dan aksesoris nya. Usut terus kak smpai tuntas, bila perlu lapor ke polisi dan cek ke JNE siapa nama kurir yg membawa paket kaka. Klo tidak seperti ini akan ada kurir kurir nakal lagi dikemudian hari dan terus berlanjut paket berharga akan di ambil oknum nakal tersebut. Dan untuk ekspedisi klo memilih kurir itu yg benar jangan asal comot.

    13
    1
    • 22 September 2023 - (21:39 WIB)
      Permalink

      Sudah gan, sebelumnya sudah dicoba untuk menghubungi kurir pas saya di polsek, bahkan sampai yang sedang bertugas dipolsek itu minta nomor kurirnya buat nelfon langsung dan lacak keberadaan dia. Sampai berulang kali ditelfon baru diangkat, barulah di tanyakan sama pihak polseknya, makanya saya dibuatkan surat ini

      3
      1
  • 22 September 2023 - (21:07 WIB)
    Permalink

    Udh terlalu sering saya membaca media konsumen akhir akhir ini, yg mana kejadian barang hilang seperti sudah biasa di jasa ekspedisi. Jadi saya harap kaka usut smpai tuntas bila perlu kejar terus dan tanya siapa nama kurir yg membawa paket tersebut di JNE.

    6
    1
        • 23 September 2023 - (14:56 WIB)
          Permalink

          O gak begitu juga
          Memang mereka berusaha keras biar gak jadi bayar.
          Jangan sampai apa yg mereka harapkan terjadi, lapor dari tingkat bawah sampai ke mabes polri, kapan perlu sampai ke PBB om 😂👍😂
          Jangan cape tulis di mediakonsumen.com
          Surat pembaca dll dkk

          0
          1
          • 23 September 2023 - (19:19 WIB)
            Permalink

            Tenang gan, saya sudah minta bantuan ke saudara dan rekan saya yg berada di salah satu institusi negara, biar dapet kemudahan buat bikin segala laporan yg saya butuhkan melalui jalur hukum. Terimakasih atas supportnya gan, semoga uang dan hak saya segera di berikan kembali dan kedepannya tidak ada lagi kejadian yg sama terulang dari pembeli atau masyarakat indonesia lainnya.

  • 23 September 2023 - (00:35 WIB)
    Permalink

    Asli pasti stres banget kalo kaya gini…seharusnya pihak yg bertanggung jawab penuh adalah tokped nya …mau apapun kasusnya…biar dia yg urus ..kita tinggal dapet report dan hasil pertanggung jawaban nya

    2
    1
    • 23 September 2023 - (11:31 WIB)
      Permalink

      Tapi yang saya dapat dari hasil akhir komplain saya, ditolaknya itu oleh pihak partner asuransi tokopedia yaitu tokio marine, tapi alasannya sangat tidak jelas. Dan begitu saya konfirmasi ke kurirnya, kurirnya malah bilang kalau JNE udah nge acc klaim saya, tapi keputusan akhirnya malah ditolak tokio marine karna tracking jne membuktikan kalau paketnya telah diterima tapi bukan atas nama saya, teman saya, ataupun orang sekitar alamat saya. Makanya saya bingung dan sangat kecewa

      • 23 September 2023 - (14:58 WIB)
        Permalink

        Adu kan saja cerita mereka, jangan lupa bilang juga akan di teruskan juga ke laporan polisi nanti.
        Jangan patah semangat om 👍🙏😂

  • 23 September 2023 - (02:58 WIB)
    Permalink

    Wah parah sudah rugi materi,waktu, tapi begini hasil nya,mudah” Han paket ku yg klaim asuransi ga begini dah,
    Bg boleh tau ini paketnya hilang di sortir apa hilang waktu diantar ke alamat ybs?

    2
    1
    • 23 September 2023 - (11:33 WIB)
      Permalink

      Jujur saja asumsi saya pun banyak, tapi dari penjelasan kurirnya langsung saya nangkepnya paket saya ini diberikan ke sembarang orang yg saya tidak tau/ke al dan tidak berada dialamat

      • 23 September 2023 - (15:00 WIB)
        Permalink

        Saya pernah kurir kasih ke sembarang orang, akhirnya si kurir di suruh ganti.
        Tapi nominal nya kecil, kalau besar mungkin gak akan bisa, harus asuransi atau expedisi yg tanggung dulu sebelum asuransi cair.

      • 23 September 2023 - (09:19 WIB)
        Permalink

        Saran saya sih bila beli barang online sebaiknya pakai COD, agar kurir yg nakal tidak mungkin akan ambil paketan begitu saja tanpa dia bayar dulu.
        Dan seandainya paket kita diambil oleh kurirpun, kita tidak dirugikan karena kita belum membayar barang tersebut.

        4
        2
        • 23 September 2023 - (11:34 WIB)
          Permalink

          Betul, saya pun sepertinya akan beralih ke ecommerce oren, sudah tidak merasa aman transaksi di tokopedia. Padahal akun saya sudah menuju diamon. Tapi tidak dilayani dengan baik.

          • 23 September 2023 - (19:30 WIB)
            Permalink

            ya gan, sekarang emang pelayanan toped malah kesini malah turun
            gk guna lg mau member diamond kek, batu akik kek

            saya pernah baca dri artikel ala gtu kll toped mau fokus ngasih promo ke pengguna yg sudah loyal, tp pengguna loyal pun skrng udh gk dilayanin maksimal lg, ironis

    • 23 September 2023 - (19:21 WIB)
      Permalink

      Berarti memang ada oknum tertentu mungkin ya di dalam JNE? Karna kalau kejadiannya sesering itu gak mungkin hanya kebetulan logika saya sih..

  • 23 September 2023 - (03:10 WIB)
    Permalink

    Bantu saya juga vt tiktok nya biar ramai dan bisa reach out lazada uang saya di tahan 15 bulan Parah yaaaa, btw bantu gue donnggg ramein vt tiktok gue jualan di @LazadaID uang di tahan udah 15 bulan 🙁 https://vt.tiktok.com/ZSNJAhreA/

    1
    4
  • 23 September 2023 - (05:19 WIB)
    Permalink

    Saya pernah begini tapi xpedisi milik si oren, saya kejar terus dan tlp pemimpin expedisi si oren trus, Alhamdulillah pesanan HP saya langsung di antar ke rumah. Yg disayangkan kurir yg nakal ga ketemu saya, kalo ketemu pasti saya bikin remuk dia.

    2
    2
    • 23 September 2023 - (11:36 WIB)
      Permalink

      Tapi perkaranya sudah selesai gan? Berarti itu hp di ambil pihak kurir atau bagaimana?

      • 23 September 2023 - (11:46 WIB)
        Permalink

        Alhamdulillah sudah selesai hari itu juga (4 jam waktu penyelesaian) karna saya tlp toko, Shopee, dan juga pihak kurir. Emang si kurir yg niat jelek mau maling, tapi kata istri saya dia dpt tlp dr atasannya dan di marahin, sampe pucet minta maaf (kebetulan posisi saya lagi ditempat lain, jadi ga ketemu kurir itu, cuma istri yg ketemu pas dia balik anterin hpnya) kalo ketemu saya abis saya bejek tuh kurir.

        • 23 September 2023 - (13:22 WIB)
          Permalink

          Trz kelanjutannya bagaimana Bang, apakah si kurir habis dimarahin dia hanya sebatas di pecat, atau dibawa ke kntor polisi untuk di penjarakan? Klo hanya di pecat parah sih yaa 😆 berarti Ekspedisi tersebut tidak tegas untuk memenjarakan kurir yg nakal tersebut, ekspedisi nya terlalu poloss dan bahkan lemah dalam hal seperti ini. Akan terulang kembali kemalingan di jasa Ekspedisi dikemudian hari saya jamin itu. Saya mantan kurir jdi saya tau betul bagaimana mereka itu bekerja, apa saja yg dilakukan orang orang di gudang dll.

          • 23 September 2023 - (13:31 WIB)
            Permalink

            Ga tau di pecat atau di proses hukum. Tapi besoknya yg anter dr xpedisi si oren udah lain lagi orgnya. Soalnya pas HP dateng diterima istri, malemnya saya tlp kepala bagian dia ( saya punya nmr dia dr xpedisi pusat) dan saya ceritakan kronologisnya panjang lebar. Kebetulan nama istri dan saya termasuk dikenal oleh xpedisi2 lain karna tiap hari ada paket (saya jualan juga dan pesan barang dr macem2 ecommerce), kepala expedisi nya sampe minta2 maaf gitu. Ya udah saya apresiasi tindakan dia dan saya salut atas kinerja kepala bagiannya.

    • 23 September 2023 - (15:54 WIB)
      Permalink

      ya bagus bwaang kagak ketemu ente kurirnya, jadi lo selamat dari ke ogeban lo sendiri. njir mo dibejek diremuk, yg ada lo dilaporin ke isilop penganiayaan njir, wkwkwk. eh bisa sih damai paling lo disuruh minta mangap diatas materai ceban, wkwkwk, asli lawak lo bwaang..

  • 23 September 2023 - (08:22 WIB)
    Permalink

    Paling ogah kalo di ijo itu dapat kurir EntarAja dan Jennie,Paket saya hilang di 2 kurir.Kalo beli barang mahal sebisa mungkin hindari bebas ongkir,krn bakal dpt kurir untung2an (rekomendasi ijo).Kalo di oren,kita bisa ganti sendiri kurirnya meski pake gratong.

  • 23 September 2023 - (08:57 WIB)
    Permalink

    saran aja bang siapa tau kurirnya nakal coba suruh polisi introgasi kurirnya dan juga pasti kurir tau dimana dia antar paket rumahnya minta tunjukin..dan saya juga pernah alami kerugian beli d tokopedia naik banding gak juga ada penyelesaian malah disuruh nunggu 14hari setelah 2bulan saya kejar terus alhamdllh diganti juga…jangan putus asa bang kejar biar mereka kapok maaf jika salah kata🙏🙏

    2
    1
    • 23 September 2023 - (11:38 WIB)
      Permalink

      Betul, makanya saya tiap hari masih terus follow up ke semua pihak, dan rencananya hari senin saya bakal dateng ke kantor pusat cabang tokio marine dan jne lagi buat follow up langsung dan komplain

  • 23 September 2023 - (09:36 WIB)
    Permalink

    Pembeli bayar asuransi pengiriman kan? itu masuk nya ke Asuransi JNE.. kok bisa yg memberi keputusan Tokyo Marine?
    Asli setahu saya, kalau saya kirim barang via JNE dan bayar asuransi, yaaa dari pihak JNE yg memutuskan bisa tidaknya klaim kehilangan, kok Tokyo Marine nya ya?
    cmiiw, ini SOP asuransi tokopedianya bagaimana ya?

    • 23 September 2023 - (11:42 WIB)
      Permalink

      Iya gan, yang saya baca di syarat dan ketentuan menghunakan asuransi pengiriman nya itu ditanggung oleh pihak partner asuransi yaitu Tokio Marine Indonesia, tapi keputusan tetap dibuat oleh pihak asuransi, karna Tokopedia hanya menengahi, JNE hanya acc klaim di awal dengan menyertakan BAP, dan final nya ada di pihak asuransi untuk keputusannya. Makanya saya gak terima disaat JNE sudah menyetujui klaim karna bukti pengiriman gak valid dan gaada foto orang yg menerimanya, tapi oleh pihak tokio marine malah dijadikan alasan untuk menolak klaim saya. Padahal buktinya aja gak ada, dan pihak ekspedisi sendiri telah menyetujui.

      • 29 September 2023 - (05:58 WIB)
        Permalink

        Coba samperin rumah penerima paket, ini alamatnya : Gg. Nangkasuni No.*, Tamansari, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40116.
        Pastikan dia menerima paket anda atau tidak, jika nihil, datengin agen JNE terdekat.

    • 23 September 2023 - (15:45 WIB)
      Permalink

      KESALAHAN toped itu pake asuransi tokio marine bkn asuransi dr kurir jd kalo hilang main salahan biar gak bisa diklaim

      • 23 September 2023 - (19:23 WIB)
        Permalink

        Hmm make sense, baru terfikirkan sama saya. Pantes aja kok enteng banget ngasih keputusan tanpa bukti yg valid. Wong pihak ekspedisinya aja sudah menyetujui klaim saya padahal

  • 23 September 2023 - (10:14 WIB)
    Permalink

    klo sdh gini.. kejar kurirx.. percuma nunggu dari topedx… harus proaktif pak.. langsung datangi cabang jnex… temui managerx.. ni sdh sindikat.. barang harga mahal selalu hilang

    • 23 September 2023 - (11:42 WIB)
      Permalink

      Pasti gan, hari senin saya kembali dagangi kantor2 pusat cabangnya di bandung, JNE dan Tokio Marine buat banding dan komplain

  • 23 September 2023 - (11:06 WIB)
    Permalink

    Sekarang saya kalau pesan barang yg nominal besar saya call centre expedisi info kalau saya akan ambil barangnya outlet expedisinya. CS nya akan info di outlet mana kita bisa ambil. Karena banyak kurir bermasalah semakin kesini.

    • 23 September 2023 - (11:44 WIB)
      Permalink

      Betul, sayaoun pernah ambil barang langsung di gerai waktu itu pakai ekspedisi jnt dekat rumah saya, dan itu memang lebih aman, hanya sedikit mengeluarkan effort ke tempat

      • 23 September 2023 - (14:39 WIB)
        Permalink

        Saran saja mas…usahakna pasang cctv di rumah.terutama di depan/halam rumah…jadi kalau kurir itu beneran ngater kan keliatan di cctv.

  • 23 September 2023 - (12:18 WIB)
    Permalink

    Beli barang seperti hp, tv, dll sebaiknya langsung ke toko. Mau untung diskon sedikit, tapi bisa rugi banyak

    • 23 September 2023 - (14:45 WIB)
      Permalink

      Betul, sangat tidak sebanding resiko dan diskon yang didapat. Lebih baik offline saja

  • 23 September 2023 - (14:30 WIB)
    Permalink

    Ajak ketemuan kepala sub cabang dan kurirnyabdi Polsek om, hubungi teman polisi suruh temani. Klo udah dapat ponselnya jangan cabut laporannya biar tau rasa itu kurir maling. Itu kurir pasti tergiur setelah melihat apa yg ada didalam paket nya

    • 24 September 2023 - (10:54 WIB)
      Permalink

      Sudah mas, tapi chat saya aja gak di respon sampai sekarang, terakhir kasih respon itu pas saya di polsek dan sehari setelah saya dari polsek kalau ga salah

  • 23 September 2023 - (14:47 WIB)
    Permalink

    Kejar kantor JNE cabang tempat mas bro dia pasti tau no resi itu dibawa kurir siapa?

    • 23 September 2023 - (15:12 WIB)
      Permalink

      Betul , kalo niat tracking gampang aja sebetulnya, bahkan kalo jnt ( apk buat user ) bisa kita tau nama kurir dan no hp nya, kurang tau kalo jne,
      Karena jelas kejar kurir nya dulu kalau kasus nya kaya gini,

    • 23 September 2023 - (16:41 WIB)
      Permalink

      Saran untuk yg baca kalau belanja barang hp atau laptop jangan via online lebih baik offline untuk menghindari resiko kaya gini.karena kurir yg kerjaan setiap hari kirim barang uda tau barang itu hp atau leptop gampang di maling model kasus kaya gini apa lagi kalau itu kurir uda mau abis kontrak atau freelance pasti yg tadinya baik bisa berubah jadi maling

  • 23 September 2023 - (15:09 WIB)
    Permalink

    Ngeri juga ya, perampokan berkedok market place,
    Karena saya sering baca baca di media konsumen, 3 hari yang lalu saya beli handphone saya putuskan untuk beli offline saja, beda 100 – 200rb gak apa apa lah, tapi jadi gak was was, agak ngeri sekarang beli produk yang nominal besar di marketplace pake kurir, entah reguler, instan dan lainnya ( ojol dan ekspedisi ), memang tidak semuanya, tapi banyak, pake asuransi aja enggak jamin dana aman, apalagi enggak pakai,
    Kejar terus gan, semoga cepat dapat solusi yang nyaman,

  • 23 September 2023 - (15:33 WIB)
    Permalink

    beli iphone di toped tuh antara tokonya bermasalah ato kurirnya yg masalah, hahaha,

    • 23 September 2023 - (19:26 WIB)
      Permalink

      Fakta. Dan saya sekarang jadi tumbalnya. Jadi tolong bagi semua pembaca untuk belajar dari kesalahan yg saya buat. Karna telah terlalu percaya dengan sistem keamanan dan pengiriman saat transaksi melalui ecommerce tokopedia.

  • 23 September 2023 - (16:08 WIB)
    Permalink

    Sy selalu beli peralatan elektronik terutama hp di toko biru, pernah hilang di expedisi langsung di ganti oleh bli2 tanpa tggu investigasi dst, bedanya kalau kita chat biasanya yg layani csnya langsung, bukan toko karna toko bisa saja bohong keaslian barang, beda cs yg bisa minta jaminan asli, sy belum percaya ke si ijo atau orange tuk harga > 2jt, btw kala beli hp atau yg mahal biasanya sy traking terus tiap hari status pengirimannya, bahkan kalau perlu sy ambil langsung ke expedisi. Karna expedisi kalau tdk ada orang suka melepas barang di halaman atau lainnya tanpa kontak saya, kalau di bawah 200k ya kadang sy tdk khwatir karna rumah tertutup jd walau di lempar ke halaman masih dikit aman.

  • 23 September 2023 - (16:13 WIB)
    Permalink

    Semoga segera terselesaikan ya mas, kalau dari temen2 netizen, memang yg harus dikejar kurir antarnya, ketemu, dan dimintai keterangan, ke siapa, karena kalau paket tidak diterima penerima YBS, itu sudah salah SOP, dan SP 1 kurirnya.. apalagi barang sebesar dan semahal ini

  • 23 September 2023 - (18:07 WIB)
    Permalink

    Cuma saran…
    Jangan karena tergiur harga murah bisa beli via online. Kalo ga salah dibandung kalo mau beli mending datang saja ke BEC. Nah, kalo sudah kejadian seperti inikan kita sendiri yg menyesal. Apalagi beli Iphone 14 pro dan headset Samsung, yang harganya Ajib. Bisa jadi kurirnya khilaf…
    Wallahu’alam.

    • 23 September 2023 - (19:28 WIB)
      Permalink

      Betul, penyesalan pun dateng diakhir gan. Sekarang saya kapok se kapok kapoknya. Terimakasih masukannya gan

  • 23 September 2023 - (19:33 WIB)
    Permalink

    kalau make spx sih enak. asal belum pencet pesanan diterima terus komplain barang belum diterima ya bakal balik cepet.
    selama kurir ga bisa ngasi bukti valid

 Apa Komentar Anda?

Ada 132 komentar sampai saat ini..

Paket Hilang Karena Kelalaian Kurir, Klaim Asuransi Pengiriman di Toko…

oleh Andi dibaca dalam: 2 menit
132