P-store.net Menahan Refund Saya dengan Aturan Verifikasi KTP dan Foto Selfie

Untuk yang belum tahu, P-store.net adalah marketplace Indonesia yang menyediakan produk virtual. Saya pada tanggal 15 September 2023 membeli sebuah produk di p-store.net seharga Rp145.000, biaya admin Rp7.500, dan total RP152.500.

Lalu pada tanggal 21 September 2023, penjual meminta pembatalan karena tidak menyanggupi orderan dari saya. Maka saya setujui pembatalan tersebut dengan tenang karena sebelumnya saya pernah refund dengan lancar.

Kemudian di sini masalahnya, pada saat saya ingin refund, saya diminta untuk verifikasi data. Verifikasi ini diminta data KTP/identitas dan foto setengah badan.

Pengalaman saya untuk aturan refund di berbagai e-commerce di Indonesia tidak ada yang meminta KTP apalagi foto setengah badan.

Saya sempat mempertanyakan alasan mengapa meminta data pribadi untuk refund, pihak p-store menjawab via email bahwa untuk mencegah hal ilegal seperti penyalahgunaan, pencucian uang, dan lain-lain. Jika maksudnya untuk mencegah hal tersebut, mengapa tidak sekalian untuk bertransaksi harus verifikasi dari awal. Transaksi mereka menerima uang dengan mudah tetapi pertanggungjawaban refund dibuat susah.

Riwayat email dengan customer service p-store

Saya tidak mau menyerahkan data identitas saya kepada pihak p-store karena itu data sensitif yang mudah tersebar. Saya bersedia menyerahkan data pribadi saya jika saya dijelaskan dengan sejelas-jelasnya data saya akan digunakan untuk apa dan urgensinya apa, di kebijakan privasi mereka pun tidak jelas.

Saya meminta untuk pemilik marketplace menjelaskan kepada saya dengan sejelas-jelasnya apa urgensi meminta data saya hanya untuk refund, bukan untuk berjualan.

Willyam Jeremia
Kota Tangerang

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

28 komentar untuk “P-store.net Menahan Refund Saya dengan Aturan Verifikasi KTP dan Foto Selfie

  • 24 September 2023 - (13:04 WIB)
    Permalink

    ini marketplace abal2 sebenernya haha.
    rekber aja harus selfie + ktp. berasa mau pinjol. dan aneh nya masih banyak user yang percaya sama ini merchant. padahal mereka tidak punya wewenang untuk user verifikasi menggunakan selfie + ktp.

    nb: beda sama pstore toko hp ya.

    3
    2
  • 24 September 2023 - (21:32 WIB)
    Permalink

    Wkwkwkwk….. keknya bnyk pengepul data pribadi dan berkas² nya….
    Tempo hari slh 1 provider cellular (semarprank) aj minta nmr ktp dan kk hanya buat rubah pulsa ke paket data…. auto kaga dikasih, n lsg ane tlp n maki2…. katanya sih itu skrg regulasi mrk…. regulasi yg aneh dan mencurigakan.

    4
    2
    • 25 September 2023 - (10:55 WIB)
      Permalink

      Ya anda sudah setuju dari awal untuk bertransaksi dan ikut syaratnya ya harus terima kenyataan, kalau ngak mau tutup saja akun anda sekalian dan uninstall biarin uang anda hangus, sedangkan gopay, shopepay, ovo untuk yg mode full harus verifikasi data, kalau gratis ngak perlu tapi anda tidak bisa narik duit. Pilihan tggl di anda relakan atau ikut aturn mereka.

      2
      2
      • 25 September 2023 - (11:09 WIB)
        Permalink

        Pengumpulan data pribadi gak boleh seenaknya. Harus ada kebijakan privasi dan regulasi aturan pemerintah yang ada.

        2
        2
      • 26 September 2023 - (21:10 WIB)
        Permalink

        “setuju dari awal’ … ????
        Blm pernah denger maketin pulsa kudu pk nmr ktp n kk dll…dll….
        Kl pinjol or ewallet mungkin iya….
        Blm pernah dengar urusan transaksi pulsa or paket data pake begituan, satu²nya urusan data²an yg berkaitan dgn provider seluler/ sim card hanya proses registrasi awal beli sim card nya, dan itu setahu sy masuk ke data base kominfo.

        • 26 September 2023 - (21:31 WIB)
          Permalink

          Itu semua terjadi krn di app nya kaga muncul menu semua paket, maka ane chat tuh CS nya, dan mereka bilang tampilan menu menyesuaikan kebiasaan user, krn user biasa pake paket game maka yg tampil paketan game aj, konyol kan, ibarat sampean masuk restoran krn biasa makan rendang, pas next time dtg lagi menu yg lain di umpetin… very² stupid marketing strategy….
          Makanya minta di paket oan via chat…
          Gt lho mas babang tamvan…, so dikarenakan marketing strategi yg bodoh, timbul mslh ujung² na minta data²… jadi bukan regulasi dari dulu, tapi regulasi DADAKAN itu mah

  • 25 September 2023 - (09:54 WIB)
    Permalink

    Marketplace abal-abal udah merasa paling diatas. Sering banget minta verifikasi ktp dan foto wajah. Curiga dipake buat yang nggak² padahal marketplace gak resmi

    3
    1
    • 25 September 2023 - (12:30 WIB)
      Permalink

      Kalau memang terpaksa harus kirim identitas data pribadi, kasih watermark saja foto selfie dan KTP-nya buat meminimalisir penyalahgunaan data.

      • 25 Januari 2024 - (17:27 WIB)
        Permalink

        Akun saya diubah emailnya oleh entah siapa sehingga data pembelian hilang, padahal email di profil tidak bisa di edit, saya email csnya bilang hanya admin yang dapat mengubahnya, saya minta kembalikan akun malaha berbelit2 minta nama produk terakhir yg di beli, minta no hp yg terpasang di akun padahal email aja diubah apalagi no hp, minta foto ktp lagi, aneh mengembalikan akun aja berbelit2 padahal tidak ada saldonya

  • 25 September 2023 - (13:28 WIB)
    Permalink

    gila jangan mau foto ktp dgn setengah badan & muka. mending kehilangan Rp 152.500 daripada kena pinjol hingga puluhan juta rupiah. Sudah benar posting disini. marketplace abal2 tuh

  • 25 September 2023 - (14:37 WIB)
    Permalink

    Saya malahan setuju dengan verifikasi p-store kalo yg gk tau awal mula berdiri ya menyangka marketplace abal2
    Tapi kenyataaan ya saya pernah melihat beliau berjuang untuk ke amanan konsument banyak kasus penipuan yg di selesaikan beliau baik itu buyer atau pun seller
    Contoh kasus si penjual tidak mengirimkan barang sesuai keterangan otomatis pembeli mengajukan gugatn
    Dengan begitu ada kemanan bagi pembeli… di jaman digital ini bayak kasus penipuan beliau juga pernah menangani kasus segitiga maka ya butuh ktp untuk jaga2 jika ada kasus penipuan

    • 25 September 2023 - (16:14 WIB)
      Permalink

      Posisi saya cuma pembeli yang mau refund, karena penjual gak menyanggupi orderan minta cancel. Uang saya yang tertahan, masa harus verifikasi dulu. Kalau untuk akun penjual okelah untuk wajib verifikasi. Kalo mau aman banget ya silakan dari awal pendaftaran penjual dan pembeli wajib verifikasi.

      • 6 Oktober 2023 - (11:12 WIB)
        Permalink

        akang pasti belum pernah ngalamin masalah segitiga penipuan
        jadi masih tidak percaya ada ya rekber
        segitiga penipuan misal a itu penjual b itu penipu dan c itu pembeli
        B tawarin barang jual ke C dan C transaksi ke A di tengah jalan B bilang ke A cancel otomatis uang C kirim ke B dengan ada ya pencocokan data untuk mencegah C ketipu maka ya perlu data B apakah sama atau tidak dan transaksi ya benar atau modus
        dari awal P-store mencegah terjadinya segitiga
        kalo akang tidak berniat dengan nama ya rekber transaksi direct ajah langsung

        • 6 Oktober 2023 - (12:04 WIB)
          Permalink

          Ini marketplace bukan rekber, transaksi semuanya di marketplace gak bisa dibawa keluar/direct. Sistemnya gak memungkinkan hal yg ente ceritain di atas karena yg bertransaksi cuma 2 pihak (penjual&pembeli) dan pihak marketlace sebagai perantara. Sistemnya kurang lebih sama kayak e-commerce tokp** atau shop**.

    • 25 September 2023 - (16:18 WIB)
      Permalink

      mungkin sebagian orang sudah tau siapa itu ownernya dan sebelum mendirikan pstore dan berjualan VCC** apa kerjaan dia dulu :).

      dan untuk refund di toko hijau saja tinggal input no rek, instant masuk atanpa embel2 verification lol

  • 25 September 2023 - (17:31 WIB)
    Permalink

    Kepada Yth. Pelanggan yang Terhormat,

    Terima kasih telah menggunakan layanan P-Store.Net dan atas artikel yang Anda terbitkan. Kami memahami bahwa Anda ingin berbagi pengalaman Anda dengan komunitas. Kami ingin menjelaskan bahwa sebagai bagian dari kebijakan kami untuk memastikan keamanan dan integritas transaksi di platform kami, kami memerlukan verifikasi akun untuk semua penjual atau pembeli yang ingin melakukan penarikan saldo untuk pertama kalinya di Marketplace P-Store.Net.

    Proses verifikasi ini adalah langkah penting untuk melindungi identitas dan data pelanggan kami, serta untuk memastikan bahwa transaksi yang dilakukan di platform kami adalah sah dan aman. Kami berharap langkah ini dapat memberikan tambahan keamanan dan kepercayaan bagi semua pengguna kami.

    Kami juga ingin menginformasikan bahwa kami telah melakukan tindakan refund terhadap saldo yang ada di akun Anda. Kami berharap langkah ini dapat memenuhi ekspektasi Anda dan membantu dalam meresolusi kekhawatiran yang Anda miliki. https://prnt.sc/_5yvp7wAiKc4

    Mengingat penyelesaian ini, kami dengan hormat meminta pertimbangan Anda untuk menurunkan artikel tersebut dari platform publikasi. Kami selalu berkomitmen untuk memastikan kepuasan pelanggan dan berusaha untuk terus meningkatkan layanan kami berdasarkan umpan balik yang kami terima.

    Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau memerlukan bantuan lebih lanjut, tim dukungan kami siap untuk membantu Anda. Kami sangat menghargai kerjasama dan pengertian Anda, dan berharap dapat melayani Anda dengan lebih baik di masa mendatang.

    Hormat kami,

    Admin, P-Store.Net

  • 25 September 2023 - (19:35 WIB)
    Permalink

    Minta data pribadi plus foto setengah badan segala setelah transaksi dilakukan adalah pelanggaran hak pembeli, apalagi yg batalin penjual, di mana logika orang2 di market place ini?

    • 14 Januari 2024 - (11:31 WIB)
      Permalink

      P-store web abal2 banyak produk ilegal yg dijual disini

      Seharusnya dilaporin aja ke kominfo atau ojk aja

  • 11 Desember 2023 - (09:11 WIB)
    Permalink

    sekarang jasa rekber juga di bikin kayak gitu, malas banget… takut data saya disalahgunakan, sedangkan web sebesar tokped saja tidak seperti itu

  • 15 Desember 2023 - (13:45 WIB)
    Permalink

    Saya juga pelanggan lama di P-Store, tentang foto KTP dan pas foto sudah saya ikuti. Sekarang ada masalah. Saya enggak bisa ambil saldo saya, padahal saya sudah menunjukkan bukti bukti transaksi, eh ternyata tetap tidak bisa pakai akun. Padahal saldo saya masih banyak. bener bener pengalaman yang tidak menyenangkan nih……Emang terkesan aturan mainnya tidak jelas dari awal… eh terus bikin kebijakan baru yang aneh aneh…. semoga ada soluai dan di perbaiki….

  • 2 Januari 2024 - (06:54 WIB)
    Permalink

    Saya juga sama baru juga tanggal 25 desember kemaren, super super ribet… kapok banget gue! dimintain foto selfie sampe 5 kali, video cuap-cuap harus nyebutin nama ini la itulah… foto ktp, foto buku tabungan, dan ditulis pake nama.. sumpahhh ini aturan apa sih sebenernya? sekelas tokped, shopee aja nggak kek gini-gini amat… gue malah curiga, ini keknya fix gak terdaftar OJK, kek nya market ini musti dilaporin, rekber aja sulitnya minta ampun. Itu kan siapa namanya si tri hariyanto klo ndak salah namanya. Sungguh absurddd sistemnya. Gue pantau nnti, sistem verifikasi datanya apa emang kayak gtu?, nnti gue tanya satu-satu klientnya. Klo bner, gue laporin tuh ownernya

  • 7 Januari 2024 - (12:16 WIB)
    Permalink

    saran saya marketplace ini lebih baik di tindak lanjutin .. karena saya yakin banyak yang mengalami kerugian seperti ini terutama jika anda membaca peraturannya tapi sulit melaporkan ke siapa …. udah gitu marketplace ini ngebuat atutan yang emang gak disesuaikan dengan aturan ojk yang berlaku … karena saya baca – baca aturan yang mereka buat bener – bener merugikan baik itu sebagai pembeli maupun sebagai penjual ..

  • 11 Januari 2024 - (11:22 WIB)
    Permalink

    Saya sudah 5 tahun pakai p-store. Setelah ada aturan aneh itu, saya lebih milih berhenti pakai layanannya daripada harus menyerahkan data pribadi saya

  • 19 Maret 2024 - (12:36 WIB)
    Permalink

    bener banget, ini markerplace emang punya peraturan dan kebijakan aneh banget. saya juga ngalamin hal yg sama. order jasa di sana tp karna gak ada respon dari penjual akhirnya dibatalkan otomatis oleh sistem dan refund masuk ke saldo akun. pas mau ditarik malah harus verifikasi akun yang terlalu berlebihan harus pake foto ktp, foto setengah badan dan foto buku tabungan. berasa mau pinjol 🤣. akhirnya milih buat dibeliin / topup pulsa terus di convert ke saldo ewallet daripada harus nyerahin data pribadi sensitif gitu. padahal e-commerce/markerplace besar di Indonesia kaya tokped, shop**, laz** gak nyampe segitunya persyaratannya.

    buat user dari markerplace ini yang ngalamin hal yang sama (gak bisa refund karna gak mau ngasih data pribadi) mending dibeliin pulsa aja terus di konversi ke saldo ewallet. banyak layanan jasa convert pulsa yg trusted.

 Apa Komentar Anda?

Ada 28 komentar sampai saat ini..

P-store.net Menahan Refund Saya dengan Aturan Verifikasi KTP dan Foto …

oleh Willyam dibaca dalam: 1 menit
28