Tokopedia Tidak Mempercayai Bukti Kurir JNE??

Surat Terbuka untuk Tokopedia dan JNE,

Pada tanggal 6 September, saya berbelanja di Tresno Store Indonesia melalui Tokopedia, 14 unit kalkulator Casio fx350 es plus yang saya terima pada tanggal 12/9/2023. Yang mana ternyata adalah kalkulator Casio palsu. Kemudian saya komplain pada tanggal 13/9/2023, dan kemudian terjadi perdebatan di Tokopedia yang kemudian disetujui penjual untuk retur Casio palsu tersebut dengan memberikan alamat retur penjual.

Kemudian produk Casio palsu tersebut saya bungkus bubble wrap dan saya kemas dalam kotak, lalu kirim pada tanggal 15/9/2023 melalui JNE. Yang mana dari bukti yang diberikan kurir JNE berupa foto paket di rumah Tresno Store Indonesia, beserta bukti chat dari kurir JNE dengan Tresno Store Indonesia (screenshoot terlampir) dengan status terkirim.

Yang sempat terjadi perdebatan kurir JNE dengan Tresno Store Indonesia, yang mana kurir JNE meminta untuk membuka CCTV yang mana ditulis dalam bukti screenshot bahwa awalnya barang belum diterima, yang kemudian dijawab dengan barang sudah ketemu. Tetapi Tresno Store Indonesia tetap mengatakan tidak menerima paket di dispute Tokopedia (screenshot terlampir).

Yang mana bukti foto depan rumah penjual Casio palsu dan paket di atas bangku panjang, dan lampiran screenshot chat kurir JNE dengan Tresno Store yang mengakui paket sudah ketemu. Tetapi Tokopedia hanya percaya kepada seller (Tresno Store Indonesia) dan tidak percaya kepada kurir JNE dan ingin meneruskan uang buyer kepada Tresno Store Indonesia.

Jika Tokopedia tidak mempercayai kurir JNE, mengapa Tokopedia berkerjasama dengan JNE? Kalau bukti kurir JNE tidak bisa dipercaya, kepada siapa kita harus percaya? Kepada Tresno Store yang menjual Casio palsu? Yang berulang kali mengatakan tidak menerima produk retur dan dipercayai oleh Tokopedia, dengan rating 4.5 yang mana ternyata ada beberapa buyer yang komplain terhadap toko tersebut mengenai produk yang dijual Tresno Store Indonesia sebelum kejadian saya ini.

Sampai hari ini, status dari Tokopedia masih dalam investigasi kurir… Profesional kah Tokopedia? Salahnya di mana? Tokopedia sempat mau meneruskan uang ke seller. Apakah buyer harus disalahkan jika paket hilang di kurir JNE, atau seller yang tidak mau mengakui penerimaan paket?

Sampai hari ini, tanggal 19 Oktober 2023, kasus ini masih menunggu itikad baik Tresno Store Indonesia, Tokopedia, dan JNE.

Supardi
Medan, Sumut

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

4 komentar untuk “Tokopedia Tidak Mempercayai Bukti Kurir JNE??

  • 20 Oktober 2023 - (21:06 WIB)
    Permalink

    Saya sudah laporkan akun penjual itu. Biar dibanned permanen. Sekalian rating 1 aplikasi tokopedia. Wkwkwk

    2
    1
    • 21 Oktober 2023 - (02:03 WIB)
      Permalink

      Thx, media konsumen, semoga pelan2 tersaring toko jelek dan toko bagus, sehingga tersisa toko yg amanah. 🙏

      1
      1
  • 21 Oktober 2023 - (09:40 WIB)
    Permalink

    Cs Tokopedia Itu melindungi penipu. Gw juga pernah kena masalah yg hampir sama.

    Hadeh…. Dah banayak korban.

 Apa Komentar Anda?

Ada 4 komentar sampai saat ini..

Tokopedia Tidak Mempercayai Bukti Kurir JNE??

oleh 07 dibaca dalam: 1 menit
4