Klaim Garansi iPhone 14 Pro Max iBox Ditolak Berdasar Asumsi

Pada tanggal 02 Desember 2023, saya datang ke iBox Summarecon Digital Center, untuk klaim garansi iPhone 14 Pro Max 256 GB yang berakhir Maret 2024. Yang mana kerusakannya cuma kamera belakang untuk video/foto ada garis titik tengah saja, sementara yang lainnya normal semua.

Namun masa garansi produk yang masih berlaku ini ditolak (dianggap void) oleh mereka. Pihak iBox langsung berasumsi bahwa hp saya ini bawa ke konser dan kena cahaya laser, tanpa bukti yang jelas dari mereka.

Kalau garansi tidak konsisten dan pakai asumsi sendiri seperti itu, harusnya di kartu garansi atau buku panduan ada keterangan jelas, bahwa unit iPhone 14 pro Max ini tidak boleh dibawa ke konser, tidak boleh kena laser/cahaya. Sehingga pengguna tidak jadi korban dan bisa lebih teliti memilih brand.

Kalau misal unitnya LCD pecah atau kamera/lensanya pecah dan garansi ditolak (void) maka saya akan terima, karena buktinya jelas ada kerusakan di unit dan tidak pakai asumsi.

Ingat, unit mulus dan dalam masa garansi yang panjang, tidak menjamin unit kita bisa klaim garansi, karena klaim garansi Apple iBox ini pakai asumsi. Saya sangat kecewa, kesal terhadap pelayanan kebijakan garansi Apple iBox ini, karena garansi tidak konsisten.

Kalau Apple iBox ingin kami tetap sebagai pengguna setia, berikan kebijakan untuk garansi unit saya ini.

Effendi
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Klaim Garansi iPhone 14 Pro Max iBox Ditolak Berdasar Asumsi”

Sehubungan dengan dimuatnya surat pembaca dari Bapak Effendi dari Jakarta Barat, pada mediakonsumen.com tertanggal 5 Desember 2023 berjudul “Klaim Garansi...
Baca Selengkapnya

28 komentar untuk “Klaim Garansi iPhone 14 Pro Max iBox Ditolak Berdasar Asumsi

      • 5 Desember 2023 - (15:58 WIB)
        Permalink

        Herlangga saya ini butuh garansi yg konsisten bukan pakai garansi asumsi, anda bisa buktikan dgn jelas misal dr foto saya pegang hp 14pm ini dan lagi berfoto saat nonton konser !!! yg katanya ( kayaknya ini abis dr konser coldpaly deh ). Kalau nggak bisa, tolong dikoreksi lagi ya komentarnya.

        Seandainya kalau ada kekurangan/kelemahan terhadap produk/tipe harusnya dievaluasi ke depannya spt unit produknya lebih kokoh, tidak sensitif dan di kartu garansi, buku panduan ada keterangan/panduan jelas dlm bahasa indonesia pas kita unboxing dimana tidak cuma tertera di website apple, sehingga kita sbg costomer nggak disalah2in.

        Saya disini cuma butuh kebijakan dan hak saya utk mendapat perbaikan garansi sesuai dgn masa garansi yg masih berlaku yaitu 29 Maret 2024 dan kewajiban dari Apple ibox melakukan perbaikan garansi terhadap unit saya ini.

        1
        3
    • 6 Desember 2023 - (07:07 WIB)
      Permalink

      Sudah ganti ke brand sebelah saja ya proses rma nya gak bertele-tele, saya pakai Samsul Dan siomay saja klaim kerusakan Samsung m52 tidak bisa charger diterima , pernah juga hp adek siomay kerusakan di sengaja dimatotin biar di ganti hp baru dg spek di atas x3 pro jd F4 diterima dg baik tanpa bertele-tele…… Ini hp hrg puluhan juta tp proses rma ngada2 pdhal hp gak cacat fisik kerusakan di kamera tp gak bisa klaim, kecuali misalnya hp ts habis kena benda cair pas dicek ada segel yg berubah warna jika pernah kemasukan air atau ada tanda bekas jatuh boleh lah mereka nolak ni nolak nya karena kena laser….

      2
      2
  • 5 Desember 2023 - (14:40 WIB)
    Permalink

    Yah, biasanya sih kalau ada garis saat ambil foto/video dengan menggunakan kamera belakang karena kena cahaya laser. Coba deh sekalian upload gambar/video dari kamera belakangnya kesini.
    Misalnya kalau kamu bawa ini ke konser (kayaknya ini abis dari konser coldplay deh) dan kena cahaya laser, ya itu kesalahan pengguna. Garansi 1 tahun pembelian HP Apple di iBox itu cuma garansi terbatas yang mencakup kesalahan dari manufaktur, bukan kerusakaan disengaja/tidak disengaja seperti kemasukan air, jatuh, ataupun seperti kasus ts yaitu terkena cahaya laser.

    Sebenarnya sudah tertera di website apple di https://www.apple.com/legal/warranty/products/non-ios-ipod-warranty-apac-english.html
    coba scroll ke bawah di bagian “WHAT IS NOT COVERED BY THIS WARRANTY?” di tulisan tebal poin (d) sudah jelas tertera bahwa “to damage caused by accident, abuse, misuse, fire, liquid contact, earthquake or other external cause” atau jika diterjemahkan menjadi “kerusakan yang disebabkan oleh kecelakaan, penyalahgunaan, penyalahgunaan, kebakaran, kontak dengan cairan, gempa bumi atau penyebab eksternal lainnya”

    Jadi solusi buat ts? bawa saja ke Mitracare atau story-i buat perbaikan lensa kamera, atau kalau punya trust issue dengan Apple Authorized Service Repair (AASP) di Indonesia, bisa terbang ke Singapore dan bawa ke Genius Bar di Apple Store.

    Semoga membantu

    8
    2
    • 5 Desember 2023 - (15:58 WIB)
      Permalink

      Pak Herlangga saya ini butuh garansi yg konsisten bukan pakai garansi asumsi, anda bisa buktikan dgn jelas misal dr foto saya pegang hp 14pm ini dan lagi berfoto saat nonton konser !!! yg katanya ( kayaknya ini abis dr konser coldpaly deh ). Kalau nggak bisa, tolong dikoreksi lagi ya komentarnya.

      Seandainya kalau ada kekurangan/kelemahan terhadap produk/tipe harusnya dievaluasi ke depannya spt unit produknya lebih kokoh, tidak sensitif dan di kartu garansi, buku panduan ada keterangan/panduan jelas dlm bahasa indonesia pas kita unboxing dimana tidak cuma tertera di website apple, sehingga kita sbg costomer nggak disalah2in.

      Saya disini cuma butuh kebijakan dan hak saya utk mendapat perbaikan garansi sesuai dgn masa garansi yg masih berlaku yaitu 29 Maret 2024 dan kewajiban dari Apple ibox melakukan perbaikan garansi terhadap unit saya ini.

    • 5 Desember 2023 - (16:43 WIB)
      Permalink

      Seringkih itukah kamera iphone kena laser terus rusak?
      Terus engga cover garansi gegara nonton konser?

      2
      2
  • 5 Desember 2023 - (15:25 WIB)
    Permalink

    kenyataannya bener apa enggak itu hp abis dibawa konser sama terkena laser kameranya ?

  • 5 Desember 2023 - (16:56 WIB)
    Permalink

    pengalaman saya kalau claim garansi jangan langsung ke ibox/mitrace (karna akan bnyk akal busuknya). buat laporan dulu ke apple support. atau bisa langsung tlp ke apple support jelasin permasalahnya. nanti akan dpt no case id dan di arahin ke service center ibox/mitracare untuk di diagnosis layak dapat claim atau tidak. kalau memang pure kesalahan hardware pasti akan bisa claim. yg penting jgn langsung ke service center aja (busuk) 🙃

  • 5 Desember 2023 - (16:59 WIB)
    Permalink

    Emang dateng ke konser ?

    Soalnya cerita TS diatas gak cerita dia nonton konser.

    Kalau gak dateng ya ngotot aja ke iboxnya emang gak ngonser.

  • 5 Desember 2023 - (17:11 WIB)
    Permalink

    SC klaim gitu mungkin dah pernah tanganin case yg sama dan user ngaku, mau gmn lagi mungkin emang build quality std cuma mahal dilogo dan os aja

    3
    1
    • 7 Desember 2023 - (00:52 WIB)
      Permalink

      Jd ngeri aku jg pake 14PM dan hobi dugem.. serius aku fikir org pake hp yg ga murah ini untuk mengabadikan momen² yg berkesan (bagiku) tp klo selemah tahu gini ya gmn ya, menurutku si apel harus nyelametin perusahaan yg dibangunnya dengan konsisten kasih garansi .. bukankah org beli iphone krn kameranya.. tp dr review² org di youtube sih klaim garansi memang lebih bagus di SGP sih drpd di negara kita tercinta ini.. tau kan ..bahkan org terdekat kita aja lebih suka lihat kita menderita aplg org ga kenal..

      1
      1
  • 5 Desember 2023 - (22:25 WIB)
    Permalink

    mendingan lewat apple support dulu kak nanti mereka ngarahin bahkan menjadwalkan perbaikannya ke SC… biasanya SC lebih aware pake cara ini karena apple support terlibat.. 😁 mereka g berani main” dah sering kok kasus keluhan garansi dianggap void sama ibox tanpa alasan yang jelas bahkan sangat sepele.

    2
    1
  • 6 Desember 2023 - (07:39 WIB)
    Permalink

    sekarang coba jawab dengan jujur satu pertanyaan berikut ini:
    “apakah iphone tsb anda bawa ke konser tidak?”

    jawab simpel, iya apa tidak?

    3
    1
    • 6 Desember 2023 - (19:50 WIB)
      Permalink

      Kamera apapun memang bisa rusak jika terkena langsung sinar laser.
      Banyak contoh nya, cari aja di youtube.

      Yang jadi pertanyaan.
      Apakah benar itu rusak karena sinar laser.
      Atau memang rusak sendiri.

    • 9 Desember 2023 - (11:52 WIB)
      Permalink

      Kalau saya bilang tidak ada, titik.
      Anda mau ikut2an menuduh saya, berarti anda harus punya bukti jelas ( buktikan sy bawa hp ini ke konser, foto paling tidak !!! )
      Ingat bro berasumsi itu praduga belum tentu benar, kalau bahasa kasar itu menuduh, ngerti !!!.
      Kalau nggak ada bukti jelas, kita bisa nuntut balik.

  • 6 Desember 2023 - (08:54 WIB)
    Permalink

    Bertele2 nih TS,, memang benar hp nya anda bawa ke konser kan? drtd anda tekankan mereka berasumsi karena kamu gak sangka orang SC nya bisa tahu kan? haha lawak bener

    5
    1
    • 6 Desember 2023 - (11:41 WIB)
      Permalink

      Seringkih itu kah harga hp 2 digit, pindah brand lah, asumsi mereka kena laser di anggep angus garansinya Hahaha ngakak lucu sekali, saya tidak tahu kebenaran TS nonton konser atau tidak, tetapi saya turut prihatin kamera yang tidak bisa berfungsi jikalau ada konser pake laser wkwkwkw, walaupun samsul harga 6jtan kamera aman aman aja, mau foto/rekam konser yang ada laser, wkwkwkw.

      3
      3
      • 6 Desember 2023 - (21:18 WIB)
        Permalink

        ngeri2 sedap beli hp baru merek buah2 han mmg, selagi SS resmi nya gk ada di (+62) mikir 2x

        1
        1
  • 6 Desember 2023 - (09:38 WIB)
    Permalink

    Lihat di youtube / google klaim ke apple care juga ga akan diterima garansinya kalo rusak kena laser. Mungkin bukan dari konser tapi dari kejadian lain yg tidak disengaja atau disengaja misal buat bikin konten.

    3
    1
    • 6 Desember 2023 - (12:35 WIB)
      Permalink

      Garansi 1 tahun itu hrs konsisten ya, jgn pakai garansi asumsi bisa banyak korban yg ditolak/divoid.

      Saya ambil contoh biar anda bisa pahami masalah ini :

      1. Ini hp layar lcd pecah dan klaim grs ditolak/void dan ok kita pasti terima, buktinya jelas di depan mata kita

      2. Ini hp erorr kerendam air dan dibuka didalamnya masih ada bekas air, layar jg sampai shadow dan klaim grs ditolak/void dan ok kita pasti terima, buktinya jelas didepan kita.

      3. Tapi yg ini hp kamera ada garis tengah, padahal yg lain normal dan ok semua dan klaim grs ditolak/void lalu diasumsikan bawa ke konser, bikin konten dll. Kalau 10 orang ikut respon, bisa 10 macam asumsi, apa benar kayak gini, namanya garansi !!!

      Kegagalan,kekurangan,kelemahan suatu produk bukan konsumen yg disalahkan skrg akan tetapi dievaluasi produknya dan diberikan kebijakan dan pelayanan yg maksimal.

      1
      3
  • 6 Desember 2023 - (18:24 WIB)
    Permalink

    Heran sih masa iya hape mahal kena cahaya laser langsung down … Baru tahu sumpah, ya mngkn q nga pernah pake HP bgtuan tapi stdknya jdi paham heheh kelemahanya ko bgtu amat, msa kalah sm brend2 sblh yg langsung disorot laser ttp bugar… Semoga pihak I-Phone fas respon malu dong HP sekelas brand no 1 keluhan coutumer diabaikan… Dan masa HP mahal tdk bleh dibawa konser2 emangnya mau buat pajangan

    2
    4
    • 9 Desember 2023 - (12:02 WIB)
      Permalink

      Lalai kayak gimana bro, saya mau dengar asumsimu….
      Dr kemarin sampai skrg, udah muncul asumsi bermacam2 spt : bawa ke konser, buat konten, kena air, jatuh.
      Kalau kayak gini, udah bukan garansi konsisten tapi garansi asumsi !!!

  • 7 Desember 2023 - (12:18 WIB)
    Permalink

    Punya iphone 13 pm sy rusak juga kamerannyaa bergarriss bangke lah, gara2 kena laser, yg jelas kesalahan pengguna sih

 Apa Komentar Anda mengenai Garansi resmi IPhone 14 Pro Max?

Ada 28 komentar sampai saat ini..

Klaim Garansi iPhone 14 Pro Max iBox Ditolak Berdasar Asumsi

oleh Fendi dibaca dalam: 1 menit
28