CS Halo BCA Tidak Konsisten

Dear BCA,

Sebagai nasabah Bank BCA, saya di sini ingin menyampaikan keluhan saya kepada pihak BCA, mengenai iuran tahunan yang dikenakan kepada kartu kredit saya. Kronologinya, pada bulan Februari 2023, keluar billing statement, yang mana tertagih iuran tahunan kartu kredit BCA Visa dan BCA Card saya sebesar Rp250.000. Beberapa hari setelahnya, saya telepon call center untuk pengajuan penghapusan iuran tahunan tersebut.

Sepengetahuan saya (dari beberapa teman dan juga saudara saya), bahwa pengajuan waive annual fee BCA tidaklah sulit, apalagi hanya kartu kredit BCA Visa dan BCA Card. Ternyata hasilnya diemail, dengan keterangan 1 disetujui dan 1 tidak disetujui.

Kemudian saya telepon kembali call center Halo BCA (CS call center ini sangat tidak sopan dan berbicara berbelit), untuk menanyakan alasan tidak disetujuinya. Secara garis besar, saya dijelaskan  bahwa syarat penghapusan iuran tahunan kartu BCA Visa harus transaksi sebesar Rp500 ribu dalam tempo waktu 6 bulan di kartu tertagih.

Pada bulan April, saya menanyakan syarat dan ketentuan transaksi bebas atau harus kategori tertentu, dijawab bebas dan masih dengan syarat yang lama, yaitu akumulasi transaksi sebesar Rp500 ribu dalam tempo waktu 6 bulan.

Tiba di bulan Mei (saya belum ada transaksi, karena belum ada keperluan menggunakan kartu kredit BCA), saya memastikan kembali melalui call center perihal tenggat waktu transaksi dan pengajuan waive annual fee kartu kredit. Kemudian diverifikasi dan dipastikan 6 bulan. Saya katakan agar call center ybs memastikan bulan apa yang dimaksud dan dijawab tegas bulan 8 2023.

Akhirnya saya transaksi dan setelahnya mengajukan penghapusan biaya annual fee, dengan syarat transaksi Rp500 ribu yang sudah terpenuhi. Saya bertanya ke Halo BCA, apa syarat sudah cukup? Dijawab sudah terpenuhi, maka dari itu diajukannya penghapusan iuran tahunan tersebut.

Namun hasilnya, ternyata tidak disetujui. What the ….? Padahal jelas sebelumnya dari penjelasan berkali-kali ketika saya hubungi Halo BCA, bahwa syarat penghapusan iuran tahunan adalah dengan transaksi Rp500 ribu. Saya telah memenuhi syarat dan dipastikan oleh call center terakhir yang mengajukan.

Kemudian saya telepon call center untuk menanyakan alasan tidak disetujuinya, dan dijelaskan bahwa ada syarat yang tidak terpenuhi dari transaksi dan pengajuannya blabla wkwk. Yah kalo memang seperti itu, kenapa gak dari sebelum pengajuan disampaikan? Yang lebih parahnya lagi, secara jelas saya bertanya apakah ada syarat lagi dan apakah syarat yang ada sudah memenuhi syarat, dijawab sudah. Loh kok sekarang jadi kontradiktif sama rekan yang sebelumnya (yang mengatakan syarat saya sudah terpenuhi, makanya bisa diajukan)?

Seperti biasa jawabannya hanya mbulet dan ngeles, sampai detik ini gak jelas juntrungannya. Sampai akhirnya muncul tagihan baru. Tidak akan saya selesaikan sebelum dari pihak BCA menyelesaikan apa yang dikatakan dan telah dipastikan oleh call center Halo BCA-nya.

Jangan kalian yang mencla-mencle, jadi saya yang menanggung akibatnya. FYI aja, laporan saya mengenai cashback pun gak jelas juntrungannya. Besar harapan saya, setelah menemukan kanal pengaduan Media Konsumen ini dapat membantu. Untuk itu, saya meminta melalui media Konsumen agar membantu saya menyelesaikan masalah ini, karena sangat mengganggu pikiran dan aktivitas saya. Saya ucapkan terima kasih.

Robby Winarta
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “CS Halo BCA Tidak Konsisten”

enanggapi keluhan Bapak Robby Winarta Pamungkas Yudha di Media Konsumen tanggal 07 Februari 2024 dengan judul “CS Halo BCA Tidak...
Baca Selengkapnya

10 komentar untuk “CS Halo BCA Tidak Konsisten

    • 7 Februari 2024 - (10:48 WIB)
      Permalink

      yg gamau bayar siapa blok
      minim literasi lu ya
      org dah jalani prosedur yg diminta
      terus dikibulin mksd lu mesti diem aja ?
      bank sendiri yg ngasih fasilitas bisa free af dengan syarat dan kita ikuti rulenya, salah ?

      2
      10
      • 7 Februari 2024 - (17:22 WIB)
        Permalink

        Ya kalo nasabahnya model begini emang harus dikasarin sih.
        Harusnya jangan nasabah yang terhormat, tapi nasabah t o l o l.

        1
        1
  • 7 Februari 2024 - (12:04 WIB)
    Permalink

    Mungkin… TS kartu yg kena iuran tahunan dan gak bisa dihapus karena tdk ada transaksi, dan yg disetujui dihapus iuran tahunan itu kartu yang lain dan sering digunakan transaksi, harusnya klo gak mau bayar iuran tahunan pake kartu 1 saja dan banyakin transaksi…gak usah banyak kartu giliran kena iuran tahunan pusing dah…

    • 7 Februari 2024 - (13:48 WIB)
      Permalink

      Setau saya akumulasi transaksi dalam 3 bulan. Hapus iuran tahunan BCA ribet sekarang. VISA BATMAN masih mending. VISA SQ harus transaksi 5jt dalam 3 bulan, padahal dulu cuma 500rb.

  • 8 Februari 2024 - (11:32 WIB)
    Permalink

    penghapusan itu bersifat pengajuan. nasabah hrs menerima apapun keputusan bank. bukan suatu kewajiban bagi bank utk menghapus iuran tsb. Sebelum pake cc pun nasabah seharusnya juga sudah tau kalo ada biaya iuran tahunan. Iuran tsb merupakan seharusnya kewajiban nasabah, jangan dibalik2 mana yg kewajiban, mana yg hak.

    1
    1
    • 8 Februari 2024 - (13:30 WIB)
      Permalink

      duh ada org sotoy. dah sotoy minim literasi pula ya gini jadinya. kalo pengajuan bisa ditolak atau diterima itu sama aja ente lagi nge apply produk perbankan. dalam urusan free af ini ya jelas, berbeda.
      pengajuan tidak diterima diberitahu alasannya dan dapat diterima jika nasabah menjalani rule yg diminta. dan setelah menjalani rule yg diminta, dia tolak dengan alasan lain lagi. itu namanya ga konsekuen/mencla mencle alias ngibul.
      ibarat kata lu ngelamar wadon ditolak dengan alasan lu ga dapat restu. setelah restu di dapat lamaran lu tetap di tolak karena dia masih perlu waktu. padahal dia jalan sama yg lain. itu namanya lu dikibulin.

  • 9 Februari 2024 - (21:28 WIB)
    Permalink

    Ajukan penutupan daja kartu nya, biasa klo kita mau tutup lgsg fitawari free annual fee nya…

    Klo ngak mending cari kartu yg benar² bebas iuran tahunan. Contoh: OVO U Card, Tokopedia Card (minimal 3x transaksi per bulan)

    Anggap aja bayar listrik, air dan internet tiap buan pakai CC, sdh terpenuhi syarat nya

 Apa Komentar Anda mengenai Halo BCA?

Ada 10 komentar sampai saat ini..

CS Halo BCA Tidak Konsisten

oleh satria unggul dibaca dalam: 2 menit
10