Biaya Administrasi Pembayaran Angsuran Melalui Kantor Cabang Adira

Saya adalah salah satu nasabah dari Adira Finance, yang saat ini sedang memiliki kredit mobil di Adira Finance dengan nomor kontrak: 013122215797. Pada saat saya membayar angsuran di kantor cabang Adira Finance cabang Bekasi 3 Car (Harapan Indah, Bekasi) melalui kasir, saya kaget karena pembayaran angsuran melalui kantor cabang malah dikenakan biaya administrasi 2-3 kali lipat dari pembayaran melalui channel lain yang bekerja sama dengan Adira Finance. Administrasi untuk mobil sebesar Rp20.000, sedangkan untuk channel lainnya, besaran administrasinya sekitar Rp3.000 – Rp10.000.

Saya beberapa kali membayarkan angsuran kendaraan di leasing lain di kantor cabang dan tidak dikenakan biaya administrasi. Menurut pandangan saya, seharusnya jika ada nasabah yang membayar angsuran di kantor cabang, itu merupakan hal yang lebih mudah dan positif karena nasabah tersebut kooperatif. Namun di Adira Finance, nasabah yang melakukan pembayaran di kantor cabang malah dikenakan biaya administrasi.

Pada saat awal penandatanganan kontrak, saya tidak diinformasikan terkait biaya administrasi tersebut jika nasabah membayarkan angsurannya melalui kasir di kantor cabang Adira. Pertanyaan saya, apa kebijakan tersebut sudah sesuai dengan aturan OJK?

Rengga Adiguna
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Adira Finance:
[Total:3    Rata-Rata: 3.3/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

15 komentar untuk “Biaya Administrasi Pembayaran Angsuran Melalui Kantor Cabang Adira

  • 12 Februari 2024 - (10:58 WIB)
    Permalink

    TS polos banget.

    **saya kaget karena pembayaran angsuran melalui kantor cabang malah dikenakan biaya administrasi 2-3 kali lipat dari pembayaran melalui channel lain yang bekerja sama dengan Adira Finance.**
    ==>> Jangan kaget, memang begitu. Kan perusahaan tsb mesti bayar karyawan yang melayani, mesti bayar AC biar customer nyaman ketika menunggu. Makanya bayar adminnya jadi mahal.

    **Saya beberapa kali membayarkan angsuran kendaraan di leasing lain di kantor cabang dan tidak dikenakan biaya administrasi.**
    ==>> Beda perusahaan, beda aturan. Makanya dibiasakan baca S&K dulu.

    **Menurut pandangan saya, seharusnya jika ada nasabah yang membayar angsuran di kantor cabang, itu merupakan hal yang lebih mudah dan positif karena nasabah tersebut kooperatif. **
    ==>> Itukan menurut anda. Sebelum minjem, kedua pandangan harus disamakan dahulu biar sama-sama enak.

    **Pada saat awal penandatanganan kontrak, saya tidak diinformasikan terkait biaya administrasi tersebut jika nasabah membayarkan angsurannya melalui kasir di kantor cabang Adira. **
    ==>> Tidak diinformasikan apa tidak baca nih? Beda-beda tipis sih.

    **Pertanyaan saya, apa kebijakan tersebut sudah sesuai dengan aturan OJK?**
    ==>> Coba cari tahu dan informasikan pembaca MK yang lain hasilnya.

    2
    6
    • 12 Februari 2024 - (14:12 WIB)
      Permalink

      Masalah ini juga setelah saya search di google pernah di permasalahkan oleh nasabah..
      https://www.kompasiana.com/iloeng_sitorus/556560b75593735c311f194a/benarkah-bayar-kredit-di-kantor-adira-finance-kena-biaya-administrasi

      Jadi untuk permasalahan ini jg bkn cm sya saja yg mengalaminya… Mohon maaf saya jg pelaku di lising jg mknya saya menanyakan aturan yg berlaku di adira finance yg mana saya jg baru pertama kali kredit di adira finance. Lantas apa masalahnya saya mempertanyakan masalah proseduran aturan ini dgn adira?? Saya polos, iya anda mmng pintar berkomentar dan saya bodoh mkny saya menanyakan aturannya.

      Saya tdk membaca pd saat awal ttd, mohon maaf saya pelaku di dunia lising jg sdh mngerti jd tanpa di minta pun saya sebelum menandatanginnya sya pelajari dlu isi perjanjiannya dan tdk kl saya tdk salah untuk isi administrasi yg di byarkan lwt kantor cabang adira itu tidak ada di isi perjanjian kontraknya..

      Dan terkait dgn biaya admin untuk gaji karyawan, sya kira dgn bunga yg di berikan kpd nasabah itu bs untuk mmbayarkan gaji karyawannya, bktnya saja perusahaan lising yg tdk menerapkan biaya administrasi saja bs tetap berjalan..

      Terkait aturan ojk, td sdh sya sampaikan saya org bodoh dan polos. Mkny saya mempertanyakan ini apakah sdh sesuai dgn aturan dr ojk… Sekian. Terima kasih

      1
      3
  • 12 Februari 2024 - (12:23 WIB)
    Permalink

    Sumber :
    https://www.adira.co.id/informasi_internal/metalink/cara-pembayaran

    Cara Pembayaran Angsuran Melalui Kasir/Teller kantor cabang Adira Finance

    Datang ke kantor cabang Adira Finance terdekat (domisili konsumen)
    Konsumen cukup menyebutkan nomor kontrak Konsumen yang terdiri dari 12 digit/angka Kepada Kasir/Teller kantor Cabang terkait
    Setelah melakukan pembayaran, konsumen akan mendapatkan bukti setoran / kuitansi.
    Biaya Transaksi melalui Kantor Cabang Adira Finance adalah sebagai berikut:
    Pembayaran angsuran mobil sebesar Rp. 20.000
    Pembayaran angsuran motor sebesar Rp 5.000
    Pembayaran angsuran property sebesar Rp. 20.000
    Pembayaran angsuran durable/elektronik sebesar Rp. 5.000

    • 12 Februari 2024 - (14:23 WIB)
      Permalink

      Iya bang itu sdh saya lampirkan jg di redaksi buktinya. Krn sya msh awam dan jg br prtama x kredit lewat adira rada kaget aj kok byr lwt kntr adira ada biaya administrasiny kya kita mo setor uang beda bank gt kena admin. Trs jg informasiny trnyt di sampaikan lewat template di websiteny . Mkny knp saya prtanyakan ini krn di awal tdk prnh sya di sampaikan terkait info yg ad di template website tsb

    • 12 Februari 2024 - (14:18 WIB)
      Permalink

      Iy bang, bysanya saya jg bayar lewat apk adiraku. Tp krn suatu lain hal sya mmbayarkan lewat kantor cabang adira. Nah krn br pengalaman prtama kredit lwt adira wajar dong saya kaget krn kok ada tambahan biaya administrasi 20.000. pembayaran lwt indomaret/alfa saja 7000-8000 , masa iya lngsng lewat kantor jauh lbh mahal dr channel2 lainnya .

  • 12 Februari 2024 - (13:42 WIB)
    Permalink

    apakah administrasi yang dimaksud pernah masuk aturan OJK?
    saya rasa tidak itu

    sejak kapan OJK ngatur biaya admin kayak gituan

  • 12 Februari 2024 - (14:17 WIB)
    Permalink

    KEBANK AJA BAYAR LEWAT TELLER KENAS CAS AWKAKA , SETOR TUNAI LEWAT TELELR JUGA KENA CAS 🤣
    YA JANGAN KE KANTORN LANGSUNG BIAR GA KENA ADMIN

    • 12 Februari 2024 - (19:57 WIB)
      Permalink

      Bayar apa nih kak?? Setor tunai kena cas?? Saya selama ini kl setor tunai atau nabung ke teller atas nama sendiri tidak pernah kena cas sama sekali kak.. cb bank mna kak sebutin yg kena cas jika kita setor tunai atau nabung atas nama kita sndri di teller, mklm kak sya kan minim informasi….??

      • 13 Februari 2024 - (08:23 WIB)
        Permalink

        Ada beberapa Bank setor/tarik tunai saja ada biayanya meskipun kita punya rekening di Bank tersebut. Sepertinya mereka mau mengurangi karyawan / cabang Bank supaya transaksi diutamakan menggunakan atm.

        • 13 Februari 2024 - (08:31 WIB)
          Permalink

          Oiya terima kasih pencerahan . Tapi sepengalaman saya di bank BUMN atau swasta pd saat nabung/setor tunai melalui teller atas nama sendiri di bank tsb tdk pernah dikenakan biaya admin . Tp klo pun memang mo di kenakan biaya seharusnya c biaya adminnya bisa di samakan dgn pembayaran di channel² lainnya yg brkerja sama dgn pihak finance tsb. Tp terima kasih atas pencerahannya . 🙏

  • 12 Februari 2024 - (14:55 WIB)
    Permalink

    Bayar tagihan kartu kredit via setoran tunai ke teller bank penerbit langsung juga kena biaya min 25 ribu kok (pernah ngalamin dulu waktu mau bayar Danamon).

  • 12 Februari 2024 - (16:14 WIB)
    Permalink

    Keterlaluan sih…harus biaya administrasi bisa di minimalisir minimal sama dengan apabila kita bayar angsuran via Chanel lain…

  • 26 Februari 2024 - (11:14 WIB)
    Permalink

    sebetulnya itu hanya bentuk dari pengurangan insentif pembayaran tunai dicabang. Karena sekarang lebih murah biaya perusahaan jika menggunakan pembayaran digital.

 Apa Komentar Anda mengenai Adira Finance?

Ada 15 komentar sampai saat ini..

Biaya Administrasi Pembayaran Angsuran Melalui Kantor Cabang Adira

oleh Rengga Adiguna dibaca dalam: 1 menit
15