Service Center AC Daikin Tidak Bersedia Mengganti Unit Baru AC yang Rusak

Pada tanggal 31 Januari 2024, saya membeli 1 unit AC Daikin FTC35NV14 di Era Teknik di Ruko Mega Grosir Cempaka Mas dan dipasang oleh Teknisi dari Era Teknik pada tanggal 2 Februari 2024. Namun pada tanggal 17 Februari 2024, unit AC tersebut mengalami kerusakan. Kemudian dicek oleh teknisi dari Service Center Daikin, pada tanggal 19 Februari 2024.

Pertanyaan saya, bagaimana bisa AC baru dipakai 2 minggu sudah memiliki kerusakan yang cukup banyak (seperti PCB, resistor dan motor fan) dan kondisi AC saya sudah dibongkar-bongkar? Saya mendapat informasi dari teknisi, bahwa memang cukup banyak kerusakan pada PCB Unit Indoor.

Saya meminta unit diganti baru saja, tetapi ditolak oleh pihak Service Center Daikin. Padahal terdapat banyak kerusakan pada unit AC yang baru dipakai 2 minggu. Di sini saya merasa seperti ada yang ditutup-tutupi oleh pihak Daikin mengenai kelemahan atau kekurangan dari produk ini.

Sesuai Undang-Undang No.8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen pasal 4 butir 3, adalah hak konsumen adalah hak atas informasi yang benar, jelas dan jujur mengenai kondisi dan jaminan barang dan/atau jasa”. Namun sepertinya ada informasi yang terkesan ditutup-tutupi mengenai produk AC yang bermasalah tersebut. Pihak Daikin enggan untuk mengganti dengan yang baru dan/atau memeriksa unit terlebih dahulu ,sebelum dipasarkan atau Quality Control yang baik.

Saya tunggu itikad baik dari AC Daikin, karena saya sudah cukup dirugikan materi dan waktu saya yang harus menunggu teknisi yang terbuang percuma. Terima kasih atas perhatiannya.

Suswanto
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

12 komentar untuk “Service Center AC Daikin Tidak Bersedia Mengganti Unit Baru AC yang Rusak

  • 26 Februari 2024 - (12:33 WIB)
    Permalink

    Pak sekedar informasi krn sy mantan owner service centre brand So** untuk mobile & pc.

    Jadi biasanya service centre itu hanya memperbaiki selama masa garansi misal sparepart, cleaning unit, ongkos kerja. Nanti pihak service centre nagih biaya ke prinsipal (pemegang merek).

    Perihal penggantian unit itu tergantung dari pemegang merek apakah layak untuk ganti baru/tidak. Kalau “nitip pesan” ke SC kelamaan pak, mending recokin ke medsosnya saja di FB lama kelamaan kan mereka gerah sendiri. Jangan di DM tp langsung di postingan mereka di halaman utama.

    Kalau menurut saya pribadi dilihat dr kronologi diatas, memang layak replace unit.

      • 28 Februari 2024 - (05:10 WIB)
        Permalink

        Pihak toko juga di mintai pertanggung jawaban pak, biar bisa ikut membantu mengklaim kerusakan. Ditempat saya toko selalu membantu klaim kerusakan selama 1th.

    • 28 Februari 2024 - (06:50 WIB)
      Permalink

      Ganti baru ada prosedur nya , ga bisa maen ganti ganti aja . Apalagi ac , ngelibatin pihak ke 3 ( tekhnisi ac ) . Mau pake merk apa aja juga ga bakal mungkin tuker baru . Minta pertanggung jawaban ke installer dan toko nya

  • 26 Februari 2024 - (20:42 WIB)
    Permalink

    Penjelasan @Dhan ada benarnya. Selain itu coba negosiasikan tukar unit ke toko dengan fakta bahwa unit yang dibeli sudah pernah di bongkar dan di utak-atik. Jelas kondisi seperti itu tidak datang dari gudang distributor pemegang hak merek. Ini juga pembelajaran buat saya untuk lebih teliti lagi mengecek segel dsb saat barang gres hendak dipasang teknisi toko.

    1
    1
  • 27 Februari 2024 - (00:26 WIB)
    Permalink

    Ngapain repot repot tinggal datangin tokonya minta ganti sama pihak toko,dan nanti biar pihak toko yang berurusan dengan pemegang merk

    • 27 Februari 2024 - (19:33 WIB)
      Permalink

      Saya bekerja di dealer beberapa merk termasuk dealer daikin ” untuk kerusakan sparepart seharus nya bisa di ganti oleh pihak daikin selama garansi itu masih berlaku ..karena komponen garansi spare part indoor 1thn kompresor 3 thn ” mengenai kerusakan yg bp sebutkan jika pcb itu rusak part tersebut sudah satu komponen dgn resistor dan kendala disebabkan arus listrik yg bermasalah atau Remot tidak konek di sensor unit ” apa saat pemasangan ac baru di vacuum pak ?? Coba tnyakan sama pihak teknisi pak ?? Karena salah satu pasang di wajibkan melakukan vacuum “dan jika kendala tidak dingin itu terjadi di dlm pemasangan

  • 27 Februari 2024 - (09:57 WIB)
    Permalink

    Baru 2 minggu dipakai rusak?? dan diminta ke SC… kalau sya tidak mau., harus replace, berarti toko jualan produk rusak.. kita beli baru, baru dipakai.. kenapa rusak masuk SC.. berarti dari awal barang rusak dong.. QC nya gimana?

  • 27 Februari 2024 - (13:22 WIB)
    Permalink

    Minta Ganti Unit sama toko yg jual, bukan sama service center Daikin, anda dpt unit kan dari toko, masalah part² yg rusak berarti bisa jadi anda yg dapat Bad stok dari toko, Ckckck

  • 27 Februari 2024 - (15:03 WIB)
    Permalink

    Memang susah klaim garansi di indo, garansi itu cuma kaya gimmic doang, nanti giliran klaim pasti buntut2nya kalau ngga lempar2an tanggung jawab atau jatuhnya kesalahan konsumen. Perlindungan konsumen di indo masih rendah. Masa iya setiap ada masalah harus ribut dulu di medsos, yg ada habis waktu kita cuma buat ngurusin hal beginian.

  • 27 Februari 2024 - (15:03 WIB)
    Permalink

    Klw mau ada jaminan ganti baru ac gree, daikin skrg sdh krg bgs.. masa 2mgg rusak nggak mau ganti baru, itu jelas cacat produksi klw baru 2mgg udh rusak..

  • 28 Februari 2024 - (15:52 WIB)
    Permalink

    Untuk masalah AC Daikin saya yang rusak sudah di ganti unit indoor yang baru, terima kasih atas tanggapan dari pihak Daikin Indonesia, semoga awet unit indoor sy yg di replace. Dengan ini masalah saya anggap sudah selesai. Dan terima kasih kepada pihak Media Konsumen yang memuat keluhan saya.

 Apa Komentar Anda mengenai AC Daikin?

Ada 12 komentar sampai saat ini..

Service Center AC Daikin Tidak Bersedia Mengganti Unit Baru AC yang Ru…

oleh Suswanto dibaca dalam: 1 menit
12