Pelayanan Klaim Asuransi ACA tidak Profesional dan Acuh Tak Acuh

Kepada Yth. Direksi Asuransi ACA.

Sebelumnya saya memperkenalkan diri dulu, nama saya Musfiari, asal Aceh Besar. Pada bulan Agustus 2023, saya membeli mobil di PT. Armada Jaya di Banda Aceh, secara kredit di IMFI (Indomobil). Namun, baru saya cicil 4 bulan, tepatnya di bulan Desember 2023, terjadi musibah mobil tersebut terbakar dan hanya tersisa besi saja. Pada hari Kamis tanggal 7 Desember 2023, mobil terbakar, dan saya langsung melapor ke pihak Asuransi ACA Cabang Banda Aceh.

Data Mobil:

  • No POL: BL82**LN
  • No Polis: 0217123007627
  • No Klaim: S8650204240100030
  • Kendaraan: SUZUKI Carry PU FD

Pada tanggal 8 Desember 2023, mobil tersebut saya serahkan ke pihak bengkel dan PIC Asuransi ACA. Sekalian saya tanyakan apa saja berkas atau syarat klaim yang perlu saya lengkapi. Setelah menjelaskan dokumen yang perlu saya buat dan saya lengkapi, pada tanggal 13 Desember, semua berkas sudah lengkap tinggal menunggu estimasi dari bengkel rekanan ACA yang baru siap sekitar tanggal 18 Desember.

Dari historis ini, berkas semua sudah lengkap dan tidak ada info lagi dari PIC ACA Banda Aceh. Saya coba tanyakan hal ini ke ACA Pusat dengan WhatsApp, dan mereka menjelaskan untuk nomor BL8248LN atas nama Musfiari hanya baru masuk pelaporan klaim dan belum melengkapkan berkas klaim dengan PIC cabang Banda Aceh.

Setelah saya jelaskan kalau saya sudah melengkapkan berkas semua yang diminta pada tanggal 13 Desember, mereka menjawab, “Baik, untuk hal ini akan kami bantu follow up ke tim terkait kami.”

Baru pada tanggal 22 Januari 2024, saya mendapat kabar klaim ini baru disetujui di tingkat kanwil, tinggal menunggu SPK final untuk TLO dari syariah dikeluarkan. Tanggal 25 Januari 2024, dapat informasi sudah disetujui TLO. Dan selanjutnya tinggal menunggu draft dari pusat untuk penandatanganan dari pihak lesing dan customer. Pada tanggal 31 Januari 2024, saya diminta untuk ke kantor ACA untuk tanda tangan surat persetujuan, biaya derek, dan lain-lain.

Besoknya, kata PIC Asuransi ACA, tinggal saya bawa surat ini ke leasing dan meminta dokumen lain sebagai berkas terakhir. Namun, baru saya terima informasi tanggal 12 Februari 2024, berkas sudah dikirim ke Jakarta dan ini pun masih ada yang kurang dan salah. Seharusnya sebelum dikirim, semua berkas bisa dicek dengan teliti, jangan sampai ada yang salah atau kurang.

Pada tanggal 23 Februari 2024, saya dikabarkan semua sudah lengkap dan akan dibayar bulan ini. Namun, setelah saya tanyakan ke kantor pusat ACA, mereka menjawab kemungkinan pembayaran di bulan Maret minggu kedua. Dan saya tanyakan kenapa lama sekali, dan mereka tidak menjawab.

Dari historis ini, semua bisa kita lihat kalau asuransi itu hanya mengambil keuntungan dari customer semata, dan ketika ada masalah klaim, mereka sengaja mengulur-ulur waktu seolah-olah itu bukan dari Mou polis. Kenapa ada penundaan lagi, padahal dari awal ini sudah masuk laporan, dan dananya pasti sudah siap.

Sekian, saya harap ini dapat direspon oleh pihak ACA dan bisa menjadi ilmu bagi kita semua.

Tertanda,

Musfiari
Aceh Besar, NAD

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Pelayanan Klaim Asuransi ACA tidak Profesional dan Acuh Tak Acuh”

Kepada Bapak Musfiari Bersama ini kami informasikan bahwa kami telah berkomunikasi dengan Tertanggung Bapak Musfiari dan menjelaskan perihal mekanisme penanganan...
Baca Selengkapnya

5 komentar untuk “Pelayanan Klaim Asuransi ACA tidak Profesional dan Acuh Tak Acuh

  • 29 Februari 2024 - (20:12 WIB)
    Permalink

    Dear Pak Ridho ( pic Asuransi Banda Aceh )
    Saya ucapkan terima kasih sudah merespon keluhan saya, Pada hari ini 29 Februari 2024. sebagai mana keluhan saya di mediakonsumen dengan judul “Pelayanan Klaim Asuransi ACA tidak profesional dan Acuh tak acuh” dengan memberikan informasi Bukti pembayaran terhadap klaim tersebut kepada lesing.
    Sebetulnya ini semua adanya miskomunikasi antara pic di cabang (Pak Ridho) dengan Hotline Aca dinomor WhatsApp 081617999100 yang memberikan keterangan untuk pembayarannya akan dilakukan di bulan maret pada minggu ke dua. Sehingga muncul niat saya untuk membuat keluhan di mediakonsumen padahal sebelumnya pic Cabang sudah mengusahakan akan di proses dibulan ini.
    Sekali lagi saya ucapakan terima kasih Kepada asuransi Aca Cabang Banda aceh yang sudah serius menyelesaikan Klaim ini.

 Apa Komentar Anda mengenai proses klaim Asuransi ACA?

Ada 5 komentar sampai saat ini..

Pelayanan Klaim Asuransi ACA tidak Profesional dan Acuh Tak Acuh

oleh Fiari dibaca dalam: 2 menit
5