Barang Tidak Sampai dan Hilang, Tidak Ada Tanggung Jawab dari Pihak Shopee dan JNE

Pada tanggal 3 Maret 2024, saya checkout barang di aplikasi Shopee berupa “Kompor gas dan regulator”. Barang dikirim tanggal 4 Maret 2024, dengan jasa kirim kargo JNE Trucking. Nomor resi pengiriman: JT94139162275 dan estimasi pengiriman 1 minggu, sampai tanggal 10 Maret 2024.

Tanggal 10 Maret 2024, barang belum juga sampai. Tracking di aplikasi Shopee tidak update, dari tanggal 6-10 keterangannya “Menuju kota tujuan”. Kemudian saya mencoba konfirmasi ke pihak Shopee. CS Shopee mengatakan bahwa pesanan saya “Masih dalam proses” dan masih membutuhkan waktu 3-5 hari. Okeee, di sini saya masih bersedia menunggu untuk 3-5 hari.

Tanggal 13 Maret 2024, saya mendapat email Shopee, yaitu kompensasi atas kendala yang dialami yaitu voucher “25.000”, dan akan diberikan 3 hari kerja setelah saya menyetujui.

Pada tanggal 15 Maret 2024, saya mendapatkan pemberitahuan dari aplikasi Shopee yaitu “Pesanan gagal diproses, karena barang dinyatakan hilang”.

Sebagai customer ya saya panik dan komplain lagi ke pihak Shopee, untuk konfirmasi terkait pesanan saya. Benar saja, CS Shopee hanya mengatakan bahwa “Barang hilang” dan tidak ada penyelesaian serta tanggung jawab dari pihak Shopee. Saya mencoba konfirmasi ke pihak JNE, tetapi saya disuruh konfirmasi ke pihak Shopee, yang mana pihak JNE lepas tangan terkait hilangnya barang saya.

Menurut logika, itu kesalahan siapa? Jasa pengirim atau pembeli? Sedangkan pembeli hanya tahunya barang akan dikirimkan. Barang segede kompor gas bisa hilang, atau memang itu barang nyasar ke orang lain? Harusnya pihak JNE punya sistem untuk pengecekan.

Saya sabar menunggu sampai 2 minggu, tapi hasilnya nihil. Tidak ada kejelasan dari pihak Shopee maupun pihak JNE. Semoga surat saya bisa tersampaikan kepada atasan-atasan dari Shopee Indonesia dan JNE.

Terima kasih,

Wulandari
Surakarta, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Barang Tidak Sampai dan Hilang Tidak Ada Tanggung Jawab dari Pihak Shopee dan JNE”

Sehubungan dengan surat pembaca yang telah dimuat di Media Konsumen pada tanggal 17 Maret 2024 berjudul “Barang Tidak Sampai dan...
Baca Selengkapnya

6 komentar untuk “Barang Tidak Sampai dan Hilang, Tidak Ada Tanggung Jawab dari Pihak Shopee dan JNE

  • 17 Maret 2024 - (18:12 WIB)
    Permalink

    Kalo hilang gak bisa apa² lagi selain terima refund paling rugi waktu dan vcr jadi hangus

    1
    3
  • 19 Maret 2024 - (13:07 WIB)
    Permalink

    Akan Lain ceritanya jika anda menggunakan fitur COD dalam pemesanan barang. Barang hilang, tidak diterima, bukan masalah bagi anda. Mubgkin hanya rugi waktu saja menunggu.

  • 27 Maret 2024 - (18:02 WIB)
    Permalink

    Case Closed. Kasus sudah diselesaikan oleh pihak JNE dan Shoppe.

    Terima kasih untuk saran dan masukannya man teman, jadi pengalaman perdana buat aku 🙏

 Apa Komentar Anda mengenai Kurir JNE Express di Shopee?

Ada 6 komentar sampai saat ini..

Barang Tidak Sampai dan Hilang, Tidak Ada Tanggung Jawab dari Pihak Sh…

oleh Wulandari dibaca dalam: 1 menit
6