Penolakan Klaim Keterlambatan Bagasi Tidak Sesuai Polis Asuransi Tokio Marine

Dear Media Konsumen,

Saya Samuel Cahya, pemegang kartu kredit Bank UOB Indonesia. Saya membeli tiket pesawat atas nama saya dan anak saya yang berusia 2 tahun, menggunakan kartu kredit UOB, yang terlindungi oleh manfaat tambahan dari kartu kredit yang berpartner dengan asuransi Tokio Marine Travel Partner. Rute penerbangan dari Amsterdam ke Jakarta, jadwal penerbangan tanggal 23 Februari 2024,

Tanggal 24 Februari 2024 pukul 7:30, saat bagasi lain sudah landed, saya kehilangan 1 bagasi, yaitu stroller anak yang tidak keluar. Lalu saya menanyakan ke petugas bagasi di tempat. Saya diinfokan bahwa bagasi saya tertinggal, dan diminta menuju ke baggage service untuk membuat laporan (terlampir).

Malam harinya saya diinfokan bahwa stroller tersebut dijadwalkan di penerbangan SQ968/24 Feb, yang mendarat pukul 23:30pm dan akan terlebih dahulu dicek fisik bagasinya sebelum di-handover ke pihak pengantaran. Besok paginya tanggal 25 Februari 2024 pukul 09:45 pagi, ART saya menerima stroller. Terlampir semua dokumen penerimaan bagasi, boarding pass dan baggage service report dari bandara.

Total klaim sebesar Rp4,5 juta (24 jam keterlambatan bagasi) sesuai dengan quote polis UOB:
https://www.uob.co.id/web-resources/downloads/personal/kartu-kredit/infinite/asuransi-perjalanan-privi.pdf

Namun klaim ditolak, dengan alasan “Baggage delay is not covered if the delivery of baggage is delayed upon the insured person’s returning to his country of residence“.

Analisa Atas Klaim Yang Diajukan:  “Kami mencatat bahwa bagasi Tertanggung mengalami keterlambatan pada saat Tertanggung kembali ke Indonesia, sesuai dengan kondisi polis di atas, maka klaim atas penundaan bagasi tidak dapat diproses lebih lanjut”

Sedangkan di polis asuransinya tidak ada keterangan ini sama sekali.

Terima kasih.

Samuel Cahya
Tangerang, Banten


Update (29 Maret 2024): Surat pembaca di atas juga mendapat tanggapan dari pihak Asuransi Tokio Marine Indonesia sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Penolakan Klaim Keterlambatan Bagasi Tidak Sesuai Polis Asuransi Tokio Marine”

No. 24/CAD/0140 Jakarta, 27 Maret 2024 Kepada Yth., Redaksi Surat Pembaca Mediakonsumen.com Perihal : Tanggapan terhadap Keluhan Bapak Samuel Cahya...
Baca Selengkapnya

11 komentar untuk “Penolakan Klaim Keterlambatan Bagasi Tidak Sesuai Polis Asuransi Tokio Marine

 Apa Komentar Anda mengenai Asuransi perjalanan Tokio Marine?

Ada 11 komentar sampai saat ini..

Penolakan Klaim Keterlambatan Bagasi Tidak Sesuai Polis Asuransi Tokio…

oleh Samuel dibaca dalam: 1 menit
11