Apresiasi Proses Refund Tokopedia

Dear Pembaca,

Melalui Media Konsumen ini saya ingin berbagi informasi perihal proses refund belanja online. Banyak sekali teman-teman yang mengeluhkan sulit dan lamanya prosedur refund sehingga membuat emosi teman-teman memuncak. Berbagai cara menanyakan proses refund dari melalui email, live chat, bahkan telepon hingga menguras pulsa ditempuh demi uang yang ingin kita tarik yang mengendap di toko online tersebut.

Apa itu refund? Refund adalah “Penarikan Dana” yang sudah terlanjur Anda transfer untuk pembayaran suatu barang, yang dalam hal ini Anda belanjakan melalui toko online. Kapan dan kenapa Anda mengenal refund? Yaitu saat toko atau merchant kehabisan stok dari barang yang anda beli atau dengan alasan lain yang berkaitan dengan gagalnya proses transaksi jual beli. Ada juga yang disebabkan karena merchant salah menulis harga, sehingga proses transaksi batal secara sepihak (itu yang pernah saya alami).

Apabila Anda melakukan pencarian melalui media konsumen ini, Anda akan menemui beberapa artikel/keluhan dengan nada emosi perihal proses refund yang dibuat berbelit-belit dan dengan tempo yang selama-lamanya. Hal ini merugikan konsumen dan menguntungkan pihak tertentu karena endapan dana tersebut bisa berbunga seiring berjalannya waktu.

Salah satu yang muncul di halaman pertama saat mencari di Google mengenai keluhan tentang refund adalah proses refund di situs lazada.co.id. Ya memang betul Lazada termasuk favorit yang dikeluhkan beberapa konsumennya karena proses refund yang dia lakukan tergolong lama dan membingungkan. Saya termasuk pernah menjadi korban di toko online tersebut. Tetapi mendengar cerita dari teman-teman yang mengeluhkan hal tersebut, ternyata berbeda-beda permasalahan yang dihadapi kenapa menjadi lama dan berbelit-belit.

Kalau dari pengalaman saya sendiri, yang sengaja membuat lama proses refund tersebut adalah sistem yang digunakan seperti tidak profesional. Entah karena mereka memang tidak memiliki orang IT yang bisa menciptakan sistem yang mempermudah konsumennya atau memang dengan sengaja membuat sistem refund tersebut menjadi lebih sulit. Tetapi saran saya apabila Anda mengalami hal tersebut adalah “Be Pro-Active!“. Jangan malas menanyakan refund tersebut baik melalui email maupun live-chat!

Lain cerita, saya pernah juga mengalami hal yang justru mudah melakukan proses refund. Sederhana, tinggal 2 (dua) atau 3 (tiga) klik di dashboard akun yang kita miliki di toko online tersebut dalam beberapa waktu saja uang kita sudah masuk kembali ke rekening kita. Tidak berbulan-bulan, berminggu-minggu, atau bahkan berhari-hari! Kalau saya hitung hanya dalam beberapa menit saja uang langsung kembali ke rekening asal saat kita mentransfer untuk proses beli.

56fb521832f71
Proses refund

Sesuai judul yang saya berikan, saya dengan ini memberitahukan kepada teman-teman bahwa toko online yang bagus dalam hal refund adalah di Tokopedia. Buat para manajemen toko online yang lain, tidak ada salahnya mencontoh Tokopedia sehingga tidak ada lagi keluhan-keluhan yang membuat konsumen lari dari anda.

Satu catatan penting dari pengalaman saya, jangan beli melalui transaksi Hello-Pay. Biasanya pilihan membayar melalui Hello-Pay ini kita temui di lazada.co.id. Pengalaman saya cukup buruk dalam proses refund yang dilakukan Hello-Pay.

Haryo Hadiwijoyo
Malang – Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:1    Rata-Rata: 5/5]
Loading...

3 komentar untuk “Apresiasi Proses Refund Tokopedia

  • 31 Maret 2016 - (05:20 WIB)
    Permalink

    Saya pernah punya pengalaman dengan refund Lazada. Penyebabnya karena kartu kredit saya disalahgunakan oleh orang yg tidak bertanggung jawab (fraud). Setelah saya ngotot, ternyata mereka bisa mengembalikan dana ke kartu kredit saya dalam waktu 1 hari.

    Artinya, secara teknis sebetulnya tidak sulit bagi para toko online untuk mengembalikan dana konsumen jika terjadi masalah. Tidak perlu waktu berminggu2 jika mereka MAU! Masalahnya di Indonesia ini seolah2 ada aturan tidak tertulis: “Kalau bisa dipersulit, kenapa harus dipermudah?” ๐Ÿ™ . Makanya tidak ada jalan lain, konsumen harus lebih ngotot lagi dalam memperjuangkan hak2nya..

    • 31 Maret 2016 - (08:08 WIB)
      Permalink

      Bener mas, yang penting nggak males menanyakan status refund kita… belum lama saya ngotot juga akhirnya dibantu + dapet voucher 100rb dari lazada.. ๐Ÿ˜€

      • 31 Maret 2016 - (08:18 WIB)
        Permalink

        Wah Mas @haryo-hadiwioyo beruntung tuh dikasih kompensasi voucher.. Kalo sy cukup dengan permohonan maaf aja.. ๐Ÿ˜› . Padahal dengan saya cepat2 lapor masalah fraud ini, Lazada diuntungkan juga karena gak jadi ngirim barang ke carder yg gak bertanggung jawab..

 Apa Komentar Anda?

Ada 3 komentar sampai saat ini..

Apresiasi Proses Refund Tokopedia

oleh haryo hadiwijoyo dibaca dalam: 2 min
3