Belanja di Blibli.com Barang Tidak Datang, Refund Tidak Jelas, Cicilan Sudah Harus Dibayar

Yth. Media Konsumen,

Pada tanggal 28 Maret 2016 saya membeli barang dari Otten Coffee salah satu merchant yang cukup terpercaya melalui situs blibli.com dengan nilai lebih dari satu juta rupiah dan dengan metode pembayaran cicilan BCA (nomor pemesanan 12000392872). Tapi akibat kesalahan dari pihak blibli.com dan/atau pihak logistik saya tidak menerima barang tersebut. Namun demikian dari blibli.com menginformasikan barang sudah diterima.

Kesalahan pengiriman ini diakibatkan pihak blibli.com menggabungkan pengiriman 2 pesanan yang saya lakukan melalui 2 username terpisah, hanya karena nama dan alamat penerima sama. Dan hal ini tidak diinformasikan ke saya sebelum barang datang. Sehingga orang rumah saya yang menerima tidak tahu bahwa harus menerima 2 buah barang dan tidak tahu apakah barang tersebut dijadikan dalam satu kemasan kardus yang sama atau bagaimana. Alhasil pihak logistik hanya menyerahkan satu buah kardus dan tanda terima ditandatangani oleh orang rumah saya. Setelah saya sampai di rumah dan memeriksa isi kardus ternyata hanya berisi satu barang saja.

Baru beberapa hari kemudian saya mendapatkan info dari pihak blibli.com bahwa dalam satu nomor resi yang sudah saya terima tersebut seharusnya terdapat 2 barang dari 2 pemesanan yang berbeda.

Masalah ini lalu saya laporkan melalui customer service (CASEMGMT-1337760). Awalnya saya diberi pilihan untuk menunggu barang dikirim atau refund, saya pilih menunggu karena saya memang membutuhkan barang nya. Sampai sekitar satu bulan barang tidak datang saya kembali menghubungi customer service minta untuk di-refund. Tapi sampai sekarang, sudah hampir 2 bulan sejak pemesanan barang, proses refund pun belum ada kejelasan.

Respon dari customer service terhadap masalah yangg saya alami sangat lamban, tidak memberikan solusi, dan sangat mengecewakan. Barang tidak saya terima, status proses refund tidak ada kejelasan, ditambah lagi saya bahkan sudah harus membayar cicilan BCA untuk barang yang saya sama sekali tidak terima.

Ini adalah pengalaman yang terburuk dari semua layanan e-commerce yang pernah saya gunakan. Padahal saya membeli barang dari merchant yang sama melalui layanan e-commerce lain maupun secara direct ke merchant tersebut tidak mengalami masalah seperti ini.

Kapok belanja di blibli.com, saya tidak tahu sampai kapan harus menunggu solusi dari pihak blibli.com. Yang pasti saya tidak akan lagi belanja di blibli.com walaupun ada promo yang semenarik apapun. Karena lebih baik belanja melalui penjual yang bertanggung jawab walaupun tanpa promo, dibandingkan belanja di penjual yang banyak promo tapi tidak bertanggung jawab.

Pramudito Tri Gutomo
Bekasi – Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Blibli.com:
 [Penilaian Rata-rata: 2.7]
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika anda adalah pihak yang terkait dengan keluhan di atas, silahkan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

2 komentar untuk “Belanja di Blibli.com Barang Tidak Datang, Refund Tidak Jelas, Cicilan Sudah Harus Dibayar

  • 24 Mei 2016 - (11:46 WIB)
    Tanggapan dari Blibli Care via akun twitter ‎@BlibliCare

    kami sangat menyesali hal tersebut dan customer yg bersangkutan sudah kami tangani, terimakasih untk informasinya ^TL

  • 14 Oktober 2016 - (21:26 WIB)
    hadeh, berarti sama aja, order saya diBlibli tanggal 2 oktober estimasi sampai 4 oktober maximal tanggal 10 oktober, sampai sekarang tgl 14 oktober belum sampai juga. padahal pada hari yang sama saya order ke bukalapak dengan 4 item barang dengan 4 pelapak yang berbeda, hanya 2 hari sudah sampai rumah pengiriman JNE reguler.
    tanggal 12 sudah sy komplain ke customer servise, katanya akan diprioritaskan pada hari yang sama, nyatanya sudah meleset lagi.

    kata orang sunda mah.

    “Kudu kumaha deui.. Coba…..!!”

 Apa Komentar Anda mengenai Blibli.com?

Ada 2 komentar sampai saat ini..

Belanja di Blibli.com Barang Tidak Datang, Refund Tidak Jelas, Cicilan…

Pramudito Tri 2 menit
2
Tags: Belanja Online, Blibli.com
Proses Refund Kartu Kredit dari Tokopedia

Yth. Media Konsumen, Pada tgl 17 april 2016, saya belanja online di situs Tokopedia pada...

Tutup