Mengenal MediaKonsumen.com

Pembaca yang terhormat,

Kami sudah hadir menemani konsumen Indonesia untuk berinteraksi dengan para pelaku usaha sejak tahun 2006. Situs ini hadir dengan sebuah visi untuk memberdayakan konsumen dan para pelaku usaha supaya lebih saling memahami dan menciptakan hubungan yang saling menguntungkan.

Untuk lebih mengenal kami lebih baik, pembaca yang terhormat bisa menyaksikannya dalam tayangan animasi berikut:

 

Konsumen Puas, Pelaku Usaha Untung

Dalam pengamatan ilmu perilaku konsumen, seorang konsumen melakukan lima langkah dalam proses pembelian suatu produk baik berupa barang maupun jasa. Lima langkah tersebut secara berurutan adalah:

1. Mengenali kebutuhan (Identifikasi)
2. Mencari informasi mengenai produk dan atau penjual (Riset)
3. Membandingkan pilihan alternatif lain (Komparasi)
4. Keputusan pembelian (Belanja)
5. Evaluasi Pasca pembelian (Evaluasi)

Langkah ini akan berulang dalam tahap belanja berikutnya. Tetapi konsumen yang puas dalam pembelian pertamanya, maka dalam pembelian berikutnya untuk produk yang sama (belanja ulang) konsumen bisa melewati langkah nomor 2 dan 3, yaitu mencari informasi dan membandingkan pilihan. Inilah pentingnya kepuasan pelanggan.

Di era serba digital, saat internet dan gawai semakin mudah dan murah didapatkan konsumen, maka proses mencari informasi dan membandingkan pilihan produk atau penjual sejenis dilakukan secara online dengan perangkat ponsel pintar (smartphone). Begitu juga pasca pembelian, gaya hidup di era media sosial membuat konsumen menceritakan pengalaman belanjanya di media sosial. Belanja di era kini bukan lagi sekedar pemenuhan kebutuhan, tetapi belanja juga menjadi sebuah “pengalaman sosial”yang layak untuk dibagikan di media sosial.

MediaKonsumen.com adalah sebuah situs yang didedikasikan sebagai media sosial komunitas konsumen pertama di Indonesia. Di MediaKonsumen.com, pengunjung bisa mencari informasi mengenai produk dan atau profil penjual sebelum melakukan keputusan pembelian. Informasi bisa diperoleh baik dalam bentuk artikel informatif, review (ulasan), opini ataupun feedback (umpan balik) berdasarkan pengalaman konsumen lainnya.

Di sisi lain konsumen yang telah membeli produk bisa membagikan pengalaman belanjanya di MediaKonsumen.com baik dalam artikel berbentuk ulasan, umpan balik, opini atau bentuk artikel informatif lainnya. Pengalamannya ini akan menjadi dasar bagi konsumen lainnya sebagai bahan pertimbangan. Maka proses ini akan menjadi sebuah siklus berbagi di antara komunitas konsumen di Indonesia melalui MediaKonsumen.com.

Sebuah penelitian di India terhadap konsumen yang akan berbelanja menunjukkan, 92% konsumen melakukan riset dengan ponsel yang terhubung dengan internet saat berbelanja, meskipun untuk belanja secara konvensional (offline). Dari riset tersebut, 54% konsumen membandingkan harga, 18% membandingkan produk yang diminati dengan produk lain yang sejenis, 20% membaca review atau feedback produk. Meski belum dilakukan riset serupa, Indonesia dengan 82 juta pengguna internet di tahun 2016 maka perilaku konsumennya tidak akan jauh berbeda dengan hasil survey tersebut.

MediaKonsumen.com tidak hanya bermanfaat bagi konsumen saja, para pelaku usaha juga bisa memanfaatkan situs ini untuk lebih memahami apa menjadi harapan dan keinginan konsumen dari artikel-artikel yang ditulis oleh konsumen. Pemahaman ini akan menjadi dasar para pelaku usaha untuk memperbaiki kualitas produk dan layanannya, sehingga kepuasan konsumen meningkat dan pelaku usaha akan mendapatkan tambahan pelanggan loyal. Bukankah 80% omset pelaku usaha dihasilkan dari 20% pelanggan yang puas? Dengan kata lain, MediaKonsumen.com berusaha menjembatani sebuah misi sinergis: “Konsumen puas, pelaku usaha untung!”

Konsumen yang puas dan pelaku usaha yang untung akan mendorong produksi dan konsumsi produk dalam negeri ke tingkat yang lebih tinggi. Laju produksi dan konsumsi dalam negeri pada gilirannya akan menggerakkan perekonomian Indonesia lebih baik lagi. Sehingga rasanya tidak berlebihan jika MediaKonsumen.com memiliki visi: “Memberdayakan Indonesia”

Salam hangat,
Redaksi

Berikan penilaian mengenai Artikel ini:
 [Penilaian Rata-rata: 4.6]
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa

Satu komentar untuk “Mengenal MediaKonsumen.com

 Apa Komentar Anda?

Ada 1 komentar sampai saat ini..

Mengenal MediaKonsumen.com

Redaksi 2 menit
1
Baca juga:
Tanggapan Bank Mega Atas Surat Ibu Kiki Maryati

Redaksi yang terhormat, Sehubungan dengan surat Ibu Kiki Maryati di mediakonsumen.com (19/9), "Kartu Kredit Bank...

Tutup