Penolakan Pengajuan Kredit di Home Credit dengan Alasan yang Tidak Jelas

Tanggal 15 Juli 2016 lalu, sepulang dari menjemput adik di bandara, kami melanjutkan untuk jalan-jalan ke salah satu mall di Tangerang, Supermal Karawaci. Ketika melewati Electronic City, ada SPG yang menawarkan cicilan tanpa menggunakan kartu kredit melalui Home Credit hanya menggunakan KTP dan dokumen penunjang lainnya. Saya pun tertarik dan mengajukan kredit untuk HP Wiko Fever dengan cicilan per bulan Rp290.600 selama 12 bulan dengan tanggal jatuh tempo tanggal 15 tiap bulan. Saya mengajukan kredit menggunakan KTP domisili Tangerang (bukan e-ktp karena e-ktp saya hilang dan masih proses pengurusan yang baru) dan NPWP. Proses kredit disetujui dan selesai dengan lancar dan baik.

Selama terikat perjanjian kredit dengan pihak Home Credit saya selalu membayar cicilan tepat waktu yaitu setiap tanggal 15 dan tidak pernah ada keterlambatan.

Empat bulan berlalu, kemudian tanggal 28 November 2016 lalu saya kembali ke supermal karawaci untuk mengajukan kredit kembali. Sebelumnya saya sudah mengecek persyaratan untuk mengajukan kredit lanjutan yang antara lain sudah lebih dari 90 hari sejak kredit pertama dan tidak pernah melakukan keterlambatan pembayaran cicilan. Saat itu saya mengajukan kredit HP lagi untuk Samsung J5 2016 di Erafone Supermal Karawaci. Saya katakan pada sales Home Credit di sana bahwa saya sudah mengajukan kredit dan sekarang sudah empat bulan menjelang bulan ke-5 ( 15 Desember jatuh tempo cicilan bulan ke-5). Setelah sales tersebut meng-kroscek kembali data saya dan memfoto KTP, wajah, dan fingerprint sidik jari saya, lalu saya menandatangani berkas pengajuan kredit. Sales tersebut kemudian menjelaskan bahwa proses akan memakan waktu sekitar 30 menit, jadi saya memutuskan untuk pergi makan dulu.

Sekitar 30menit kemudian, sales tersebut meng-sms saya mengatakan bahwa pengajuan kredit saya ditolak dan akan diinformasikan alasan penolakannya melalui SMS dari pihak Home Creditnya langsung. Kira-kira 2,5 jam kemudian, pihak Home Credit meng-sms saya alasan penolakan tersebut.

Seperti ini bunyi smsnya “Mohon maaf, saat ini kami belum dapat menyetujui permohonan pembiayaan Anda karena domisili Anda berada di luar area bisnis kami. Home Credit 02129539600.”

Membingungkan. Pengajuan kredit saya yang pertama diterima dan tidak ada masalah mengenai domisili (domisili saya Kab. Tangerang), tapi di pengajuan yang ke-2 ditolak dengan alasan domisili.

Saya pun menghubungi pihak Home Credit via Facebook menanyakan perihal wilayah bisnis Home Credit dan dijelaskan bahwa wilayah bisnis mereka salah satunya Jabodetabek. Semakin membingungkan, padahal domisili dan KTP saya adalah KTP Tangerang dan wilayah bisnis Home Credit adalah Jabodetabek, tapi pengajuan kredit saya ditolak dengan alasan domisili yang tidak masuk dalam area bisnis Home Credit.

homecredit-sms

Saya minta agar pihak dari Home Credit menghubungi saya untuk menjelaskan detilnya dan mereka menghubungi saya via telepon pada tanggal 2 Desember 2016 sekitar sore hari. Saya mengajukan komplain dan tanggapan dari CS Home Credit adalah hal itu merupakan keputusan dari pihak Home Credit. Saya meminta untuk detil alasannya kenapa pengajuan saya ditolak dengan alasan domisili yang padahal masih termasuk dalam cakupan area bisnis Home Credit tapi CS tersebut bilang tidak bisa menjelaskan detilnya.

Sungguh sangat mengecewakan. Sebagai konsumen saya merasa dipermainkan. Kalau memang domisili saya tidak termasuk dalam area bisnis Home Credit, harusnya sejak pengajuan kredit saya yang pertama sudah ditolak. Kenapa pengajuan kredit pertama diterima, kemudian pengajuan kredit yang ke-2 ditolak dengan alasan yang tidak masuk akal? Saya rasa saya memiliki hak untuk mengetahui detil alasan penolakan kredit saya karena penolakan yang saya terima sangat tidak jelas dan seperti dibuat-buat.

Mohon untuk pihak Management Home Credit beserta Tim Analis Home Credit bisa menindaklanjuti permasalahan ini dan bisa menjelaskan alasan yang lebih masuk akal atas penolakan pengajuan kredit saya.

Terima Kasih.

Swera Siadara Nuraini Latuamury
Sindang Jaya, Tangerang
Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Home Credit Indonesia:
 [Penilaian Rata-rata: 2.7]
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Tanggapan Home Credit Indonesia atas Surat Ibu Swera Siadara

Kepada Yth Redaksi Mediakonsumen.com, Sehubungan dengan surat dari Ibu Swera Siadara Nuraini Latuamury di kolom Surat Pembaca Mediakonsumen.com tertanggal 2...
Baca Selengkapnya

11 komentar untuk “Penolakan Pengajuan Kredit di Home Credit dengan Alasan yang Tidak Jelas

  • 31 Januari 2017 - (08:26 WIB)
    Sya juga merasa kecewa saya pernah mencoba pengajuan kredit d tolak dengan alasan ktp tidak jelas,pdhal saya sudah mencoba untuk pembaruan ktp cuman untuk skrg d karena kn ktrlambatan blangko ktp jadi dri pihak catatan sipil hanya memberikan surat keterangan bahwa kterlambatan blangko ktp dan memberikan surat kterangan.lalu saya mencoba pengajuan kembali tetapi tetap dtolak padahl sy sudh mnunjukan surat kterangan dri kntor catatan sipil dan pdhal itu benar2 resmi.sharus nya pihak home credit tau bkan nya qta sbagai konsumen tidak mu mengikuti prosedur tetapi memang d krnakan dri pmerintah untuk pembuatan/pembaruan ktp tidak bsa lngsung jdi d krena kan krterlambatan blangko ktp nya bahkan itu seluruh indonesia.seharus nya bsa memberikan kebijakan trkecuali qta gk pke kterangan dri catatan sipil.
  • 12 Februari 2017 - (17:19 WIB)
    saya nasabah home credit dan hari ini saya dikecewakan oleh pihak home credit di konter halo phone PGC jakarta timur
    saya adalah nasabah home credit dan sudah membayar secara tepat waktu 3 bulan dan saya kembali mengajukan karena sudah lewat 3 bulan cicilan, tetapi ternyata aplikasi saya di tolak dengan alasan ” tidak dapat memvalidasi beberapa data pada aplikasi anda” sangat tidak masuk akal karena saya adalah nasabah yang masih aktif dan tidak pernah telat membayar angsuran di home credit, dan aplikasi saya di tolak dengan alasan tidak dapat memvalidasi beberapa data.
    bagaimana penjelasan home credit
  • 2 April 2017 - (05:48 WIB)
    Saya pun mengalami kekecewaan yang besar. Kemarin ibu saya berencana untuk kredit AC 1/2 PK. Syarat awalnya KTP saja. Lalu minta surat lain. Karena ibu saya tidak bawa BPJS dan tidak punya SIM, ibu saya pakai STNK mobil atas nama ibu saya. Lalu dimintai keterangan lain-lain, di rumah dekat dengan bangunan apa, difoto, dimintai sidik jari, yang menurut saya itu adalah data yg rahasia. Lalu endingnya ditolak dengan alasan datanya kurang. Padahal sudah sampai ke hal sensitif yaitu sampai dimintai sidik jari.
  • 2 April 2017 - (10:48 WIB)
    HCI itu memang begitu, alasan penolakan kredit ga jelas. Harusnya transparan karena peraturan yang tertulis di website HCI demikian. Tapi aturan dan kenyataan di lapangan beda, HCI tetap milih-milih konsumen dan produk yang akan dibiayai itu seperti apa.

    Kalau produknya mahal dan konsumennya diragukan tidak akan diapprove sama HCI. Ini perusahaan pembiayaan khusus handphone aja…hahaha.

  • 13 April 2017 - (14:59 WIB)
    Sdh jd nasabah dr thn 2014 sdh kredit lbh dr 5 item barang dan tdk ada satupun yg bermasalah,,pengajuan hari ini ditolak..bagus hci
  • 20 Mei 2017 - (14:25 WIB)
    tidak mudah pengajuan 30menit di acc, mending pakai lising lain biar disurve dl dan pasti acc,apa dihci harus pakai agunan,jaminan ya,kok bnyk yg tdk di acc.
  • 18 Juni 2017 - (11:39 WIB)
    SeMalam saya pengajuan juga sudah di setujui saya cek data”a harga sama pegawainya salah di masukan,saya komplain dong,dan pegawainya bilang minta maaf akhirnya pengajuan ulang dengan harga yg saya pesan,tapi pengajuan malah ditolak.katanya tidak bisa memvalidasikan beberapa data saya.kan aneh yang pertama aja disetujui dan kedua malah ga.pegawainya pun ga ada kata” maaf padahal kesalahan dr dia
  • 20 Juni 2017 - (22:31 WIB)
    Iya gan.. saya juga kecewa, awalnya sih ok2 aja tuh salesnya.. udh deal harga dan cicilannya.. pas sudah di TKP keesokan harinya, pengecekan bio data sgt ribet!! Foto ngeblur e ktp ditolak, udah 2x bolak balik rumah – WTC 20kman macet pula:”) dan mau gamau pake KTP mama , rendang rendeng sana sini Kayak mau kredit rumah gitu, ada cap 3 jari, muka di foto2 , pake kode verifikasi via sms, ditanya perbulan keluar uang berapa.. KTP juga udah jelas wiraswasta penghasilan tetap juga msh di remehin muka pegawainya.. kyk seolah2 kita hina gt

    Dan lebih parah nya men, DITOLAK setelah kita2 disuruh nunggu 1jam:) udah bolak balik sana sini, ditolak dgn alasan ga jelas, katanya bakal disms alasannya, dan.. sampe detik ini si CS ga sms knp ditolak.. dan coba tny spectra/FIF bunga nya gwede bgt, dr harga ip7 11.500 ditotal setahun jadi 15jtan DP 3.750+angsuran pertama dan biaya admin, duh kredit hp ngalah2in mau kredit mobil mewah 🙂 saya kredit bank puluhan juta/ kredit mobil saja ga begini, dan slalu LUNAS pelayanan Ok pulak! Baru kali ini di beginiin, GAK LAGI DI HOME CREDIT #curhatkesel

  • 11 September 2017 - (22:49 WIB)
    Sungguuh mengecewakan , pengajuan ke 2 di tolak , padahal pmbayarN lancar , ,kesel bgt , cukup dah gk mau lagi berurusan am home credit , ,ge mn mau maju klo home credit slalu mmbatasi konsumen

 Apa Komentar Anda mengenai Home Credit Indonesia?

Ada 11 komentar sampai saat ini..

Penolakan Pengajuan Kredit di Home Credit dengan Alasan yang Tidak Jel…

Rara Latuamury Salampessy 2 menit
11
Tags: Home Credit
Petugas “Home Credit” Melecehkan Status PNS dan TNI

Yth. Media Konsumen, Pada Hari Sabtu sore, 29 Agustus 2015 saya dan keluarga saya jalan-jalan...

Tutup