Tokopedia, Rumitnya Pengembalian Dana ke Limit Kartu Kredit

Kejadian bermula ketika saya memulai transaksi dari sesama akun Tokopedia saya memakai kartu kredit dan terdeteksi sebagai fraud karena melanggar ketentuan Tokopedia. Hal ini tidak terlalu saya permasalahkan, karena memang murni kesalahan saya menggunakan akun yang saya kelola untuk membeli dan menjual. Hal ini sebenarnya ditujukan untuk menjembatani penjualan dengan salah satu pembeli saya, yang saat itu memang awam dan tidak mau membuat akun sendiri. Lalu sesuai ketentuan tersebut, dana saya akan dikembalikan ke limit kartu kredit saya maksimal 28 hari setelah transaksi selesai. Sekali lagi saya tidak terlalu mempermasalahkan hal ini, walaupun rentang waktu tersebut terasa terlalu lama, but it’s ok 🙂 .

Setelah menunggu 28 hari atau hampir sebulan lamanya, akhirnya saya menerima email tentang request pengembalian dana (terlampir di gambar yang saya unggah). Email tersebut menunjukkan bahwa pihak Tokopedia telah melakukan permintaan kepada pihak bank penerbit kartu kredit terkait, untuk melakukan refund atau pengembalian dana ke limit kartu kredit pada tanggal 22 April 2017. Dan setelah itu, pihak bank lah yang berwenang, biasanya maksimal 14 hari kerja.

Dan hari ini saya cukup penasaran karena melihat pengalaman konsumen lain, pernah dimuat di mediakonsumen.com juga, banyak yang mengalami masalah tentang refund limit kartu kredit ini. Dengan rasa penasaran, saya mencoba menghubungi pihak bank untuk menanyakan apakah pihak Tokopedia sudah melakukan request pengembalian dana atau belum, serta berapa hari maksimal pengembalian dana tersebut jika pihak Tokopedia sudah melakukan permintaan proses pengembalian dana.

Dan jawabannya cukup mengecewakan. Dari pihak bank saya akhirnya menemui kejelasan, dan dari situ saya menyimpulkan bahwa pelayanan Tokopedia sangat mengecewakan. Pihak bank menjelaskan bahwa belum ada permintaan proses refund apapun dari pihak Tokopedia, dan kalau pun ada maksimal prosesnya hanya 2 hari kerja. Sungguh mengecewakan. Melalui mediakonsumen.com saya ungkapkan pengalaman saya ini sebagai pelajaran bagi calon konsumen lain, terutama yang akan menggunakan kartu kredit. Karena jika ada transaksi yang harus refund, maka proses rumit ini akan anda lalui.

Taufik Hidayat
Cimahi – Jawa Barat

NB : Sampai detik ini saya belum menerima kejelasan dari pihak Tokopedia, hanya berkutat pada jawaban yang itu itu saja.

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai Tokopedia:
[Penilaian Rata-rata: 2.5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

2 komentar untuk “Tokopedia, Rumitnya Pengembalian Dana ke Limit Kartu Kredit

 Apa Komentar Anda mengenai Tokopedia?

Ada 2 komentar sampai saat ini..

Tokopedia, Rumitnya Pengembalian Dana ke Limit Kartu Kredit

Taufik Hidayat 1 menit
2