Bagaimana Cara Mengembalikan Dana Kelebihan Ongkos Kirim dari Pembeli di Tokopedia?

Selamat malam. Gini, saya bingung karena saya pemula di Tokopedia, tadi siang saya kirim barang lewat JNE dan ada masalah untuk berat barang saya. Saya memasukkan berat barang di Tokopedia ternyata lebih berat 1 kg (saya menulis berat barang sebesar 5 kg , dan ternyata setelah ditimbang di JNE itu beratnya cuma 4 kg).  Ya itu kesalahan saya karena menebak berat barang dengan kira-kira.

Sampai di rumah saya masih dibayang-bayangi dengan kelebihan dana dari pembeli saya, lalu saya menghubungi calon pembeli saya lewat inbox yang ada di Tokopedia tersebut, tapi calon pembeli saya belum balas inbox saya. Saya bingungnya karena saya ingin mengembalikan kelebihan dana tersebut kepada calon pembeli saya. Tapi setelah saya googling dan baca-baca, ternyata harus ada komplain terlebih dahulu dari si pelanggan.

Di sini saya mulai gak tenang, mungkin karena saya pemula. Gimana caranya mengembalikan dana pembeli tanpa harus ada komplain dari pelanggan di Tokopedia yah? Barangnya sih belum sampai di tangan pembeli, karena tadi siang baru ke JNE-nya. Tapi pelanggan kan udah transfer ke Tokopedia.

Ilustrasinya kan kaya jual beli di kehidupan nyata tuh, kalau beli misal ada kembalian kan harus segera dikembalikan. Jadi nggak usah nunggu komplain dari pelanggan dan penjual pun tenang, nah gimana caranya?

Mohon minta solusinya.

Elfy Susanti
Tangerang – Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian Anda!
Loading...

Satu komentar untuk “Bagaimana Cara Mengembalikan Dana Kelebihan Ongkos Kirim dari Pembeli di Tokopedia?

  • 19 September 2019 - (06:50 WIB)
    dulu perna begitu, mungkin karena pembelinya melapor, melihat selisih ongkos kirim yang tidak sesuai dengan dia bayar, akhirnya saya ditegur oleh tokopedia, kemarin saya dapat kendala yang sama dengan 2 paket pengiriman..kalo dapat masalah seperti itu, saya bayar sesuai dengan ongkir yang tertera, dan minta sama kurirnya untuk menyesuaikan dengan ongkir yang tertera di label, walaupun beratnya tidak sesuia, biasa kurir mau kok, karena itu berarti keungungan buat kurir, tapi dengar2, terakhir kalo ada kendala seperti itu, uang yang kembali ke saldo kita sesuai dan ongkir yang kita bayar, selisihnya masuk ketokopedia, tapi seharusnya sih masuk ke saldo pembeli…saya juga sementara cari tadi tentang ini dan mau menyarankan ke tokopedia, sampai ketemu dengan artikel ini…

 Apa Komentar Anda?

Ada 1 komentar sampai saat ini..

Bagaimana Cara Mengembalikan Dana Kelebihan Ongkos Kirim dari Pembeli …

oleh elfy susanti dibaca dalam: 1 min
1