Bagaimana Perlindungan Tokopedia untuk Penjual atas Pengembalian Produk Cacat dari Pembeli

Yth Media Konsumen,

Saya adalah seorang penjual di Tokopedia dengan nomor transaksi INV/20170721/XVII/VII/93871281

Saya sudah melakukan kewajiban saya sebagai penjual di mana saya sudah mengirimkan barang sesuai dengan yang tertulis di deskripsi produk namun dikomplain oleh pembeli dan transaksi masuk ke pusat resolusi karena ukuran produk yang tidak pas. Pada akhirnya saya sebagai penjual dalam hal ini menerima pengembalian produk dari pembeli dengan catatan barang tidak pernah dipakai dan kondisi masih baru sama seperti diterima oleh pembeli.

Namun kendala muncul karena pada saat pengembalian barang diterima oleh saya dan melalui pengecekan ditemukan bukti cacat pada produk yang kemungkinan dikarenakan pemakaian, terjatuh atau penyimpanan yang kurang hati-hati dari pihak pembeli.

Sesuai instruksi Admin Tokopedia di pusat resolusi sebelumnya, sebelum barang dikirim balik oleh pembeli maupun barang yang dikembalikan diterima oleh penjual perlu membuat dokumentasi untuk meminimalisir terjadinya kendala lanjutan ke depannya. Dalam hal ini saya sebagai penjual sudah melakukan sesuai yang diinstruksikan tersebut dengan melampirkan video unpacking dan foto pengecekan.

Namun alangkah kecewanya saya sebagai pihak penjual di mana pihak Admin Tokopedia tetap memaksa pengembalian dana ke pihak pembeli dan tidak menghiraukan bukti-bukti yang sudah dilampirkan oleh pihak penjual dan cenderung berpihak sebelah ke pihak pembeli ketika dari pihak pembeli tidak bisa melampirkan dokumentasi barang sebelum dikirim balik ke penjual dengan dalih dari pihak penjual tidak bisa melampirkan bukti dokumentasi pada saat barang dikirimkan padahal aturan ini bahkan tidak ditulis di ketentuan pengiriman yang ada di peraturan syarat dan ketentuan berjualan di tokopedia

Saya melihat reputasi Tokopedia sebagai marketplace besar di Indonesia dalam hal ini tentu seharusnya bertanggung jawab melindungi hak pengguna agar tidak ada yang dirugikan dalam hal ini baik pihak pembeli maupun penjual dan tidak berpihak sebelah ke salah satu pihak dalam hal ini baik ke pihak pembeli itu sendiri

Melalui surat ini saya berharap Tokopedia dapat memberikan jawaban penyelesaian yang netral sesuai bukti-bukti yang sudah dilampirkan.

Fredi
Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Artikel ini:
 [Penilaian Rata-rata: 3]
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

2 komentar untuk “Bagaimana Perlindungan Tokopedia untuk Penjual atas Pengembalian Produk Cacat dari Pembeli

  • 9 Agustus 2017 - (16:06 WIB)
    Jika barang tidak sesuai ketentuan garansi yang agan tentukan sebagai penjual langsung masuk pusat resolusi dengan menyertakan bukti bahwa barang cacat saat di kembalikan oleh pembeli, maka segala urusan sudah selesai. Jelaskan syarat dan ketentuan retur di pengaturan toko atau pada deskripsi barang dan cacat saat pengiriman bukan lagi menjadi tanggung jawab penjual. semoga membantu.
  • 9 Agustus 2017 - (16:33 WIB)
    halo pak Zay

    untuk memperjelas saja di sini bahwa admin tokopedia dalam hal ini meminta saya menerima retur dari pembeli yang mana produk tersebut menjadi cacat akibat kelalaian pembeli, sedangkan saya pada saat mengirim produk sudah memastikan bahwa produk yang saya kirim tidak ada cacat sebelumnya, dan sebelumnya pembeli sudah melakukan pengecekan terhadap kualitas produk dan tidak ditemukan cacat tersebut, hanya ukurannya yang kurang sesuai saja.

    Terima kasih

 Apa Komentar Anda?

Ada 2 komentar sampai saat ini..

Bagaimana Perlindungan Tokopedia untuk Penjual atas Pengembalian Produ…

Fredi Huang 1 menit
2
Tags: Jualan Online
Tokopedia Mengembalikan Dana ke Pembeli Setelah Pembeli Menerima Barang

Dear Tokopedia, Pada hari Sabtu tanggal 22 Juli tahun 2017 saya melakukan transaksi di Tokopedia...

Tutup