Kredivo Tidak Profesional dalam Verifikasi Transaksi

Pada kesempatan ini saya akan membagikan pengalaman saya menggunakan layanan Kredivo. Apa itu Kredivo? Kredivo adalah layanan aplikasi di Android yang memungkinkan kamu semua berbelanja berbagai kebutuhan anda sehari-hari seperti elektronik, fashion, kuliner, perlengkapan rumah, kantor bahkan pulsa. Kredivo adalah aplikasi yang bekerja seperti kartu kredit, memberikan limit tertentu kepada user untuk berbelanja produk apa saja yang tersedia pada merchant mereka. Layaknya kartu kredit, anda juga harus mengisi formulir di aplikasi mereka untuk bisa mendapatkan limit tertentu dari mereka.

Pada Kamis, 5 Juli 2017 saya mencoba untuk mengisi formulir aplikasi di Kredivo, anda bisa download aplikasinya di Play Store. Saya isi formulir aplikasi di Kredivo dan mengikuti seluruh persyaratan mereka, dan setelah selesai saya diharuskan menuggu 1 x 24 jam untuk menerima persetujuan mereka apakah permohonan saya diterima atau ditolak. Setelah menunggu 1 x 24 jam saya dapat konfirmasi bahwa pengajuan saya disetujui oleh pihak Kredivo hanya saja saya dapat limit Rp500 ribu dengan payment 30 hari saja, buat saya itu sudah sangat membantu kebutuhan saya.

Saya pun melakukan transaksi pada 28 Juli 2017, jumlah transaksi adalah Rp 375.000, jadi masih di bawah limit yang diberikan oleh Kredivo. Transaksi saya sukses dan barang langsung dikirim oleh penjual, saya pun mendapatkan email tagihan saya dan harus dilunasi pada tanggal 27 Juli 2017, pas 30 hari setelah saya melakukan pembelian. Sangat puas karena bisa mempunyai dompet online walaupun limitnya kecil tapi itu sangat membantu. hingga saya selalu gunakan setiap bulannya dan tidak pernah telat bayar saat tagihan saya muncul.

Sampai pada bulan Oktober 2017 saya menggunakan untuk membeli sepatu, kaos buat keponakan saya yang kecil, dan sebuah peralatan motor saya seperti obeng dll. Untuk transaksi sepatu dan kaos semuanya berhasil dan tidak ada kendala, tapi untuk transaksi obeng saya seharga Rp100 ribu di-cancel oleh pihak Kredivo.

Saya akhirnya meminta kejelasan dari pihak Kredivo karena itu transaksi saya yang lakukan dibatalkan. Pihak Kredivo pun memberikan jawaban yang tidak memuaskan, mereka memberikan info bahwa akun saya saat ini masih terkendala isu keamanan dan tidak bisa diaktifkan kembali. Akhirnya karena hal ini transaksi saya pun dibatalkan secara sepihak oleh pihak Kredivo sehingga saya harus memberikan info kepada pihak penjual di Bukalapak bahwa saya tidak jadi membeli barang dari lapaknya karena transaksinya dibatalkan oleh Kredivo. Tapi untungnya pihak penjual di Bukalapak tidak mempermasalahkan hal itu tetapi tetap saja membuat saya malu.

Karena transaksi dibatalkan sepihak oleh Kredivo dengan alasan masalah keamanan di akun saya, maka akun saya pun ditangguhkan (suspended) sehingga tidak bisa digunakan lagi untuk berbelanja atau bertransaksi. Dengan kata lain saya mendaftar di Kredivo hanya untuk ditangguhkan dan mohon maaf, dikerjai oleh pihak Kredivo karena harus melakukan pembayaran uang muka dengan harapan saya mendapatkan barang yang saya perlukan karena memang aplikasi saya disetujui dengan limit yang lumayan kecil. Dan saya sudah mencari barang dengan harga yang pas dengan limit yang diberikan Kredivo tapi akhirnya pihak Kredivo dengan alasan yang menurut saya dibuat-buat. Karena Kredivo sama sekali tidak menerima penjelasan saya ataupun meminta verifikasi dari saya apakah memang saya melakukan pembelian atau transaksi di Bukalapak pada hari itu. Seperti halnya yang dilakukan saat kita berbelanja dengan kartu kredit, pihak bank pasti akan bertanya apakah benar transaksi telah dilakukan pada hari tersebut yang tentunya tidak dilakukan Kredivo dalam hal ini.

Kekecewaan saya terhadap Kredivo menghasilkan surat pembaca ini dan saya harap pihak Kredivo bisa lebih profesional lagi dalam hal ini terutama dalam hal informasi kepada konsumen mengenai pembatalan transaksi mereka. Dan bukan itu saja, akun saya pun jadi korban sehingga harus ditangguhkan dan tidak bisa digunakan lagi untuk selamanya. Sehingga meyakinkan saya bahwa Kredivo memang tidak punya itikad baik untuk menyelesaikan masalah ini dengan saya sehingga saya terpaksa harus menuliskan keluhan saya kembali di Media Konsumen.

Saya harap dengan adanya surat ini bisa membuat Kredivo lebih baik lagi ke depannya dan tidak ada lagi konsumen seperti saya yang tadinya berharap banyak dari sistem yang bagus yang ada di Kredivo, nyatanya cuma sekadar aplikasi dengan sistem blokir sini dan blokir sana. Kalau akun saya di-approved hanya untuk ditangguhkan dan transaksi dibatalkan buat apa dikasih limit? Lebih baik di aplikasi sejenis seperti akulaku (al), walaupun limit yang saya dapatkan kecil, tapi saya dapat bertransaksi disana tanpa takut di-banned.

Salam,

Slamet Priyadi (Adi)
Cinere, Depok
Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Kredivo:
 [Penilaian Rata-rata: 3.4]
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Tanggapan Kredivo untuk Surat Pembaca Bapak Slamet Priyadi

Menanggapi keluhan Bapak Slamet Priyadi melalui Surat Pembaca Media Konsumen pada tanggal 01 November 2017 berjudul “Kredivo Tidak Profesional dalam...
Baca Selengkapnya

Tentang Penulis
Slamet Priyadi  

Design Graphis | Photograph | Bass Player’s | Videographer | Editing Video |
be a simple

2 komentar untuk “Kredivo Tidak Profesional dalam Verifikasi Transaksi

  • 3 November 2017 - (09:34 WIB)
    Untuk masalah Ini sudah Clear dan saya menganggap kredivo sangat profesional dalam hal ini.. setelah saya slidiki ada pihak lain yang menggunakan akun kredivo saya hingga harus di suspend permanent.. jadi masalah ini saya anggap sudah selesai..
    • 12 November 2017 - (03:41 WIB)
      iya sih… kelar sih kelar.
      kalau ada masalah, yah bisa dibicarakan kepada pihak yang berhubungan. dan tidak harus main tindak suspend juga.
      namanya juga usaha. gimana jadinya pemikiran kami kami ini yang ada rencana untuk menggunakan layanan Kredivo, mungkin sudah pupus lah sudah. jika masih banyak aturan di dalam aturan.

 Apa Komentar Anda mengenai Kredivo?

Ada 2 komentar sampai saat ini..

Kredivo Tidak Profesional dalam Verifikasi Transaksi

Slamet Priyadi 3 menit
2
Tags: Belanja Online, e-commerce, Fintech, Kredit online
Sudah Transfer ke Rekening Tokopedia, Namun Pembayaran Tak Kunjung Terverifikasi dan Dana Tidak Dikembalikan

Saya pelanggan setia Tokopedia, apa yang saya butuhkan saya cari di Tokopedia. Namun pada tanggal...

Tutup