Kategori: HeadlineKeluhanPermohonanSurat Pembaca

Lelahnya Mengurus Penutupan Kartu Kredit Danamon

Penutupan Kartu Kredit Tidak Diproses akibat Kesalahan Call Center dan Munculnya Transaksi Baru serta Proses Koreksi yang berbelit-belit

Saya Leony Sinarta Tan, pengguna Kartu Kredit Visa Platinum Bank Danamon no 4324 49** **** 9008 (nomor lengkap ada pada redaksi). Pada tanggal 4 Desember 2017 telah melakukan penutupan kartu kredit melalui call center Hello Danamon yang tersambung dengan Bp. Hero dan diberi tiket laporan untuk penutupan kartu dng no 1A7865. Penutupan saya lakukan dari telepon counter customer service Bank Danamon HR Mohammad Surabaya, yang disambungkan ke telepon call center. Hal tersebut saya lakukan setelah melakukan pembayaran di kasir Bank Danamon, sejumlah tagihan dan biaya materai seperti yang diinformasikan call center no tiket 1A7650 sebagai syarat untuk penutupan kartu.

Namun, betapa terkejutnya ketika saya menerima e-mail billing statement pada tanggal21 Desember 2017, di billing memang tertera pembayaran tagihan saya per tanggal 4 Desember 2017 sesuai tanggal saya melakukan pembayaran guna menutup kartu tsb. Namun ada transaksi kredit dalam jumlah besar per tanggal 6 Desember 2017 sejumlah Rp.54.500.000 yang ditagihan dengan keterangan CAHAYA JAYA MBL. dan tertera juga di billing tanggal 20 Desember 2017 ada cicilan ke 1 dari 36 ke Cahaya JAYA MBL @Rp2.380.439.

Jika saya perhitungkan cicilan tersebut  36 x Rp2.380.439 total Rp85 juta lebih adalah melebihi limit kartu yang telah saya tutup yaitu Rp18 juta, bagaimana itu bisa terjadi?

Pada 22 Desember 2017, saya datangi Bank Danamon di HR Mohammad Surabaya tempat saya melakukan pembayaran untuk penutupan kartu. Oleh CS ibu Endah saya disambungkan ke call center dan tersambung dengan Ibu Kifa, saya sampaikan hal tsb, dan dikatakan bahwa nomor laporan penutupan kartu dengan nomor 1A7865 setelah dicek Ibu Kifa, ternyata memang ada “human error” dari Agen Hello Danamon sehingga mengakibatkan perbedaan yang diinfokan nasabah dan yang dinarasikan oleh Agen Danamon, sehingga kartu saya masih aktif. Pihak call center menyampaikan permohonan maaf  dan memberi no laporan kartu 1L325 yang butuh 5 hari kerja.

Pada Tanggal 27 Desember 2017 saya menelepon call center kembali untuk mengetahui progress no laporan 1L325 tersambung oleh Ibu Dera juga menyatakan ada kesalahan human error pihak Danamon salah menginput nomor kartu di mana memang seharusnya transaksi Cahaya Jaya Mbl bukan transaksi saya dan menyatakan permohonan maaf atas kesalahan input nomor kartu sehingga transaksi tersebut bisa tertera di billing statement saya. Lalu menjanjikan dikoreksi tagihannya butuh 4 hari kerja. Saya disuruh hubungi lagi 7 hari kerja setelah itu kartu baru bisa ditutup, dan saya disuruh hubungi kembali. Oleh ibu Dera juga menyatakan akan dikirim surat penutupan kartu dan diberi no laporan 1N3555.

Tanggal 4 January 2018, saya menghubungi call center lagi untuk menanyakan progress no laporan 1N3555, maka dicek proses pengkoreksian masih di dalam proses dan menginfokan untuk menghubungi 4 hari lagi (Senin, 8 Januari 2018).

Pada tanggal 8 Januari 2018, saya ke Kantor Cabang Bank Danamon kembali ke customer service untuk disambungkan dengan call center, karena jika saya hubungi langsung nomor call center sering terputus tanpa penyelesaian. Kali ini tersambung dengan Ibu Indah, ternyata proses koreksi masih belum, dan diberi nolaporan 1T9712, dan disuruh menghubungi lagi 3 hari kerja yaitu hari Kamis tanggal 11 Januari 2018.

Tanggal 15 Januari 2018, hari Senin, Dan karena kesibukan maka saya baru dapat menghubungi call center dan menurut info call center Ibu Gisel, menginfokan bahwa transaksi kredit ke Cahaya Jaya MBL sebesar Rp54,500,000 (Cr) memang telah dikoreksi jadi nol , Namun alangkah terkejutnya untuk transaksi rubah cicilan Cahaya Jaya Mbl tidak dihapuskan atau di-nol-kan sehingga saya diinfokan masih ada tagihan sebesar Rp4 juta-an lebih dan ketika saya tanya tagihan apa, disuruh menuggu lama dan akhirnya terputus.

Pukul 17.32 di hari yang sama 15 Januari 2018, saya menelepon kembali dan tersambung dengan Ibu Delia, dikatakan memang tertera tagihan Rp4 juta lebih dari transaksi cicilan pertama dan penalti, yang dikatakan seharusnya tidak ada, dan berjanji akan dikoreksi mengenai penghapusan biaya penalti dan tagihan cicilan tsb dan dijanjikan proses akan selesai tanggal 17 Januari 2018. Diinfokan juga bahwa hal ini sudah dilaporkan ke supervisor Ibu Artha, dan disuruh menghubungi lagi tanggal 18 Januari 2018. Lagi-lagi diberi tiket dan janji 3 hari kerja dengan tiket laporan 1Y0941 untuk proses penutupan kartu setelah proses koreksi selesai.

Hal ini membuat saya merasa dipermainkan dan dipersulit dalam penutupan kartu kredit oleh call center di mana proses pengoreksian tidak dilakukan dengan total dan membuat saya tidak dapat menutup kartu, dan saya dirugikan baik secara waktu, tenaga ,pikiran dan materi akibat menelpon berkali-kali dan hanya diberi tiket nomor laporan terus-menerus dan dijanjikan 3 hari kerja terus-menerus.

Demikian yang saya tuliskan di MediaKonsumen.com, dengan harapan pihak Pimpinan Kartu Kredit Danamon bisa serius menyelesaikan penutupan kartu saya dan tidak mempersulit penutupan kartu dari tanggal 4 Desember 2017 hingga 15 Januari 2018 masih belum tertutup dengan alasan proses pengoreksian dan janji waktu terus-menerus.

Mohon dengan sangat redaksi MediaKonsumen.com memuat surat saya ini karena saya sudah lelah menghubungi call center dan telah mengunjungi lebih dari 12 kali ke kantor Cabang Danamon Surabaya. Sejak proses awal ingin menutup hingga saat ini untuk dibantu sambungkan telepon call center karena jika saya telepon sering terputus dan mengulangi lagi berkali kali sehingga sangat menyedot pulsa.

Saya sangat berharap surat ini dimuat dan saya ucapkan terima kasih sebelum dan sesudahnya untuk Redaksi MediaKonsumen.com.

Leony Sinarta Tan
Surabaya

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Leony

Saya Leony Sinarta umur 37th.

Komentar

  • wah mba, jd anda mending gw, camping aja sx, plus live pres confrence pake instagram, spya malu tu Danamon, ato bkn kelakuan gila2 aja, mang anda mau byr tu 4 juta, cih jijay yah...klo udh gak bs d bkn baik2, perdata aja tu danamon hahahahaha

  • Terimakasih Ibu Leony atas berbagi pengalamannya, tentunya telah memberikan manfaat bagi kita semua. Semoga rekan-rekan konsumen lainnya turut prihatin dan empati (andaikan hal itu menimpa kita sendiri) atas masalah serius yang ibu hadapi dengan turut melakukan "share" keberbagai sosmed yang mereka miliki.

    "Satu lidi mudah dipatahkan, tetapi dengan ribuan lidi yang menjadi satu tidak hanya sulit dipatahkan namun dapat menyapu untuk kebersihan."

    Semoga situs ini dapat menjadi "rumah kedua" bagi seluruh konsumen Indonesia.

Bagikan
Penulis:
Tags: Call CenterHelloDanamonKartu Kredit Bank Danamonpelunasan tagihanPenutupan Kartu Kredit

Artikel Terbaru

Jaringan 4G Telkomsel Tidak Stabil

Terima kasih sebelumnya kepada MediaKonsumen yang sudah menampilkan keluhan saya semoga pihak yang bersangkutan bisa menindaklanjuti surat pembaca ini. Kendala…

19 Agustus 2018 04:35

Tidak Bisa Menikmati Layanan Indihome

Yth Telkom Indonesia, Sudah lama mengidam-idamkan layanan Indihome bisa di rumah saya di Mentobayan Salamrejo Sentolo Kulon Progo Yogyakarta. Karena…

19 Agustus 2018 04:25

Pengiriman Kartu Kredit Bank Mega Diterima Orang Lain

Saya nasabah kartu kredit baru dari Bank Mega. Setelah mengajukan permohonan kartu kredit baru, saya mendapat notifikasi bahwa kartu kredit saya…

19 Agustus 2018 03:05

Sudah Membayar TangBull tapi Masih Ada Tagihan

Dear PT TangBull, Saya merupakan konsumen TangBull yang sudah beberapa kali meminjam dan sebelumnya tidak pernah ada masalah dalam pengembalian…

19 Agustus 2018 02:36

Dana Tidak Ditransfer TangBull, tapi Tagihan dan Denda Jalan Terus

Saya mau komplain ke pihak Tangbull sejak status dinyatakan dana cair dan tagihan muncul sampai saat ini jatuh tempo dan…

19 Agustus 2018 02:26

Tidak Terima Kiriman Paket dari J&T Express tetapi Tertulis Diterima

Saya membeli barang dari Bukalapak berupa dop mobil Terios, yang dikirim oleh pelapaknya melalui jasa pengiriman barang J&T pada hari…

19 Agustus 2018 02:15