Tertipu Belanja Online

Saya ada perlu beli barang di Tokopedia. Setelah melihat-lihat barang yang mau saya beli di toko Dzahin Durian saya chat dengan penjualnya yang katanya ada data lewat sosmed di Depok. Kemudian diberikan no WA 083875241*** (nomor lengkap ada pada redaksi). Saya nego harga jika beli dalam jumlah yang banyak. Setelah deal saya disuruh transfer ke rekening penjual Bank BNI atas nama Ibu Riy*** Ci*** Isl**** no rek 538870***(nama dan nomor lengkap ada pada redaksi) langsung tanpa lewat Tokopedia.

Tanpa curiga setelah saya transfer pada tanggal 28 Januari 2018 sejumlah Rp1.855.000 lewat rekening anak saya kemudian saya minta dikirimkan barang saya besoknya tanggal 29 Januari 2018 dikirim ke dua tempat, satu ke tempat saya, satunya ke tempat teman saya yang hanya membeli barang seharga Rp50.000. Dikenakan ongkir Rp30.000 untuk dua tempat jadi saya transfer lagi.

Namun esok harinya sampai pukul 11 siang kiriman belum sampai. Saya WA dijawab sudah diambil kurir dan saya diberikan dua nomor driver, satu yang ke tempat teman saya bisa dihubungi dan kiriman sudah sampai, tetapi saya tanya driver-nya dia ambil barang di Cengkareng. Ternyata penjual yang saya hubungi itu membeli barangnya di toko lain di Tokopedia untuk kirim yang ke teman saya. Sedangkan barang yang seharusnya ke tempat saya yang sejumlah Rp1.790.000 tidak dikirimkan, dan waktu saya WA tidak dijawab.

Sampai sekarang tanggal 6 Februari 2018 barang yang saya beli tidak ada kepastian. Jadi saya cari info penjual ke Tokopedia dan hanya memberitahukan kesalahan saya membeli di luar transaksi di Tokopedia. Karena tidak ada solusi saya cari info di sosmed dan saya menemukan IG “dzahindurianshop” dan di facebook saya menemukan orang-orang yang juga tertipu oleh orang yang sama.

Kemudian kami chat dan salah satu korban menyarankan saya melaporkan ke Bank BNI. Kemudian saya melaporkan rekening tersebut dan disarankan untuk melaporkan juga ke bank dimana uang saya transfer dan kemudian saya disarankan untuk lapor juga ke polisi.

Semoga dengan ini orang tersebut dapat tertangkap dan tidak menipu orang lain lagi.

Sesilia Angelina
Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai pengalaman ini:
[Penilaian Rata-rata: 3.3]

4 komentar untuk “Tertipu Belanja Online

  • 8 Februari 2018 - (07:42 WIB)
    Bang kalo belanja online. akan lebih aman tetep transaksi di aplikasinya… yah moga ini sebagai pengalaman … agar anda lebih hati-hati lagi

 Apa Komentar Anda mengenai pengalaman ini?

Ada 4 komentar sampai saat ini..

Tertipu Belanja Online

Sesilia Siawhua 1 menit
4