Bank Mandiri Memblokir Rekening Tabungan dengan Alasan Tunggakan Kartu Kredit

Nama saya Nio Rulyanto, pada Tgl. 24 Feb 2018. Baru saja diketahui jika rekening tabungan istri saya dengan no rek. 166000121****, setelah kami hubungi Call Center Mandiri katanya dana dibekukan karena adanya tunggakan kartu kredit isteri saya. Sepengetahuan saya, setiap bulannya isteri saya membayar tagihan tersebut. Walaupun ada pembayaran di bawah minimum payment. Karena memang usaha kami sedang pailit. Dan 8 bulan terakhir ini hanya mengandalkan dari uang gaji saya saja.

Di dalam rekening terdapat uang gaji saya yang saya transfer ke rekening isteri saya. Sedang uang tersebut kami peruntukkan untuk kebutuhan anak-anak kami dan membayar hak-hak orang lain. Kami pun sudah konsultasikan kepada kerabat kami yang bekerja di BI. Karena seharusnya rekening tabungan tidak ada kaitannya dengan masalah kartu kredit. Dan jika ada kredit macet pun, hanya kartu kreditnya saja yang diblokir. Bukan rekening tabungannya. Dan juga pihak bank pun tidak boleh sembarangan mendebit saldo yang ada. Tanpa adanya persetujuan dari pihak nasabah sebelumnya. Lagi pula kami selalu ada pembayaran, walaupun tidak banyak. Dan kartu pun sudah diblokir sejak beberapa bulan yang lalu. Ditambah pula, tidak ada kami dihubungi pihak Bank atau pun Collector.

Kami terakhir menerima E-Billing pun pada bulan November 2016, ke sininya sudah tidak ada email maupun surat tagihan yang datang ke rumah kami. Alamat surat menyurat pun masih ditinggali. Jadi tidak ada alasan apapun untuk melakukan hal seperti ini.

Saya mohon untuk pihak Bank Mandiri, agar segera membuka rekening tabungan isteri saya. Karena mau sampai kapan pun saya akan mencari banyak informasi dan berniat melaporkan ini kepada OJK dan juga jalan hukum.

Nio Rulyanto
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

63 komentar untuk “Bank Mandiri Memblokir Rekening Tabungan dengan Alasan Tunggakan Kartu Kredit

  • 16 November 2018 - (14:18 WIB)
    Permalink

    ternyata banyak yang senasib engan saya. saya sudah email ke mandiricare cc OJK tapi dari pihak mandiri tidak ada tanggapan yang memuaskan. Dari OJK ya tidak ada respon. Saya hanya minta bukti kalau saya punya CC Bank Mandiri karena saya ga pernah punya CC Bank Mandiri. Baru buka rekening tabungan tahun 2015 dan selama ini ga ada masalah dengan tabungan saya sampai bulan oktober 2018 tiba2 terblokir dan diinfo dr bagian CC yang katanya tagihan saya 300 jutaan. Harus lapor kemana ini karena nasabah sudah dirugikan secara sepihak. Kebetulan uang yang diblokir adalah uang titipan bukan punya saya.

  • 17 November 2018 - (11:13 WIB)
    Permalink

    Pagi ini saya mengalami hal serupa. Tiba2 diblokir debit saya. Tlp mandiri call dan collectornya gak ada tanggapan. Apa yg harus dilakukan. Mohon solusinya teman2

  • 27 November 2018 - (20:47 WIB)
    Permalink

    Saya juga baru mengalami hal yang sama..padahal saya tidak punya CC /hutang di mandiri..saya punya CC di BTN yang belum di bayar kan..tapi kenapa rek mandiri saya yang di bekukan..tolong yang paham gimana solusinya.. terimakasih.. ??

  • 2 Desember 2018 - (21:07 WIB)
    Permalink

    Saya juga baru mengalami akhir bulan November 2018 saldo mandiri saya dibekukan alasan tunggakan kartu kredit. Secara perjanjian tidak ada surat kuasa untuk mendebet atau membekukan rekening tabungan untuk membayar kartu kredit. Jadi secara hukum bank mandiri melakukan pencurian uang nasabah.

  • 19 Desember 2018 - (15:59 WIB)
    Permalink

    Saya juga mengalami hal yang sama, sebelumnya pernah telat 3 bulan namun sudah di bayar tp CC nya tetap terblokir, akhirnya ngak saya bayar lagi 3 bulan dan tiba2 saldo jadi 0, saya pikir di serap hecker eh ternyata di blockir sama Kartu kredit, apa hubungannya rek dengan cc, saya juga punya CC yang lain tp ngak seperti Bank mandiri ini, setuju sekali kalau di adukan ke OJK, iklan nya saja mengebu2 tapi performance nya cetek

  • 27 Desember 2018 - (10:56 WIB)
    Permalink

    Saya juga kemarin tgl 26 desember 2018 mengalami hal yg sama rekening tabungan di blockir dan saldo saya di debet tidak manusiawi hingga nol oleh Bank Mandiri karena saya punya tunggakan KTA. Padahal saya minta utk tidak semuanya tetapi dari pihak collection nya tidak mau nego sama sekali. Rekening yg di debet bukan rekening yg terdaftar pada saat perjanjian peminjaman.
    Ternyata banyak yg mengalami hal yg sama seperti saya, mohon bantuannya utk share ke email saya : zustifazusti@gmail.com . apa yg harus saya lakukan karena saya sudah coba ke cabang tidak ada penyelesaiannya…

  • 10 Juni 2019 - (12:57 WIB)
    Permalink

    Ternyata tindakan sewenang – wenang Bank Mandiri tidak hanya menimpa diri saya, dimana secara sepihak Bank Mandiri melakukan blokir terhadap tabungan Mandiri atas nama saya karena saya memiliki tunggakan Kartu Kredit Mandiri.

    Bank Mandiri tidak peduli dg penjelasan saya bahwa sejak awal tahun 2018 saya resigned dari pekerjaan & bernaksud ingin membuka usaha sendiri dg modal dari hasil gadai sertifkat rumah yg saya tinggali saat ini.

    Namun yg namanya cobaan / musibah siapa yg biasa diprediksi, manakala uang modal usaha saya sebesar 550 juta rupiah dipakai oleh partner usaha yg pada awalnya dipinjam utk sewa ruang usaha kami, namun pd akhirnya setelah saya desak tentang pertanggung jawaban uang tersebut, ternyata terpakai utk keperluan pribadi.

    Di usia saya yg sudah 52th tidaklah mudah utk mendapatkan pekerjaan baru, sehingga krn tabungan & asset kami sdh tdk ada lagi yg bisa kami jual, demi menunaikan kewajiban saya sebagai suami & ayah dari anak2 kami yg 5 orang, saya mencari nafkah sebagai Driver Grab Car.

    Awal januari 2019, karena belas kasihan rekan saya, dia menerima saya bekerja di perusahaannya, karena sistem payroll perusahaan rekan saya menggunakan Bank Mandiri maka saya pun memberikan nomor rekening Mandiri saya sebagai rekening penerima upah tiap bulan nya.

    Betapa shock nya saya ketika bulan lalu saat saya membuka M-Banking ternyata disana tertulis saldo NOL rupiah, padahal saya masih ingat bahwa masih ada saldo di rekening tsb. Karena rasa penasaran lalu saya coba ke atm, namun ternyata atm saya sdh diblokir / tidak dapat dipergunakan / ditolak.

    Beginikah cara Bank Mandiri memperlakukan nasabahnya ? selama menjadi nasabah / pemegang kartu kredit mandiri sebelumnya pembayaran saya sangat lancar, namun siapa yg bisa menebak jika akan terjadi musibah / cobaan dari Allah SWT ?

    Saya juga memiliki rekening tabungan & kartu kredit dari bank – bank lain, semuanya macet pembayarannya, tapi mereka tidak bertindak sewenang – wenang seperti Bank Mandiri, bahkan mereka sangat simpatik sekali dalam memberikan solusi penyelesaian kewajiban saya terhadap bank tersebut.

    Mohon perhatian dari OJK & BI selaku pemegang regulasi perbankan, kenapa justru Bank Plat Merah bertindak lebih rentenir drpd rentenir yg sebenarnya. Tanpa ada pemberitahuan sama sekali melakukan blokir rekening seenaknya.

  • 6 Juli 2019 - (17:25 WIB)
    Permalink

    ternyata terjadi juga sama saya, saya kaget baru saja saya mau tarik tunai saldo tidak mencukupi, setelah saya cek saldo ternyata 0.00
    langsung saya tlp call center mandiri ternyata atm saya diblokir karna masalah kartu kredit saya.
    kalau kita datang ke kantor cabang mandiri apa mereka mau membuka?
    mohon solusinya

  • 29 Agustus 2019 - (18:22 WIB)
    Permalink

    Saya juga mengalami hal yang sama, hari ini saya cek saldo ternyata saldo saya 0.00, saya fikir rekening saya diretas hacker. Pas saya tlp 14000 ternyata rek saya dibekukan karena tagihan cc.. Dan kecewanya pihak mandiri memaksa untuk melunasi tagihannya dan memaksa me’debet semua saldo di rek saya..

  • 30 Agustus 2019 - (05:11 WIB)
    Permalink

    saya juga baru mengalami hal yang sama.
    di tanggal 28 kemarin.
    ada yang bisa bantu solusinya bagaimana ?
    uang terahir untuk bertahan hidup

  • 26 September 2019 - (10:18 WIB)
    Permalink

    Dan kmrn terjadi sama sy
    Dana d bekukan d bank mandiri
    .
    Dulu pernah gadaikan BPKB motor
    Dan motor nya raib.
    Sempet kolektor dateng dan sy ceritakan semua.
    Nah sampai kmrn udah ga ada tagihan. Sy pikir selesai. Ternyata msh
    .
    Padahal BPKB sy yg motor nya raib msh d bank mandiri. Apakah tidak d asuransikan sama mereka
    .

  • 8 Mei 2020 - (18:09 WIB)
    Permalink

    Selamat malam..
    Pak saya mau tanya..
    Saya punya tanggungan KTA Mandiri.. Tenor hbs bulan ini..
    Tapi bulan ini saya tarik semua..alhasil ke blokir atm saya.. Tp sdh ada saldo 1.1jt sedangkan angsuran 1.2
    Apakah jika sdh ke isi saldo otomatis.. Blokiran bisa ke buka otomatis kah?

    • 11 November 2020 - (14:06 WIB)
      Permalink

      Saya hari ini baru saja mengalami hal yang sama pemblokiran tabungan Mandiri karena tunggakan kartu kredit mandiri.. Mohon informasinya seperti apa yg harus saya lakukan untuk menyelesaikan ini ya?

  • 20 Agustus 2020 - (16:22 WIB)
    Permalink

    saya juga mengalami hal yg sama, tiba2 rekening saya saldo nol, saya awalnya setor tunai via ATM Mandiri, uang ditelan begitu saja tapi saldo saya tetap nol? Setelah saya cek ternyata katanya gara2 tunggakan kartu kredit, tapi pekerjaan saya pake payroll Mandiri dan sekarang saya diminta buka rekening mandiri baru untuk payroll, padahal masalah sebelumnya belum jelas solusinya, kartu kredit minta keringanan nominal dan cara pembayaran juga belum disetujui, apa solusi buat saya? saya juga belum tahu, hanya bisa berdoa mendapat jalan keluar terbaik dariNya, tapi saya juga akan menempuh jalur ke BI dan OJK lewat pengacara saya, monggo teman2 yg senasib kalo mau diurus sama2 ke OJK dan BI, silahkan hubungi saya di jeshubfip@yahoo.com

  • 20 Agustus 2020 - (16:24 WIB)
    Permalink

    Hati2 dengan semua jenis KTA dan Kartu Kredit, karena semua sifatnya sama dan tidak ada undang2 yg jelas yg melindungi konsumen, kalo bisa jangan sekali-kali masuk ke kartu kredit dan KTA, apalagi pinjaman on line

  • 21 Agustus 2020 - (23:48 WIB)
    Permalink

    selamat malam, baru hari ini saya tahu kalau kartu debit saya di blokir karena ada tunggakan KTA padahal jujur baru nunggak satu bulan, baru bulan ini saya telat membayar karena ada satu dan lain hal. lalu ketika saya dapat bantuan dan dikirim ke rek mandiri saya tiba-tiba debit mandiri saya sudah tidak bisa digunakan dan saldo saya langsung didebit. lalu saya coba telepon ke 14000 katanya kartu terblokir by sistem dan yg blokir dari KTA dan saya disuruh datang ke tempat awal buka KTA. padahal belum pernah sebelumnya telat dan tiba2 shock padahal uang yang saya dapatkan buat hidup saya. bagaimana ya penyelesaiannya ke bank?terimakasih

    • 22 Agustus 2020 - (02:18 WIB)
      Permalink

      Tetep harus dibayar dulu tunggakan KTA nya bu..sy dua bulan ke belakang mengalami juga. Akibat vandemi sy putus kerja Uang hasil pinjam buat bekal sehari2 anak istri sy ga bisa diambil diblok..karna tunggakan KTA juga, sy coba datang ke KTA mandiri langsung katanya kartu debit bisa aktif lg kalau cicilan ktanya dibayar..ahirnya sy putusin KTA ga dibayar dan kartu debit sy biarin ga diaktifkan lg dan selanjutnya sy buka rekening di bank ain

  • 11 November 2020 - (14:07 WIB)
    Permalink

    Saya hari ini baru saja mengalami hal yang sama pemblokiran tabungan Mandiri karena tunggakan kartu kredit mandiri.. Mohon informasinya seperti apa yg harus saya lakukan untuk menyelesaikan ini ya?

  • 11 Januari 2021 - (06:38 WIB)
    Permalink

    Kami juga mengalami hal yang sama dengan teman teman diatas, dimana saldo rekening kami tiba tiba menjadi Nol. Kami mencoba mencari tau via phone banking mandiri, ternyata jawabannya dana diblokir/di hold karena adanya tunggakan KK yang kami miliki.
    Padahal salah satu dana yang masuk kerekening tersebut dana yang baru saja kami pinjam kepada teman 1 juta rupiah untuk beli perlengkapan anak sekolah.
    Kami memang memiliki tunggakan, kami tidak sanggup untuk bayar saat ini. Usaha kami tumbang.

    2021 ini kami bertekad kembali bangkit, apalagi kami dapat bantuan 2.4 jt dari pemerintah untuk mulai usaha baru. saat ini kami menjalani usaha jualan beras online, kerupuk, air galon dan uang nya ditranfer ke bank mandiri rekening kami yang diblokir tersebut.

    Kami hanya berdoa, semoga pemerintah VIA OJK atau BI dapat melarang secara tegas kpd bank bank untuk menghentikan segera tindakan pemblokiran dana nasabah tersebut. Karena pemblokiran dana tersebut juga tidak menuntaskan masalah KK, bahkan dapat menimbulkan masalah baru bagi konsumen.

    Untuk teman yang senasib, mhn kami diberikan pencerahan atau support kiranya kejadian pemblokiran rekning sepihak ini bisa kita hentikan bersama-sama.

    Konsumen KK Bank Mandiri.
    Bahri D.

    • 29 Januari 2021 - (20:37 WIB)
      Permalink

      Saya menunggak hutang kartu kredit saya selama selama 11 bln karena usaha vailid semenjak vandemi corona…dan belum bisa membayar cicilan…namun hutan saya tidak sampai 64 jt, kalau saya hitung hutang saya di bawah 20 jt cepat sekali.melonjaknya…dan ketika saya dapat pekerjaan dengan gaji di bawah 4 jt dan hendak mengambil gaji saya dana saya di debit sama pihak mandiri…mana untuk menghidupi anak dan istri saya dengan anak 4…apakah tidak ada solusi jalan lain dan toleransi inti kartu kredit itu bukan membantu untuk meringankan beban hidup seseorang…malah sangat membebani &..setidaknya…utang tersebut jangan di bebani dengan bunga…mungkin saya bisa berusaha untuk melunasinya dengan tenggang waktu untuk cari pinjaman…kalau seperti ini terus saya tidak terima dunia akhirat saya menyesal berurusan dengan bank mandiri kartu kredit…sama saja ini penyiksaan…lahir dan bathin…

 Apa Komentar Anda mengenai Kartu Kredit Bank Mandiri?

Ada 63 komentar sampai saat ini..

Bank Mandiri Memblokir Rekening Tabungan dengan Alasan Tunggakan Kartu…

oleh Nio Rulyanto dibaca dalam: 1 menit
63