Lapor Percobaan Penipuan ke Bukalapak, Malah Akun Pelapor yang Diblokir

Saya pengguna Bukalapak sudah sejak 7 tahun lalu. Kemarin saya beli HP via Bukalapak dengan nomor transaksi: 180702502885. Ternyata pelapak Whatsapp ke saya yang berisi link untuk aktivasi diskon. Ini adalah percobaan penipuan via phishing (pengelabuan) sesuai peringatan yang pernah diberikan Bukalapak dan saya harus melaporkan.

Whatsapp dari pelapak

Saya segera foto chat Whatsapp serta link yang diberikan pelapak, masuk ke menu “Hubungi Bukalapak” dan membuat laporan. Karena tidak ada poin tentang phishing, saya masuk via “Spamming via chat”. Laporan diterima, tetapi tidak lama kemudian akun saya diblok/moderasi dengan alasan keamanan kata mereka.

Saya sudah jelaskan bahwa saya tidak klik link tersebut dan seharusnya dengan kecanggihan IT Bukalapak sudah bisa tahu bahwa akun saya bersih. Tetap saja malah akun saya yang diblok dan sayalah yang menjadi tersangkanya. Uang saya dikembalikan via Buka Dompet, tapi tidak bisa diakses. Hal ini sudah 2 kali terjadi. Bukankah berarti sistem trading di Bukalapak lemah karena banyak phisher (pengelabu/penipu) bisa dengan mudah menjadi pelapak?

Saya hanya minta dana saya dari transaksi yang gagal tersebut dikembalikan. Tidak ada konfirmasi sama sekali, tidak ada kontak telepon atau lainnya. Saya berniat menggugat secara hukum karena saya yang melapor, tetapi malah saya yang jadi tersangka, padahal saya melapor atas instruksi Bukalapak.

Sayang sekali Bukalapak yang sudah besar masih mengincar uang pembeli yang tidak seberapa. Silakan direspon Bukalapak, tapi jika Anda ambil uang saya, kita ketemu di pengadilan. Saya masih simpan instruksi Anda untuk melapor jika ada phishing.

Trian Dima Satria
Depok – Jawa Barat


Catatan Redaksi: Artikel ini telah diperbarui dengan menambahkan screenshot Whatsapp dari pelapak kepada penulis. Dikirimkan oleh penulis kepada redaksi melalui email.

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Bukalapak atas Surat Pembaca Bapak Trian Dima Satria

Dengan hormat, Terima kasih atas hubungan yang terjalin dengan baik antara Bukalapak dan MediaKonsumen.com selama ini. Sehubungan dengan dimuatnya Surat...
Baca Selengkapnya

11 komentar untuk “Lapor Percobaan Penipuan ke Bukalapak, Malah Akun Pelapor yang Diblokir

  • 10 Maret 2018 - (10:38 WIB)
    Permalink

    Harusnya screenshot whatsappnya juga dilampirkan pak, supaya yang lain jadi tahu modus penipuannya seperti apa..

  • 10 Maret 2018 - (10:48 WIB)
    Permalink

    Setalah menjadi besar sepertinya BL terlena, tidak mlkukan seleksi ketat pada calon pelapak dan dg ketdakmampuan mendeteksi security breach dg cepat menunjukkan bhw penerapan sistem trading BL tdk didukung sumber daya IT yg kompeten dan berlindung dibalik aturan2 yg lbh memberatkan konsumen. Sayang, pdhal BL termasuk start up Unicorn dan ternya Indah, Kuat tapi tanduknya tumpul.

  • 10 Maret 2018 - (11:16 WIB)
    Permalink

    Acreenshit ssh Saya lampirkan tp entah tdk muncul, bentuknya chat pelapak minta kita klik sebuah link yg dua berikan dimana kita diminta klik utk aktivasi diskon, ini jls phising. Fi BL chat diluar BL saja sdh melanggar, makanya Saya kapor, malah diblokir

    • 10 Maret 2018 - (11:31 WIB)
      Permalink

      Halo Pak Trian,

      Silakan lampirkan screenshot yang dimaksud, dengan membalas email notifikasi yang Anda terima.

      • 10 Maret 2018 - (11:37 WIB)
        Permalink

        Maaf, Saya sdh melampirkan tetapi oleh admin tdk ditampilkan. Jika mau mlampirkan lagi bagaimana caranya? Maaf Saya maaih awam. Tkxz

  • 26 Oktober 2018 - (19:07 WIB)
    Permalink

    Selamat malam,

    Halo mas Trian, setelah membaca artikel mas trian ternyata hampir sama dengan kasus saya yang sedang berjalan. Kalo boleh tau apakah sudah clear kasusnya?

    Saat ini saya sedang menunggu hari ke 5.

  • 14 November 2018 - (15:26 WIB)
    Permalink

    Aku jg alami sperti bpk. Aku beli hp dengan nomor transaksi 181377852114. .aku uda trasfer ke rekening pt.bukalapak.com. stlah itu aku dichat wa oleh plapak minta klik situs http://cekpengirimanpesanan.ezyro.com. tapa aku tau klau dia mau hacker akun aku.jd terpaksa aku batalkan pesanan aku. Tp sampai skrg bukalapak masi blum juga kmbalikan uang didompet akun aku. Padahal dia uda blokir akun plapak itu.!! Jadi apa bila sampai besok blum juda kembalikan uang aku didompet akun aku. Maka aku akan melaporkan atas penipuan pt.bukalapak.com. trima kasih

  • 26 November 2018 - (08:33 WIB)
    Permalink

    kemaren saya melakukan transaksi pembelian kamera harga 4,625.679… singkat crita saya tf ke BL hanya 4,301,919 setelah caht panjang dgn pelapak…… stelah tf saya langsung batalkan krna browsing soal kasus ini (makanya ceritanya sya persingkat karna ternyata sdh marak terjadi)…. saya menelpon bukabantuan untuk bantu pengembalian dana….. namun smpe skrang blom ada kejelasan.. dan hanya dapat balasan bahwa sy sdh tertipu dan akun pelapak sdh d nonaktifkan,, apa sebatas itu tindakan BL ke pelapak..??

    nmor wanya pun masih aktif

    ketentuan bukalapak sperti: jangan tf di luar rek BL, jgn tf tdk ssuai nominal dll… smua itu saya dapatkan ketika menelpon bukabantuan, maka smua org yang menggunakan BL tdk akan tau soal itu,, yang ditau hanyalah belanja d BL itu AMAN.. apalagi tfnya di rekening BL yang Terpercaya itu…. dan terlepas dari itu smua sbnarnya tim bL tdk begitu sulit utk mencari pelaku sperti itu krna pasti pihak BL tau kemana uang sya pergi,, kalau mmng ke pembelian pulsa pasti ada nomorx, pencairan ke REK pasti ada nomor rekeningx, kemanapun itu pasti pihak BL tau… saya sdh 3 tahun menggunakan bukalapak… dan saya akan sangat kecewa bila uang saya tidak kembali

 Apa Komentar Anda mengenai Sistem Keamanan Bukalapak?

Ada 11 komentar sampai saat ini..

Lapor Percobaan Penipuan ke Bukalapak, Malah Akun Pelapor yang Dibloki…

oleh Trian Satria dibaca dalam: 1 menit
11