Lapor Percobaan Penipuan ke Bukalapak, Malah Akun Pelapor yang Diblokir

Saya pengguna Bukalapak sudah sejak 7 tahun lalu. Kemarin saya beli HP via Bukalapak dengan nomor transaksi: 180702502885. Ternyata pelapak Whatsapp ke saya yang berisi link untuk aktivasi diskon. Ini adalah percobaan penipuan via phishing (pengelabuan) sesuai peringatan yang pernah diberikan Bukalapak dan saya harus melaporkan.

Whatsapp dari pelapak

Saya segera foto chat Whatsapp serta link yang diberikan pelapak, masuk ke menu “Hubungi Bukalapak” dan membuat laporan. Karena tidak ada poin tentang phishing, saya masuk via “Spamming via chat”. Laporan diterima, tetapi tidak lama kemudian akun saya diblok/moderasi dengan alasan keamanan kata mereka.

Saya sudah jelaskan bahwa saya tidak klik link tersebut dan seharusnya dengan kecanggihan IT Bukalapak sudah bisa tahu bahwa akun saya bersih. Tetap saja malah akun saya yang diblok dan sayalah yang menjadi tersangkanya. Uang saya dikembalikan via Buka Dompet, tapi tidak bisa diakses. Hal ini sudah 2 kali terjadi. Bukankah berarti sistem trading di Bukalapak lemah karena banyak phisher (pengelabu/penipu) bisa dengan mudah menjadi pelapak?

Saya hanya minta dana saya dari transaksi yang gagal tersebut dikembalikan. Tidak ada konfirmasi sama sekali, tidak ada kontak telepon atau lainnya. Saya berniat menggugat secara hukum karena saya yang melapor, tetapi malah saya yang jadi tersangka, padahal saya melapor atas instruksi Bukalapak.

Sayang sekali Bukalapak yang sudah besar masih mengincar uang pembeli yang tidak seberapa. Silakan direspon Bukalapak, tapi jika Anda ambil uang saya, kita ketemu di pengadilan. Saya masih simpan instruksi Anda untuk melapor jika ada phishing.

Trian Dima Satria
Depok – Jawa Barat


Catatan Redaksi: Artikel ini telah diperbarui dengan menambahkan screenshot Whatsapp dari pelapak kepada penulis. Dikirimkan oleh penulis kepada redaksi melalui email.

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai Sistem Keamanan Bukalapak:
[Penilaian Rata-rata: 2.2]
Tanggapan Bukalapak atas Surat Pembaca Bapak Trian Dima Satria

Dengan hormat, Terima kasih atas hubungan yang terjalin dengan baik antara Bukalapak dan MediaKonsumen.com selama ini. Sehubungan dengan dimuatnya Surat...
Baca Selengkapnya

7 komentar untuk “Lapor Percobaan Penipuan ke Bukalapak, Malah Akun Pelapor yang Diblokir

  • 10 Maret 2018 - (10:48 WIB)
    Setalah menjadi besar sepertinya BL terlena, tidak mlkukan seleksi ketat pada calon pelapak dan dg ketdakmampuan mendeteksi security breach dg cepat menunjukkan bhw penerapan sistem trading BL tdk didukung sumber daya IT yg kompeten dan berlindung dibalik aturan2 yg lbh memberatkan konsumen. Sayang, pdhal BL termasuk start up Unicorn dan ternya Indah, Kuat tapi tanduknya tumpul.
  • 10 Maret 2018 - (11:16 WIB)
    Acreenshit ssh Saya lampirkan tp entah tdk muncul, bentuknya chat pelapak minta kita klik sebuah link yg dua berikan dimana kita diminta klik utk aktivasi diskon, ini jls phising. Fi BL chat diluar BL saja sdh melanggar, makanya Saya kapor, malah diblokir
      • 10 Maret 2018 - (11:37 WIB)
        Maaf, Saya sdh melampirkan tetapi oleh admin tdk ditampilkan. Jika mau mlampirkan lagi bagaimana caranya? Maaf Saya maaih awam. Tkxz

 Apa Komentar Anda mengenai Sistem Keamanan Bukalapak?

Ada 7 komentar sampai saat ini..

Lapor Percobaan Penipuan ke Bukalapak, Malah Akun Pelapor yang Dibloki…

Trian Satria 1 menit
7