Refund Tokopedia Membolehkan Beda Nama dengan Nama Pemilik Rekening

Selamat pagi,

Saya cuma mau berbagi pengalaman. Awal bulan ini saya melakukan beberapa pembayaran tagihan rumah tangga melalui Tokopedia seperti biasanya. Transaksi berjalan lancar seperti biasa, namun setelah beberapa hari muncul notifikasi transaksi PLN pasca bayar serta PDAM saya gagal, dan dana di refund sejumlah Rp690.000.

Pada menu ada pilihan transaksi ulang/tarik dana. Kebetulan waktu itu saya pilih tarik dana, niatnya bayar ulang di ATM saja, takut gagal 2 kali. Saya pilih tarik dana, dan nomor rekening otomatis muncul (bukan di-input). Mungkin karena dulunya saya pernah input nomor rekening di profile (tapi salah), atau entah bagaimana metodenya sehingga muncul otomatis nomor rekening pada saat pilih tarik dana.
Setelah itu, muncul pesan: “Tarik dana sukses, akan diproses maksimal 1 x 24 jam”.

Masalah muncul setelah notifikasi masuk tarik dana sukses (betul atas nama saya), namun saldo belum masuk. Saya konfirmasi ke bank terkait, ternyata dana terkirim ke rekening orang lain sesuai nomor rekening yang muncul pada saat tarik dana tersebut. Menurut mereka Tokopedia “mungkin” membolehkan transfer ke rekening tujuan dengan nama yang berbeda dengan nama pemilik nomor rekening user pelanggan. Ini sangat merugikan.

Menurut saya kalau di bank saja kalau transfer/setor, petugas selalu konfirmasi nama pemilik rekening tujuan sebelum eksekusi transfer. Jika berbeda nama rekening tujuan, tidak akan mereka transfer.
Tokopedia sendiri pun memasang aturan demikian, ada di kolom pusat bantuan (tarik dana): “Kalau nama tujuan tarik dana berbeda dengan nama pemilik rekening, bank tidak akan mengeksekusi tarik dana, dan dana akan kembali ke saldo Tokopedia”. Namun kenyataannya ini tidak berlaku. Alangkah baiknya kalau ini berjalan, dana pelanggan akan lebih terjamin dari kesalahan-kesalahan human error dll.

Demikian share dari saya, semoga membantu buat pelanggan lain agar lebih berhati-hati input nomor rekening tarik dana.

Terima kasih.

Nurhefzan
Banjarbaru – Kalimantan Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Refund Tokopedia:
[Total:6    Rata-Rata: 4.2/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

 Apa Komentar Anda mengenai Refund Tokopedia?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Refund Tokopedia Membolehkan Beda Nama dengan Nama Pemilik Rekening

oleh Hefzan dibaca dalam: 1 min
0