Mengenal Dunia eSports di Indonesia (Bagian 1)

Oleh Joseph Dotulong

Apa itu eSports? Mungkin ini menjadi pertanyaan yang sama bagi Anda yang baru pertama kali mendengar istilah tersebut. Namun, mungkin lain halnya bagi Anda yang sudah lama berkecimpung atau menyukai dunia game dan permainan game elektronik. Untuk menambah pengetahuan dan mengetahui lebih detail mengenai dunia eSports, mari kita simak penjelasannya di bawah ini.

Definisi eSports

Secara mudahnya, eSports merupakan video game yang dimainkan di dalam sebuah kompetisi profesional. Ada beberapa genre besar yang terkenal di dalam dunia eSports, seperti First Person Shooter, Fighting Games, Strategy Real Time, Multiplayer Arena, Sports Game dan lain sebagainya. Jika dijabarkan secara lebih rinci, eSports merupakan sebuah bentuk kompetisi yang difasilitasi oleh sistem elektronik, utamanya adalah video game. Dalam hal ini, keterlibatan dari para pemain bersama tim, serta output yang dihasilkan dari sistem eSports yang dimediasi oleh sebuah sistem antarmuka atau interface antara manusia dengan komputer. Secara umum, eSports biasanya akan mengambil bentuk dengan terorganisir melalui sebuah kompetisi video game multiplayer atau dengan banyak melibatkan beberapa pemain.

Beberapa Turnamen eSports

Nyatanya, eSports memiliki banyak sekali penggemar di dunia. Hal ini dapat dibuktikan dengan  banyaknya turnamen yang telah diselenggarakan selama ini. Misalnya saja seperti Battle.net World Championship, The International, Kejuaraan Dunia Mobile Legends, Evolution Championship Series, Extreme Master, Kejuaran Dunia Smite dan lain sebagainya. Kompetisi atau turnamen tersebut disediakan secara langsung hingga memberikan hadiah berupa uang tunai dan gaji untuk para pemain yang terlibat didalamnya. Jumlah uang ataupun gaji yang ditawarkan tersebut dapat dibilang cukup fantastis.

Perkembangan eSports di Indonesia

eSports merupakan sebuah turnamen game online atau game elektronik yang mendapatkan sambutan hangat dari para penyuka game online di dunia, termasuk di Indonesia. Perkembangan eSports di Indonesia ternyata cukup baik, seiring banyaknya turnamen nasional disertai pertumbuhan komunitas eSports Indonesia yang kini semakin mudah ditemukan. Di bawah ini, kami akan  membahas lebih lanjut mengenai Komunitas eSports yang ada di Indonesia.

Jika ditanyakan mengenai komunitas eSports yang paling dikenal, maka nama IeSPA merupakan jawabannya. IeSPA merupakan singkatan dari Indonesia eSports Association atau dapat juga disebut dengan asosiasi olahraga digital di Indonesia. IeSPA dibentuk sejak tahun 2000an sebagai gagasan dan ide yang terinspirasi oleh perkembangan industri eSports di dunia yang semakin pesat. Jadi dengan arti kata lain, komunitas eSports di Indonesia banyak muncul akibat mulai berkembangnya industri gaming yang semula hanya sekedar hobi dan iseng, kemudian berkembang menjadi industri yang menjanjikan, terutama untuk mereka yang memiliki hubungan dan kepentingan didalamnya.

Tujuan Didirikannya Komunitas eSports di Indonesia

Komunitas eSports seperti IeSPA didirikan dengan harapan untuk membuat Indonesia menjadi salah satu negara yang disegani dan memiliki prestasi membanggakan di bidang eSports Tujuan lain adalah untuk mendorong terciptanya semangat untuk berkompetisi secara sehat bagi seluruh rakyat Indonesia melalui industri eSports, aktif berpartisipasi dalam perkembangan eSportsdi Dunia dan mendorong bertumbuh kembangnya eSportsdi tanah air.

Komunitas eSports seperti IeSPA juga didirikan guna memudahkan para atlit eSports yang ingin berprestasi hingga ke kancah internasional. Melalui wadah tersebut mereka akan dengan mudah memperoleh informasi mengenai turnamen internasional dan dapat pula bertukar pikiran dengan para atlit eSports dari tanah air maupun dari Negara lain. Hal ini selaras dengan visi dan misi komunitas eSports untuk membuat Indonesia dikenal akan industri eSports-nya

Fungsi Komunitas eSports di Indonesia

IeSPA merupakan sebuah komunitas eSports di tanah air yang dapat menjadi wadah bagi beberapa komunitas gamers di Indonesia. Biasanya, mereka memiliki keinginan yang sama yakni mengembangkan dunia eSports di Indonesia dan meraih prestasi tertinggi di dalamnya. Bagaimana awal komunitas ini berdiri? Banyak orang mengatakan bahwa komunitas seperti IeSPA dapat berdiri akibat adanya prakarsa dari komunitas gaming dari berbagai kalangan; baik itu forum game, publisher game, provider game dan lain sebagainya. Di berbagai negara dengan perkembangan eSports yang pesat seperti Taiwan, Korea, China, AS, Singapore dan Swedia, asosiasi seperti ini bahkan sudah didukung sepenuhnya oleh pemerintah negara masing masing melalui beberapa kementrian yang ada didalamnya.

Di Indonesia, IeSPA sudah didukung oleh FORMI yang mana ke depannya akan menjadi satu satunya wadah resmi untuk komunitas dan stake holders di bidang eSports. Wadah ini akan dilindungi dan diakui oleh pemerintah untuk memajukan dunia eSports di tanah air dengan cara menyelenggarakan pertandingan, seminar, workshop dan lain sebagainya. Selain didukung oleh FORMI, IeSPA juga telah masuk menjadi angora IeSF atau International eSports Federation. Dengan begitu, akan semakin mudah bagi Indonesia untuk mengetahui adanya event event eSports internasional dan turut ambil bagian di dalamnya.

Hingga kini, IeSPA masih dalam tahapan audiensi bersama dengan KOI atau Komite Olimpiade Indonesia untuk memperoleh dukungan yang lebih besar lagi guna memasukkan esport sebagai salah satu cabang olahraga yang dapat diakui oleh olimpiade. Hingga kini, komunitas seperti IeSPA telah memiliki beberapa official partner dan media partnernya sendiri.

Genre Paling Umum dalam eSports

eSports memiliki beberapa genre yang dimainkan. Namun, beberapa genre yang paling umum dimainkan adaah RTS atau real time strategy, FPS atau first person shooting, MMOG atau massive multiplayer online dan genre racing. Tingkatan permainan dalam eSports pun bervariasi yakni tingkat amatir, semi professional dan professional. Di Indonesia, sekarang ini ada beberapa game yang tengah menjadi pilihan seperti contohnya Hon, DotA, League of Legend, Point Blank, Counter Strike Online dan banyak lagi yang lainnya. Permainan tersebut dianggap sangat menarik dan penuh dengan strategi sehingga banyak orang berlomba untuk memenangkannya.

Beberapa Games eSports Terbaik untuk Mengasah Kemampuan

Di dalam dunia eSports, ada banyak sekali games atau permainan yang dapat dimainkan. Permainan tersebut pun terdiri dari beragam genre berbeda yang dapat dipilih sesuai dengan selera atau kemampuan yang dimiliki. Namun, satu hal yang pasti adalah ada baiknya jika permainan atau game yang dipilih bukan hanya untuk bersenang senang, tapi juga untuk mengasah skill yang dimiliki oleh gamers atau atlit eSports. Berikut ini merupakan beberapa games eSports terbaik untuk mengasah dan mengembangkan kemampuan.

  1. DOTA 2

Bagi para gamers, game yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi. DOTA 2 dikenal sebagai salah satu game arena dengan pertarungan multi player atau banyak pemain. Lebih jauh lagi, game ini merupakan sebuah game battle di mana pemainnya harus membangun kerja sama tim dan “chemistry” yang baik dengan anggota timnya. Inilah yang membuat DOTA 2 seakan menjadi candu bagi mereka yang sudah memainkannya. Tersedia pula beragam item dan hero yang dapat dikombinasikan hingga ke jumlah yang tak terbatas, dan akan membuat penasaran para pemainnya untuk membawa ke arena yang ada. Hingga saat ini, DOTA 2 digadang-gadang sebagai game paling populer di dunia.

  1.  League of Legend

League of Legend disebut sebagai salah satu MOBA terbaik yang menghadirkan kombinasi antara real time strategy dan role playing serta tower defense. Karena inilah, game ini disebut berbeda dari kebanyakan MOBA yang ada. Ada beragam karakter yang bisa dimainkan di dalam game ini. Semakin meningkat level persaingan dalam pertandingan yang ada, maka akan semakin tinggi pula tingkat kesulitannya, sehingga membuat para pemainnya memiliki tantangan tersendiri untuk dapat menaklukkan setiap kesulitan yang berbeda beda. Tertantang dan penasaran inilah yang mampu membuat para pemain seakan terlelap dalam perjalanan keseruannya hingga lupa akan berjalannya waktu.

  1. Starcraft II: Legacy of the Void

Game yang satu ini memiliki tema real time strategy menjadi bagian final dari trilogi Starcraft II dari Blizzard. Mungkin beberapa orang tidak terlalu dapat menikmati kompleksitas yang ada di dalam permainan di level yang tinggi, namun Legacy of the Void disebut sebut sebagai salah satu game strategi terbaik yang pernah dibuat hingga saat ini. Bahkan, game tersebut memenangkan penghargaan dari Game Star sebagai game strategi paling baik di tahun 2015 -2016. Karena itulah, game ini sangat sesuai bagi gamers yang menyukai game strategi sekaligus dapat meningkatkan skill mereka di dalam dunia eSports.

  1. Puyo Puyo Tetriss

Jika berbicara mengenai game eSports, maka pikiran kita tak mungkin bisa dilepaskan dari game yang bersifat puzzle. Namun, Puyo Puyo Tetris merupakan game dengan genre puzzle yang sangat menyenangkan karena merupakan gabungan dari dua game yang sudah melegenda. Game ini memiliki momen momen yang menyenangkan plus menegangkan. Selain itu, dengan grafis modern untuk permainan klasiknya, Puyo Puyo Tetris layak untuk dicoba dan tak akan membosankan.

  1. Rocket League

Ada beberapa game yang mendominasi list penjualan di Steam dan biasanya game tersebut adalah permainan yang memiliki hubungan dengan kegiatan di kehidupan nyata. Salah satunya adalah permainan sepak bola mobil Rocket League. Di dalam game ini, pemain akan mengendalikan mobil yang sudah diperkuat oleh roket dan akan melangsungkan pertandingan sepak bola sesuai dengan aturan yang ada pada umumnya. Karena itulah, game yang satu ini sangat unik dan super keren untuk dicoba.

Kelima games eSports terbaik diatas merupakan jenis game eSports yang paling populer yang layak untuk dicoba dan sekaligus dapat mengasah kemampuan gamers agar menjadi lebih baik lagi dalam meningkatkan ketangkasan jari jemari.

Bersambung ke Bagian 2.

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai Artikel ini:
[Penilaian Rata-rata: 4.4]
Tentang Penulis
T. Joseph Dotulong  

Consumer Behavior Analist, Character Counselor, Mediator, Community Coach "Tim Solusi Dasyat"

4 komentar untuk “Mengenal Dunia eSports di Indonesia (Bagian 1)

  • 8 Mei 2018 - (15:27 WIB)
    Nice artikel Pak,
    Tak sabar menunggu kelanjutan artikel Bapak.
    Tak banyak yang membahas e-sport dengan gamblang.
    Mudahan animo saya bisa terpuaskan lewat artikel Bapak.
  • 8 Mei 2018 - (17:58 WIB)
    esprot di era digital seperti sekarang ini memang sangatlah pesat perkembangannya saya selaku pelaku gamming sangatlah berterimakasih dengan adanya artikel ini sehingga dapat mengubah sudut pandang di luar sana tentang bermain game online.
    semoga ada kelanjutan dari artikel ini agar lebih jelas dan menambah wawasan masyarakat luar tentang bermain game online atau yang kita kenal sekarang e-SPORT.

 Apa Komentar Anda?

Ada 4 komentar sampai saat ini..

Mengenal Dunia eSports di Indonesia (Bagian 1)

TJoseph Dotulong 6 menit
4