Paket Tertukar dan Hilang oleh J&T Express

Ini pertama kalinya bagi saya merasa sangat kecewa terhadap suatu penyedia layanan ekspedisi sampai saya merasa perlu menulis surat terbuka. Saya termasuk sering berbelanja via online dan selama ini tak pernah ada masalah berarti selain paket belanjaan saya datang terlambat dan menurut saya itu masih dalam batas wajar, apalagi di high season seperti ini.

Di sini saya hendak membagikan pengalaman saya menggunakan ekspedisi J&T Express dan saya harap surat terbuka ini ditanggapi dengan baik oleh pihak J&T. Berikut kronologinya:

1. Saya membeli barang di Shopee pada tanggal 5 Juni 2018 dan seller mengirimkan barang tersebut di hari yang sama.
2. Seller mengabari jika ada kesalahan dari pihak J&T. Seller telah menulis data diri saya dengan benar, namun pihak J&T salah menempelkan resi saya (Atas nama Acha – JS1584659511) ke paket milik orang lain. Seller mengabari kembali jika mereka sudah melakukan konfirmasi ke J&T dan pihak J&T menyatakan akan mengurus paket saya.
3. Tanggal 8 Juni 2018 paket sampai (diterima oleh keluarga saya karena saya sedang di kantor). Yang mewakili saya menerima paket merasa aneh karena dalam 1 paket ada 2 nama penerima berbeda. Satunya nama orang lain, satunya benar nama & alamat saya (tertera di sticker resi yang ditempelkan pihak J&T). Namun kurir meyakinkan bahwa paket tersebut benar milik saya karena di resinya tertera nama saya (mungkin sticker resi ini dianggap lebih resmi?).
4. Ketika sampai di rumah, saya ragu bahwa paket itu benar milik saya (karena tertera 2 alamat penerima) dan begitu saya intip bungkusnya, memang paket tersebut bukan barang pesanan saya.
5. Saya langsung konfirmasi ke seller, mereka bilang juga sudah membantu lapor ke J&T. Saya mencoba menghubungi CS J&T via Twitter namun tidak digubris dan telepon ke CS juga sulit tersambung, baru pada tanggal 9 Juni 2018 CS bisa dihubungi.
6. Saya menghubungi penerima paket yang asli & mengembalikan paket yang saya terima ke kurir J&T di tanggal 10 Juni 2018.
7. CS membuatkan laporan (9 Juni 2018) dan saya follow up kembali tanggal 11 Juni 2018. Saya juga telah mengirimkan email ke jntcallcenter@jet.co.id.
8. Hingga kini tak ada tindakan lebih lanjut dari pihak J&T, paket saya tertukar entah dengan siapa dan tidak terlacak (karena resinya pun tertukar). Padahal pihak Shopee telah memberi saya perpanjangan waktu hingga besok untuk mengonfirmasi bahwa paket telah saya terima (di Shopee status paket “Telah Diterima”), setelah itu uang saya akan hangus.

Paket milik orang lain yang tertukar

Kejadian ini memang belum memakan waktu berminggu-minggu atau berbulan-bulan lamanya, namun rasanya hal itu bukan alasan untuk bertindak tidak responsif dan lepas tanggung jawab kan? Apalagi masalah ini bermula hanya dari pihak J&T yang “salah tempel resi”. Dengan adanya surat terbuka ini, saya harap tidak ada pembaca lain yang mengalami kejadian yang sama dan saya masih menunggu respon positif dari pihak J&T.

Farsya M
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Saya Mengalami hal yang sama, saya mendapatkan 2 paket dalam satu resi, padahal paket yang satu udah jelas2 ada tulisan dari toko alamat pengirimnya, tp di tempel resi double punya saya, kenapanya j&t selalu salah input, saya jg udah 2 kali pesen paket slalu salah input walpun pada akhirnya pesanan saya sampai tp waktu pengirimannya jadi tambah lama karna nyasar ke daerah lain dan masuk gudang J5 atau apalah karna ada pemberitahuanya salah input data, tp yang ini lebih parah pesenan orang di tempel resi punya saja jg, yang walpun pesenan saya sampe cma jd pekerjaan aja buat saya ngehubungi seller sama buyernya kalo paket mereka saya yg terima dan memberitahu dan mengabari mereka paket baik2 aja, dan besok 10 mei 2020 saya balikin ke kurirnya langsung,

    • Kasus sama persis yg saya alami skrg.apalagi wabah covid19 bgini pengiriman paket terhambat lama sampenya.mohon pihak J&T lebih berhati2 untuk penempelan stiker.karena sangat ribet repot di sellee dan buyer.dan tentunya mempengaruhi kredibilitas anda sendiri

  • Saya juga sama,paket orang lain di tempel rese saya,sedangkan paket saya entah kemana,sudah hubungi pihak J&T oleh penjualnya juga pi masih belum ada kepastian. Barang yang di saya juga udah di ambil oleh kurir,padahal udh 1 minggu masih belum ada jawaban dari pihak J&T, katanya di suruh menunggu, uang juga udh hangus gk bsa dbalikin lagi...

  • Saya juga sama,
    1. Tanggal 4 Agustus saya memesan barang melalui shopee, dan pengirimannya melalui J&T Express .
    2. Tanggal 7 Agustus barang sudah sampai di drop poin Palu.
    3. Pada tanggal 8 Agustus keterangan di website barang sudah diantarkan ke lokasi, berhubung saya pakai alamat kantor dan saat itu hari minggu dan saya butuh isi paketnya secepat mungkin, maka saya inisiatif untuk datang langsung ke kantor cabang J&T cabang Palu Barat. Saat sampai disana saya diperlihatkan paket yang tertempel nama saya. Namun ternyata setelah dicek ternyata ada dua resi yang tertempel dan barang tersebut milik orang lain. Jadi untuk paket saya, saya disuruh menunggu dua hari lagi.
    4. Tanggal 9 Agustus keterangan di website barang telah diterima (padahal barangnya belum sampai ke saya). Sorenya saya ke kantor cabang J&T Palu Barat lagi untuk konfirmasi status pengiriman dan diinformasikan barangnya kemungkinan datang pada tanggal 12 atau 13.

    Perpanjangan masa garansi shopee saya hanya bisa sampai tanggal 11 Agustus, entahlah mau konfirmasi ke seller dulu apakah saya ajukan pengembalian dana atau bagaimana..