Pelayanan CS JNE dan Kondisi Barang Kiriman JNE YES (Yakin Emang Sampai?)

Assalamualaikum, selamat sore kawan Media Konsumen semua.

Nama saya Angga, ingin mengeluhkan perihal pengiriman paket saya melalui kurir JNE Express. Ibu saya mengirimkan paket berupa makanan pada tanggal 16 April 2024, melalui ekspedisi JNE dengan menggunakan layanan JNE YES (1 hari sampai). Ibu saya sudah lama tidak bertemu saya karena kesibukan saya dan lebaran tahun ini memang saya tidak pulang ke rumah ibu saya di Sukabumi.

Awalnya tidak ada masalah dengan pengiriman dari Sukabumi. Namun masalah timbul, ketika paket pada tanggal 17 April 2024 (estimasi sampai JNE YES), sudah sampai di kota tujuan (Depok) pukul 11.39. Namun sampai sore hari barang tidak kunjung sampai. Hingga akhirnya saya inisiatif telepon ke CS JNE pusat di Jakarta, dengan nomor 02129278888 dan diterima oleh Saudara Bara selaku CS.

Alangkah kagetnya saya, ternyata paket saya tidak terdeteksi oleh sistem JNE dengan resi (di bawah barcode): SEQ7FCA3206 (karena CS tersebut meminta kode yang di bawah barcode tersebut). Akhirnya saya dibuatkan laporan barang no record.

Lalu sampai malam harinya, masih belum ada pergerakan dari barang saya. Saya telepon lagi hingga diangkat oleh CS bernama Febri. Saya menjelaskan bahwa barang saya sudah di Depok dan katanya akan dimaksimalkan untuk pengiriman hari itu juga. FYI nomer resi yang diminta CS berupa angka ada di pojok atas resi, dengan nomor: 5218752400053248.

Lanjut, 1 hari setelahnya barang tidak kunjung datang. Sampai saya akhirnya meminta nomer CS di kota Depok dan diberikan. Kemudian saya telepon lagi hingga berkali-kali, tetapi tidak ada solusi, dengan alasan barang sedang dicari, dimaksimalkan pengiriman, dibuatkan laporan dan bla bla bla.

Sampai akhirnya pada hari ketiga (JNE YES itu 3 hari kah?), barang akhirnya datang, dengan kondisi di dalamnya hancur sehancur-hancurnya. FYI makanan berupa kue yang dibuat oleh ibu saya. Padahal sudah dilapis bubble wrap yang sangat tebal dan kurir pun berkata bahwa ia tidak tahu apa-apa, karena barang baru dikirim ke tempat dia (KSU) pada pagi/siang hari tadi (kurir datang sekitar pukul 15.15).

Masalahnya ini barang saya di gudang Depok (saya dapat info barang saya di Mega HUB JNE Depok di daerah Cilangkap), sedangkan kurir saya ambil barangnya (baru dikirim) ke KSU di daerah GDC. Jadi selama 2 hari ini (tanggal 17-19), barang saya disimpan sedemikian rupa hingga hancur di hub Depok?

Bagaimana pertanggungjawaban JNE atas kejadian ini? Barang hancur, waktu pengiriman lelet, dan dengan mudahnya CS bilang “Klaim saja kak, sama pengirim ke JNE-nya”. Ibu saya yang sudah tua ngebelain buat kue untuk anaknya, terus kalian suruh buat klaim lagi bolak balik ke JNE asal (Sukabumi)?!

Mohon pihak JNE bertanggung jawab atas permasalahan ini. Barang saya hancur, ibu saya hancur hatinya karena barang bikinan dia dengan mudahnya kalian sepelekan gara-gara menggunakan JNE YES!

Terima kasih dan saya tunggu Itikad baik kalian.

Angga Triawan
Depok, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

8 komentar untuk “Pelayanan CS JNE dan Kondisi Barang Kiriman JNE YES (Yakin Emang Sampai?)

  • 21 April 2024 - (19:23 WIB)
    Permalink

    Kalo kurir umum seperti itu, meski dipaking seaman mungkin pasti dilempar/ditindih minimal kurir sameday masih aman. paling klaim ongkir yes aja itu karna gagal kirim

    2
    4
  • 22 April 2024 - (00:11 WIB)
    Permalink

    Komitmen service YES ini memang 2th terakhir mengecewakan, setelah personilnya diserahkan ke pihak outsourcing & helper.
    Komitmen kompensasi YES pun tidak terlaksana dan hanya isapan jempol belaka.
    Saya pun terima barang pakai layanan YES pun tidak jarang dapatnya 2hr meski saya punya kontak org dalam di gudang sorting center.
    Pusing juga kalau layanan begini terus. Di marketplace ngaco, di offline juga ngaco.

  • 22 April 2024 - (06:36 WIB)
    Permalink

    untuk layanan reguler jne.saya nilai masih normal2 saja sih
    cuma untuk layanan sameday untuk beberapa kasus banyak mengecewakan
    Ex: dlm 1 minggu ini aja yg komplain jne yes udah lebih dari 2
    saran aja .klo sudah enggak bisa berkomitmen dalam bidang jasa.lebih baik dihapus aja atau banyak2 berbenah
    inget konsumen itu wajib dinomor 1 kan

  • 25 April 2024 - (09:15 WIB)
    Permalink

    mungkin yang bisa diklaim hanya onkir saja, kalo utk barang coba baca S&K apakah bisa diganti

 Apa Komentar Anda mengenai JNE YES?

Ada 8 komentar sampai saat ini..

Pelayanan CS JNE dan Kondisi Barang Kiriman JNE YES (Yakin Emang Sampa…

oleh Angga dibaca dalam: 2 menit
8