BRI Salah Debit, 6 Bulan Belum Selesai Juga

Saya mempunyai pinjaman di BRI cabang Kaliasin dengan sistem pembayaran auto debit yang dilakukan setiap tanggal 8 tiap bulan.

28 Feb 2018: rekening BRI saya terdebit dengan jumlah yang berbeda dengan biasanya dan anehnya pendebetan dilakukan di akhir bulan, padahal di bulan yang sama (tanggal 8 Feb 2018) sudah dilakukan pendebitan atas pinjaman saya.

Awal Maret: Saya mengunjungi salah satu kantor cabang BRI di Jakarta untuk mengklarifikasi. Ternyata kantor cabang tidak bisa membantu karena di luar kewenangan dan disarankan untuk menghubungi agen dimana saya melakukan transaksi pinjaman.

13 Maret 2018: Saya hubungi agen dimaksud, dan menyampaikan tentang double debit tersebut. Alhamdulilah langsung di respon dan katanya akan dicek dengan ADK.

16 Maret 2018: Respon cepat melalui WA sebelumnya ternyata tidak dibarengi respon tindakan yang cepat pula, saya tidak juga dapat kabar dari agen tersebut, sampai pada akhirnya saya tanyakan lagi kelanjutan progress ceknya pada tanggal 16 Maret 2018. Pada saat ditanyakan progress, agen baru menanyakan nomor rekening saya.

Kesimpulannya: respon yang katanya akan cek dengan ADK hanya sebatas kata-kata karena dia sama sekali tidak tahu data saya, padahal awalnya saya sudah ber-positive thinking, karena kita pernah transaksi harusnya agen menyimpan data-data saya.

Setelah saya infokan nomor rekening dan copy transaksi baru di cek dengan ADK. Alhamdulillah yang ini benar dicek karena saya langsung dapat info bahwa pendebitan dilakukan oleh Teller BRI GUNUNGSARI yang mana saya tidak pernah ada kontak dengan BRI cabang tersebut. Karena kesalahan internal saya meminta tolong Agen untuk membantu mencari solusi atas hal tersebut, syukur agen menjanjikan akan membantu mengurus dengan BRI GUNUNGSARI Surabaya.

21 Maret 2018: Saya dapat update dari agen bahwa telah dilakukan kroscek dan seprtinya ada kesalahan sistem, proses selanjutnya sedang diurus oleh ADK.

Saya agak tenang karena pokok masalahnya sudah keliatan jelas, ada kesalahan sistem, dan saya pikir seharusnya mudah untuk mencari solusinya, saya putuskan untuk menunggu info selanjutnya dari agen. Tapi ternyata sampai dengan hampir 1 bulan tidak ada kabar juga dari Agen.

Maka tanggal 16 April 2018 : saya menanyakan kembali kelanjutan proses nya seperti apa, dan saya dimintai copy KTP waktu itu.

23 April 2018 : agen menginfokan bahwa ybs masih sibuk dan belum sempat mengurus ke BRI GUNUNGSARI dan menjanjikan hari itu akan segera ke BRI GUNUNGSARI untuk tindak lanjutnya.

Saya putuskan untuk menunggu, karena saya sendiri ada di luar kota Surabaya, jadi tidak bisa mengurus sendiri ke BRI Gunungsari. Dan saya pikir ini masalahnya sudah jelas dari BRI Gunungsari ada kesalahan debit ke rekening saya, bukti-buktinya sudah ada, sesulit apa menyelesaikan hal tersebut dan mengembalikan uang yang terdebet ke rekening saya. Mari kita pikir bersama-sama mungkin BRI belum sempat memikirkan hal tersebut dan membiarkan kerugian ditanggung nasabahnya.

Sampai dengan tulisan ini saya kirim melalui Media Konsumen tanggal 31 Agustus 2018 saya belum dapat pengembalian uang yang terdebet ataupun update info dari agen.

Semoga melalui Media Konsumen dapat membantu mendapatkan solusi atas hal ini. Terima kasih banyak. Wassalam.

Ahmad Mujib
0821149576**
Malang, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Bank BRI:
[Total:2    Rata-Rata: 1.5/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

2 komentar untuk “BRI Salah Debit, 6 Bulan Belum Selesai Juga

  • 7 September 2018 - (16:51 WIB)
    Permalink

    Alhamdulillah hari ini di kontak oleh BRI dan di informasikan bahwa dana telah dikembalikan ke rekening kemarin.

    Terima kasih banyak Media konsumen dan seluruh staf serta manajemen bank BRI.
    Sukses buat semuanya.

    Ahmad Mujib.

 Apa Komentar Anda mengenai Bank BRI?

Ada 2 komentar sampai saat ini..

BRI Salah Debit, 6 Bulan Belum Selesai Juga

oleh Ahmad Mujib dibaca dalam: 2 min
2