Bagaimana Cara Penyelesaian Pinjaman Online?

Nama saya Inge Citra Tania, di sini saya ingin bercerita sedikit ya. Saya terjebak dengan pinjaman online 20 aplikasi. Kebayang donk dengan total berapa? Kalau ditanya gaji, gaji saya lumayan di kantor. Awalnya saya selalu bayar dan tarik lagi, begitu terus. Sampai pada awal Agustus saya memutuskan untuk berhenti. Saya sadar sepertinya ada yang salah nih dengan sistem bayar saya, karena sampai kapan pun hutang saya gak ketutup dan gaji saya tiap bulan habis hanya buat bayar bunga. Akhirnya saya stop bayar.

Saya terima semua resiko penagihan mereka, mulai dari teror ke teman-teman, ke orang tua sampe ke big boss saya. Jujur kalo ditanya tertekan, ya saya sangat tertekan, kalo ditanya kecewa, ya saya sangat kecewa, kenapa yang kaya gini bisa kelolosan dengan OJK? Korban sudah banyak, tapi seakan pemerintah tutup mata akan hal ini.

Keluarga saya berantakan karena ini, kakak-kakak saya ninggalin saya, orang tua saya jatuh sakit, suami saya ninggalin saya. Belum lagi para teman-teman yang mencela saya karena mereka juga diganggu oleh penagihan pinjol tersebut yang mengambil data kontak di hp saya. Terus saya bisa komplain ini ke mana? Minta tolong ke siapa?

Inilah resiko saya karena sudah pinjam di pinjaman online tsb. Oke saya terima dengan sangat menyesal. Dan sekarang pikiran saya cuma 1, gimana caranya saya bayar. Saya sudah email ke semua aplikasi yang saya pinjam, minta pembayaran cash bertahap dan berhenti bunga, tapi gak bisa. Seandainya semua pinjaman online mampu memberi keringanan ke pada para nasabah dengan cicilan tetap dan stop bunga, saya yakin banyak nasabah yang akan membayar.

Saya gak tau SOP mereka seperti apa? Dan saya juga gak tau harus memohon kepada siapa agar pinjaman online tersebut di hapuskan dari Indonesia. Kasihan orang-orang yang tertekan, kasihlah kelonggaran untuk orang orang yang niat membayar. Saya mohon OJK dan Pemerintah turun tangan akan hal ini. Korban pinjaman online sudah mencapai ratusan. Apa nunggu semua korban pinjaman online bunuh diri karena tertekan baru suara mereka didengar?

Inge Citra Tania
Tangerang Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

691 komentar untuk “Bagaimana Cara Penyelesaian Pinjaman Online?

  • 1 Februari 2019 - (12:51 WIB)
    Permalink

    Namanya hutang mmng hrs dibayar, tp jika platform pinjaman menggempur mental orang yg mmng lg butuh uang, liat terus2an tuh iklan, di youtube, ig, fb, sms, wa, tlp, playstore, bahkan kadang didatengin lgs, ya gmn lg,apa ya bs disalahkan sepihak? Gak ada asap jika gak ada api. Mari kita tdk menyalahkan pihak2 tertentu, yg tdk pernah berhutang sungguh lbh baik, karna berhutang sesungguhnya adalah sesuatu yg memberatkan hati. Untuk yg sdh terlanjur berhutang, taubat nasuha, minta ampun pada Allah untuk mengindar dari riba, karna nilai yg tdk seberapa itu tdk seimbang dgn apa yg mereka lakukan pada harga diri kita. Salam jumat barokah

  • 1 Februari 2019 - (22:32 WIB)
    Permalink

    Saya jg korban pinjol dan yg saya punya 23 aplikasi. Menanggapi Judas Iskariot. Harap komentar itu yg bener. Mungkin saat ini amda sbg DC pinjol ya, siapa tahu tdk lama anda yg bakal di Datangin DC yg lain. Namanya manusia tdk selalu hidup di atas, jd hrsnya anda jgn melihat ke atas terus, hati2 kesandung andanya. Saya jg di teror dan sampai saya di putus hubungan dgn kakak saya. Saya bkn org hukum tapi disini saya akan belajar hukum. Dan hutang tetap saya akan bayar tetapi tdk utk saat ini dan tentunya tdk dgn bunga yg tinggi. Saran saya mbak nya ke lembaga perlindungan konsumen saja. Ada DC jg yg ngatain saya penipu dan bawa kabur uang perusahaan trus saya jg dibuatin group wa yg ada foto saya pas buka mulut. Nah pdhal saya tdk kabur. Wa msh saya simpan berikut nomor dan foto DC tsb.

  • 5 Februari 2019 - (12:34 WIB)
    Permalink

    Jika ingin konsultasi mengenai pinjol dan penyelesaiannya bisa hub cs support kofin di nomor 0895105190**

      • 13 Februari 2019 - (15:33 WIB)
        Permalink

        Kofin itu organisasi hukum yg memiliki investor utk membantu menyediakan dana talangan kak. Utk membantu anggotanya menyelesaikan masalah spt pinjol dan cc

        Kofin membantu anggota dengan layanan hukum, pendampingan gugatan dan pencarian dana talangan

        Khusus dana talangan, hanya utk yg sudah menjadi anggota aktif dan terdaftar di kofin kak

        Utk lebih jelas nya kk bisa hub cs online kofin nya kak 0895195190**
        Ketemu dengan saya sendiri kak. ?

          • 6 Maret 2019 - (23:26 WIB)
            Permalink

            Bisa Pak Yon, nomor cs kami hanya bisa wa krn utk melayani anggota dan non anggota konsultasi lebih dari 200org stiap harinya. Jika kami menggunakan telp kasihan yg lain tdk bisa konsultasi sedangkan 1 org saja bertanyanya tdk hanya sepatah dua patah kata tp panjang pertanyaannya. Itu mengapa kami tdk bisa ditelp. Demi kepentingan teman2 smua agar bisa terjawabkan smua pertanyaan dan yg ingin konsultasi.

            monggo silahkan hub nomor cs nya nanti dibantu utk kejelasannya
            – 0877818557** mba dita
            – 0838703935** mas pilar
            – 0819770908** mas enda
            – 0895105190** Dian
            Silahkan dihub

          • 6 Maret 2019 - (23:27 WIB)
            Permalink

            Bisa mba monggo silahkan hub nomor cs nya nanti dibantu utk kejelasannya
            – 0877818557** mba dita
            – 0838703935** mas pilar
            – 0819770908** mas enda
            – 0895105190** Dian
            Silahkan dihub

  • 7 Februari 2019 - (05:06 WIB)
    Permalink

    Hai sob, saya juga sama di uber2 rentenir online, saya ga tau lagi hrus bagai mana.. Saya sangat stress..

  • 7 Februari 2019 - (06:30 WIB)
    Permalink

    Saya juga tadinya bisa ngehandle semua pinjol tetapi krna sy hbis kena musibah semua jd berantakan dan sy udh telat 7 hari . Kalopun bisa konsul mengenai ini mohon pencerahan nya . Krna mereka udh ngancem ga jelas

  • 7 Februari 2019 - (06:48 WIB)
    Permalink

    Sma mba. Sya jg udh telat seminggu .. Sekrng pke ancem2 sgla ..
    Sya jg gie bngung mba . Adkah solusi lain y. Sprt bs ccil gt .. Hmm

  • 7 Februari 2019 - (08:59 WIB)
    Permalink

    Saya juga ngalamin hal yg sama udh setahun yg lalu. Saya terjerat 20 apk setiap tagihan selalu saya bayar dgn gaji saya teruss seperti itu.. Lama kelamaan saya capek di bayar terus tpi gk ketutup saya gk ngerasain gaji saya.. Setiap bulan saya ngerasa gk punya uang untuk ongkos dan biaya sehari” karena gaji saya udah habis untuk byar tagihan saya. Pacar saya smpe tau dam bantu saya buat bayar. Syukurnya dia gk marah dan dia ngerti kondisi keluarga saya. Dan dia smpe jual motor nua untuk bantu bayar tpi gk ada hasil nya tetep aja hutang masih menumpuk sampe emas” saya jualin. Dan rencana kami menikah jadi di undur karena masalah ini tapi keluarga gk ada yg tau hanya kita berdua aja . Smpe akhirnya pacar saya nekat tnya sana sini dan dapet solusi dari salah satu perusahaan lawyer swasta dam alhamdulilah kita berdua skrg udh bebas gk pusing lagi dam skrh udh fokus untuk menikah.. Saya hanya berbahi pengalaman saja dan siapa tau kalian bisa di bantu juga coba hub 08998408783

  • 13 Februari 2019 - (13:09 WIB)
    Permalink

    sama saya juga nih terjerat hutang sama pinjol. dari 1 2 aplikasi sekarang sampe 31 aplikasi. total dah 40 jutaan. bingung saya sekarang, stress banget. nagihnya kasar2 banget. temen kantor saudara
    di hubungi dengan kata kata kasar. masukin grup ya di 081320005943. mungkin ada yang bisa kasih solusi

  • 13 Februari 2019 - (13:27 WIB)
    Permalink

    Jujur saya pun ada pinjol di 4 aplikasi..semua krna hanya buat ke butuhan hidup sja…jujur pgn ada yg kasih pinjman buat byr hutang2 dan menumpuk…krna emg saat ini yg kita butuhkan..Kofin pathner bisa bantu kita buat menyelesaikan pinjaman online..tapi buat daftar gabung ke kofin.uang nya saja tidak ada..jadi solusi yg gimna yg bisa bantu kita..siapa pun tidak mau terjerat hutang apapun..yg riba atau pun tidak..tapi kembali lagi krna kebutuhan hidup yg mendesak.. Itu sie yg saya harap kan dan yg bisa saya ambil hikmah nya dari masalah saya dan teman2 sekalian..

  • 13 Februari 2019 - (16:13 WIB)
    Permalink

    sy juga mengalami hal yang sama . dari awal februari sampai sekarang pinjol sy blm ad yg sy bayarin. karna sy memang belum ada dananya untuk membayar. sy pun sma di permalukan, semua kontak di hp di telponin. dari rekan kerja, teman2 rumah smpai nomer keluarga ad yg di telponin DC bilang sy penipu pinjaman online, foto sy pun tersebar . sudah malu semalunya data di sebar. sampai nomer bos kantor sy di telponin. untungnya bos sy masih berbaik hati tidak memperdulikan hal tersebut. jd sy masih di beri kepercayaan untuk tetap bekerja. gpp lah kalau sudah di buat malu memang sudah resiko. selama sy masih bisa sabar dan terus berdoa. sampai saat ini pun sy masih bisa bertahan. sy hanya modal Sholawat dan terus bertaubat. Alloh pasti bantu.

    • 13 Februari 2019 - (17:56 WIB)
      Permalink

      Bapk sudah byr dari di sebar data nya…saya jg barusan di toko n ma pinjol..lelah..tpi msa iya kita harus bunuh diri…

  • 13 Februari 2019 - (18:03 WIB)
    Permalink

    belum satupun yang sy bayarin. karna data kita sudah di sebar dan di permalukan. terus kita harus bayar jg, memang hutang harus di bayar. tp tidak seperti ini. apalgi sampe harus berfikir bunuh diri. buang jauh2 deh mb. masih punya Tuhan kan?. kita hidup jg nggk modal ap2. Intinya Yakin ajj. jangan gara2 hal seperti ini kita putus asa. sy jg sempat ada pikiran seperti itu. tp klo di pikir panjang lg, sia2 kita melakukan seperti itu. lebih baik banyak taubat dn mohon ampun. dan lg jgn sekali kali terjerumus pinjol. karna membunuh mental para peminjam. kita Bismillah ajj.

    • 6 Maret 2019 - (23:48 WIB)
      Permalink

      Nasabah atau debitur memiliki HAK PERLINDUNGAN dalam UU jika nasabah atau debitur merasa terancam, terintimidasi dan bahkan dirugikan nama baik saya dengan penyebaran data yang mereka lakukan.

      Kasus pidana tidak dapat diselesaikan hanya dengan MINTA MAAF melalui media sekalipun perusahaan berusaha membersihkan nama Saya, konteks hukum berbeda dengan sosial masyarakat.

      UU ITE ayat 27 pasal (3) yang merujuk kepada pasal 310 KUHP jelas mengatakan hukuman bagi pelaku penyebaran data adalah kurungan penjara maksimal 6 tahun atau denda maksimal Rp1 miliar.

      Hukuman di atas tersebut diatur oleh UU dan tidak ada kaitannya dengan HUTANG nasabah/debitur yang merupakan klausula perdata, kecuali jika memang Nasabah atau debitur benar benar menggelapkan uang perusahaan mereka maka hal ini dapat dijadikan ranah pidana 372 dan 378 dengan memakai identitas palsu untuk memperkaya diri.

      SALAM KOFIN

  • 13 Februari 2019 - (19:33 WIB)
    Permalink

    terus bagai mana solusinya menhadapi pinjol ilegal itu….
    kita harus lapor ke mana trrus???

  • 19 Februari 2019 - (16:02 WIB)
    Permalink

    saya jg mengalami hal yg sama ada 9 pinjol, dan saya akhirnya cerita ketemen saya, dia akhirnya kash saya solusi, buka lubang yg gede untuk nutupin lubang2 yg kecil, saran saya, tutup 1 lubang dan jgn pinjam lg, kalo diapp saya ada biaya prpanjngan, jd diprpnjang dlu aja, buat nutupin yg lain, kl saya hampir 7jtan kl ditotal

  • 19 Februari 2019 - (18:26 WIB)
    Permalink

    Saya terlibat pinjol gali lubang tutup lubang dan sudah 20 jt baru terbayar 4 juta dan sekarang saya bener2 menyerah dengan pinjol.Pingin lapor tp saya gak tau haru lapor kemana.kerja jd gak konsen grgr mereka meneror saya

  • 20 Februari 2019 - (00:21 WIB)
    Permalink

    Saya tadi baca di detikNews.com pernyataan dari asosiasi fintech Indonesia bahwa pinjol yg tergabung di AFI dan OJK bunganya akan otomatis berhenti setelah masa penagihan 90 hari. Dan besaran bunganya tidak akan sebesar pokoknya.
    Jd buat tmen2mu coba cek pinjolnya terdaftar di OJK atau tidak. Saya jg tdk bisa bayar tp saya cicil sedikit 2 tiap Minggu n saya simpan struknya GK peduli pihak pinjol boleh nyicil atau Ndak. Biar makin hari makin berkurang pokok n bunganya jg kecil setelah 90 hari nanti

  • 20 Februari 2019 - (20:43 WIB)
    Permalink

    saya juga terlibat ke pinjol tolong masukan no WA saya ke group 085297486*** siapa tau dapat solusi.

  • 21 Februari 2019 - (15:43 WIB)
    Permalink

    Mohon masukin ke group, siapa taubdpt solusi, saya jg terjebak pinjol, sangat menyesakkan, hidup pun tdk tenang.0821112118*

  • 21 Februari 2019 - (16:17 WIB)
    Permalink

    Salam, saya juga sdh 15 pinjol kebanyakan yg ilegal, ga tau hrs gmna lagi, gaji ga pernah sampai k istri dan anak.. Sampai istri minta di cerai.. Tapi saya ga mau. Masih tetap percaya akan ada solusi’y.. Mohon info ya.. WA0821112118*.

    • 6 Mei 2019 - (18:09 WIB)
      Permalink

      Selamat sore saya juga mau minta tolong saya juga terjerat pinjaman onlain. Bagai mana cara masuk grup ni no wa saya 0819064953**

 Apa Komentar Anda?

Ada 691 komentar sampai saat ini..

Bagaimana Cara Penyelesaian Pinjaman Online?

oleh inge citra tania38 dibaca dalam: 1 menit
691