Bagaimana Cara Penyelesaian Pinjaman Online?

Nama saya Inge Citra Tania, di sini saya ingin bercerita sedikit ya. Saya terjebak dengan pinjaman online 20 aplikasi. Kebayang donk dengan total berapa? Kalau ditanya gaji, gaji saya lumayan di kantor. Awalnya saya selalu bayar dan tarik lagi, begitu terus. Sampai pada awal Agustus saya memutuskan untuk berhenti. Saya sadar sepertinya ada yang salah nih dengan sistem bayar saya, karena sampai kapan pun hutang saya gak ketutup dan gaji saya tiap bulan habis hanya buat bayar bunga. Akhirnya saya stop bayar.

Saya terima semua resiko penagihan mereka, mulai dari teror ke teman-teman, ke orang tua sampe ke big boss saya. Jujur kalo ditanya tertekan, ya saya sangat tertekan, kalo ditanya kecewa, ya saya sangat kecewa, kenapa yang kaya gini bisa kelolosan dengan OJK? Korban sudah banyak, tapi seakan pemerintah tutup mata akan hal ini.

Keluarga saya berantakan karena ini, kakak-kakak saya ninggalin saya, orang tua saya jatuh sakit, suami saya ninggalin saya. Belum lagi para teman-teman yang mencela saya karena mereka juga diganggu oleh penagihan pinjol tersebut yang mengambil data kontak di hp saya. Terus saya bisa komplain ini ke mana? Minta tolong ke siapa?

Inilah resiko saya karena sudah pinjam di pinjaman online tsb. Oke saya terima dengan sangat menyesal. Dan sekarang pikiran saya cuma 1, gimana caranya saya bayar. Saya sudah email ke semua aplikasi yang saya pinjam, minta pembayaran cash bertahap dan berhenti bunga, tapi gak bisa. Seandainya semua pinjaman online mampu memberi keringanan ke pada para nasabah dengan cicilan tetap dan stop bunga, saya yakin banyak nasabah yang akan membayar.

Saya gak tau SOP mereka seperti apa? Dan saya juga gak tau harus memohon kepada siapa agar pinjaman online tersebut di hapuskan dari Indonesia. Kasihan orang-orang yang tertekan, kasihlah kelonggaran untuk orang orang yang niat membayar. Saya mohon OJK dan Pemerintah turun tangan akan hal ini. Korban pinjaman online sudah mencapai ratusan. Apa nunggu semua korban pinjaman online bunuh diri karena tertekan baru suara mereka didengar?

Inge Citra Tania
Tangerang Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

691 komentar untuk “Bagaimana Cara Penyelesaian Pinjaman Online?

    • 18 Januari 2019 - (13:11 WIB)
      Permalink

      Masukin saya dgroup saya jga sedang bermasalah pinjol wa saya 087814040333 please

  • 14 Januari 2019 - (18:28 WIB)
    Permalink

    saya juga salah satu korban pinjol, awalnya hanya 3 aplikasi, tp krn tidak bisa membayar akhirnya meminjam lagi di aplikasi lain sehinggal total ada 30an aplikasi dengan total hutang 36jutaan.. selama ini saya selalu bisa gali lubang tutup lubang, tapi ada 1 aplikasi yaitu kantong darurat/kantong bisnis, dia menjanjikan saya naik limit dan hrs dibayar di H-3 jatuh tempo, saya lunasi hari itu, dan ketika saya mau pinjam lagi, gataunya saya di reject, padahal uang tersebut utk menutup pinjaman di aplikasi lain. hari ini ada 4 aplikasi yg jatuh tempo per hari ini, tp saya belum ada dana utk membayarnya, saya tidak berani bilang keluarga apalagi suami saya sendiri, saya lakukan ini diam2 dan tidak ada 1 orangpun yg tau, dan skg saya udah stress gatau lagi harus bagaimana karna daritadi telp, sms dan WA tidak berhenti2. uang di rekening saya tinggal 700rb, bagaimana saya harus menghadapi ini semua?
    biasanya DC sdh menyebar kontak kita setelah berapa hari lewat jatuh tempo ya?

    • 15 Januari 2019 - (10:15 WIB)
      Permalink

      Saya juga mbak punya masalah yang sama saya punya 15 pinjol sdh telat semua awalnya lancar bayar tapi skrg sdh tdk sanggup bayar saya tiap hari di telp dan di wa ama dc.yang aku nggak kuat ada dc yang kalo kita angkat telpnya selalu membentak dgn nada tinggi begitu jg wa selalu dgn ancaman akan sebar data.padahal saya sdh bilang saya bertanggung jawab tapi mereka tetap saja mengancam sampe sdh kirim sms ke anak saya dan ada aplikasi yg sdh wa sama teman pake foto saya yang lebih gila lagi ada satu aplikasi namanya UANG ZAMAN yg sebar video perjanjian saya dgn pinjol tersebut.lama kelamaan saya mulai berpikir kalo larut terus seperti ini hidup kita bakal tdk normal.saya tahu hutang harus di bayar tapi kalo penagihan kayak begini terus terang saya emosi dan kemarin saya memutuskan mengganti no hp dan wa saya.saya sdh siap tanggung resikonya toh mereka memang sdh menyebar data bahwa kita berhutang.untuk apa di ladeni mau bicara baik baik pun tetap tidak di gubris.

      • 22 Januari 2019 - (12:16 WIB)
        Permalink

        iya betul sama mbak..saya juga saat ini sedang mengalimi hal yg sama,hampir setiap hari ada orang yg menunjukan dia dpt wa dari aplikasi UANG ZAMAN,bahkan ada yg dpt kirim poto ktp saya dengan tulisan penipu.

    • 15 Januari 2019 - (12:46 WIB)
      Permalink

      biasanya sehari setelah jatuh tempo pasti disebar mbk .. tapi kalo ada yg baik hati pasti diberi keringan ,, semoga bisa terselesaikan ya .. stop gali lubang ttup lubang mbk .. itu yg sangat2 bahaya

    • 16 Januari 2019 - (08:14 WIB)
      Permalink

      Sy juga mengalami hal yg sama, apa sudah ada jalan keluarnya untuk pinjol ini ?

    • 18 Januari 2019 - (05:56 WIB)
      Permalink

      Apa dsini sudah ada yg menemukan jalan keluarnya ? Bantu sy untuk sharing, sy jg mengalami hal yg sama.. awal byr lancar dan baik2 tp ksini nya sy bingung sendiri, karna awalnya gali lubang tutup lubang itu.. mohon bantuannya yg sudah menemukan jalan keluar tentang pinjaman online ini.. Sy benar2 tidak tau harus bagaimana, mana sy punya anak masih kecil umur 3thn.. dan kemarin dpt ancaman yg parah, mereka kt nya buatkaj laporan ke kantor polisi dan pihak aplikasi pun mengirimkan sy surat laporan itu, apa ada yg sama seperti sy ? Mohon info dan bantuannya 081313337677, trimakasih

      • 18 Januari 2019 - (17:25 WIB)
        Permalink

        saya salah satuyang terlibat dalam masalah pinjol ini, saya terlilit 30an aplikasi lebih, hutang saya mencapai 35juta, itu akibat gali lubang tutup lubang, akhirnya saya ceritakan masalah saya ke org2 terdekat dan alhamdulilah mereka mau membantu saya, saya dpt pinjaman dari mereka tanpa bunga tentunya, dan skg hutang saya sisa 15 juta lagi. saran saya coba pinjam ke saudara, teman terdekat kamu sis, insya Allah kamu ceritakan masalahmu dan mereka mau membantu kamu, saya udh kapok dengan pinjol ini, berharap pemerintah membuka mata agar aplikasi2 seperti ini dihentikan saja agar tdk terjadi lg dengan org lain.

        • 1 Februari 2019 - (22:48 WIB)
          Permalink

          Ya mbak, tdk semua sdr atau teman bahkan atasan pun sulit memberi pinjaman. Bunga terus berjln, yg tdnya 23 aplikasi hny sekitar 25jt skrg telat sebulan lebih sdh 35jtan. Awalnya saya sdh usaha spti mbaknya, tapi hslnya nol.

          • 5 Februari 2019 - (10:45 WIB)
            Permalink

            Bagi wa mba, biar kita sharing..

      • 14 Februari 2019 - (11:16 WIB)
        Permalink

        Jika anda sudah tidak mampu bayar sampaikan terus terang. Anda bisa coba buat surat pernyataan di atas materai 6000 yang menyatakan bahwa anda sudah tidak mampu bayar. Atau buat surat pernytaan dengan itikad baik anda , anda bayar kan pokok pinjaman awal saja.

        Hutang Piutang tidak akan di pidanakan. Surat laporan polisi tsb dapat anda simpan dan laporkan kembali ke pihak kepolisian. Suarat panggilan polisi hanya boleh di kirim dari pihak kepolisian. Saya yakin surat tsb palsu dan anda bisa tuntut pihak aplikasi nya.

        • 14 Februari 2019 - (11:19 WIB)
          Permalink

          ika anda sudah tidak mampu bayar sampaikan terus terang. Anda bisa coba buat surat pernyataan di atas materai 6000 yang menyatakan bahwa anda sudah tidak mampu bayar. Atau buat surat pernytaan dengan itikad baik anda , anda bayar kan pokok pinjaman awal saja.

          Untul hal ini anda harus mintakan surat lunas, jika pihak mereka tdk bs berinagihang kan, anda tdk perlu bayar.

        • 16 Agustus 2019 - (16:41 WIB)
          Permalink

          Maaf saya mau tanya ,, saya terlibat kebodohan ,, krna saya terlalu baik sama tmn saya , saya meminjamkan aplikasi pinjam tunai saya ke tmn saya namun tmn saya tidak mau bayar sdgkan saya tau rmhnya dan ada bukti transfer ke rekening tmn saya , kalau saya di tanggih sama pinjaman onlinenya saya harus jwb apa ?

    • 19 Januari 2019 - (21:45 WIB)
      Permalink

      Mba saya pny masalah jg sama yang nama aplikasi kantong darurat,pas tgl jatuh tempo nya ternyata udh menyebar sms ke kontak sy,sy jg meskipun udh lunas sekarg tp sya msh kecewa karna data sy udh tersebar.

    • 5 Februari 2019 - (01:25 WIB)
      Permalink

      Sama mba. Sya ad 13 aplikasi dan 3 sudah lewat jt,selebih mau jt,krn setiap hri ditelpon terus, jdi tidak saya angkat,ad 1 aplikasi yang menelpon suami saya, padahal no hp suami sya tdk sya masukkan keno darurat diaplikasi tersebut.tetapi mereka menelpon dan wa suami saya dan juga mengancam suami saya,dan mengirim foto dta2 sya serta foto usaha kami mengancam akan melaporkan kepihak berwajib..jadi akhirnya saya ceritakan semua kesuami saya,

    • 5 Februari 2019 - (06:05 WIB)
      Permalink

      kalau DC sdh sempat menyebar data/ kita dipermalukan, jangan bayar seperak pun mba, harga diri kita ga terbayar dgn duit yg kita pinjam , serang balik aja DC nya , toh kita hanya mengijinkan mereka melihat contact , bukan mencemarkan nm baik

    • 9 Februari 2019 - (22:57 WIB)
      Permalink

      Masukin saya juga dong saya juga sama terjerat hutang di beberapa aplikasi sampe di ancam bahkkan salah satu aplikasi sudah bikin malu menyebarkan foto saya di grup dan di tuliskan penipu malu nya saya tolong dong siapa tau dapat solusi nya ini no wa saya0895371827932

      • 10 Maret 2019 - (20:15 WIB)
        Permalink

        Sayapunya masalah yg sama juga.jadi gali lubang tutup lubang.dan saat ini saya sudah tidak mau ajukan aplikasi lain untuk menutup pinjaman lain.atau pun mengajukan dengan iming2 kenikan limit. Dan sekarang ancaman terus berdatangan. Saat minta keringanan mereka tidak mau perduli.padahal selama ini dengan aplikasi yang sama saya selalu tepat waktu. APLIKASI STASIUN SELULER. APK DUTA DEAL .RABIT DANA. Dan mereka selalu berganti nama.
        Kalau ada group yang bisa sharing dan membantu untuk masalah ini mohon saya di ikut sertakan ya. 0812859266**

  • 16 Januari 2019 - (12:41 WIB)
    Permalink

    kalau saya bermasalahnya di satu aplikasi saya bayar tapi di katakan belum bayar malah bunganya makin gede makin bingung saya malah sudah telpon dan buat grup dia.yg saya tanya kan dia nyebarnya dimana saja sih

  • 18 Januari 2019 - (10:08 WIB)
    Permalink

    Tolong saya jga mempunyai permasalahan yg sama bisa saya dimasukan group wa thx

  • 18 Januari 2019 - (13:46 WIB)
    Permalink

    Satu2nya solusi adalah membayar secepat mungkin membayar. Grup itu hnya mengganggu fokus kita mencari jalan keluar karena iainya hny keluh kesah dan tdk ada jalan keluar. Kita minta bantuan OjK, LbH, Keminfo,cyber, semua itu butuh proses. Saya sudah melalui semua itu. Saat kita fokus ke hal2 lain tsb, bunga dan denda tambah terus. DC2 kaya gitu udah auto galak aja. Gak ngaruh ngomong dng mereka. Intinya ganti no pun gak akan membantu. Itu hanya menyelamatkan diri sendiri tp tdk bertanggung jawab dan malah merugikan orang lain karna terganggu juga. Intinya punya hutang harus dibayar. Cara menagih mereka kaya apapun, itu udah resiko yg sudah diambil. Namanya juga rentenir dan debt collector. Mau mengemis dan mengiba udah gak ada gunanya disini.

    • 18 Januari 2019 - (14:22 WIB)
      Permalink

      Nah saya setuju dengan pendapat ini. Intinya sih jangan terlalu berharap atau mengandalkan orang lain bisa menyelesaikan masalah pinjaman dari rentenir online ini.

      Hati-hati juga kalo ada orang yg mau membantu tapi belum apa-apa sudah minta imbalan. Mereka ini orang2 yg memanfaatkan kesempatan dalam kesempitan. Orang lagi susah, malah nipu.

  • 18 Januari 2019 - (16:04 WIB)
    Permalink

    saya pun merasakan apa yang Kalian rasakan di saat di kejar2 sama Pinjaman online, pusing banget ,takut,semua nomor kontak di sadap dan kita di permalukan. yang tau solusi nya boleh berbagi kepada kita yg mempunyai nasib yang sama.. masukin grup ya 085921738729

  • 19 Januari 2019 - (14:00 WIB)
    Permalink

    Sayapun sama, awalnya cuma 2 atau 3 apk, lama lama berakar akar jdi puluhan apk, awalnya cuma pinjem yg sdh terdaftar di ojk, tp lamalama terpaksa pinjam di pinjol ilegal, dri yg total 8jt, semakin lama semakin besar totalnya dan jumlah apknya semakin bannk krna terus gali lobang tutup lobang, kadang yg tambah bikin stress disaat pelunasan dan mau pinjam lagi malah ditolak! Bingungkan mau cari kmna lagi buat bayar yg lainnya, terakhir sudah mencapai 31jt totalnya:'( sedih, stress, semua dipendem sendiri krna takut bilang ke orgtua sekalipun. saya cape lama2 terus2an begini rasanya kaya mau kabur/bunuh diri, tpi sy terus berdoa dan bnyk istigfar, Akhirnya saya beranikan diri buat cerita ke mamah saya sambil saya minta maaf, saya fikir kalo keluarga tau pasti mereka marah besar, tpu mereka semua malah ngebantu saya:’) slalu ingetin buat jgn terlalu difikirin, jalan satu2nya buat masalah ini bagi saya dan keluarga adalah pinjam nominal besar dibang, dgn angsuran bbrp bulan, bayar rame rame dengan keluarga. Skrg sedang proses pelunasan:) alhamdulillah setelah semua terbayar ga akan saya pinjam 1 aplikasipun! Saya kapok.
    Krna prnh ada DC yg nagih sangat kasar, blm jatuh tempo tp sudah berani ngancem dan bilang bakal dtng krmh, saya sih santai malah saya berharap didatengin kerumah haha, dia bilang bakal lapor ke ketua RT, saya bilang silahkan karna ketua RTnya bapa saya sendiri, saya berani bilang gitu karna saya sama sekali blm jatuh tempo, masa blm jatuh tempo udh diancam mau permalukan saya ke semua kontak saya acak acak kantor sy kerja katanya biar saya dipecat dan mau dtng kerumah pula. Gada takutnya dong, jatuh tempo belum udah ancem haha.

  • 19 Januari 2019 - (14:06 WIB)
    Permalink

    Ganti nomor bukan cara yg tepat, mau gimanapun awal kita pinjam itu adalah tanggung jawab kita, uangnya kan emg kita sendiri yg pake. Jdi ya mau gamau harus dilunasin semua, percuma lapor sana sini tpi smpe skrg pinjol ilegal semakin banyak, yg saya harapkan adalah semua aplikasi pinjol ilegal dimusnahkan:( biar gada lagi org2 yg menderita krna pinjol ilegal!

    • 26 Maret 2019 - (06:12 WIB)
      Permalink

      Pengalaman saya keluar dari jeratan pinjol bersama kofin law dan partner.
      Yuk yg mau tau tentang kofin bisa chat saya 085212628187

  • 22 Januari 2019 - (13:32 WIB)
    Permalink

    mau Juga dong d masukin ke grup, saya juga sama seperti itu, d telp ke orangtua saya dan d buag grup d WA dan dmasukin semua kontak saya, ini wa saya 085886198897 kalo ada yang punya solusi, mohon bantuannya

  • 22 Januari 2019 - (14:02 WIB)
    Permalink

    boleh saya dimasukkan ke grup wa, biar bisa sama sama sharing. soalnya saya stress banget sama permasalahan ini. awalnya saya minjem buat biaya rumah sakit ibu saya lama kelamaan saya jadi gali lubang tutup lubang dan akhirnya bulan ini saya udah gak sanggup bayar lagi. kira kira yang sudah punya pengalaman bisa berbagi, ini wa saya 085268097777

  • 23 Januari 2019 - (02:28 WIB)
    Permalink

    Boleh masukin saya ke grup WA 08992550934 saya udh pusing punya 5 apk pinjol pgn lunasin tp dana nya blm ada

  • 28 Januari 2019 - (19:53 WIB)
    Permalink

    Tolong masukin group WA no 085777900043, itu no adik saya. Saya kasihan krn sudah stress menghadapi DC sedangkan saya sendiri blm bisa membantu.

  • 1 Februari 2019 - (10:20 WIB)
    Permalink

    semua nasabah pinjaman online itu bukan korban melainkan melakukan pinjaman ya dengan pilihan mereka sendiri….mereka sendiri yg menentukan pinjam atau gak nya kalo masalah bunga tinggi kan sudah di beri tau dri awal makanya sebelum melangkah pikir dlu jangan sudah pinjam bayar susah malah menyalahkan lembaga pinjaman online itu tidak bijak menurut saya….solusi nya adalah di bayar tagihan nya karena yg namnya hutang solusi nya ya di bayar itu saja kalo memang sudah tau dengan hutang tidak bayar akan di tagih ya dari awal jangan berhutang,lebih bijak pinjam uang ke tetangga,mungkin lebih kekeluargaan tidak akan ada intimidasi sekian salam waras

    • 1 Februari 2019 - (12:49 WIB)
      Permalink

      Aku lucu dengan tanggapan mba judas ini ahaha. Lucu karna kasian aku sm kamu haha
      Hey mba judas …
      Mereka merasa korban bukan karna tidak mau membayar ataupun kabur dari hutang mereka di pinjaman online. Tetapi mereka merasa korban karna cara penagihannya yang mempermalukan mereka. Tiap hari di teror DC pinjam online lebih banyak main kesikis dgn kata2 kasar dgn ancaman. Hey ini indonesia sist yang lebih mengkedepankan hak asasi manusianya. Kalaupun pinjman online menagih dengan cara baik dan bisa di cicil pun mereka mungkin tidak akan seperti ini. “siapasuruh pinjem di online kalau udah tau resikonya ” – saat ngedownload apk tertentu pasti meminta izin akses kontak. Foto. Panggilan keluar dll. Mereka yang terdesak akan pinjaman tdk akan mungkin berfikir sejauh itu saat meminjam. Saat mereka belum sanggup bayar mereka psati akan mikir hubungin kontak tdk serumah. Bukam chat/wa/tlp Secara blas untuk menagih nya.. Bukan menyalahan pinjaman online atau nasalah. Tetapi cara penagihanya mba—

      Salam ?

    • 1 Februari 2019 - (13:02 WIB)
      Permalink

      Banyak-banyak baca dan buka youtube ya mba gimana cara penagihan Fintech. Sekalian banyak banyak istirahat mba biar gak lelah hehehe

    • 6 Maret 2019 - (23:35 WIB)
      Permalink

      Mba judas kalau komen hati2 ya, anda DC dri aplikasi mana? Saya hafal banget bahasa2 nya DC macam mba judas. Spt org nya kayanya ini namanya Judas alias Judes. Memang mreka telat bayar tp tdk berhak anda mengintimidasi dan meneror mreka. OJK sangat melindungi hak privacy konsumen. Kecuali anda dari aplikasi non ojk atau ilegal makanya berbicara spt ini. Hey lihat teman2 ini nih kayanya mba judas ini adalah DC di suatu aplikasi. Kita cari tau yuk dmn dia brada, kita lacak aplikasi mana lokasinya dimana dengan kecanggihan cyber crime. Biar kita ciduk sekalian ini org yg ga punya hati. Yg tdk waras anda ya mba judas, mengintimidasi ko dibilang waras. Ini dia ga pernah makan bangku sekolahan ya begini ini. Suatu saat anda kena batunya ya mba judas. SALAM KEADILAN
      SALAM KOFIN

      • 10 Maret 2019 - (20:23 WIB)
        Permalink

        Iya mba…bukan soal bayar nya. Tapi cara penagihan nya. Kami yg terjerat bukan nya tidak mau membayar.tapi tolong…jangan semena mena. Toh kami bayar dengan bunga yang tinggi juga

      • 10 Maret 2019 - (20:26 WIB)
        Permalink

        Saya minta kontak nya donk mba. Buat sharing dan mohon gmn cara nya ngadepin DC2ini. Yg gak ada attitude ..etika dan perasaan

  • 1 Februari 2019 - (11:43 WIB)
    Permalink

    Yuk buat grup wa kita sama sama lapor polisi saya sudah tanya2 mekanisme nya . Simpan barang2 bukti nya ya .add me biar aku buat grup 087710250848

  • 1 Februari 2019 - (11:56 WIB)
    Permalink

    Mba Judas..saya tidak tau apakah anda bagian dari DC atau tidak karena anda sepertinya menyudutkan kami para nasabah pinjaman online. Yang menjadi masalah kami adalah cara penagihan para DC yang kelewat batas, kalau pun mereka menagih kami dengan cara baik2 dan bisa duduk bersama untuk mencari solusi untuk masalah kredit macet ini, kami pasti juga tidak akan memblow up masalah ini. Saat ini tidak ada gunanya anda menyalahkan atau menyudutkan kami atas semua yg sudah terjadi, yang kami butuhkan saat ini adalah solusi.
    Kami juga bukan ingin kabur dan tidak membayar hutang kami, tapi kami hanya minta keringanan pembayaran, bisa di cicil atau di beri perpanjangan waktu pembayaran dsb.
    Mungkin mba belum pernah mengalami masalah keuangan seperti kami, sehingga mba dengan mudah bisa menyudutkan kami. Semoga mba tidak mengalami nasib seperti kami

 Apa Komentar Anda?

Ada 691 komentar sampai saat ini..

Bagaimana Cara Penyelesaian Pinjaman Online?

oleh inge citra tania38 dibaca dalam: 1 menit
691