Akun Akulaku Dibobol Penipu yang Mengatasnamakan Akulaku

Akun Akulaku saya dibobol pelaku kejahatan, limit Rp6.810.000 ludes. Pada tanggal 13 Oktober 2018 saya ditelepon oleh nomor +1500620, yang mengaku pihak dari Akulaku, menanyakan tentang pelayanan Akulaku, puas/kurang puas/ada keluhan atau tidak. Saya jawab keluhan mah pasti ada, ini itu bla bla bla. Herannya dia tahu data-data saya. Kenapa data-data saya mudah sekali dia tahu?

Next, lanjut demi lanjut, dia menanyakan pembayaran tagihan saya yang katanya bulan kemarin belum dibayarkan, di sistem pembayaran Akulaku belum masuk. Saya jawab, saya sudah bayar koq sejumlah sekian rupiah…bla bla, di email pun ada bukti pelunasannya. Namun dia bersikukuh bahwa pembayaran saya belum masuk di sistem pembayaran Akulakunya.

Saya sempat tidak percaya dia itu (pelaku) adalah orang dari pihak Akulaku. Dua kali saya ragu/tidak percaya. Tapi dia terus meyakinkan saya dengan nomor yang menghubungi saya yaitu +1500620. Saya masih ragu juga, tapi dia meyakinkan lagi dengan bilang, “Benar Pak, masa saya bohong,” katanya. “Saya tahu data-data bapak.”

Next terus tanpa sadar, saking capeknya saya sehabis pulang kerja, bekas macet di jalan, rebahan di kamar. Katanya sistem pembayaran saya sedang di-refresh supaya pembayaran bapak diterima, dia menyakinkan itu. Terus dia minta kode OTP yang masuk ke SMS saya. Itu tanpa sadar saya kasih. “Akun Bapak sedang di-refresh biar pembayarannya masuk, jangan login dulu sementara, gak bisa login” katanya.

Wah di situ saya ragu dan langsung tutup telepon dan menelepon CS Akulaku di 1500920 yang saya tahu lewat Google/Playstore, soalnya saya tahunya nomor pelaku itu. Maklum member lama sudah jalan 3 tahun, tapi tahunya sudah berubah nomor CS-nya, hmm. Berkali menelepon awalnya belum tersambung, setelah tersambung CS menanyakan nomor terdaftar di Akulaku berapa. Saya sebutkan dong nomor saya bla bla bla. CS cek dan jawab: “Maaf data tidak ditemukan!”

Wah koq tidak ditemukan? Jangan-jangan akun saya di-hack soalnya tadi ada yang menelepon mengatasnamakan Akulaku. Saya sebutkan nomor pelakunya, kemudian CS menanyakan lagi nomor NIK, KTP saya, alamat dan data-data lainnya. Saya sebutkan, dan data muncul atas nama saya. Benar apa yang saya duga bahwa akun saya di-hack, sudah berubah ke nomor pelaku yang saat itu memakai provider XL dan CS bilang ada transaksi di Shopee, untuk 4 kali pembelian pulsa senilai total Rp6.810.000. Ludes limit saya, sisa Rp3 ribu. Padahal belum beberapa menit kata saya, langsung hubungi CS. Saya bilang saya tidak melakukan transaksi itu, mohon di-cancel secepatnya. CS bilang tidak bisa karena by system. Hmm.. lagi-lagi sistem.

Keluhan saya, kenapa gak bisa cancel manual di CS untuk mencegah pelaku kejahatan? Intinya saya sudah melaporkan ke CS Akulaku, datang ke kantornya dan kepolisian juga sudah menyerahkan berkasnya. Tetapi dari pihak Akulaku malah membebankan seluruh tagihan ke saya. Hmm, nangis rasanya dan panas hati ini.

Jadi mohon diperbaiki sistem pengamanannya dan sistem cancel transaksi oleh CS. Seharusnya kan Akulaku wajib meng-cancel transaksi yang tidak diinginkan, hubungi Shopee ke sebagai pihak ketiga supaya transaksi dibatalkan. Kenapa tidak bisa dan tidak ditindaklanjuti supaya transaksi saya batal?Hmm.. Kecewa berat…

Intinya saya gak mau bayar. Bukti berkas sudah ada di kepolisian dan hp saya. Percakapan dengan CS Akulaku dan pelaku juga saya sempat rekam. Mohon kebijaksanaan dari pihak Akulaku supaya masalah ini terselesaikan dengan damai.

Mahmudi
Tangerang – Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

100 komentar untuk “Akun Akulaku Dibobol Penipu yang Mengatasnamakan Akulaku

  • 7 Juli 2021 - (03:50 WIB)
    Permalink

    Sya jg kena tipu cs akulaku..KTA dipake.dn pinjaman cicilan yg besar..mhn saran utk.solusinya bgmn?

  • 31 Agustus 2021 - (11:15 WIB)
    Permalink

    halo kak, saya ijin bertanya
    setelah melapor kasus ini ke pihak berwajib apakah ada solusi dan setidaknya perlindungan dari pihak kepolisian tersebut? dan apakah aplikasi pinjol tersebut tetap menagih tagihan tersebut kepada anda? (padahal bukan anda peminjam nya) dan apakah dari pihak penagih seperti debtcollector tetap ke rumah anda? apakah data anda disebarluaskan oleh pihak penagih dan mengakibatkan reputasi nama baik anda tercemar ?
    mohon untuk tanggapan saya ini di respon, supaya ada pencerahan karena saya barusan mengalami kejadian ini melalui apk easycash
    terima kasih.

 Apa Komentar Anda mengenai Sistem Keamanan Akulaku?

Ada 100 komentar sampai saat ini..

Akun Akulaku Dibobol Penipu yang Mengatasnamakan Akulaku

oleh Mahmud Mudi dibaca dalam: 2 menit
100