Akun Akulaku Dibobol Penipu yang Mengatasnamakan Akulaku

Akun Akulaku saya dibobol pelaku kejahatan, limit Rp6.810.000 ludes. Pada tanggal 13 Oktober 2018 saya ditelepon oleh nomor +1500620, yang mengaku pihak dari Akulaku, menanyakan tentang pelayanan Akulaku, puas/kurang puas/ada keluhan atau tidak. Saya jawab keluhan mah pasti ada, ini itu bla bla bla. Herannya dia tahu data-data saya. Kenapa data-data saya mudah sekali dia tahu?

Next, lanjut demi lanjut, dia menanyakan pembayaran tagihan saya yang katanya bulan kemarin belum dibayarkan, di sistem pembayaran Akulaku belum masuk. Saya jawab, saya sudah bayar koq sejumlah sekian rupiah…bla bla, di email pun ada bukti pelunasannya. Namun dia bersikukuh bahwa pembayaran saya belum masuk di sistem pembayaran Akulakunya.

Saya sempat tidak percaya dia itu (pelaku) adalah orang dari pihak Akulaku. Dua kali saya ragu/tidak percaya. Tapi dia terus meyakinkan saya dengan nomor yang menghubungi saya yaitu +1500620. Saya masih ragu juga, tapi dia meyakinkan lagi dengan bilang, “Benar Pak, masa saya bohong,” katanya. “Saya tahu data-data bapak.”

Next terus tanpa sadar, saking capeknya saya sehabis pulang kerja, bekas macet di jalan, rebahan di kamar. Katanya sistem pembayaran saya sedang di-refresh supaya pembayaran bapak diterima, dia menyakinkan itu. Terus dia minta kode OTP yang masuk ke SMS saya. Itu tanpa sadar saya kasih. “Akun Bapak sedang di-refresh biar pembayarannya masuk, jangan login dulu sementara, gak bisa login” katanya.

Wah di situ saya ragu dan langsung tutup telepon dan menelepon CS Akulaku di 1500920 yang saya tahu lewat Google/Playstore, soalnya saya tahunya nomor pelaku itu. Maklum member lama sudah jalan 3 tahun, tapi tahunya sudah berubah nomor CS-nya, hmm. Berkali menelepon awalnya belum tersambung, setelah tersambung CS menanyakan nomor terdaftar di Akulaku berapa. Saya sebutkan dong nomor saya bla bla bla. CS cek dan jawab: “Maaf data tidak ditemukan!”

Wah koq tidak ditemukan? Jangan-jangan akun saya di-hack soalnya tadi ada yang menelepon mengatasnamakan Akulaku. Saya sebutkan nomor pelakunya, kemudian CS menanyakan lagi nomor NIK, KTP saya, alamat dan data-data lainnya. Saya sebutkan, dan data muncul atas nama saya. Benar apa yang saya duga bahwa akun saya di-hack, sudah berubah ke nomor pelaku yang saat itu memakai provider XL dan CS bilang ada transaksi di Shopee, untuk 4 kali pembelian pulsa senilai total Rp6.810.000. Ludes limit saya, sisa Rp3 ribu. Padahal belum beberapa menit kata saya, langsung hubungi CS. Saya bilang saya tidak melakukan transaksi itu, mohon di-cancel secepatnya. CS bilang tidak bisa karena by system. Hmm.. lagi-lagi sistem.

Keluhan saya, kenapa gak bisa cancel manual di CS untuk mencegah pelaku kejahatan? Intinya saya sudah melaporkan ke CS Akulaku, datang ke kantornya dan kepolisian juga sudah menyerahkan berkasnya. Tetapi dari pihak Akulaku malah membebankan seluruh tagihan ke saya. Hmm, nangis rasanya dan panas hati ini.

Jadi mohon diperbaiki sistem pengamanannya dan sistem cancel transaksi oleh CS. Seharusnya kan Akulaku wajib meng-cancel transaksi yang tidak diinginkan, hubungi Shopee ke sebagai pihak ketiga supaya transaksi dibatalkan. Kenapa tidak bisa dan tidak ditindaklanjuti supaya transaksi saya batal?Hmm.. Kecewa berat…

Intinya saya gak mau bayar. Bukti berkas sudah ada di kepolisian dan hp saya. Percakapan dengan CS Akulaku dan pelaku juga saya sempat rekam. Mohon kebijaksanaan dari pihak Akulaku supaya masalah ini terselesaikan dengan damai.

Mahmudi
Tangerang – Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai Sistem Keamanan Akulaku:
[Penilaian Rata-rata: 1.7]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

8 komentar untuk “Akun Akulaku Dibobol Penipu yang Mengatasnamakan Akulaku

  • 27 Oktober 2018 - (09:32 WIB)
    Hmmm lagi2 Akulaku dan lagi2 XL… Sepertinya modus standar pencucian dana hasil penipuan skrg dilarikan ke pulsa XL, karena kalo beli barang bisa dilacak alamat kirimnya, kalo ditarik ke rekening jg mudah dilacak oleh pihak perbankan. Kalo dilarikan ke pulsa XL, para penipu ini merasa aman, karena pulsanya bisa ditransfer lagi ke nomor2 XL lainnya, dan selama ini XL jg seolah tutup mata. Untuk itu semoga saja pihak e-commerce seperti Shopee, Bukalapak, Tokopedia, dll segera membatasi nominal pembelian pulsa XL.

    Pihak Akulaku jg harus segera menindaklanjuti masalah ini dengan serius, karena sudah banyak korban berjatuhan. Jangan berdiam diri saja! Transaksi kartu kredit saja ada yg namanya prosedur sanggahan transaksi. Bagaimana dengan Akulaku? 🤔

    Buat para konsumen, sebaiknya jangan dulu pake Akulaku sampai mereka memperbaiki sistem dan prosedur keamanan mereka. Masih ada alternatif fintech kredit online lainnya.

    • 27 Oktober 2018 - (10:45 WIB)
      Tidak ada yg namanya surat sanggahan transaksi,ada jg org kantor Akulakunya membebankan semua tagihan kepemilik akun…
      Kecurigaan saya mah ada pihak dalam yg membocorkan data2 saya.
    • 27 Oktober 2018 - (11:29 WIB)
      Padahal saya jarang berbelanja dgn nominal besar…
      Dan bulan kemarin cuma utang 187rb itupun sudah saya bayar kemarin pertanggal 25okt…
      Klo saya yg melakukan transaksi pasti saya kan bayar berapapun nominalnya…
      Lah ini pelaku kejahatan yg melakukan transaksi illegal,mana saya yg harus dibebankan semua pembayarannya..
      Proses hukum atao pengadilan siap saya hadapi,klo saya yg melakukan tindakan ini.
      Mohon dibantu para mediakonsumen dimanapun daerahnya(NKRI),thnks.
  • 27 Oktober 2018 - (11:42 WIB)
    Permalink
    @AkulakuCare @ShopeeCare Sudah cek DM yah min…
    Saya juga udh telpon ke 817 tgl 22 okt
  • 30 Oktober 2018 - (15:56 WIB)
    OTP. Jangan pernah kasih kode OTP, sekalipun kepada pihak Akulaku. That’s it!
  • 9 November 2018 - (11:43 WIB)
    Akun saya di hack oknum mengatasnamakan admin AL dibobol senilai 1,1 jt kasusnya hampir sama dg smua korban akulaku,tolong di tindak lanjuti donk buat Aklaku sdh banyak korbanya dg kasus yg hampir smaa 😡

 Apa Komentar Anda mengenai Sistem Keamanan Akulaku?

Ada 8 komentar sampai saat ini..

Akun Akulaku Dibobol Penipu yang Mengatasnamakan Akulaku

Mahmud Mudi 2 menit
8