Pelayanan JNE Memprihatinkan dan Mengecewakan

Saya sebagai konsumen merasa kecewa oleh pihak JNE. Saya mengirim paket dari Bandung ke Sumatera Selatan pada tanggal 13 Januari 2019. Pada saat pengiriman sudah saya tulis bahkan sebutkan bahwa yang dikirim adalah powerbank. Dan pada tanggal 14 Januari 2019 saya mendapat sms dari nomor ponsel 0857936813** yang berisi sebegai berikut :

(no reply message)
Pelanggan JNE yang terhormat,
Perihal informasi dan kejelasan kiriman JNE bpk/ibu dengan no. Resi #020050010044219 mohon hubungi JNE care Bandung (022) 87301919
#terimakasih

Saya tidak menelepon karena akan memerlukan biaya tambahan dan akan lebih baik jika saya datang langsung ke agen JNE tempat saya mengirim paket. Saya tanyakan perihal sms tersebut dan karyawan menjawab (bahwa terjadi penumpukan barang di Jakarta sehingga barang belum bisa dikirimkan ke kota tujuan dan menyarankan saya menunggu hingga 1 minggu karena estimasinya 3-7 hari), akhirnya saya terima saran tersebut.

Tanggal 19 Januari 2019 status pengiriman berubah dari transit menjadi with delivery courier (Bandung)

Saya pun heran dan mencoba menghubungi no telepon di-sms tsb (JNE telepon pusat Bandung). Dari JNE pusat Bandung saya menerima jawaban jika paket saya tidak lolos uji x-ray dikarenakan berupa powerbank dan paket sudah ada di Agen Cemara Bandung dan bisa diambil kembali

Akhirnya saya ambil sendiri kembali paket ke Agen JNE Cemara Bandung. Dan saya bilang ke karyawannya kenapa gak bilang dari awal kalau tidak bisa kirim powerbank ke Sumatera? Dia jawab iya bu memang tak bisa kan lewat udara, ibu juga kan sudah sering ya kirim keluar kota. Saya jawab iya sering tapi tak pernah kaya gini. Intinya kalau memang tidak bisa kirim powerbank kenapa agen JNE-nya menerima? Sedangkan sudah jelas yang saya kirim itu powerbank !!!

Akhirnya saya ambil kembali paketnya. Dan menanyakan perihal ongkos kirim, dia jawab ongkir bisa dikembalikan 2-3 hari dan itupun dipotong biaya pengiriman dari Jakarta ke Bandung. Saya pun coba konfirmasi ke JNE pusat Bandung dan memang seperti itu prosedurnya. Telepon lagi ke JNE Jakarta percakapan terputus karena saya kehabisan pulsa dan memutuskan untuk tidak menelepon lagi karena akan memerlukan biaya lagi, hanya menambah kerugian saya saja.

Sungguh miris. Perusahaan sebesar JNE hanya memberitahukan paket yang terkendala hanya lewat sms yang tidak bisa dibalas. Apakah konsumen yang harus menghubungi JNE terus menerus? Dari kronologi di atas jelas-jelas kesalahan ada di pihak JNE, kalau memang tidak bisa kirim powerbank kenapa diterima dan diproses?? Seharusnya ada upaya dari pihak JNE untuk menghubungi pelanggan yang mengalami keluhan, bukannya harus pelanggan yang menghubungi JNE.

Dan menurut keterangan dari karyawan JNE ongkirpun akan dipotong biaya kirim dari Jakarta ke Bandung tidak kembali 100%. Saya sangat kecewa dengan pelayanan JNE. Dan sangat disayangkan perusahaan sebesar JNE tidak berusaha telepon langsung ke konsumen yang mengalami kendala. Sebagai pelanggan saya merasa kurang diperhatikan karena dari awal saya yang harus menelepon ke JNE. Pada intinya saya merasa rugi waktu, rugi tenaga, rugi pulsa, rugi ongkir pula akan dipotong biaya pengiriman Bandung – Jakarta.

Kejadian ini saya jadikan pelajaran untuk lebih seleksi memilih ekspedisi pengiriman. Dan semoga ada tanggapan dari pihak JNE mengenai permasalahan yang saya alami.

Terima kasih.

Ari Gumilar
Kota Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai JNE Express:
[Total:17    Rata-Rata: 2.4/5]
Tanggapan JNE atas Surat Bapak Ari Gumilar

Pertama-tama kami ingin menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang dialami oleh Bapak Ari Gumilar mengenai “Pelayanan JNE Memprihatinkan dan Mengecewakan“,...
Baca Selengkapnya

10 komentar untuk “Pelayanan JNE Memprihatinkan dan Mengecewakan

    • 10 Maret 2020 - (03:23 WIB)
      Permalink

      Saya juga mau tanya nih. Saya sering belanja oneline dari berbagai daerah pwngirimannya. Posisi saya di banda aceh. Ada beberapa kali pengiriman pakai jasa jne…dan selalu di sma untuk ambil sendiri paket ke kantornya. Emangnya prosedurnya sudah berubah ya? Kok paket harus jemput sendiri??? Harusnya jne kasih info dong ke konsumen. Jadi klo pun harus tambah biaya…ya kita tambah. Supaya paket di antar ke alamat. Repot sekali kalau harus jemput2 sendiri.

    • 29 Mei 2020 - (09:26 WIB)
      Permalink

      mifta 29-05-2020
      SANGAT KECEWA pengiriman selalu datang terlambat, mengendap digudang yang akhirnya harus merepotkan saya hrs berkali2 datang ke pusat untuk ambil barang saya, dan proses lama sekali. tidak ramah dan tidak bertanggung jawab. saking traumanya, saya kalo belanja online dan dia hanya menyediakan JNE

    • 20 Januari 2019 - (03:27 WIB)
      Permalink

      Kalau anda baca dengan seksama bukan itu yg sy keluhkan, diatas dijelaskan bahwa paket sudah sy ambil lagi dr agen JNE, dan selama kendala ini berlangsung pihak konsumen lah yg hrs aktif menghubungi jne
      Bahkan refund ongkir pun katanya dipotong tidak full 100% kembali itupun prosesnya 2-3 hari

    • 17 September 2019 - (18:52 WIB)
      Permalink

      Logika nya gini. Kalau gk bisa ngirim PB.. kenapa tetep di proses pengiriman nya. Yg di rugikan di sini ada penjual dan pembeli.. rugi waktu rugi uang dll.

  • 7 Januari 2020 - (11:44 WIB)
    Permalink

    Sayapun mengalami pelayanan yang buruk oleh JNE. Sejak tanggal 22 Desember 2019 saya memesan tenda untuk persiapan malam tahun baru bersama keluarga. Tapi hingga tanggal 7 Desember 2020 barang tidak kunjung tiba. tanggal 26 katanya barangnya sudah tiba di Pinrang Sulsel, namun setelah saya cek di kantor JNE justru karyawannya sampaikan masih di Makassar.

    Akhirnya Saya coba untuk cek di Makassar melalui adik saya, informasi yang diberikan pihak JNE bahwa barangnya sudah ada di Pinrang. Saya merasa dipermainkan. Jadi saya cek lagi di JNE kabupaten tanggal 31 jam 3 sore. Namun kami tidak mendapat pelayanan. Karyawan justru menutup pintu meski kami tahu didalam ada orang. Terpaksa kami yang sejak awal telah merencanakan kemah keluarga harus membeli ditoko terdekat agar rencana tidak buyar.

    Hingga sekarang tanggal 7 Januari 2020 tenda yang saya pesan belum juga tiba. Sangat mengecewakan..

  • 16 Februari 2020 - (02:17 WIB)
    Permalink

    SAYA JUGA SAMA KEJADIAN NYA
    SAYA BELI IPAD DARI MAGELANG TANGGAL 12….SAMPE HARI INI BARANG NYA TIDAK JELAS SUDAH DI MANA….TRAKHIR SAYA CEK RESI TANGGAL 12 JAM 11 MALAM MASIH DI MAGELANG BARANG NYA…PIHAK PENJUAL MENANYAKAN LANGSUNG KE PIHAK JNE KATANYA BARANG UDAH DI JAKARTA..DI TELEPON LAGI DI PUSAT KATA NYA BARANG MENUJU KE KOTA TUJUAN…TAPI DI CEK RESI MASIH TIDAK ADA PEMBERITAHUAN SAMPAI SKRNG BARANG ITU ADA DIMANA….KATANYA GAK LOLOS XRAY…KAN KLO GK BISA KIRIM IPAD DARI AWAL BISA DI OMONGIN KLO GK BISA KIRIM…SAYA BUTUH ITU IOAD BUAT KERJAAN…JADI BERANTAKAN SEMUA

    • 16 Februari 2020 - (02:18 WIB)
      Permalink

      SAYA MENGGUNAKAN JNE TIPE YES TAPI BARANG SUDAH 5 HARI GK JELAS ADA DIMANA….KECEWA BERAT SAMA JNE….KERJA NYA BUAT ORNG LAIN JADI TERBENGKALAI

  • 17 Maret 2020 - (19:10 WIB)
    Permalink

    Di hari paket saya datang kurir JNE menghubungi lewat WA dan sudah saya respon. Beberapa waktu kemudian kurir tersebut menelepon, sayangnya waktu itu saya tidak memegang HP. Saat saya cek resi status “penerima tidak di kenal” , disini saya cemas dengan keberadaan paket saya karena tetangga tidak ada yang menerima paket saya juga. Kemudian saya menanyakan kejelasan paket melalui WA , cukup banyak pesan yang saya kirim tp hanya di baca tanpa respon sama sekali. Hari berikutnya saya coba mengirim beberapa pesan lagi dan tetap hanya di baca saja tidak ada respon. Kemudian saya telpon dengan santainya hanya di minta no. Resi , dan di jawab paket sudah ada di kurir. Paket akan diantar siang nanti , saya tunggu sampe sore hampir magrib tp paket blm datang juga. Akhirnya saya telpon lagi, memang diangkat tp hanya suara orang mengobrol dan tertawa kemudian telp saya di matikan . Saya telp lagi sampai berkali kali tp tidak diangkat , saya sedikit tersinggung dan merasa di permainkan Akhirnya saya datangi langsung kartor JNE dan benar paket saya masih ada disana dan orang” disekitar yg sedang asik ngobrol. Saya kecewa di awal katanya peket sudah di kurir ternyata masih ada di kantor. Terlebih saat pesan WA saya hanya di baca tanpa ada respon sama sekali , serta telp yang yang sengaja di matikan dan tidak mau angkat telp di tambah suara becanda dan tertawa. Setidaknya YANG SOPAN DAN MENGHARGAI kalau ada kendala bilang! Jd saya gak bingung . JANGAN BERSIKAP ACUH DAN MENYEPELEKAN seolah saya ini pengganggu , padahal saya hanya menayakan kejelasan barang saya.

 Apa Komentar Anda mengenai JNE Express?

Ada 10 komentar sampai saat ini..

Pelayanan JNE Memprihatinkan dan Mengecewakan

oleh ari gumilar dibaca dalam: 2 menit
10