Kecewa Klaim Garansi Apple Watch yang Dibeli di Blibli.com

Pada tanggal 24 Mei 2018 saya membeli Apple watch series 3 di blibli.com. Tertera produk bergaransi internasional 1 tahun (No. Pesanan: 12014680105).

Pada bulan Oktober 2018 jam tersebut mati (tidak bisa dihidupkan). Saya kemudian menghubungi blibli.com yang kemudian pihak blibli.com meminta saya untuk mengirimkan produk tersebut ke pihak blibli,com untuk diurus klaim garansinya. Setelah barang saya kirim dan diterima oleh pihak mereka, saya diberikan no pengembalian RMA14160 dengan tanggal pengajuan 29 Oktober 2018.

Pada 20 Desember 2018, saya mendapat email dari CS Blibli.com yang isinya sbb:

“Hai Candra Astawa, Mengenai klaim Anda dengan nomor pesanan 12014680105-12018382685 produk Apple Watch Series 3 GPS Nike+ Anthracite Sport Band Smartwatch – Grey Black [42mm] Black. Informasi dari pihak service center bahwa : ​ Produk rusak karena kesalahan pengguna dan dikenakan biaya service. Berikut kami informasikan untuk biaya perbaikan Rp1.750.000. ​Kami tunggu konfirmasi dari Anda. Mohon maaf atas kendala yang Anda alami. Semoga klaim Anda segera terselesaikan.”

Saya kemudian menanyakan perihal “Produk rusak karena kesalahan pengguna”; yang kemudian dijawab pada tgl 21 Desember 2018

“Hai Candraastawa,
Terima kasih atas konfirmasi Anda, sebelumnya mohon maaf atas kendala yang Anda alami dan untuk informasi perihal laporan Anda untuk kesalahannya terdapat pada tamepred (apple watch sudah pernah dimodifikasi) dan sampai saat ini kami tunggu konfirmasi Anda perihal biaya service, apakah Anda bersedia membayar biaya servicenya?

​Kami tunggu konfirmasi Anda atas hal tersebut dan semoga secepatnya dapat terselesaikan terimakasih selamat siang.”

Saya kemudian langsung mengajukan keberatan karena saya tidak pernah melakukan hal tersebut. Begitu rusak langsung saya kirim untuk klaim garansi dan tidak pernah ada modifikasi (tentu saja hal ini subyektif), tapi ketika menerima produk blibli,com seharusnya memeriksa kondisi produk apakah ada cacat atau segel garansi yang rusak sehingga tidak menerima bulat-bulat penolakan klaim.

Kemudian pada 17 Januari 2019, saya dihubungi Bp. Daniel dari pihak blibli.com, saya ditunjukan pihak penolak klaim yaitu QCD Technology Pte Ltd , dengan service report WP18-2472991 (ditunjukkan via WA cuman foto kop surat serta ujung kanan atas service report). Untuk isinya saya disuruh kontak sendiri ke pihak penolak klaim. Ketika saya kontak ke email QCD saya dijawab bahwa service report hanya bisa diberikan kepada pengaju klaim. Bp. Daniel juga menjelaskan bahwa Apple Watch itu tidak bisa diperbaiki dan untuk menariknya saya dikenakan biaya Rp1.750.000,-

Kemudian pada 4 Februari 2019, saya dikontak lagi via WA oleh Bp. Daniel perihal kesediaan saya untuk membayar biaya tsb (yang olehnya kemudian dijelaskan sebagai “denda”), yang saya jawab “tidak bersedia”. Setelah itu tidak ada kejelasan lagi perihal klaim garansi ini.

Kekecewaan saya terhadap pengurusan klaim garansi oleh pihak blibli.com:

  1. Produk saya kirim ke blibli.com, tentunya pihak blibli.com sdh memeriksa kondisi produk, apakah ada cacat, atau segel garansi hilang.
  2. Intinya saya mengajukan klaim garansi, tetapi saya malah dikenakan biaya Rp1.750,000 jika mau Apple Watch saya dikembalikan (dalam keadaan rusak, tidak diservice). Pengurusan klaim garansi macam apa ini ??? Bahkan saat bangkai jamnya hilang, cicilannya pun belum lunas

Terima kasih.

Candra Astawa
Samarinda, Kalimantan Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Garansi Produk di Blibli.com:
[Total:8    Rata-Rata: 1.6/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

5 komentar untuk “Kecewa Klaim Garansi Apple Watch yang Dibeli di Blibli.com

  • 14 Februari 2019 - (12:04 WIB)
    Permalink

    mnr gw harusx anda beli aja di toko konvensional, bantulah pedagang lokal kita, online udah marak penipuan, klo belanja di kota anda misal, barang bisa di cek langsung, terjamin aman, walau mahal dikit, tp berapa sich, buat ngasih mereka rezeki, kita telah masuk abad 21, tp jgn juga jadi korban abad 21.

    • 14 Februari 2019 - (12:54 WIB)
      Permalink

      harga waktu saya beli Rp. 5.493.000,-
      Rp. 1.750.000,- itu bukan ongkos service, tapi ongkos untuk mengembalikan apple watch ke tangan saya, apple watch tsb tidak bisa diperbaiki , informasi terakhir dari Bp. Daniel (blibli.com) . Ueeedan bukan ??? Sdh garansi ditolak disuruh bayar lagi

 Apa Komentar Anda mengenai Garansi Produk di Blibli.com?

Ada 5 komentar sampai saat ini..

Kecewa Klaim Garansi Apple Watch yang Dibeli di Blibli.com

oleh candraas dibaca dalam: 2 min
5