BRI Mengabaikan Proses Lebih Bayar Debitur

Saya debitur PT BRI, Tbk dengan nomor rekening pinjaman 03200100***3103 dari Cabang Kelapa Gading dengan Account contact Andi Sitorus. Pada tanggal 18 Juli 2017, BRI Kelapa Gading mengeluarkan surat perubahan suku bunga dengan mencantumkan angsuran floating rate sebesar 2,693,000 IDR yang ditandatangani oleh Anto Ariyanto, Pimpinan Cabang. Namun kenyataannya sejak Juli 2017 hingga Juli 2018, jumlah yang ditarik dari rekening saya sebesar 2,943,355 IDR. Nilai angsuran baru disesuaikan oleh pihak BRI pada Agustus 2018 setelah saya berhasil menghubungi kantor BRI Kelapa Gading pada 28 Februari 2018 yang diterima oleh Beatrix Natalia dari administrasi kredit.

Email pertama berisi scan surat perubahan suku bunga pada 28 Februari 2018 ternyata tidak diterima dan saya menghubungi kembali dan mengirimkan ulang email pada 04 April 2018. Saya menghubungi kantor cabang karena tidak ingat nama dan nomor telepon account contact saya. Saya memperoleh nama dan nomor account contact dari Beatrix dan saya langsung menghubungi melalui telepon, SMS dan whatsapp pada bulan April dan Mei 2018. Selama masa tersebut, tidak ada pihak BRI yang menghubungi saya mengenai keluhan yang saya sampaikan.

Andi Sitorus akhirnya menjawab telepon saya pada 25 Juli 2018 dan penyesuaian angsuran terjadi pada Agustus 2018. Hal ini terjadi karena administrasi kredit tidak diberi informasi bahwa terdapat perubahan nilai angsuran pada rekening saya. BRI sendiri otomatis menarik dana yang ada dan menyisakan 50,000 IDR sehingga saya sebelumnya tidak bisa memastikan berapa nilai yang ditarik oleh BRI.

Saya juga menanyakan mengenai kelebihan bayar saya selama 1 tahun dan meminta pengembalian dana. Andi Sitorus memberikan update pada 24 Agustus 2018 bahwa pengembalian sedang diproses. 29 Agustus 2018 saya diberi informasi bahwa pengembalian masih dalam proses. Pada bulan September dan Oktober 2018, Andi Sitorus tidak menghubungi saya kalau saya tidak menanyakan update untuk proses saya.

Informasi terakhir pada 10 Oktober 2018 disampaikan bahwa Andi Sitorus sudah follow-up kepada kanwil dan maksimal Senin Minggu selanjutnya kanwil akan menyampaikan info. Hingga hari ini semua SMS dan telepon saya tidak diangkat. Tidak ada pengembalian dana juga kepada rekening saya.

Saya menghubungi kembali BRI cabang Kelapa Gading pada Desember 2018 dan administrasi kredit menginformasikan akan menyampaikan kepada Bapak Andi Sitorus dan pimpinannya untuk menghubungi saya. Namun hingga hari ini, pihak BRI tidak pernah menghubungi saya.

Saya sangat kecewa dengan kinerja BRI khususnya pengelola rekening. Sebelum surat diterbitkan saya pernah berkunjung ke BRI kelapa gading dan melihat bahwa yang bersangkutan hanya duduk-duduk dan berbincang dengan temannya. Apakah BRI tidak memiliki KPI untuk penyelesaian masalah debitur? Apakah BRI tidak memiliki SOP yang jelas mengenai perubahan angsuran yang memastikan system terbaharui dengan baik?

Saya harap pihak BRI membaca dan menghubungi saya untuk penyelesaian karena berdasarkan informasi Bapak Andi Sitorus pengembalian dana sudah diproses sejak Juli 2018. Hingga saat ini tidak ada perubahan alamat dan nomor telepon saya sehingga bila pihak BRI memiliki itikad baik dapat menghubungi saya.

Trastiana
Jakarta Pusat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai Bank BRI:
[Penilaian Rata-rata: 1.5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

Satu komentar untuk “BRI Mengabaikan Proses Lebih Bayar Debitur

 Apa Komentar Anda mengenai Bank BRI?

Ada 1 komentar sampai saat ini..

BRI Mengabaikan Proses Lebih Bayar Debitur

Trastaina Trastiana 2 menit
1