Top Up Saldo OVO Tidak Masuk, Respon CS Terlalu Lama

Saya selalu memakai OVO sebagai aplikasi keuangan pilihan selama ini. Belanja di Tokopedia, GRAB, shoping di toko-toko yang menggunakan pembayaran OVO. Namun kali ini saya dibuat kecewa berat, pasalnya saya melakukan top up pada hari Senin tanggal 1 April 2019 di siang hari sekitar pukul 1 siangan sebanyak 2x, dikarenakan transaksi yang pertama gagal.

Saya melakukan top up sebesar Rp200.000 sebanyak 2x dengan total Rp400.000, dan yang berhasil masuk ke akun saldo OVO saya hanya 200 ribu. Setelah saya cek di rekening, ternyata saldo saya terdebit 2x. Saya menggunakan metode debit card CIMB Niaga untuk top up OVO. Saya langsung pergi ke Bank CIMB Niaga dan juga melaporkan kepada OVO lewat telepon CS.  Menurut keterangan CIMB Niaga bahwa transaksi sudah berhasil dikirimkan ke OVO. Pihak OVO juga mengklaim bahwa sistem mereka sedang mengalami gangguan teknis. Mereka berjanji akan melakukan top up manual sesegera mungkin.

Selang 30 menit OVO mengirimkan saya saldo refund sebesar Rp 100 ribu, di mana tidak sesuai dengan yang saya klaim sebesar Rp200.000. Saya menelepon kembali pihak CS OVO dan mereka bilang segera akan diproses, tetapi sampai malam hari belum juga di-refund sisanya.

Karena saya berfikir untuk top up lagi sudah tidak akan ada masalah, di malam hari sekitar pukul 7 malam saya melakukan top up sebesar Rp 500.000 melalui debit card CIMB Niaga. Hasilnya transaksi di OVO tidak berhasil, namun saldo saya juga terdebit/terpotong. Saya langsung melaporkan kembali masalah saya dengan melampirkan semua bukti capture-an dari transaksi saya lengkap. Namun sampai detik ini mereka hanya bilang sedang tahap penanganan.

Saya kirim bukti melalui email dan balasannya sangat lama. Melalui WA tidak dibaca dan dibaca lama sekali. Kemudian mereka merespon seperti tanggapan robot yang tidak memuaskan pengguna. Saya sudah melakukan telepon ke CS OVO berkali-kali lebih dari 7x. Namun saya dilempar sana sini dengan jawaban yang sama. Dua orang CS OVO telah berjanji untuk melakukan refund dana di hari ini tanggal 2april 2019 sebelum pukul 10 pagi. Namun sampai saat ini tidak ada juga kabar.

Saya merasa ditipu dengan layanan ini. Saya sangat kecewa. Total kerugian saya sebesar Rp 600.000. OVO merugikan saya dan waktu saya. Para customer service tidak melayani dengan baik, saya tidak puas dengan jawaban mereka. Ke mana lagi saya harus melapor? Pihak finance mereka mengaku akan mengecek terlebih dahulu, tapi terlalu lama. Dan untuk apa bukti diberikan berkali-kali kalau tidak ada kemajuan dalam laporan ini? Saya kesal dn saya tidak ikhlas.

Saya tidak akan menggunakan OVO lagi. Cukup dan saya akan terus meminta hak saya. Ini namanya tidak ada kemudahan untuk pengguna tetapi malah kerugian dan kesulitan. Bad service.

Fiska Yolanda
Medan


Update 3/4/2019. Penulis menyatakan masalah di atas sudah diselesaikan dengan baik seperti disampaikan dalam surat berikut:

 

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai OVO:
[Total:10    Rata-Rata: 2.6/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

17 komentar untuk “Top Up Saldo OVO Tidak Masuk, Respon CS Terlalu Lama

  • 2 April 2019 - (14:53 WIB)
    Permalink

    saya sangat khawatir dan taku saldo dana saya tidak di refund. apa lagi saya baca komenan di playstore, dan forum lainnya banyak kejadian masalah seperti saya dan belum juga saldo mereka dikembalikan. jumlah 600rb tidak sedikit. kalau sya tidak melapor tentu tidak akan di respon kan. kejadian ini sudah berulang namun saat ini yang saya tau dengan jelas saat saya mengecheck saldo saya. pdahal dulunya saya percaya percaya saja. dihari yg sama pda pagi hari saya juga melakukan topup sebanyak 4x sebesar Rp 500.000 dan berhasil. namun setelah itu semua transaksi saya bermasalah dan tanggung jawab dari ovo tidak memuaskan lama dan sc seperti robot. saya tidak bisa percaya dan trauma untuk menggunakan ovo lagi. perusahaan sekelas ovo bisa bermasalah seperti ini sangat disayangkan. dengan jumlah dana 600rb saja tidak bisa di selesaikan. tolong jangn tahan uang nasabah kalian.

  • 2 April 2019 - (18:46 WIB)
    Permalink

    Ya memang cukup banyak orang yang sulit ataupun tidak terlalu percaya dengan komen2 maupun pengalaman2 buruk orang lain, karena tawaran promo yang bertubi-tubi & terlalu menggiurkan. Merasa bahwa entah cerita2 negatif itu sekedar black campaign ataupun sekedar “apes.”
    Baru setelah “apes” tersebut jatuh menimpa diri sendiri, barulah diri sendiri sadar, bahwa ternyata komen & share pengalaman dari orang2 lain itu adalah bukti ke-kurang-kompeten-an si penjual jasa/produk, menggambarkan kurang mantap & amannya produk yang ditawarkan, & justru seharusnya bisa menjadi warning alias lampu kuning tanda bahaya bagi diri sendiri.
    Sayang banyak orang masih menganggap lampu kuning itu sama saja dengan lampu hijau, & malah tambah tancap gas.

  • 2 April 2019 - (19:48 WIB)
    Permalink

    Apakah saldo kalian sudah di refund? Dari pihak ovo bilang mereka akan refund sedang proses maksimal 5 hari kerja. Dan ini sudah masik hari ke 2

      • 3 April 2019 - (17:01 WIB)
        Permalink

        Masalah saya dengan ovo sudah beres mbak. Dan penuh perjuangan sekali untuk menyelesaikan nya. Tapi syukur dan saya cukuplah seperti ini. Thanks buat @ovo_id untuk penyelesaiannya.

  • 3 April 2019 - (16:59 WIB)
    Permalink

    Masalah saya dengan ovo sudah clear dan beres. Tapi penuh perjuangan untuk bisa selesai waktu singkat.

      • 3 April 2019 - (17:10 WIB)
        Permalink

        Jam 10 leat 13 menit pagi semua saldo saya telah di topup kan. Ya saya tlp ovo sudah 20x pagi siang sore malam. Tiada henti saya minta kejelasan saldo saya. Tp ya saya puas sudah beres. Ga sakit hati dan sakit kepala lagi mikir nya. Walaupun saya habis pulsa. Ya semoga punya mbaknya cepat kelar juga hari ini ya.

        • 3 April 2019 - (17:12 WIB)
          Permalink

          Berarti mesti tlp trus ya. Spam dia.. ya mba mdh2an.. pusing saya.. mau pake ga bisa

    • 2 Mei 2019 - (03:01 WIB)
      Permalink

      Mba mau tanya mba mendapatkan refund dari pihak ovonya berapa hari ya mba. Soalnya saya juga mengalami masalah yang sama. Saya sudah coba email dan telpon tapi sampe saat ini saldo belum masuk2 dari pihak ovonya

  • 16 Juli 2019 - (14:05 WIB)
    Permalink

    Saya juga mengalami top up ovo
    Sampai 3 hari ini saldo saya belum masuk
    Tlp cs sllu sutuh menunggu
    Mohon bantuanya

  • 17 September 2020 - (11:07 WIB)
    Permalink

    @ovo_id tolong saya juga punya permasalahan yang sama.
    nomor laporan saya 10310103.
    di email dan ditelpon cuma disuruh menunggu terus.
    tolong ditanggapi thx…

 Apa Komentar Anda mengenai OVO?

Ada 17 komentar sampai saat ini..

Top Up Saldo OVO Tidak Masuk, Respon CS Terlalu Lama

oleh fiska yolanda dibaca dalam: 2 menit
17