Beli Tiket Online di Airpaz.com, Sistem Reservasi Tidak Real Time

Hari ini tanggal 9 April sekira pukul 15.00 saya melakukan 3 reservasi melalui Airpaz.com untuk tiket Air Asia. Setelah mendapatkan konfirmasi bahwa reservasi sudah dibuat, dengan kode booking dan ada time limit, kode: QZFCES8C, QZFUAP5M, QZL4CLQ2 dan diberikan batas waktu pembayaran/time limit sekitar 56 menit.

Saya melakukan pembayaran hanya sekitar 5 – 15 menit setelah booking dibuat.

Setelah menunggu beberapa saat, hanya masuk 1 email bahwa kode booking sudah berhasil dan tiket dikirim. Namun untuk 2 kode booking tidak dikirimkan email e tiketnya, sampai akhirnya kami call ke perusahaan tsb. Diinformasikan bahwa agar menunggu beberapa saat untuk menerima email e-tiket.

Namun beberapa saat kemudian, masuk email, bahwa salah satu kode booking yang tidak dikirimkan tiketnya, ternyata dibatalkan. Tidak lama masuk lagi email voucher dana refund sejumlah dana yang direfund. Beberapa saat, muncul email yang sama untuk kode booking berikutnya.

Saya langsung call ke call center dan menanyakan persoalannya secara detail. Diinformasikan Sdr Ian, bahwa ternyata infonya dicancel Air Asia. Hal yang aneh. untuk perusahaan yang katanya online travel agent, ternyata mereka TIDAK MELAKUKAN RESERVASI SECARA REAL TIME. Rupanya reservasi dilakukan manual, setelah klien bayar, baru dilakukan reservasi ke AirAsia. Sehingga kemungkinan besar ada gap waktu yang menyebabkan adanya perubahan harga. SUNGGUH AMAT SANGAT ANEH, perusahaan yang mengaku ONLINE TRAVEL AGENT, tapi melakukan proses reservasi secara manual.

Akhirnya kami memberikan ultimatum, dikirimkan tiket sesuai dengan konfirmasi dan pembayaran yang sudah dilakukan atau kembalikan dana hari ini juga. Namun dikatakan CS Suryadi, bahwa proses refund butuh 1-7 hari. Yang artinya, duit konsumen akan mengendap di perusahaan tersebut. Padahal, dana seharusnya diperlukan untuk pembelian tiket yang gagal dipenuhi oleh AIRPAZ.

Saya berkesimpulan, bahwa AIRPAZ.COM sangat amat tidak profesional dan tidak bisa disebut ONLINE TRAVEL AGENT, karena prosesnya yang manual. Patut diduga ada modus lain, untuk mengumpulkan cash dari customer, karena proses refund yang butuh waktu atau refund berupa voucher. Setelah diultimatum, sekitar 15 menit kemudian, dana dikembalikan ke rekening yang saya informasikan.

Namun kami sudah mengalami kerugian, karena mungkin gap waktu mengakibatkan kami harus membayar haga tiket yang lebih mahal. Dan apabila kami tidak keras, kemungkinan, dana tidak akan bisa refund seketika, padahal dana diperlukan untuk beli tiket lain.

Saran, hati-hati dalam memilih online travel agent baru yang banyak bermunculan, jangan-jangan metodenya tidak real time seperti yang dilakukan Airpaz. Informasi tambahan, kejadian ini sudah yang kedua kali, awalnya kami beranggapan memang kesalahan teknis sistem. Tapi ternyata setelah dijelaskan, memang metodenya yang tidak real time.

Didiet Yoen
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Airpaz:
[Total:5    Rata-Rata: 2.8/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

 Apa Komentar Anda mengenai Airpaz?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Beli Tiket Online di Airpaz.com, Sistem Reservasi Tidak Real Time

oleh didietyoen dibaca dalam: 2 menit
0