Penipuan oleh Pelapak di Bukalapak Kian Marak

Nama saya David Pribadi (ID Bukalapak : davidpribadi93), nomor transaksi bermasalah: 191981731235.
Saya sadari bahwa saya termasuk konsumen yang lalai sehingga terhasut oleh penjual yang mengatasnamakan Bukalapak untuk mentransferkan uang sebesar Rp4.334.177 ke rekening Bukalapak.

Kronologinya ialah penjual tersebut menelepon saya dan mengatasnamakan pihak Bukalapak. Kemudian dia menyuruh saya untuk mentransferkan kembali dengan alasan bahwa server Bukalapak sedang down, sehingga pembayaran pertama saya sebesar Rp4.325.459 di-cancel. Oleh sebab itu uang saya dikembalikan ke saldo BukaDompet saya.

Dengan alasan bahwa jika pesanan ingin dilanjutkan, penjual tersebut menelepon saya dan menginformasikan bahwa saya akan dikirimi SMS dengan kode yang sama namun dengan kode unik/nominal yang berbeda, sehingga proses transaksi dapat dilanjutkan lagi dalam kurun waktu 1 jam. Dia juga menginformasikan bahwa transfer pertama saya sudah dapat di-refund kembali ke rekening saya.

Memang saya akui saya salah, karena setelah uang pembayaran pertama saya kembali, pihak tersebut mengirimkan SMS dengan nominal yang berbeda. Karena terlalu yakin nomor tujuan transfer saya adalah rekening Bukalapak, tanpa pikir panjang saya transferkan sejumlah Rp4.334.177.

Namun setelah 1 jam berlalu, tidak ada perubahan di kolom transaksi aplikasi Bukalapak saya. Saya pun sadar ada hal janggal yang terjadi, kemudian saya laporkan ke pihak call center Bukalapak. Namun reaksi dari pihak Bukalapak hanya sebatas memblokir penjual tanpa ada follow up lebih lanjut.

Yang saya sangat sesalkan, apakah hanya sebatas ini tingkat safety dan rescue dari pihak Bukalapak yang merupakan online shop terbesar di Indonesia. Banyak masyarakat/konsumen Bukalapak yang masih belum mampu mem-protect diri mereka dari pihak yang tidak bertanggung jawab seperti ini (kejahatan phissing). Seharusnya pihak Bukalapak lebih sigap dan teliti kembali agar konsumen tidak dikecewakan seperti ini terus.

David Pribadi
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Sistem Keamanan Bukalapak:
[Total:16    Rata-Rata: 2.1/5]
Tanggapan Bukalapak atas Surat Bapak David Pribadi

Dengan Hormat, Terima kasih atas hubungan yang terjalin dengan baik antara Bukalapak dan MediaKonsumen.com selama ini. Sehubungan dengan dimuatnya Surat...
Baca Selengkapnya

Loading...

4 komentar untuk “Penipuan oleh Pelapak di Bukalapak Kian Marak

  • 27 April 2019 - (15:13 WIB)
    Permalink

    Untuk lebih ratusan x transaksi dibukalapak
    Alhamdulillah aman,,
    Walaupun ada beberapa sedikit masalah dengan penjual ataw merasa janggal dengan transaksi yg ada langsung z hubungi CS Bukalapak 24 jam pasti membantu,
    Kayaknya hal diatas bukan semata kesalahan Bukalapak tetapi human error dari pengguna nya sendiri

  • 28 April 2019 - (16:34 WIB)
    Permalink

    bukalapak cuma perlu dirapihkan saja, kadang yang pakai jadi kurang yakin, tapi sejuh ini gak pernah dapat masalah

  • 29 April 2019 - (14:20 WIB)
    Permalink

    Agan bukan korban pertama dan terakhir dari modus penipuan seperti ini di Bukalapak. Modus seperti ini sudah lama dan sering terjadi dengan memanfaatkan celah verifikasi otomatis dari transfer dengan kode uniknya. Pihak Bukalapak sepertinya gak punya solusi buat menutup celah ini. ???

    Seharusnya Bukalapak lebih memperketat verifikasi para pelapak di platform mereka. Sampai saat ini belum pernah ada berita tentang penipu yg berkedok pelapak yg diproses secara hukum. Makanya mereka semakin leluasa saja. ???

 Apa Komentar Anda mengenai Sistem Keamanan Bukalapak?

Ada 4 komentar sampai saat ini..

Penipuan oleh Pelapak di Bukalapak Kian Marak

oleh David Pribadi dibaca dalam: 1 menit
4