Kecewa dengan Aturan Pengembalian DP Lavon Swan City Tangerang

Pada tanggal 28 Desember 2018 saya melakukan transaksi pembayaran booking fee untuk unit di perumahan Lavon Swancity Tangerang dengan surat konfirmasi EN/4-.8-50. Dimana dalam surat konfirmasi ini diatur pembayaran booking fee sebesar Rp10.000.000 dan DP sebesar 10% dari harga jual unit dan bisa dicicil sebanyak 12x sebesar Rp9.075.000/bulan. Dari awal transaksi booking fee ini saya sudah menanyakan kepada tim sales apabila nantinya pengajuan KPR saya tidak disetujui oleh pihak bank dan tim sales menginformasikan apabila 2x pengajuan ke bank yang berbeda dan KPR tidak disetujui maka uang DP akan dikembalikan 100%.

Permasalahan muncul ketika pengajuan KPR saya tidak disetujui oleh bank dan saya meminta pengembalian uang DP yang sudah saya bayarkan ke developer. Pihak developer waktu itu diwakili oleh sales admin bernama Mbak Lintang dimana dia menjelaskan untuk pengembalian DP apabila KPR ditolak bisa dikembalikan 50% atau kembali 100% dengan ketentuan unit sudah dibeli oleh customer baru dan dipotong biaya admin 3% dari harga jual rumah (bukan total DP yg saya bayarkan).

Dengan informasi di atas tentunya saya sangat keberatan karena ternyata peraturan tersebut merunut ke peraturan PPJB yang dimana hingga saat ini saya tidak pernah di informasikan serta menandatangani surat PPJB dari pihak developer. Satu-satunya surat yang saya tanda tangani adalah formulir pemesanan yang didalamnya hanya mengatur pembayaran booking fee yang non-refundable dan di surat tersebut pun tidak ada materai.

Atas keberatan yang saya ajukan akhirnya saya dibantu oleh Ibu Fang Fang dari pihak LAVON yang menyarankan saya untuk menulis surat keberatan dikarenakan pembayaran DP saya diluar PPJB. Saya pun sudah mengirimkan surat keberatan ke alamat email yang dikasih, tapi hingga 3 bulan tidak ada respon dari pihak LAVON, hingga akhirnya saya di pertemukan oleh Ibu Fang Fang dengan Ibu Astrid (perwakilan dari legal dan manajemen). Namun sangat mengecewakan apa yang disampaikan oleh Ibu Astrid pun memberikan saya penawaran pengembalian DP 50% dari total DP yang saya bayarkan dengan dalih aturan dari manajemen.

Saya sungguh kecewa dengan pihak developer LAVON SWANCITY Tangerang yang tidak profesional dan dengan seenaknya memotong pengembalian DP customer tanpa dasar aturan yang jelas dan dengan nominal yang sangat besar yaitu 50% dimana sekali lagi saya tegaskan saya hanya menandatangani surat konfirmasi pemesanan yang mengatur booking fee. Hati-hati buat customer lain yang berniat melakukan pembelian unit di LAVON SWANCITY Tangerang jangan sampai uang DP yang sudah anda tabung dengan susah payah dipotong seenaknya oleh pihak developer tanpa aturan yang jelas.

Hormat saya.

Mochammad Helmi
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai Lavon Swan City Tangerang:
[Penilaian Rata-rata: 1.3]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

 Apa Komentar Anda mengenai Lavon Swan City Tangerang?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Kecewa dengan Aturan Pengembalian DP Lavon Swan City Tangerang

Mochammad Helmy 2 menit
0