Kartu Kredit DigiBank kena Annual Fee: ‘Jebakan atau Lalai?’

Saya ingin menuliskan keluhan saya mengenai pengalaman saya ditagih Annual Fee ANEH dari Kartu Kredit Digibank (DBS).

21 Desember 2018 saya mendapat telpon dari bu Alia dan beliau menawarkan pengajuan kartu kredit Digibank dengan segala promo dan reward-nya. Dia juga bilang kalau ini FREE Annual Fee, Tanpa Syarat! Maka dari itu saya mengiyakan untuk dicoba pengajuannya. Saya tidak pernah melakukan pengisian formulir, hanya memberikan data yang diminta Alia. Alia mengaku mengondisikan pengajuan kartu kredit tersebut. Alia meminta saya menjawab sesuai aplikasi jika ditelepon analis. Dalam hal ini saya tidak pernah melakukan tanda tangan apapun atas pengajuan kartu tersebut.

Kira kira Februari 2019, saya menerima kartu dalam keadaan terbuka. Saya menghubungi call center di 0804 1500 327 untuk melakukan pemblokiran dan meminta kartu diganti. Tidak lama sejak itu, sekitar akhir April 2019, kartu kredit dikirimkan ke alamat kantor saya dan telah saya terima (nomor kartu 4157 36** **** 33** – jenis Digibank Live Fresh Visa). Pada tanggal 18 Mei 2019, saya melakukan transaksi pertama di sebuah SPBU.

Pertengahan bulan Juni, saya iseng buka aplikasi Digibank saya dan menemukan ada tagihan sebesar Rp300.000,- dengan keterangan Annual Fee! #*&%&#@ What???

Tidak ada tagihan baik via email maupun tagihan cetak yang saya terima! Jika saya tidak membuka aplikasi Digibank, maka saya tidak akan pernah tahu ada keanehan tersebut. Kenapa aneh?

  1. Alia menginformasikan tidak ada annual fee dan tanpa syarat.
  2. Tidak ada email tagihan yang saya terima baik elektronik maupun cetak.
  3. Alasan dikenakan Annual Fee karena saya tidak menggunakan kartu setelah 2 bulan diaktifkan. Padahal sejak saya terima kartu bermasalah dan saya blokir. Saya baru terima kartu pengganti akhir bulan April 2019 dan langsung saya gunakan transaksi pertama pertengahan Mei.

Lalu, saya pun menelepon ke call center DBS pada akhir Juni 2019, namun direspon akan membuatkan laporan penghapusan dan akan menghubungi saya kembali. Namun sampai hari ini tidak ada kabar dan saya menghubungi kembali call center dengan no laporan 20190701-3189 (Senin, 1 Juli 2019).

Saya ceritakan keanehan saya dan mengajukan komplain untuk penghapusan annual fee (tagihan) tersebut, karena tidak masuk akal! Dan Officer Pria yang melayani pun membuatkan laporan komplain annual fee, dijanjikan akan diproses 9 hari kerja.

Malam harinya saya coba hubungi Alia dan nomor saya langsung diblokir, saya sangat kecewa atas kasus ini. Saya membaca beberapa komplain, salah satunya atas nama Yosef Sigit Arifianto. Pengalaman beliau hampir serupa dan saya menemukan banyak komentar di pengaduan beliau serupa dengan kasus kami.

Saya menunggu respon dan tindak lanjut kasus ini karna terindikasi fraud dan ketidakprofesionalan marketing.
Sales sudah mengakui lalai dalam memberi informasi.

Regards,

Erwin Bangun
Jakarta Barat 11830

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Kartu Kredit Bank DBS:
[Total:5    Rata-Rata: 2.4/5]
Tanggapan Bank DBS Indonesia atas Surat Sdr. Erwin Bangun

Redaksi Surat Pembaca MediaKonsumen.com Yth., Pertama-tama, kami ingin mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya atas dukungan yang telah diberikan MediaKonsumen.com...
Baca Selengkapnya

Loading...

Satu komentar untuk “Kartu Kredit DigiBank kena Annual Fee: ‘Jebakan atau Lalai?’

  • 4 Juli 2019 - (11:47 WIB)
    Permalink

    pengalaman yang sama juga saya rasakan.
    saya mendapat tawaran kartu kredit Digibank by DBS dengan jenis Live Fresh juga. Diberi janji yang sama free Annual Fee. Proses pengirimannya pun sangat lama, sejak sms mengenai pengajuan sudah berhasil sampai kartu sampai, memakan waktu sekitar 3 bulan lama nya. Setelah diaktifkan bulan selanjutnya muncul Annual Fee 300.000, merasa tak terima saya protes melalui call center mengenai penghapusan Fee tersebut. Akan tetapi saya disarankan untuk membayar Fee tersebut terlebih dahulu agar tidak mendapat denda jika melewati jatuh tempo. Dengan berat hati saya bayarkan Fee 300.000 tersebut, puji syukur dibulan selanjutnya dana 300.000 tersebut benar dikembalikan dengan cara memotong besar tagihan dibulan selanjutnya sebesar 300.000.

    Sungguh pengalaman yang tidak menyenangkan memang, janji marketing dengan sistem pembebasan fee nya tidak sama. Hanya saya cukup bersyukur pada akhirnya fee nya memang dikembalikan. Setelahnya belum ada masalah lain di kartu kredit DBS milik saya sampai hari ini.

 Apa Komentar Anda mengenai Kartu Kredit Bank DBS?

Ada 1 komentar sampai saat ini..

Kartu Kredit DigiBank kena Annual Fee: ‘Jebakan atau Lalai?’

oleh Erwin Bangun dibaca dalam: 2 min
1