Pesanan Dibatalkan Otomatis oleh JD.ID, Refund Dana Belum Kembali

Saya melakukan pembelian di JD.ID dengan order transakasi 267073894 pada tanggal 28 Mei 2019 menggunakan metode pembayaran online payment, bukan dengan kartu kredit, dan secara sistem batal otomatis jika dalam 3 hari tidak dikirimkan oleh pihak penjual. Saya mendapatkan email pada tanggal 11 Juni dan 27 Juni 2019 dari Customer Service JD.ID bahwa pengembalian dana akan dilakukan 1-3 hari kerja.

Live chat pun sering saya hubungi, pihak terkait pun menyatakan “proses terhitung sejak pesanan terbatalkan pada 2019-06-04, mohon ditunggu untuk maksimal pada 24 Juni 2019 untuk proses pengembalian dananya”. Persyaratan untuk mutasi rekening sudah saya berikan baik via email ke cs@jd.id ataupun via live chat.

Sampai pada saat ini saya menuliskan surat pembaca, refund dana belum kembali, dan waktu estimasi yang diberikan tidak sesuai dengan apa yang dikatakan pihak terkait dan ketentuan pengembalian dana.
Mohon agar pihak terkait dapat menyelesaikan refund dana yang dibatalkan secara otomatis oleh sistem.

Terima kasih.

Antonius Hendrik Franki
Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai JD.ID:
[Total:6    Rata-Rata: 1.8/5]
Tanggapan JD.ID atas Surat Pembaca Antonius Hendrik

Menanggapi surat keluhan yang ditujukan pada kami oleh Antonius Hendrik pada 4 Juli 2019 di halaman ini, kami dari JD.ID...
Baca Selengkapnya

5 komentar untuk “Pesanan Dibatalkan Otomatis oleh JD.ID, Refund Dana Belum Kembali

    • 4 Juli 2019 - (23:16 WIB)
      Permalink

      Mba zelvia pernah mengalami hal yang sama, berapa lama refund dana nya ?

  • 4 Juli 2019 - (19:49 WIB)
    Permalink

    Saya heran dengan kejadian2 yang beginian: ini proses refund by system (otomatis) atau manual sih? Kok terasa “seperti disengaja” tidak diprogramkan untuk berlangsung otomatis secara komputasi: status order batal/cancelled –> start proses refund & kemudian otomatis dieksekusi, secara sudah ada nomor rekening yang digunakan untuk melakukan payment di awal. Apalagi ini sudah dikonfirmasikan lagi (secara manual, oleh CS) nomor rekening tujuan refund. Kalaupun tidak otomatis dieksekusi oleh komputer, kan tinggal approval saja dari manusia/supervisor, semacam seperti kalau kita buka rekening baru di bank: CS input semua data, nasabah tanda tangan, supervisor tinggal kasih approval & tanda tangan pula.

    Kemudian, bukannya langsung secepatnya diproses (asumsi saya sih seharusnya kan “7-14 hari kerja” itu untuk proses settlement bank, bukan untuk waktu pemrosesan manual pelaksanaan refund), malah ditunda-tunda (untuk menghabiskan jatah 14 hari kerja?) & s.d. sekarang masih saja belum clear apa yang terjadi.

    Kalau benar bahwa segala sesuatu yang terkait dengan pelaksanaan refund mesti/harus dikerjakan secara manual & tidak bisa (?) diprogramkan/dilakukan secara otomatis, konsumen bisa timbul kecurigaan bahwa kejadian “batal otomatis (tanpa inisiatif dari konsumen/buyer)” adalah semacam modus untuk “pinjam paksa” dana dari konsumen.

    & kalaupun kecurigaan tersebut tidak benar, lagian ngapain juga pelaksanaan refund (yang harus dilakukan secara manual tersebut?) ditunda-tunda: kejadian sudah jelas (order terbatalkan), bahkan terbatalkan otomatis, konsumen sudah mengirimkan verifikasi data, lah masakan SDM jd.id tidak mampu memproses (manual?) pelaksanaan refund tersebut dalam waktu 1 2 hari? Emang sebegitu sedikitnyakah SDM yang ada & sebegitu banyaknya kah refund yang mesti diproses (secara manual) tersebut?

    Jadi mana nih alasan sesungguhnya: kekurangan SDM, kekurangan dana segar, atau hanya sekedar kualitas pelayanan konsumen yang jelek saja?

    Sementara di SEMUA transaksi online, konsumen paling banyak cuma diberi waktu 24 jam untuk melaksanakan pembayaran. Ini sudah minta waktu 3 minggu kalender, masih luput juga.
    So sad.

    • 5 Juli 2019 - (01:15 WIB)
      Permalink

      Saya sempat sepemikiran dengan pak @samuel wijaya. Saya sudah bersabar mengikuti ketentuan pengembalian dana yang ada di Jd.id selama 7-14 hari kerja, ketika sudah melewati batas estimasi waktu yang telah diberikan, saya sering menanyakan sudah pada sampai tahap mana proses refund dan jawaban yang diberikan sering mengulur waktu dan akan dibuatkan pelaporan ke bagian finance untuk refund dana, dan diharapkan sering melakukan pengecekan mutasi rekening.
      Lalu apakah pekerjaan saya cuma hanya komplain dan melakukan pengecekan mutasi setiap hari. Jika jawaban ini hanya untuk meredakan pihak konsumen, dan bukan kepastian, sampai kapan batas kesabaran yang hanya cuma janji belaka. Lalu bagaimana dengan tulisan yang ada pada ketentuan pengembalian dana di JD.id.

      Apakah JD.id tidak mengindahkan aturan tentang Undang-undang perlindungan Konsumen Pasal 16 dan 19 ayat 1,2, dan 3.

      Besar harapan saya kepada media konsumen adalah sebagai jembatan agar masalah yang dihadapi bagi tiap konsumen dapat terselesaikan.

  • 2 November 2020 - (20:22 WIB)
    Permalink

    Saya jg mengalami hal serupa pesanan saya di cancel sepihak oleh jd.id dan permintaan untuk refund dana jg berbelit Belit ,katanya refund dana otomatis masuk ke JD balance dalam waktu 24 jam tp sampai 5 hari saya cek saldo JD balance saya masih nol.gmn dong JD ID jangan kecewakan pelanggan kalo begini caranya reputasinya bisa jelek dan banyak pelanggan yg kabur.dan saya merasa sangat dirugikan.

 Apa Komentar Anda mengenai JD.ID?

Ada 5 komentar sampai saat ini..

Pesanan Dibatalkan Otomatis oleh JD.ID, Refund Dana Belum Kembali

oleh Antonius Hendrik Franki dibaca dalam: 1 menit
5