Zomato Gold Tidak Bertanggung Jawab atas Masalah Transaksi Kartu Kredit

Pada tanggal 19 Februari 2019, saya memutuskan untuk bergabung dengan program promo Zomato Gold dengan harga Rp175 ribu setelah discount untuk masa keanggotaan selama 1 tahun. Setelah saya melengkapi data yang diperlukan untuk pembayaran menggunakan kartu kredit Standard Chartered, sepertinya terjadi masalah koneksi dan transaksi dinyatakan gagal oleh Zomato Gold Indonesia (Zomato) dan saya mendapatkan notifikasi bahwa bila transaksi tersebut di-charge maka dana akan dikembalikan dan saya diminta untuk mencoba kembali, dan pada percobaan kedua menggunakan kartu kredit yang sama transaksi dinyatakan berhasil dengan nomor invoice ZG/18-19/00094/41342.

Ternyata memang benar bahwa transaksi saya ter-charge sebanyak 2x di kartu kredit saya. Setelah menunggu sekitar 2 minggu, saya cek tidak ada pengembalian dana ke limit kartu kredit saya untuk transaksi yang gagal tersebut, sehingga saya memutuskan untuk menghubungi pihak Zomato lewat alamat email Goldid@zomato.com, dan saya mendapatkan balasan bahwa dana secara otomatis kembali dalam estimasi waktu 7 – 14 hari kerja, disesuaikan dengan kebijakan bank masing-masing dan jika dalam estimasi waktu tersebut dana belum kembali, disarankan untuk menghubungi bank terkait untuk keterangan lebih lanjut.

Lalu saya menghubungi pihak kartu kredit Standard Chartered (SCB) mengenai transaksi yang dikatakan “refund otomatis” dari pihak Zomato Gold, dan akan dilakukan penelusuran lebih lanjut oleh pihak SCB Hal ini saya tunggu sampai akhirnya pada tanggal 22 Mei 2019 saya mendapatkan surat resmi dari Pihak SCB bahwa transaksi yang double charge tersebut adalah valid dan tidak ada proses refund yang diterima oleh pihak SCB seperti yang selalu didengungkan oleh pihak Zomato.

Kembali saya menghubungi pihak Zomato dengan melampirkan bukti-bukti yang diberikan oleh pihak SCB, namun balasan yang saya terima sangat mengecewakan, dimana kembali mereka mengatakan bahwa “Seharusnya” sudah dikembalikan dan diminta untuk kembali berurusan dengan pihak SCB yang mana jelas-jelas mereka sudah memberikan semua data-data valid bahwa transaksi dinyatakan berhasil.

Tidak ada tanggung jawab maupun inisiatif baik sama sekali dari pihak Zomato untuk menghubungi pihak SCB dan hanya bersikeras bahwa dana sudah dikembalikan. Memang bagi sebagian orang uang sejumlah Rp175 ribu bernilai tidak signifikan, tetapi tetap itu merupakan hak konsumen yang harus menjadi tanggung jawab dari masing-masing penyedia jasa.

Heru Satyawan Dharmadi
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Zomato:
[Total:2    Rata-Rata: 2/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

 Apa Komentar Anda mengenai Zomato?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Zomato Gold Tidak Bertanggung Jawab atas Masalah Transaksi Kartu Kredi…

oleh Heru Dharmadi dibaca dalam: 1 menit
0