Buruknya Penanganan Komplain Akulaku

Selamat sore,

Saya Rizki Saputra, nasabah Akulaku. Saya menulis surat pembaca karena saya sudah lelah dengan penanganan pihak Akulaku yang sama sekali tidak memberikan kejelasan terkait keluhan saya. Saya ceritakan kronologi lengkapnya sebagai berikut:

Pada tanggal 3 Juli 2019 saya memesan sebuah LAPTOP merk Lenovo IdeaPad dengan nomor pesanan 156215131128065677827 melalui merchant Tehno Store lewat aplikasi Akulaku, dengan rincian biaya DP Rp438.000 dan cicilan per bulan Rp480.000. Selesai saya bertransaksi dan membayar DP-nya, saya lihat pesanan status saya sudah diproses.

Sekitar tanggal 7 saya mulai bingung kenapa tidak ada konfirmasi pesanan saya sudah dikirim. Setelah saya cek di tanggal 9 ternyata barang pesanan saya melalui jasa SI CEPAT dengan nomor RESI 000261020334 salah kirim oleh merchant Tehno Store Akulaku. Saya kemudian menghubungi pihak Akulaku di nomer 1500920 dan jawaban pertama, akan dicek dan dieskalasikan ke pihak terkait.

Saya juga sempat chat dengan pihak merchant di aplikasi Akulaku dan jawabannya memang salah dan akan update pengirimannya kembali. Pihak Akulaku minta saya menunggu paling lambat 3-5 hari. Saya tunggu dan tanggal 11 Juli saya lalu menghubungi kembali dan jawaban CS Akulaku masih sama, saya diminta menunggu.

Kemudian di tanggal 15 Juli sesuai estimasi yang pihak Akulaku berikan ke saya, saya hubungi kembali lagi CS Akulaku dan jawabannya masih harus menunggu, dan ditambahkan sekarang jawaban mereka tidak tahu sampai kapan saya harus menunggu. Tanggal 18 Juli saya hubungi kembali dan lagi-lagi saya diminta menunggu tapi tidak ada kejelasan sampai kapan saya harus menunggu, sementara di tanggal 25 Juli tagihan saya sudah keluar untuk tagihan barang Laptop yang belum saya terima.

Tanggal 22 saya hubungi kembali, saya sudah mulai frustasi karena pihak Akulaku sendiri tidak pernah bisa memberikan jawaban yang jelas. Saya sudah buat laporan dengan email, DM via Instagram dan via telepon CS berkali-kali jawabannya hanya menunggu dan akan diteruskan ke pihak terkait. Di hari berikutnya tanggal 23 Juli, jawabannya masih sama, menunggu tanpa ada kejelasan. Di hari berikutnya pun tanggal 24 Juli lagi-lagi tidak ada jawaban dan kejelasan yang bisa saya terima.

Dan hari ini tanggal 25 Juli, saya lihat status pemesanan saya di aplikasi berubah menjadi barang sudah diterima pukul 01:02 pagi. Saya sama sekali tidak pernah menerima barang dari Akulaku sampai saat ini. Saya lalu menghubungi kembali Akulaku dan seperti biasa, saya hanya diminta menunggu tanpa ada kejelasan sampai kapan masalah pesanan saya akan diselesaikan.

Yang membuat saya sedikit emosi saya diminta membayarkan dulu tagihan laptop nya oleh CS AKULAKU untuk barang yang sama sekali belum pernah saya terima. Saya komplain dan lagi-lagi jawbannya hanya menunggu, tanpa ada kejelasan. Sampai detik ini pun pihak Akulaku tidak ada yang menghubungi saya untuk minta maaf atau pun klarifikasi masalah saya.

Begitulah kronologi lengkapnya. Saya hanya berharap pihak Akulaku menyelesaikan masalah saya ini. Saya sudah amat kecewa dan saya sudah mengajukan proses cancel, tapi pihak Akulaku berkata akan diproses, dan jawaban ini yang setiap hari saya terima. Sebagai perusahaan besar hal yang berhubungan dengan kepuasan dan pelayanan pelanggan harusnya jadi perhatian lebih untuk pihak Akulaku.

Saya harap dengan saya menulis ini semua di surat pembaca, masalah saya bisa diselesaikan. Akan jadi pengalaman berharga sekali buat saya sendiri, dan untuk pelajaran juga buat semua pembaca. Akhir kata saya ucapkan terima kasih, semoga ada solusi dari pihak Akulaku untuk masalah saya ini.

Rizki Saputra
Bekasi Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai Akulaku:
[Penilaian Rata-rata: 2.5]
Tanggapan Akulaku atas Surat Pembaca Rizki Saputra

Menanggapi dimuatnya Surat Pembaca di Mediakonsumen.com yang ditulis oleh Rizki Saputra pada tanggal 26 Juli 2019 dengan judul “Buruknya Penanganan...
Baca Selengkapnya

Loading...
Tentang Penulis
Rizki Saputra  

Hidup jangan di buat susah

6 komentar untuk “Buruknya Penanganan Komplain Akulaku

  • 26 Juli 2019 - (18:01 WIB)
    Kalau kurir sicepat pasti ada notifikasi yang diterima lewat SMS bahwa barang sudah dikirimkan. Apakah sudah menerima notifikasinya
    • 26 Juli 2019 - (18:12 WIB)
      awal nya ada , tp si penerima ada di bogor , bukan dialamat yang saya cantumkan , setelah komplain status berubah jadi pengiriman kembali
      • 14 Agustus 2019 - (14:16 WIB)
        Saya juga sudah kapok sama akulaku pernah bayar DP tiba2x di cancel dana ngga kembali … csnya ga response ngga ngapa2in sudahlah capek
  • 28 Juli 2019 - (12:41 WIB)
    “Salah kirim” apakah berarti merchant salah menulis alamat tujuan?
    Kalau ternyata benar begitu & kemudian barang sudah diterima orang yang salah/tidak berhak, bakal rumit tuh.
    Jangan-jangan cuma sekedar alasan saja bahwa ada pengiriman ulang, padahal kenyataannya barang sudah terlanjur sampai di rumah orang. Kalau saya lihat sih selambat-lambatnya pengiriman Jakarta ke Bogor ya harusnya sebelum sempat dikomplen sudah sampai duluan tuh barang.

    Harusnya sih yang paling besar tanggung jawabnya ya si merchant yang salah tulis alamat tujuan. Coba saja dikejar terus.

  • 4 Agustus 2019 - (07:42 WIB)
    saya juga pesan di akulaku tehno store smpai skrg belum diterima resi gabisa di cek statusnya padahal dikirim

 Apa Komentar Anda mengenai Akulaku?

Ada 6 komentar sampai saat ini..

Buruknya Penanganan Komplain Akulaku

Rizki saputra 2 menit
6