Menghadapi Pinjol Legal maupun yang Ilegal, Bagaimana Caranya?

Ini pengalaman pribadi diri saya sendiri dalam menghadapi permasalahan kehidupan sehari-hari. Saat ini saya mencari pekerjaan karena saya harus membayar beberapa tagihan pinjaman online saya, baik yang legal maupun yang ilegal. Mungkin sebagian orang banyak yang mencoba ini itu apa lagi sampai (maaf) bunuh diri. Tapi di sini saya mau memberi semangat kepada semua teman-teman yang terjerat pinjol untuk tetap semagat dan bangkit. Kita harus bisa melawan mereka dengan cara yang baik, angkat telepon mereka dan jawab bahwa kita belum mempunyai uang, bicara sejujurnya pada mereka.

Saya tidak menganjurkan untuk tidak membayar tapi kita berusaha menegosiasikan untuk membayar pokok yang kita terima saja, bukan pokok aplikasi ya teman-teman. Jangan pernah memberikan jawaban berupa tanggal atau waktu kapan kita bisa membayar karena itu jadi buat perkuat mereka menekan kita.

Bagi teman-teman yang mungkin tidak kuat atas tekanan dari DC pinjol-pinjol, kalian bisa angkat diam saja dengarkan mereka berbicara, kalau tidak mau ya bisa untuk tidak mengangkatnya, semua kembali ke diri masing-masing ya teman-teman.

Untuk penyebaran ke teman-teman atau kontak-kontak di hp itu bisa kalian kumpulkan untuk bukti ke OJK atau ke Kepolisian. Disarankan untuk konsultasi terlebih dahulu. Bagi teman-teman yang sudah melaporkan tapi belum ada tindakan, mohon bersabar dan tidak berpikiran ini itu. Setahu saya pihak-pihak OJK dan Kepolisian itu menindaklanjutinya dengan mencari sumbernya langsung alias mencari data-data pinjol-pinjol tersebut dan langsung ke sasaran.

Jadi teman-teman saran dari saya sekarang banyak mendekatkan diri ke Tuhan YME dan perbaiki hubungan dengan keluarga dan orang tua. Jangan takut kehilangan teman di dunia, karena pada hakikatnya di dunia itu tidak kekal. Teman, kantor, kolega, atasan, semua bisa dicari tapi tempat kita kembali adalah ke keluarga, orang tua dan Tuhan YME.

Saat ini saya masih punya 40 pinjol lagi yang belum terbayar, tetap semangat berusaha dan mengusahakan terus untuk mengais rejeki walaupun itu harus jadi kuli cuci atau pun kuli bangunan dan bukan jadi pengemis ya. Tetap optimis semuanya.

Salam dari saya.

Sri Handayani
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:47    Rata-Rata: 2.7/5]
Loading...

38 komentar untuk “Menghadapi Pinjol Legal maupun yang Ilegal, Bagaimana Caranya?

  • 8 Agustus 2019 - (05:02 WIB)
    Permalink

    saya yakin orang sampai berhutang adalah karena terpaksa, jadi saya tidak pernah menyalahkan seseorang yang sampai terjebak pinjaman online.

    saya hanya merasa bersyukur karena hingga detik ini tidak pernah berhutang kepada orang lain, karena saya memiliki keluarga yang saling support apabila ada anggota keluarga yang lain mengalami kesulitan.

    pengalaman temen-temen yang terjebak pinjaman online benar-benar menjadi pelajaran berharga buat saya untuk tidak mencoba-coba berhutang disana.

    semoga untuk semua yang masih memiliki hutang diberikan kemudahan oleh Tuhan untuk melunasinya.

    • 5 September 2019 - (09:11 WIB)
      Permalink

      Iya, apa yg di rasakan penulis hampir sama yg saya rasakan sekarang, rasa2 udah mau putus asa saja, tetapi jalannya belum ketemu bagi saya, bisa kasi saran atau masukan, saya mohon

      • 24 Desember 2019 - (23:53 WIB)
        Permalink

        Tenang Dan sabar ga akan masuk penjara hutang piutang masalah perdata kalaupun sampai di bawa ke pengadilan cuma di suruh bikin Surat perjanjian pembayaran cicilan sesuai kemampuan,yang penting tetap bekerja cicil sesuai kemampuan

    • 4 November 2019 - (09:54 WIB)
      Permalink

      Assalamualaikum ibu/bapak ,
      Mohon bisa di bantu,
      Saya punya paman atau lebih tepatnya adik kandung nya mama saya, nah paman saya ini terjerat 2 pinjaman online yaitu kredit pintar dan akulaku yg telat bayar uda 5 bulan , mohon bantuan dan saran nya dong ibu/bapak, paman saya ingin melunasi hutang2nya di pinjol ini ,tapi gatau gimana cara bayarnya karena dia harus jual handphone untuk bayar cicilan motor nya dan aplikasinya pun hilang ,dia sekarang mengalami depresi yg cukup serius dan hampir bunuh diri,hinggah sekarang keluarga juga harus turun membantu mencari informasi dimana mana tapi belum ada solusiny, saya takut paman saya kenapa2,saya ingin paman saya bangkit dan semangat seperti dulu lagi .

  • 9 Agustus 2019 - (18:16 WIB)
    Permalink

    Saya pasrah dan berusaha utk membayar semua pinjaman tsb, wlpun jauh atau mgkn tdk tahu kpn lunasnya.Pinjol sangat menjerat saya

    • 10 Agustus 2019 - (18:56 WIB)
      Permalink

      Tetap terus berusaha dan dekat kan diri ke Tuhan Mba.. Intinya kembalikan pokoknya saja dan minta keringanan untuk mencicil

  • 10 Agustus 2019 - (01:45 WIB)
    Permalink

    Saat ini saya terjerat 4 pinjol, karena keterpaksaan saya harus pinjaman online untuk biaya mudik karena sudah 3 tahun tidak pernah pulang, biasa nya saya lancar. Dan batu di bulan ini semua nunggak, saya sangat takut jika sampai pihak pinjol or DC menyebarkan ke seluruh kontak saya, setiap hari saya tidak bisa tidur, karena terus di hantui kata kata kasar mereka. Sudah di balasin minta kasih waktu dan keringan, tapi tetap aja perkataan mereka sangat kasar. Dan buat jantung mau meledak. Mohon sarannya, apa yang harus saya lakukan supaya mereka tidak meneror seluruh kontak saya,

    • 10 Agustus 2019 - (14:57 WIB)
      Permalink

      Coba ikut kofin mba dia menyediakan dana talangan untuk masalah pinjol,leasing ataupun kartu kredit ini nomernya 0878876148**

    • 10 Agustus 2019 - (19:00 WIB)
      Permalink

      Tetap menjawab dan berusaha mencari rejeki ya ka
      Dan jangan memberi jawaban soal waktu kapan ya kita mampu bayar
      Sebisa mungkin kita minta keringanan untuk membayar pokok saja dengan cara mencicipi @widia w

    • 11 Agustus 2019 - (00:11 WIB)
      Permalink

      Info donk apakah ad yg pernah di datengin krmh??saya sudah telat 1 bulan karena bunganya gede bgt

      • 12 Agustus 2019 - (14:14 WIB)
        Permalink

        @samsuri sampai saat ni saya belum ada yang di datangi,,,berdoanya sebelum di datangi kita semua sudah selesai ya pak sam
        klo pinjol ilegal tidak setau yang saya baca dan dengar di beberapa
        kalau yang legal mgkin akan datang

        • 17 Agustus 2019 - (12:53 WIB)
          Permalink

          Bu minta info pinjol yg jaminannya ktp aja ada ngak?buat lunasi pinjol yang waktunya cuma 7-10 hari ini saya dah gali lobang tutup lobang sampai 7 pinjol.dah ngak sanggup.kerja gelisah trus.ini salah saya.keluargapun hancur

      • 19 Agustus 2019 - (12:20 WIB)
        Permalink

        apakah bisa dengan jawab adanya mereka tidak akan mendesak lagi? saya udh coba bicara apa adanya tp tetap aja mereka kasar. bagaiman caranya supaya mereka tidak bertindak kasar?

        • 22 Agustus 2019 - (16:15 WIB)
          Permalink

          kalo mereka tidak mau mendengar ya ngomong aja terus ka seperti
          kata2 kasar emang udah bahan mereka untuk terus menekan kita
          kalo mereka bertindak kasar atau pakai kekerasan itu udah tindakan pidana
          karna pada hakikatnya hutang piutang itu perdata ka

  • 17 Agustus 2019 - (12:49 WIB)
    Permalink

    Ada yang tau pinjol yang jangka waktunya lama,jaminan ktp aja.buat lunasin semua pinjol yg waktunya cuma 10 hari.mohon info dari teman2 sudah ngak sanggup dengan bunganya.mohon infonya

    • 19 Agustus 2019 - (12:12 WIB)
      Permalink

      sepertinya ga ada pak
      lebih baik bilang aja apa adanya mas,,
      jangan gali lagi buat nutupin lobang2
      karna ga adakan ada habisnya
      fokus ibadah dan mencari uang
      sebisa mgkin minta nego untuk bisa bayar pokok dan membayarnya mencicil sesuai kemampuan diri kita

      • 2 September 2019 - (05:50 WIB)
        Permalink

        Assalamualaikum wr wb. salam sejahtera bagi kita semua.. Pengalaman yg sama dengan Mbak Sri Handayani, saya pun punya pinjaman online, dan karena suami, orang tua dan keluarga yg selalu mendukung sampai saat ini saya sudah mencoba melakukan pembayaran pinjaman online dengan minta keringanan, tapi dari sekitar 72 pinjaman online ini ada 13 yg belum saya bayar karena ada 10 pinjol yg sdh saya bayar tapi data di aplikasi masih blm lunas, dan mereka tetap menagih kekurangan padahal saat melakukan pembayaran itu sdh sesuai dengan kode yg mereka berikan, untuk di waspadai sepertinya mereka memanfaatkan nasabah yg kesulitan demi meraup keuntungan mereka sendiri, saya kecewa dan sedih karena seolah2 mereka memeras saya yg sdh pas2an mau bayar hutang malah ditipu.. apakah ada pengalaman yg sama dengan saya?

  • 2 September 2019 - (07:47 WIB)
    Permalink

    mbak liana salam kenal …saya juga baru saja mengalami gagal bayar pinjol sampai sy terbaring sakit karna stress ….saya sangat ketakutan …meskipun saya yakin allah pasti bantu saya selesaikan itu semua tp teror dan tekanan mereka membuat sy depresi setiap dengar dering hp sy gemetaran detak jantungku kencang sy benar2 takut ….adakah yg dapat membantu sy ….sy udh berusaha tetap tenang dan tentu saya berdoa berusaha beribadahpun saya lebih khusuk lagi namun rasa takut sy dengan dering ataupun getar hp membuat saya ketakutan ….teman2 jika ada solusi atau ada dana talangan yg mungkin bisa diangsur lebih ringan bolehlah bantu saya ….trimksh maaf jika kata2 sy gak beraturan atau ada salah kata sy stress benar2 stress

    • 10 September 2019 - (22:43 WIB)
      Permalink

      ngak ush takut mbak…
      DC mau tlp (ngak ush angkat), WA atau sms (ngak usah blas).
      DC sebar kontak2 ya ke klrg,tmn2 atau relasi,dll.ngak usah malu.mgk tmn2 kt jg sama,ada mslh keuangan dan kla DC dtang krmh. Hadapin aja,blng tdk ada uang. kunci ya : Ngak usah Takut atau Malu…..!!!
      Toh kita berutang sma lembaga atau perusahaan.tdk ada istilah rugi bgi mreka.

      dan yg utama,kla bisa jgn berutang lgi.??????

  • 10 September 2019 - (21:45 WIB)
    Permalink

    teman2….!!!?
    Ane pnya 38 Pinjol,bulan ini lwt jatuh tempo semua. kla krt kredit sdh lma macet sdh 4 thn.sktar 18 Bank.

    Pinjol itu sma kyak kartu kredit, hukumnya perdata. jdi ngak ush takut atau stres. kla mmg DC tlp,sms atau WA, di diamkan aja. (kla kermh ajak ngopi aja,blng blm ada uang,mrka mau nekan2 kt atau memaksa,blng aja nti di laporkan) mskpun DC nti menyebar ke kontak2 kita.tidak apa2 jg. ngak ush malu atau takut. krn DC kontak tmn2,klrga,kwn kerja atau relasi kita. krn aku yakin tmn2,klrga,kwn kerja atau relasi kt,psti ada masalah keuangan juga.???

    Prinsip ya satu : Kita berutang dg Lembaga bank atau perusahaan,mrka sdh thu untung rugi ya…kla ada yg macet, jdi tidak ada yg di bohongi atau di sakiti….kwn2 mau byar oke,tdk mau byar jg tdk apa2.tapi…..
    kla kita berutang sma seseorang atau tmn2,itu wajib di bayar.

    Kunci ya : yg sudah terjadi,biarlh terjadi dan lupakan,jgn takut atau malu,jgn di sesali dan kalau bisa jgn berutang lgi….????

    • 10 September 2019 - (22:49 WIB)
      Permalink

      mantap mbak….
      72 Pinjol.
      Ngak ush takut,malu. kla ada uang dan mau
      di bayar, ya di bayar.tp kla ngak ada
      uang,ngak byar jg ngak ap2. ???????

    • 15 September 2019 - (01:58 WIB)
      Permalink

      makasih all atas jawabannya alhamdulillah sekarang sy sudah sedikit tenang dan belajar kebal dengan teror dc yg gak punya hati …intinya saya mau stop gak mau gali lobang baru …

    • 20 Desember 2019 - (23:19 WIB)
      Permalink

      Pak yoga. Saya juga korban pinjol saya sudah salah meminjam pinjol sampai2 istri saya stres mikirin ini semua, saya bekerja di sebuah lembaga keuangan, saya nya mereka melepon di kantor dan meghubungi boss saya, karena sudah ada korban di kantor tetangga….mojon info apa bisa kita sembunyi dari pinjaman on lone

  • 31 Oktober 2019 - (12:00 WIB)
    Permalink

    Sya ada sekitar 20 linjaman online yg ilegal atau tidak terdaftar di ojk, dan mereka ( para dc) nagih nya macam2, ad yg sopan, ada yg banyak mengancam, mw menghubungi kontak, sebara data, sebar foto, video, dan yg sudah terjadi, mereka menghubungi kontak2 saya dgn cara sms dan tlp, semoat down, malu, stress, tp skrg, sdh dpt masukan dr sana sini, sdh lebih tenang, dan berusaha strong menghadapi teror para dc

    • 31 Oktober 2019 - (17:38 WIB)
      Permalink

      Iya,sllu berpikiran positif dan tenang. tdk ush takut atau malu sma klrg,tmn2 ya.mskpn dc tlp atau sms kontak2. mgk klrga atau kwn2 pnya masalah yg lbh besar dri kita. yg jelas, tdk ada manusia yg mau berutang.tp berutang itu krn terpaksa,mgk urgent btuh duit ya.insyaallah,kla mmg ada rezeki.utang2 ya di selesaikan.

      • 2 November 2019 - (23:22 WIB)
        Permalink

        Semangat yach saya juga ngalami hal yang sama malah sy pinjam di pinjol yang terdaftar di Ojk cuma satu yang datang baik baik tapi saya belum selesaikan .

  • 6 November 2019 - (03:20 WIB)
    Permalink

    Saya jg sangat takut, gelisah, khawatir dan malu, saya niat bayar tp blm ada krna sya dipecat dr tempat kerja, sangat streess sekali, ada ga yg bisa sharing utk mengurangi stress menghadapi teror2.. Tolomg email sya di linayuli1989@gmail.com jika ada bisa sharing ttg galbay pinjol, sya sangat malu krna smua kontak dteror, sunggunguh stress, jika ada yg berkenan utk share tlong email sya

    • 20 Desember 2019 - (23:21 WIB)
      Permalink

      Maaf mbak lina, anda di pecat apa karena pinjol2 nya menggangu kantor anda? Atau bos anda mohon petunjuk?

      • 26 Desember 2019 - (21:41 WIB)
        Permalink

        tidak usaha tkut sma bos di tempat kerja.krn kt tdk merugikan perusahaan.krn mslh pinjol urusan pribadi kt. tinggal di jelaskan aja sma kwn2 kntr atau pimpinan ya.
        kla perusahaan smpai memecat,hnya mslh Pinjol.bisa di laporkan kepada Disnaker.

  • 24 Desember 2019 - (22:38 WIB)
    Permalink

    Saat ini saya baru saja.terjerat pinjol lega dan ilegal tanpa sadar sudah hampir 60 apk saat ini saya sudah mentok ga tahu harus gmn lagi saya cuma bisa pasrah klo pun disebar data saya dh siap.malu klo lihat pengalaman di atas intinya ttp tenang ngadepinnya sama lebih mendekatkan diri. Lagi sama Tuhan karena Dia adalah sebaik”nya Penolong.istri dan keluarga saya belum namun pada saatnya nanti mereka juga tahu,saya cuma minta suport dan doa rekan”disni biar kita semua bisa ngadepinnya dan jgn pinjam online lagi klo sudah selesai semua.Amin

    • 26 Desember 2019 - (21:37 WIB)
      Permalink

      salut buat mas….

      apa yg sdh terjadi, ambil hikmah ya.

      tetap tenang, jgn stres, malu ataupun takut sma dc.

      Kla istri dan klrg blm tahu,enak di jelaskn aja sma mreka apa yg sdh terjadi.

      Tidak usaha malu sma klrg atau teman2 ya, sllu berpikiran positif aja. mungkin mslah teman2 ya lebih besar lgi.

      Ganti Nmr WA ya,spaya mreka tdk bisa buat group dan bikin malu.jgn pakai nmr lama. nmr lama di no aktifkan dlu, ganti nmr Baru. Kla DC dtang krmh, tdk usah takut, layani aja.blng bukan ya tdk mau bayar tp saat ini sya blm ada uang,nti kla sya ada uang.akan sya bayar. yg pnting ada niat. kla mmg ada rezeki lbh,bru di bayar. tapi jgn smpai menjual aset2 atau pinjam ksna ksni lgi. kla mreka mau mengancam atau mau menyinta aset2 kta,tinggal di jwb aja…??? Silahkan kla klian berani. kbnyakan DC cm mengancam2 doang via phone.kla krmh takut semua,tdk berani. krn mreka berpikir jg….? kla mengancam2 konsumen mreka sdh salah dan bisa di penjara.

      Sukses semua buat kt yg skrg lgi ada mslh pinjol2. yg penting :
      1. Tenang
      2. Jangan Stres
      3. Jangan Malu
      4. Jangan Takut.

  • 25 Desember 2019 - (14:23 WIB)
    Permalink

    saya juga terjerat pinjol
    awalnya saya takut gelisah dan stress sampai tidak enak makan & tidur
    setelah saya cari2 info soal DC pinjol, ternyata cara dia sudah salah besar karena mengintimidasi korbannya sampai2 nyebar data kita kesetiap kontak di HP kita.
    kasus seperti ini mari kita hadapi bersama karena mereka sudah melanggar hukum
    jadi buat teman2 semua yg terjerat pinjol, harus tetap tenang
    salam sejahtera & tetap semangat

 Apa Komentar Anda?

Ada 38 komentar sampai saat ini..

Menghadapi Pinjol Legal maupun yang Ilegal, Bagaimana Caranya?

oleh srikeinara dibaca dalam: 1 min
38