Sulitnya Penutupan Kartu Kredit UOB, Padahal Sudah Tidak Ada Tagihan

Selamat Sore, nama saya Suman Hadinoto, saya adalah pemegang kartu kredit UOB Platinum dengan no 5193 1120 4010 XXXX dan UOB One Card 4219 2020 7165 XXXX.

Pada tanggal 14 Agustus 2019 saya berniat untuk MENUTUP KEDUA KARTU KREDIT, dan untuk itu saya melakukan pembayaran kartu kredit via mobile banking BCA sebesar Rp438.000 untuk jatuh tempo tanggal 27 Agustus 2019 (tagihan yang tertera Rp437.009, terlampir). Dan pada hari yang sama saya telepon CS di 021 -14008 dan bicara dengan Mba WInda, hasil pembicaraan tersebut diinfokan jika untuk penutupan dapat dilakukan bila sudah tidak ada tagihan dan pembayaran sudah masuk, dan disarankan telepon kembali hari Jumat 16 Agustus 2019.

Pada tanggal 16 Agustus 2019, saya telepon CS kembali dan kebetulan bicara dengan Mba Winda kembali, lalu dia sambungkan dengan Mba Heni. Dari hasil pembicaraan tersebut bisa saya simpulkan bank menyayangkan jika saya tutup kedua kartu tersebut, dan kalau ditutup hanya bisa satu kartu saja, dengan alasan manfaat dari kartu kredit banyak sekali dan saya pernah menggunakannya.

Saya bingung bagaimana saya bisa tutup kartu kredit saya ini, karena kewajiban saya sudah saya penuhi dengan membayar tagihan tepat waktu, sehingga beberapa kali saya dapat telepon ditawarkan kembali agar memanfaatkan Cash on Phone kembali (dahulu pernah saya ambil fasilitas tsb) dan infonya karena pembayaran saya bagus makanya ditawarkan kembali.

Untuk itu saya minta tolong kepada pihak bagian kartu kredit Bank UOB agar saya dapat menutup kartu kredit ini, yang saya rasakan buka kartu kredit di UOB mudah. Tapi pada waktu mau tutup dipersulit padahal sudah membayar seluruh tagihan, lalu bagaimana dengan konsumen yang kreditnya bermasalah? Mudah-mudahan hal ini jangan sampai menimpa konsumen lain. Terima kasih.

Suman Hadinoto
Kota Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Kartu Kredit UOB:
[Total:10    Rata-Rata: 1.4/5]
Tanggapan Bank UOB Indonesia atas Surat Bapak Suman Hadinoto

Dengan hormat, Menanggapi surat pembaca yang disampaikan oleh Bapak Suman Hadinoto yang dimuat dalam rubrik Surat Pembaca Mediakonsumen.com pada tanggal...
Baca Selengkapnya

Loading...

6 komentar untuk “Sulitnya Penutupan Kartu Kredit UOB, Padahal Sudah Tidak Ada Tagihan

  • 17 Agustus 2019 - (22:03 WIB)
    Permalink

    Iya. Kebanyakan gitu alasan bank kalau pakai kartu kredit bagus alias bayar tagihan lancar gak pernah nunggak kolektabilitas selalu no. 1. Itu artinya bank akan kehilangan nasabah kehilangan profit. Bank akan selalu memikat nasabah yang baik. Nasabah yang dipercaya. Selamat melanjutkan aja dulu gan. Tutup nanti kalau ada masalah.

  • 17 Agustus 2019 - (22:50 WIB)
    Permalink

    Masalahnya sejauh ini yang nulis SP kesulitan nutup KK cuma nasabah UOB doang. Artinya bukan soal apakah nasabah rajin pake maupun rajin bayar lunas, tapi memang bank ybs yang mempersulit nasabah ybs apabila memang berminat nutup KK-nya.

    Nutup KK kan banyak alasan, misalnya (contoh saja) antara lain karena limit kekecilan sementara ada KK lain yang limitnya unlimited.

    • 18 Agustus 2019 - (12:16 WIB)
      Permalink

      Tambahkan biaya materai setiap pelunasan kl memang ingin di tutup tambah 12 ribu dri sisa tagihan agar bisa di lakukan penutupan cc..krna setiap pelunasan pasti di tagihkan biaya materai tagihan 250 rbu hingga 1 jt biaya materai 3000 ribu tagihan 1 jt ke atas biaya materai 6000 ribu…

  • 18 Agustus 2019 - (06:30 WIB)
    Permalink

    kalo mau nutup kartu kredit harus yang tegas. hampir semua bank biasanya akan mencoba menahan nasabahnya yang akan menutup kartu kreditnya.

    pengalaman ane nutup kartu kredit bank Mega & BNI, semuanya tidak ada yang langsung diproses. pasti dibujuk dulu sama CSnya, supaya pikir² dulu. katanya ada banyak sekali manfaat kartu kredit sangat disayangkan kalo ditutup.

    sekarang ini saya hanya tinggal punya 1 kartu kredit dari bank BCA. kalo kata orang² bank BCA ini kayak bank yang gak butuh nasabah, kalo pengajuan penutupan kartu kredit pasti akan langsung diproses tanpa banyak pertanyaan.

  • 18 September 2019 - (11:37 WIB)
    Permalink

    Saya juga mengalami kesulitan penutupan mungkin sedikit berbeda masalahnya. Tanggal 18 September 2019 jam 10.50 saya telpon ke 14008. Saat terhubung dengan cs saya sampaikan bahwa saya berniat melakukan penutupan kartu. dan waktu verifikasi data alamat, saya sampaikan alamat pengiriman perusahaan saya. Tapi selalu dibilang data tidak sesuai, saya coba sampaikan alamat rumah pun (sesuai KTP) masih di anggap belum sesuai. Dengan alasan tersebut, data saya tidak dapat dibuka. Berdasarkan pengalaman saya saat penutupan CC bank lain, untuk verifikasi dari pihak Cs biasanya hanya penyebutan tidak sesuai sedikit akan di tuntun pembenaran oleh pihak CS. Tidak harus detail tertulis sama dengan data yang ada di bank. Tapi sepertinya data tersebut diketik satu persatu (seperti password) dan saat tidak sesuai data tidak bisa terbuka. Walau pun ada ketidak sesuaian data akan diberikan opsi verifikasi dengan cara lain sehingga memudahkan pelanggan. Tapi sayangnya menurut CS cara ini merupakan satu-satunya. Jadi rencana penutupan kartu pun gagal. Mungkin ada bisa memberikan masukan? Terima kasih sebelumnya.

  • 7 Februari 2020 - (19:02 WIB)
    Permalink

    Bank Kampret UOB,,, saya juga udah dua tahun yg lalu dari tahun 2018 mau tututp kartu kredit UOB dipersulit,, saya sdh tidak ada tagihan,, tiba2 ditagihkan Iuran tahunan,, saya minta tutup diiming2in penghapusan biaya tahunannya,,pokoknya tidak akan pernah bisa ,,udah gitu telpon pun di oper2 ke CS yang satu ke satunya lagi,, sampai 5 kali,, ujung2nya tetep aja tdk bisa tutup Kartu kreditnya,, tahun 2019 kart kredit saya diupgrade dari Lady Card ke Platinum,,yang nmmana iuran tahunannya jadi 750.00,, saya mengajukan penutupan kartu tetapi dipersulit,,dengan dalih penghapusan dulu iurannya,, tahun 2020 ini,, tiba2 datang tagihan Iuran tahunan lg,,padahal saya tidak pernah mengaktifkan kartu kreditnya,,, dan apa JAWABANNYA CS yg sdh dioper2 ke 5 CS,,, tetap tidak bisa,,,krn tagihan sudah keluar,,, HEBAT memang BANK UOB ini,, memaksa nasabah utk MEMBAYAR TAGIHAN YG TIDAK PERNAH DILAKUKAN,, DITAWARKAN PENGHAPUSAN IURAN PUN HRS DENGAN TRANSAKSI DULU MENGGUNAKAN KK UOB,,, SIA2 SAYA HUBUNGI CALL CENTER BANK UOB,, KRN TETAP NGOTOT SAYA DISURUH BAYAR IURAN TAHUNAN YG DARI TAHUN KETAHUN SAYA PIKIR ITU KARTU SUDAH MATI,,,TIDAK AKAN PERNAH ADA SOLUSI,,, BINGUNG YA PENYELESAIANNYA HRS KEMANA???

 Apa Komentar Anda mengenai Kartu Kredit UOB?

Ada 6 komentar sampai saat ini..

Sulitnya Penutupan Kartu Kredit UOB, Padahal Sudah Tidak Ada Tagihan

oleh Suman Hadinoto dibaca dalam: 1 min
6