JNE Tidak Profesional dalam Menangani Klaim Paket yang Hilang

Saya mengirim paket melalui JNE Agen Roxy Mas pada tanggal 25 September 2019, sebelumnya saya pakai ekspedisi sebelah. Nomor resi pengiriman: 011380126436219, pengirim a.n. Iyah (istri saya sendiri), kepada customer saya a.n. Ririn dengan total harga barang Rp2.950.000 dan isi barang kosmetik.

Pada tanggal 26, saya lihat status terakhir di-pick up oleh kurir. Namun pada tanggal selanjutnya status  tetap di-pick up oleh kurir. Lalu saya tanya kepada agen tempat istri saya mengirim dan di situ SCO Agen tersebut tidak profesional, hanya mengatakan menunggu sampai 4 hari kerja.

Setelah itu saya menunggu sesuai estimasi tersebut, dan di sini terdapat kejanggalan di pihak JNE. Ketika saya datang kembali setelah melebihi estimasi, mereka menyarankan saya untuk melakukan pengajuan klaim.

Loh? Saya di situ mau nanya barang saya ke mana, bukan mengajukan klaim. Apa ini pekerjaan JNE? Hanya menghilangkan barang, dan melakukan pengajuan klaim. Saya diberikan keterangan bahwa jika tidak asuransi hanya diberikan klaim sebesar 10x lipat ongkos kirim.

Kalian yang bikin hilang, kok cuma 10x lipat? Akhirnya saya jelasin kalo itu diasuransikan sebesar Rp2.950.000, dan karena perdebatan yang kusir, akhirnya saya mengikuti langkah mereka dengan pengajuan klaim.

Pengajuan klaim saya terima tanggal 30, dan saya serahkan tanggal itu juga kepada mereka di tanggal 30. Dan menurut keterangan karyawan agen, berkas tersebut hilang dan saya harus mengajukan klaim kembali. Saya ikuti, dan saya ajukan klaim.

Saya dihubungi tanggal 4 Oktober 2019, disaat saya sedang melaksanakan shalat Ashar. Akhirnya tidak terangkat, dan saya menghubungi kembali customer service mereka di nomor 0212927888. Akhirnya, mereka melakukan konfirmasi bahwa berkas sudah diterima dan akan diajukan ke pihak terkait dengan estimasi 9 hari kerja.

Saya mikir, segini gampangnya orang JNE bilang 9 hari kerja? Apa kalian tidak merasakan menjadi penjual dengan modal yang tidak seberapa? Apa kalian tidak tahu susahnya memutar modal? Saya sampai 3 hari tidak jualan karena tidak ada modal loh.

Akhirnya tetap saya ikuti, sampai 9 hari kerja saya di SMS tanggal 13 Oktober atau tanggal 12 Oktober hari Jum’at. Bahwa klaim saya diproses, terhitung dari tanggal 15 Oktober.

Tanggal 15 Oktober saya hubungi kembali, dan saya hanya mendapat keterangan bahwa saya harus menunggu kembali 5 hari kerja untuk proses transfer dan terhitung tanggal 15 Oktober, akhir estimasi tanggal 21 oktober. Bayangkan, dari awal sudah disuruh menunggu 4 hari kerja, lalu menunggu 9 hari kerja, lalu menunggu kembali 5 hari kerja. YANG NGILANGIN LO APA GUE? KOK LO BIKIN RIBET GUE?

Saya sudah sampai ambang kesabaran ya, bapak-ibu sekalian. Sampai barusan saya telepon lewat customer service.  Pada customer service yang pertama, jawabnya gak jelas, saya matiin saya ganti customer service baru, sampai saya diberitahu ini hari estimasi terakhir.

KATANYA TANGGAL 21 TERAKHIR, SEKARANG UDAH TANGGAL 22 KOK GA ADA TRANSFER UNTUK PENGGANTIANNYA?

Kalian sudah menjadi PT, kenapa masih begini pelayanannya? Yang kalian bawa itu barang orang loh. Untuk terakhir kalinya, buat JNE saya minta konfirmasi ke nomor 0896548115** dengan nomor resi pengiriman 011380126436219 a.n. pengirim Iyah dan penerima a.n. Ririn ke Cakung Jakarta Timur atau melalui email di gatikjual@gmail.com.

Saya ada bukti rekaman video di tempat saya ngirim yang begitu berantakan (saya pikir antara kurir yang ambil atau tertinggal di situ karena berantakan, dan saya sudah meminta rekaman CCTV, tapi tidak dikasih) dan bukti rekaman telepon saya dengan customer service yang SANGAT MENJANJIKAN, tapi tidak NYATA.

SEKALI LAGI. LAST WARNING. Saya tunggu 1×24 jam, jika belum ada konfirmasi transfer atau apapun pertanggung jawaban dari pihak JNE. Saya sebar semua bukti di sini.

Terima kasih.

Yanuar Abdillah Mutaqqin
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai JNE Express:
[Total:6    Rata-Rata: 2/5]
Tanggapan JNE atas Surat Bapak Yanuar Abdillah

Sehubungan dengan surat pembaca yang telah dimuat di MediaKonsumen.com pada tanggal 22 Oktober 2019 berjudul “JNE Tidak Profesional dalam Menangani...
Baca Selengkapnya

Loading...

Satu komentar untuk “JNE Tidak Profesional dalam Menangani Klaim Paket yang Hilang

  • 31 Oktober 2019 - (16:23 WIB)
    Permalink

    Kasus di atas menjadi catatan yang sangat berharga bagi publik, khususnya bagi saya sendiri. Saya tidak akan pernah menggunakan dan mempercayakan pengiriman barang kepada kurir yang tidak bertanggung jawab. Penggantian ongkos kirim 10X tidak sebanding dengan nilai dan harga barang, belum lagi proses klaim yang berbelit-belit. Sangat mengecewakan!!!

    Terima kasih kepada bapak Yanuar Abdillah Mutaqqin yang telah menulis keluhan di media konsumen ini, pengalaman Anda menjadi pelajaran yang sangat berharga bagi orang lain.

 Apa Komentar Anda mengenai JNE Express?

Ada 1 komentar sampai saat ini..

JNE Tidak Profesional dalam Menangani Klaim Paket yang Hilang

oleh GatikJual dibaca dalam: 2 min
1