Pembelian HP di JD.ID Tanpa Kejelasan, Sangat Mengecewakan serta Merugikan Konsumen

Saya sebenarnya belum pernah belanja di JD ID, tetapi karena tergiur iklannya yang fenomenal dan agresif saya jadi kepingin mencoba belanja. Mengingat selama ini pengalaman belanja online dengan Lazada, Zalora, Tokopedia, dll, cukup profesional dan OK.

Pada promo 11.11 lalu yang diiklankan super gencar oleh JD ID, saya mencoba membeli Oppo Reno seharga Rp4.799.000. Pembayaran saya lakukan tanggal 12/11 dengan nomor transaksi 1010212592. Menurut status di fasilitas tracking JD ID tanggal 14/11 status barang menunggu diambil kurir dan mendapat nomor pengiriman JXPOP01257192053.

Setelah menunggu beberapa hari status juga tidak berubah, bahkan ketika di-tracking ke web kurirnya dengan nomor pengiriman yang diberikan tidak dikenal oleh sistem. Saya masih berbaik sangka untuk toko online sebesar JD ID tidak mungkin lah melakukan pelayanan yang buruk. Saya coba DM sales berkali kali melalui kontak Instagram yang disediakan. Jawabannya sangat simpel, bahwa akan dilakukan penelusuran.

Hari terus berlalu dan sampai 10 hari setelah pembelian status masih tidak berubah juga, nomor pengiriman juga masih tidak dikenal. Hingga akhirnya saya telepon CS-nya dan jawabannya sama, akan ditelusuri. Sepertinya memang ada template jawaban, mungkin karena sudah pengalaman banyak yang komplain. Saya diminta menunggu dua hari katanya akan dibantu. Dua hari kemudian berlalu saya hubungi lagi CS-nya hasilnya tetap sama.

Antara jengkel, marah dan kasihan saya melihat kinerja toko online yang digembar-gemborkan seantero negeri ini ternyata menurut saya kualitas pelayanannya jauh dari kata standar. Janganlah dibandingkan dengan Lazada atau Tokopedia, dll. Dibandingkan toko online kecil saja menurut saya responsivitasnya kalah jauh.

Saya menuliskan ini dengan harapan ada perhatian dari manajemen JD ID. Mengingat nominal segitu buat saya lumayan banyak. Sampai dengan detik ini saya menulis di Media Konsumen tidak ada kemajuan sama sekali dari status pengiriman HP saya. HP yang saya beli statusnya tidak bisa diketahui di mana, bahkan apakah barangnya riil ada atau tidak saja saya menjadi tidak yakin. Mungkin ini adalah pembelian saya yang pertama dan terakhir di JD ID.

Saya menunggu konfirmasi dari manajemen JD ID dan itikad baiknya menyelesaikan masalah ini dengan segera agar reputasi toko online anda dapat dipertanggungjawabkan.

Terima kasih.

Selamet Hidayat
Semarang

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Belanja di JD.ID:
[Total:10    Rata-Rata: 2.8/5]
Tanggapan JD.ID atas Surat Pembaca Selamet Hidayat

Menanggapi surat keluhan yang ditujukan kepada kami oleh Selamet Hidayat pada hari Minggu, 24 November 2019 lalu di halaman ini,...
Baca Selengkapnya

5 komentar untuk “Pembelian HP di JD.ID Tanpa Kejelasan, Sangat Mengecewakan serta Merugikan Konsumen

  • 24 November 2019 - (10:39 WIB)
    Permalink

    Sepengalaman saya belanja di JD.ID,

    Saya selalu beli di merchant JD.ID
    Maksudnya barang disediakan oleh JD.id
    Karena system’ JD.id tidak seperti Marketplace lain pada umumnya dimana kita sebagai konsumen bisa komunikasi dengan seller langsung.

    Jadi semua chat dihandle oleh layanan CS JD Id sendiri.
    Coba aja telp via customer care.

    Setahu saya telp mereka ada layanannya.
    Semoga cepat selesai ya

  • 24 November 2019 - (10:45 WIB)
    Permalink

    Terimakasih Pak atensinya dan sharingnya. Mohon doanya semoga lekas selesai permasalahan saya ya.

    • 24 November 2019 - (10:56 WIB)
      Permalink

      Sama2 pak

      Ini saya copy paste dari halaman bantuan

      Tidak Mendukung 7 Hari Pengembalian Dana dan 15 Hari Penukaran Barang
      Tidak Mendukung 7 Hari Pengembalian Dana

      Keterangan Umum

      Apabila produk tersebut termasuk kedalam kategori barang spesial (Mengandung emas, berlian, dan bahan perhiasan lain nya; pakaian dalam dan barang personal lain nya; makanan laut, buah dan sayur-sayuran, daging, bunga segar, tanaman pot dan produk segar lain nya; produk makanan; produk virtual; majalah, koran dan produk berhubungan yang punya masa kadaluwarsa)

      Apabila berhubungan dengan alasan-alasan higenis, maka kami tidak akan mendukung jaminan 7 hari pengembalian dana tanpa syarat

      Produk-produk JDGlobal adalah pengiriman langsung dari Luar Negeri, maka dari itu tidak mendukung 7 hari pengembalian dana serta alasan pengembalian

      Tidak Mendukung 15 Hari Penukaran Barang

      Keterangan Umum

      Apabila produk tersebut termasuk kedalam kategori barang spesial (Mengandung emas, berlian, dan bahan perhiasan lain nya; pakaian dalam dan barang personal lain nya; makanan laut, buah dan sayur-sayuran, daging, bunga segar, tanaman pot dan produk segar lain nya; produk makanan; produk virtual; majalah, koran dan produk berhubungan yang punya masa kadaluwarsa)

      Apabila berhubungan dengan alasan-alasan higenis, maka kami tidak akan mendukung jaminan 15 hari penukaran barang

      Produk-produk JDGlobal adalah pengiriman langsung dari Luar Negeri, maka dari itu tidak mendukung 15 hari penukaran barang

      Proses Pengembalian Produk

      After Sales

      Telepon: +62 822 98611111

      Jam kerja: Senin – Jumat, Jam 09:00 – 17:30, Sabtu dan Minggu Jam 09:00 – 14.00.

      e-mail: aftersale@jd.id

      Customer Service JD.id

      Senin – Minggu ( 24 Jam )

      Nomor Telepon : 1500 618 atau 021 8062 7007

      Twitter : @csjd_id

      Web Live Chat : Link Live Chat

      Senin – Jumat ( 09.00 – 18.00 )

      Phone Order :1500 618 ext 6

  • 24 November 2019 - (21:51 WIB)
    Permalink

    Saya sependapat dgn sdr. Edi Junaedi, bahwa selama pengalaman saya membeli barang di jd.id selalu memilih yg dijual oleh JD.ID sendiri (bukan toko lokal yg terdaftar di platform). Selama saya menjadi pelanggan saya tidak pernah dikecewakan oleh layanan super express jd.id…. pesan malam ini, besok pasti sdh nyampe barangnya; semoga permasalahan pak Selamet dapat segera terselesaikan ya!

  • 26 November 2019 - (05:16 WIB)
    Permalink

    Terimakasih atas dimuatnya tulisan saya di Media Konsumen sehingga mendapatkan perhatian lebih dari JD ID. Alhamdulillah kemarin sore barang sudah kami terima dengan selamat.
    Hidayat

 Apa Komentar Anda mengenai Belanja di JD.ID?

Ada 5 komentar sampai saat ini..

Pembelian HP di JD.ID Tanpa Kejelasan, Sangat Mengecewakan serta Merug…

oleh Hidayat dibaca dalam: 1 menit
5